Kaset ke MP3

Koleksi kaset saya cukup banyak (lebih dari 500 kaset) dan sudah mulai berjamur. Maklum, koleksi kaset ini saya mulai sejak masih SMP. Lagu-lagu di kaset tersebut sudah tidak dapat lagi diperoleh di toko. Padahal lagu-lagunya sangat bagus! Jadi terpaksa saya konversikan ke MP3.

Konversi dari kaset ke MP3 saya lakukan dengan menggunakan sebuah tape (cassette player) dimana line out dari tape player tersebut dihubungkan dengan line in dari sound card. (Nampaknya harus saya gambarkan.)

Kemudian saya menggunakan program audacity (great program!) untuk merekam dan mengkonversikannya ke MP3. Ini program gratis yang dapat digunakan di Windows, Linux, dan Mac. Dia dapat merekam masukan dari line-in sound card ke hardisk. Format berkasnya bisa bermacam-macam, termasuk MP3 (meskipun harus nambah berkas lame encoder yang harus didownload tersendiri.) Kemudian nanti bisa dilakukan post processing, seperti menaikkan volume, menghilangkan noise (tapi kurang sip), dan prosesing lainnya lagi.

Sayangnya saya harus sering-sering membersihkan head dari tape player saya karena kotoran yang ada di tape dari kaset yang saya miliki tersebut. Maklum sudah jamuran.

Nah, kemarin ketika membaca majalan IEEE Spectrum saya menemukan iklan PlusDeck2, yaitu sebuah alat untuk mengubah audio kaset ke MP3. Alat ini ukurannya sebesar CD-ROM di komputer anda dan dimasukkan ke dalam bay untuk CD-ROM tersebut. Menarik. Informasi mengenai PlusDeck tersebut (termasuk gambarnya) bisa dilihat di sini:

http://plusdeck.com/englishsite/product_01.html

Tentang Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua tulisan milik Budi Rahardjo

111 responses to “Kaset ke MP3

  • pipit

    Kalau tidak salah, audacity merekam dulu (wav), lalu kita pilih save as mp3 ya ? Dulu pernah cari2 program windows, tapi banyaknya berbayar, yang langsung jadi mp3.
    Kalau pakai linux, coba link ini.
    Record, langsung mp3.
    http://www.faqs.org/docs/Linux-HOWTO/MP3-HOWTO.html#s9

  • Budi Rahardjo

    Iya memang audacity menyimpan dalam berkas wav, kemudian bisa dikonversikan (dari audacity juga, setelah menambahkan lame encoder) sehingga menjadi mp3.
    Saya sudah bandingkan dengan program-program lain, termasuk yang berbayar, audacity masih yang terbaik.

  • adi

    pak budi, itu pake radio tape yang merk apa ? saya jg pengen dokumentasikan kaset2 wayang kulit saya biar jd mp3 :)

  • Budi Rahardjo

    Saya pakai player merek Kenwood, yang sebenarnya merupakan sebuah boombox besar. :D Pengennya sih pakai tape deck sungguhan, tapi saya tidak punya.

    Yang penting sebetulnya adalah adanya line out di cassette player tersebut. Akan tetapi ketika saya coba, suara yang keluar dari line out membuat masukan menjadi sember. Ahirnya saya menggunakan output dari headphone yang saya masukkan ke line-in dari soundcard. Setel level di mixer komputer, beres. Suara banyak desisnya sih.

  • adi

    kl gitu brarti pake radio tape yg gak ada line-out-nya jg bisa kan pak ? asal ada jack headphone aja. oya utk ngurangin desis pake software apa ya pak ?

  • Budi Rahardjo

    Ya betul. Radio tape yang gak ada line-out-nya masih bisa asal ada jack ke headphone.

    Audiacity bisa “diajarin” untuk mendeteksi desis. Kemudian dengan pelajaran itu dia bisa mengurangi desis dari rekaman kita. Saya tidak melakukan itu. Saya biarkan desisnya. Biar kerasa “analog” gitu. :D

  • bimo

    pak budi…..

    daripada kaset2 yess-nya pada jamuran….gimana kalo buat saya aja, atau saya gantiin ? he….he….he !!!

  • my story » Cassette to mp3

    [...] I just did Budi Rahardjo’s tips to convert my cassette collections to mp3 using Audacity. Last week I have bought a “line-in line-out” connection at Saturn for 5,- Euro and installed Audacity in my Notebook. [...]

  • roy

    pa’ Budi,

    saya sangat tertarik cara merubah kaset ke cd/mp3, krn koleksi kaset saya lumayan banyak, kalau tdk keberatan saya ingin sekali belajar.
    saya sudah buka web.plusdeck2 tp harganya mahal.

    thx,
    roy

  • roy

    pa’ Budi,
    kalau boleh saya tau peralatan apa saja yg dibutuh utk merubah
    kaset ke cd/mp3 via pc.

    thx,
    roy

  • keropiheny

    Pak Budi,
    nggg… menghubungkan dari tape ke kompie dengan kabel khusus atau apa?

  • bj sigit

    pak budi.,thnxs for u’r tips

  • sinden_kemayu

    Mas, njenengan punya koleksi lagu lama yg udah punah seperti Dara puspita original? saya sedang cari kasetnya tapi nggak pernah nemu. Lalu juga lagu Alam Maya yg dinyanyikan 4 bersaudara, wah pokoknya saya lupa nama groupnya lha wong saat itu saya masih piyik (th 70-an). Kalau nggak salah lagu-lagunya karangan Pak Guruh. Kalau punya mp3-nya bisa bagi2? Saya duluuuuuu pernah convert kaset ke mp3 pake Audiograber, lumayan hasilnya asal pake cable stereo yg pucukannya ada tanda 2 garis merah yg artinya stereo. Tapi mungkin sekarang udah banyak program yg lebih bagus. Kalau njenengan mau berkawan dengan saya, wahhh saya jian suenengggg banget, soalnya jarang dapet teman yg bisa dia jak ngobrol soal ginian. matur suwun njih.

  • kiki fadli

    salam kenal Pak Budi.
    saya saat ini adalah road manager band Rampak Naong.
    saat ini kita sedang me reallese album ke 2. Nah, saat ini kita sedang bingung mau masarin kemana…

  • FREDY KRUGER

    Hello Pak Budi.
    salam kenal . Untuk merekam kaset ke mp3 format,
    Coba cara yg biasa saya lakukan ini.
    Hubungkan line out tape deck/cassete player dengan dengan line in soundcard di cpu kita .
    playbak cassete dan record menggunakan nero wave editor. Kaset langsung terecord dalam format mp3 .
    so easy, so simple … and nggak perlu install alat lain.
    by the way ….
    Saya lagi nyari lagu2nya GIANT STEP, SAS, C’BLUES …. punya nggak pak ? boleh barter, saya punya koleksi lagu2 kang HARRY ROESLI, LEO KRISTI

  • Jusmin Sutanto

    Ikutan share …
    Saya biasa pakai musicmatch, versi demo-nya yang freeware juga bisa (dulu bisa donlot di yahoo). Hasilnya cukup bagus.
    Kalau line out di tape player nggak tersedia, bisa menyadap dari “hot terminal” potensiometer untuk pengatur volumenya (tapi musti sedikit mbongkar).
    Untuk tape player, saya pakai Sony original Jepun yang kebetulan ndak beredar di sini karena hasil lelangan barang sitaan selundupan. Soundcard sebaiknya yang berkualitas bagus. Saya pakai Creative model lama. Biarpun tua tapi clocking noisenya cukup rendah.
    Kalau mau diproses lebih jauh (noise reduction dll) bisa pakai produknya Adobe. Tapi saya lebih suka suara aslinya, supaya lebih terkesan vintage.
    Salam.

  • CRYPTONITE

    Pak Budi,

    kalo ada mp3 wayang kulit saya mau banget pak, terutama kalo dalang nya Pak Hadi Sugito

    many thanks

  • Sigit haryoto

    Kepada teman-teman di web ini,

    Kepada yang punya kaset-kaset Leo Kristi, apakah saya boleh pinjam? Maklum, kaset-kaset saya berenang ikut air waktu kebanjiran di Cigadung, Bandung, 10 tahunan yang lalu.

    Bila “ya”, kapan saya bisa mengambil pinjaman ini dan dimana? Saya tinggal dan bekerja di Bogor.

    Salam
    Sigit haryoto
    hp: 0817 490 8972

  • mona

    mas apa anda tau tempat jual kaset kihadisugito(dalang)
    aq di jkt

  • FREDY KRUGER

    punten kang Budi,

    buat sinden_kemayu ….. masih nyari lagu2 Dara Puspita ?
    saya punya PHnya ….. kalo anda mau saya bisa pinjamkan
    PHnya, sekalian copyin ke mp3 ….. soalnya saya nggak punya turntable lagie .

    diantos beritanya .

    Thanks and regards

  • bambang

    Mas, aku biasanya bikin mp3 dari walkman terus masuk ke suond card comp, software yang biasa saya pake adalah jet audio yang saya donlot dari http://www.jetaudio.com/download/index.html. atau http://www.nch.com.au/switch/plus.html.

    aku juga lagi nyari lagu2nya iwan fals yang udah langka banget dari album “3 bulan”,”Canda Dalam Ronda”,”Canda Dalam Nada”.
    punya gak mas info dimana saya dapatkan album2 tersebut.
    kalo mas punya bagi2 donk, apalagi kalo dalam format mp3.

    Thx
    bambang wijonarko

  • rori2007

    Mas Budi,

    Saya sudah pernah nyoba convert sebelumnya cuman hasilnya kurang bagus. Kedengarannya seperti mono. Kira2 apalagi yach yg harus di cek…

  • aprilian saputra

    bagi dong ilmunya kirim ke email ku kalau berkenan.eh ada yang mau aku tanyaiin kalau dari tape line out dan di cpunya masuk ke laine in berarti tapenya nggk ada suara yang ada di speker komputer malah yang hidup terus apakah ada program khusus untuk membuka suara dari tape di komputer.

  • E-wan

    bos saya punya puluhan lagu ciptaan sendiri tapi binggung untk diapakan tolong saya gmn cara merekomendasikannya ya thanks

  • dhiskara

    pak budi yang ok banget…saya udah ad lagu ciptaan band sendiri udah jadi cd, kalo dah terkirim lagu nya dari saya, gimana cara nya saya mendengarkan kembali lagu lagu dari band saya atau band yang lain. ma af saya ngak tau banyak hal.
    Terima kasih pak budi yg jenius. sukses selalu..

  • andrian

    Bos, kalau lagi convert terus sambil jalanin aplikasi yang lain hasilnya convert ke ganggu nggak ya?

  • cryptonite

    Buat yg pengen beli kaset wayang hadi sugito,
    Kalo di jakarta aku baisa beli di kramat jati ( sekarang jadi mall kramat jati ) lantai dasar
    Tapi kalodi yogya sih banyak, di maliobor juga banyak toko kaset yg jual kaset wayang Hadi sugito

  • Fay Fish

    salam kenal pak budi
    audacity is recommended software tuk ngrekam kaset ke WAV ..aku udah bandingin 4 softwares: nero, soundforge 5 dan 8 (sony), audacity, sama goldwave ..dr keluaran sound no 1 adalah nero wav editor (ini software dibundling ama nero burning) baru kedua adalah audacity berikutnya soundforge … ini subyektif krn dr output yg wav aku test pake winamp 2.79 (ini jg krn soundnya default gak ngebass atau terlalu kemrenceng treblenya .. nero soundnya default (bass treble imbang) kalo audacity treblenya terlalu nyaring dan ini cocok buat kaset2 lama yg suaranya sdh mendem atau kaset lama yg pake pita basf .. tapi kalo ngrekam kaset lama yg pake pita maxell atau kaset lokal hdx mending pake nero aja biar treble yg kemrenceng bisa diredam ama nero … aku pake soundcard creative soundblaster utk line in ngrekamnya dan salonnya (hehehe bahasa lawas buat speaker) altec lansing atp3 …

    salam

  • awan

    saya beli radio-kaset-cd-player merk sanyo (1,5 jt) yang sudah ada port USB dan SD card readernya. Ada juga tombol REC TO USB dan REC TO SD.
    Jadi kalau mau rekam kaset ke format mp3 tinggal mainkan kasetnya lalu tekan tombol Rec To USB/SD. Cukup mudah tanpa komputer. Hasilnya cukup baik.

  • Budi Rahardjo

    @awan … wah, boleh tuh. mau juga. belinya dimana? speknya?

  • apit

    kaya’ nya saya pernah liat tape deck sanyo itu di gerai electronic solution di kota saya (sby), lumayan mahal sih. Tp saya chek di http://www.meritline.com/meritline-digi-deck-convert-tapes-mp3-copy-digital-music-cassette.html?gclid=COnQtIaCvY0CFQ-WbgodOGx1LQ kok cuma $85 yah.. Btw, ada yg pernah pake software converter nya magix?

  • apit

    sory.. url yg saya maksud diatas adalah produknya PlusDeck2C.. kaya’nya sip tuh..

  • Amin

    Saya pake preamp kit seharga Rp.10.500 + mekanis protholan di toko elektro seharga rp.22.500, Juga pake compo dvd polytron. Kesimpulannya: tergantung gimana kita setting s/w nya. Untuk record pakai Nero (kalo hasil pak budi sember bisa dikecilin line innya ,untuk kaset leo kristi rata2 volume line in 8 %, Gombloh / Lemontrees 10% agar tidak melewati pek level sehingga utuh dan tdk terdistorsi). Kemudian di edit pake cool edit. Mantap!

  • CODAY

    Halo pak salam kenal, saya pemusik yang gagal dalam wujudkan cita2 saya,pak punya kenalan gak band yang sedang butuh drumer& saya juga pencipta lagu.tolong pak carikan.terimakasaih

  • Mathias Wasidi

    Pak Budi salam kenal….
    Pak Budi punya ga koleksi wayang2 dalam format mp3(khusus dalang hadisugito).
    Kalau ada sih saya mau dong.
    Salam bravo!

  • yahyaxu

    kulanuwun pak budi…
    kapan pak budi nyedia akem mp3 utawi rekaman wayang kulit wonten mriki..??
    kathah sing kepingin lho pak !!!,

  • Alie

    Ndherek ngobrol Pak Budi..
    Sebenarnya utk ngrekam kaset ke MP3 bisa juga pake software bawaan Windows, yakni Sound Recorder (folder Accessories-Entertainment). Cuma krn dibatasi 1 menitan, msti sedikit diakali dulu so bisa ngrekam berapa lama pun. mula-mula jadi file wav (gedhe) tp bisa dikonvert juga ke mp3 yg lumayan irit space.
    Prakteknya sih cm perlu walkman & colokan audio utk hubungkan lobang output (headphone) ke lobang input soundcard di komputer (kabelnya jantan+jantan), kita juga bisa ngrekam radio. Lumayan kok hasilnya, bisa sbg alternatif bagi yg gak punya tape deck atau blm s4 install software khusus. Minimalis gitu, tapi skillnya dapet.
    Salam sungkem katur kagem bapak-bapak penggemar Ki Hadisugito, nan dalem punika kalebet generasi muda pecinta wayang..Nuwun.

  • Reza agustian

    Salam kenal pak… Saya Mau nanya gmn supaya rekaman dari kaset tape k komputer suaranya bisa bersih?… saya udh nyoba pake program, Nero Wave Editor Tapi Suaranya Berisik..

  • den beha

    salam kenal dari pendatang baru.

    Saya udah coba nero media player 1.4.0.35b untuk merekam dari kaset ke mp3. Bagusnya sangat simple dan suaranya menurutku juga udah bagus. Untuk pemutar mp3 kalau dibandingkan dengan win amp dan window media player menurutku sih (subyektif) bagusan nero media player ini. Tapi karena masih percobaan ternyata ada kendalanya. Apa itu?
    Baru rekam 3 kaset (sekitar 3 jam) tiba-tiba udah gak bisa lagi. Padahal aku instal udah ada serial numbernya. Disitu muncul pesan harus beli mp3 pro encoder plug in. Aku gak ngerti apakah kalau gak ada plug-in nya dibatasi jam atau pas kebetulan jm tersebut pas 3 hari trial (tapi ada serial number nya). Saya udah berusaha cari-cari plug-in belum dapat juga. Kalau ada yang punya tolong dong saya dikasih mp3pro encoder plug-in.

    Best regard.

  • dadi

    buat mas fredy kruger..salam kenal saya ada kaset c blues dan sas..silahkan email saya..vida_dadi@yahoo.com..tks.

  • Hari

    Buat Pak Budhi yang terhormat,

    Pak saya adalah pemula di bidang komputer, melihat tulisan pak Budi saya sangat tertarik sekali sehingga program audacity sudah saya download, hanya masalahnya adalah bagaimana langkah2nya mulai dari memasukan ke line in komputer trus ke audcity.
    Mohon pak budi menjelaskan dan menggambarkan dengan jelas.
    Atas bantuannya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

  • saptono hadi

    Kulanuwun pak Budi…
    Menyambung mail yang lain, saya punya usul kepada pak Budi untuk mengkonversi koleksi kaset wayang Ki Hadi Sugito yang cukup banyak ke format CD. Saya yakin banyak yang menyambut baik, mengingat penggemar fanatik Ki Hadi sugito sangat banyak, termasuk saya yang pernah sekolah di Jogja. Semoga pak Budi berkenan mempertimbangkan usul saya. Terimakasih.

  • subhan

    Salam kenal Pak Budi, saya subhan, kebetulan saya juga koleksi kaset.
    Sekedar info, kaset2 saya tadinya jg berjamur tapi dapat di bersihkan dgn alat pemutar kaset secara manual setelah itu kaset di jamin bersih suaranya seperti kaset baru.
    Kalau Pak Budi berminat, silahkan hubungi saya 021- 99 33 23 56 saya akan bantu.Thanx

  • haryanto

    Malem pak Budi, saya adalah penggemar berat wayang kulit dari pak Hadi Sugito, apa bapak punya koleksi kasetnya, kalau ada daftarnya apa saja, biar saya pilih salah satu.
    Karena kebetulan saya adalah dhalang wayang kulit juga, tapi mau mencari referensi lakon dari pak Hadi Sugito yang lama2, dan memang bopo Hadi Sugito itu panutan saya.
    Hormat saya Dhalang Bonex Ki Gendheng Haryanto.

  • Budi Rahardjo

    Waduh … Ki Dhalang Bonex, saya tidak punya. :(
    Saya pun tidak paham wayang kulit (karena besar di kota – sayang sekali, hik hik hik). Mudah-mudahan menemukan apa yang diinginkan. Kalau ada … boleh juga dibagi-bagi. Siapa tahu saya bisa belajar tentang wayang kulit juga.

  • haryanto

    Matur nuwun pak Budi Rahardjo, nyambung pangandikanipun bopo Saptono Hadi nginggil komentar nomer 42.
    Wah kulo mathuk sanget menawi kaset2ipun bopo Saptono Hadi dipun pindahaken wonten MP3, SSEEEETTTUUUUJJJU.
    Kulo nggih kathah rekaman dalam bentuk mini DV, dan MP8, rekaman anggen kulo pentas selama di Jakarta, badhe kulo abadikan dalam bentuk VCD, malah menawi saged dalam format DVD.
    Nyuwun iguh pertikelipun bopo-bopo pepundhen kawulo, kados pundi bopo Budi Rahardjo lan bopo Saptono Hadi.
    Saking kulo Dhalang Bonex Ki Gendheng Haryanto.

  • arifin ITS surabaya

    malam pak budi..
    saya mahasiswa ITS yang sedang ngerjakan proyek akhir.proyek akhir saya tentang suatu sistem stetoskop yang hasil sinyal suaranya dapat dikirim melalui jaringan internet.file sinyal suara yang dikeluarkan oleh sistem berbentuk wav (filenya sudah tampildi PC1) kemudian diambil oleh streaming server dan dikirim ke PC2 melalui jaringan internet…to the point saja,saya ingin tanya dan minta bantuan ke pak budi.bagaimana caranya membuat file wav dari sinyal suara yang dikeluarkan agar bisa diolah oleh soundcard dan ditampilkan ke PC1…dan saya juga pernah mendengar ada soundcard programming,pemrogramannya itu kyk gmn?..

    atas bantuannya saya ucapkan terima ksih banyak..

  • arifin ITS surabaya

    maaf pak budi saya lupa ngasih tahu kalau hasil keluaran dari sistem stetoskop (sinyal suara) sudah difilter dan dikuatkan terlebih dahulu..

    terima kasih

  • Kandar Ag.

    Saya punyaaaa…MP3 wayang Ki Hadi Sugito! Cacahipun wonten 10 lakon (10CD @16tracks)! :)

    Saya buat dulu tahun 2000-2004. Saya pakai JetAudio untuk mengkonversi dari pita kaset ke MP3. Waktu itu saya pakai tape dek Kenwood, dan beberapa pakai walkman Aiwa. Lumayan…1 CD (500-an Mb) untuk semalam suntuk!

    Hayoooo….sapa pengen?

    Salam kenal Pakdhe…!
    Matur nuwun.

  • akhmad noer

    bos, mp3 wayang nya mbo diupload, biar bisa didownload.

    thx

  • Budi Rahardjo

    iya nih … saya juga gak punya mp3 wayang …

  • Fikri

    pak budi..

    Saya gak punya alatnya Boleh pinjem ga????

  • pajecko

    Salam Kenal

    Saya punya satu lakon MP3 ki hadi Sugito, judulnya : Antareja Mbalelo, 16 track … plus 5 video video lakon Wahyu Ekajati, yang terakhir ini sebenarnya rekaman Indosiar …

    pajecko@gmail.com – BSD – Serpong, Tangerang

  • kenjihimura

    Ada nggak ya… yang punya rekaman (dalam CD) wayang kulit dari Ki Narto Sabdo? Kalau ada tolong hubungi saya di kenjihimura05@yahoo.com, saya bisa ganti biayanya

  • kenjihimura

    Ha ha ha…. Akhirnya saya dapat download rekaman wayang kulit. coba klik di
    http://heritageofjava.com/log/?p=9

    Semua untuk melestarikan budaya wayang kulit.

    Bravo…bravo…. thanks at all

    best regard

  • sukolaras

    Salam kenal, Mas Budi
    Aku kok kepingin lagu-lagu tempo doeloeee sepertinya Tuti Subardjo, Ony Suryono, Alfian, Retno dan seangkatannya kalau nanti ada tolong mas.
    Ini saya juga lagi mau mindah rekam dari kaset gending-gending ke MP3 tapi masih belajar menggunakan audioeditor.

  • sarwandi

    Saya mencoba rekam dari kaset melalui program audacity, kok hasilnya belum ada. Padahal sudah saya ikuti langkah-langkahnya

  • rezy (PTSL)

    ##GREETING RECOGNIZE#
    Salam Kenal, Share Dunk… Directly, Saya Mau Instant Saja Mohon Pencerahannya Untuk Info Pebelian Referensi Radio Tape Casette Player yang punya fungsi Convert Ke mp3. Merk, Kisaran Harga, Tempat Beli Di Jakarta?? Trims

  • Suwondo Alim

    Untuk yg hasil rekamnya mono, pastikan nilai Recording Device yang ada di menu Edit->Preference-> Audio I/O, sesuai dengan sound card device yang diinstal.

    Isinya pastikan sama dgn yg ada di Control Panel->Sound and Multimedia

    http://www.andybrain.com/qna/2008/03/31/stereo-audacity-recording-keeps-appearing-as-mono/

  • Tony

    ada yang punya MP3 Leo Kristi ngak??

    THX

  • dhany

    mas prabu, carikan lawak kirun cs yang judulnya KIRUN KETEMU JODOH. aku dulu punya kasetnya tapi dipinjam orang tidak balik sampai sekarang. kangen je… bagus.. tolong ya.. matur suwun sak dereng e..

  • KurniaONE

    minta solusinya donk.. saya sudah sering transfer dari kaset ke Komputer n selanjutnya dijadiin mp3. Tapi gimana caranya biar proses transfer bisa berjalan cepat ( ga usah nunggu kaset dimainkan mpe selesai). dengan kata lain pake model pembajak kaset yg bisa memutar kaset dan merekam secara cepat.. maturnuwun

  • well

    pake program nero burning room juga bisa kok… dari kaset ke CD…saya sudah sering mencobanya mencobanya.Hasilnya bagus.

  • well

    caranya pakai nero wave editor,kalau install Nero pastikan yang full Nero… dari tape deck..line out masuk ke line in komputer..sperti biasa.. mo di save dalam bentuk mp3…. bisa juga kok di cut..atau editing…selamat mencoba.

  • fathul

    waktu maen ke rumah teman saya lihat tape kaset yang ada colokan USB-nya, jadi dari kaset bisa langsung rekam ke flashdisk dalam format mp3. Kualitas suaranya bagus banget. Merk tape nya lupa lagi, browsing aja !!!

  • Pursito

    Saya dua kali mencoba memindahkan lagu dalam kaset menggunakan Audacity software, sayangnya dua kali juga sound komputer saya menjadi rusak dan tidak berfungsi, boro2 jadi jadi mp3, untuk mengecek saja sudah tidak bisa.

    Mohon teman2 yang sudah pernah mencoba dan berhasil, bagi2 ilmu juga boleh.

    Terima kasih.

  • syaifudin

    konversi dari kaset ke mp3, kira2 membutuhkan memori berapa ya utk 1 kaset 90 menit. please ……..

  • Muhsin Suny M

    Saya sudah coba convert kaset Raihan saya ke komputer lewan audacity. Tapi ya itu suaranya kok kemresek ya? Cara ngilanginnya bagaimana? Raihan kan spesialis bass, kalau kemresek jadinya kurang sip. Bye… Oh iya kalau ada yang pengin nonton Film “Sang Murabbi” lewat komputer atau laptop silahkan klik di http://www.gurugo.blogspot.com

  • shiwobisma

    pakai coole edit / adobe audition hasil bagus, sy udah convert
    bbrp kali kst koleksi sy yg lumayan byk,koes +,2 kribo,sas,grass rock,darpus,aka dll.bravo musik dlm negeri.

  • @Lv

    Gue sudah pernah coba merekam lagu dari kaset ke komp. Tapi hasilnya suaranya ga bersih, ada suara yang mendenging. Gue sudah coba cek dan ganti kabel audio, tetap aja mendenging. Dari tape, VCD Player, Radio FM, dll tetap aja sama. Digunain noise reduction ga hilang. Kira2 kenapa ya? Apa karena soundcard gue yang jelek (C-Media CMI8738 onboard pada PC Pentium III).

  • joko yoyok

    Buat saudara2 di seluruh tanah air… saya punya (cukup banyak) koleksi2 lagu2 TRIO BIMBO KASET ASLI tahun 70-80 an. yg tak mungkin di produksi ulang alias tak mungkin beredar lagi (krn adanya problem antara musisi dan pihak perekam), tentu sangat menyulitkan fans bimbo, Saya suka banget ama lagu BALADA HUEW HUEW dan lainnya, bagi saudara2 ku yg ingin mendengar kan nya, silahkan hub saya di email yoyok321@yahoo.com cantumkan no hp anda. (saya juga bisa mencarikan LAGU2 di ERA 70-80 an saya tidak ingin ber bisnis, melainkan murni amal / sosial.) karena mencari lagu2 tsb memang sangat sulit. semoga bermanfaat bagi para penggemar Fans lagu2 Para Musisi Indonesia di era thn tersebut. seperti ALBUM JAWA SEKAR MAYANG (GOMBLOH), OPERA KEN AROK (HARRY ROESLI) dan lainnya. salam dan ikut berduka untuk penggemar dalang Ki Hadi Sugito, krn beliau sudah tutup usia.

  • joko yoyok

    Buat Pak Budi, Merekam Kaset ke digital/MP3, KHUSUS untuk LAPTOP (kan gak ada Line In nya), jika kesulitan dgn sound card (krn utk laptop) jarang yg ada fasilitas LINE IN nya, maka bisa kita masukkan lewat MIC (IN) nya laptop di hubungkan ke PHONE (HEADPHONE) nya KASET PLAYER . (jika tak punya LINE IN) sepintas akan sember (pecah pada nada trebble), coba2 saja sesuaikan lagi antara volume Out (kaset player) dan volume In (laptop) volume Out sekitar 25% saja. Sebaiknya pakai Headphone, jangan line Out (kaset player krn bisa diatur volumenya), Pertanyaan buat Pak Budi, saat kita merekam Kaset Player ke Komputer (Laptop), kenapa kita tidak bisa mendengarkan secara langsung ? speaker aktif komputer selalu Off, saya sudah coba On kan lewat control panel/sound, tapi tetap aja gak bisa terdengar, gimana caranya ya pak Budi ??? Trims. Salam dari yoyok321@yahoo.com

  • fauzi

    Yth Pak Budi,

    Apakah boleh, saya mau berguru untuk mengedit file wav stereo menjadi mono dengan CoolEdit?.

    Mohon tanggapannya Pak :).

    Salam
    Fauzi
    0888 161 4624

  • Rizky Khafitsyah

    kalau pake program “WavePad Sound Editor” bisa gak mas…??

    plizz yaa balas ke nomor ini

    08566334115

    tu nmr aku..

    makasih banyak ya mass…

  • aguswang

    masuka output audio ke line in comp atau sound card
    best sount card ….coba cari pakai sound card tambahan
    best driver ….. coba cari dan update
    sayang comp tsb saya jual ke sopir saya
    karena jadul pakai P4 presskot
    watt nya besar dan panas
    tapi suara nya
    wow kewwwren…rrrruarrrrr biasaaaaa
    set EQ driver soundcard
    pakai nero v 6 bundling
    masukkan serial number
    instal mp3 pro plugin. googling aj
    edit dengan wave editor
    save as mp3 pro
    its the best can do
    jika anda audiophile
    suara mp3 pro anda akan jauh lebih baik dari CD
    set wmp 10 EQ dan SRS wow nya
    buat anda betah di depan comp
    Sound Quality: bila suara itu bisa tetap utuh ketika anda pindah ruangan lain,
    sebab suara punya nyawa agar bisa resonanci pada setiap ruangan apapun.
    saya butuh 4 tahun untuk set semuanya
    selamat mencoba
    get the best
    ,

  • aguswang

    masuka output audio ke line in comp atau sound card
    best sount card ?….coba cari ..pakai sound card tambahan
    best driver ?….. coba cari dan update
    sayang comp tsb saya jual ke sopir saya
    karena jadul pakai P4 presskot
    watt nya besar dan panas
    tapi suara nya
    wow kewwwren…rrrruarrrrr biasaaaaa
    set EQ driver soundcard
    pakai nero v 6 bundling
    masukkan serial number
    instal mp3 pro plugin. googling aj
    edit dengan wave editor
    save as mp3 pro
    its the best can do
    jika anda audiophile
    suara mp3 pro anda akan jauh lebih baik dari CD
    set wmp 10 EQ dan SRS wow nya
    buat anda betah di depan comp
    Sound Quality: bila suara itu bisa tetap utuh ketika anda pindah ruangan lain,
    sebab suara punya nyawa agar bisa resonanci pada setiap ruangan apapun.
    saya butuh 4 tahun untuk set semuanya
    selamat mencoba
    get the best
    agus_wang@yahoo.com

  • aguswang

    masukan output audio ke line in comp atau sound card
    jika laptop tak ada line in masuk ke mic
    atur line in vol. kalau pakai mic in yand ada advance control hapus bosster mic nya
    best sount card ?….coba cari ..pakai sound card tambahan
    best driver ?….. coba cari dan update
    memory card ?….
    DDR ; DDR2 ;DDR3 ?….
    Merk ?…..
    posisi memory primer ?……
    set EQ driver soundcard
    pakai nero v 6 bundling
    masukkan serial number
    instal mp3 pro plugin. googling aj
    edit dengan wave editor
    save as mp3 pro
    its the best can do
    untuk media player;
    set EQ wmp 10 dan SRS wow nya
    jika anda audiophile bertelinga emas
    anda pasti bisa menmukan semuanya set diatas
    Sound Quality: bila suara itu bisa tetap utuh ketika anda pindah ruangan lain,
    sebab suara punya nyawa agar bisa resonansi pada setiap ruangan apapun.
    suara mp3 pro anda akan jauh lebih baik dari CD
    buat anda betah di depan comp
    saya butuh 4 tahun untuk set semuanya
    sayang comp tsb saya jual ke sopir saya
    karena jadul pakai P4 presskot
    watt nya besar dan panas
    tapi suara nya
    wow kewwwren…rrrruarrrrr biasaaaaa abis choy
    selamat mencoba
    get the best

    NB :
    maaf saya tak bisa memberi rekomendasi
    berhubung saya tidak jualan comp
    jadi tak bisa coba coba barang baru
    yang belum tentu lebih baik suaranya

    agus_wang@yahoo.com

  • aguswang

    sampling rate output untuk player misal 196k
    semakin besar semakin jelas suaranya

    output digital atau analog untuk sampling anable
    untuk soundcard yang suport HD Audio

    sampling rate input untuk recording
    klo yang ini disesuaikan dengan bit rate misal 44.1

    orang ribut dengan soundcard add on
    padahal cukup onboard dengan fitur yang cukup

    soundcard tak bisa dilihat dari fisiknya

    lihat featurenya DAC SNR nya semakin besar semakin bagus semakin vocal misal 108 db

    distorsinya berapa misal 0.006 semakin kecil semakin bagus

    saya coba soundcard addon merk terkenal sudah saya set se optimum mungkin, ternyata kalah dengan onboard
    karena featurenya memang kalah.

    jadi yang mahal besar belum tentu bagus !!!
    pilih berlian atau batu ?

    ibarat makanan karena mahal maka gulanya dilebihin sampai terasa nek atau bubuk coklatnya banyak sampai hitam dan pait. makan sehat itu bukan yang mahal dan berdaging karena manusia tidak bisa makan daging mentah.

    yang enak itu yang pas tepat optimum dan tidak mahal.
    hidup punya harmoni

    salam
    agus_wang@yahoo.com

  • aguswang

    os juga mempengaruhi kualitas suara
    play dan record diatas os apa?

    jadi ko blajar audio seperti belajar main game RPG
    cari semua hal berpengaruh gunakan se optimum mungkin.

    cuma yang belum saya tahu bagaimana membuat delay untuk suara suraund sebab sekarang jamannya AC3

    apakah bisa pakai AC3 filter
    ngatur delaynya.

    untuk play mending beli compo yang suport home theater
    suaranya lebih baik ada remot lebih irit watt dr comp
    merk sesuai selera.
    Set posisi dan delay dan vol tiap speaker

    klo comp cukup 2.1
    dengan suara seoptimal mungkin
    pilih speaker active yang tanpa audio trebel
    karena lebih murah dan lebih bagus suaranya (biasanya)

  • aguswang

    home theater pc
    biasanya untuk speaker depan sudah 2.1 yang tanpa seting bass treble lebih murah dan bagus.
    kalau mau 4.1 tinggal nambah speaker stereo seharga 30 rb umtuk rear tidak perlu bagus untuk rear dan pengaturan delay karena komp buka home theater, karena tidak ada set delay (penundaan waktu untuk bersuara) agar speakernya depan dan belakang kompak
    yah memang agak terdengar gangguan dikit untuk yang bertelinga audiophile karena suara tidak kompak.
    karena ruang untuk pc biasanya sempit jadi tidak perlu delay yang sempurna.
    kalau home theatre speaker biasanya ditaruh dipojok ruangan.
    salam
    agus_wang@yahoo.com

  • yankr klobot

    untuk mp3 kirun kok gak di uploads pak?makasih

  • Sugianto

    Saya punya kaset, ingin saya konvert ke file MP3, klu di Surabaya dimana tempatnya ya ?

    karena mendesak, saya tunggu jawabannya segera.

    Trm kasih

  • ngatijo

    untuk wayang kulit ki hadi sugito ada disini
    http://bornjavanese.blogspot.com

  • uky

    Saya dari daerah, jawa tengah (brebes) saya punya beberapa lagu yang sudah siap untuk rekaman. genre musik kami SCREAMO…. saya tunggu kabar selanjutnya, terima kasih.

  • Banyu Bening

    Tolong Bantu saya

    Bagaimana caranya agar merekam suara dibarengi intro musik bisa direkam jadi satu dengan Jet Audio?
    sudah beberapa kali saya coba merekam, yang masuk hanya bakgroun musiknya, jika tidak hanya suara saya saja.
    tolong donk bantuannya……

  • johar

    comment dari mr.awan boleh juga and tertarik info lanjutan saya tunggu. spek barang harga, beli dimana dll. sebelumnya thanks atas infonya.

  • sugianto

    Saya pernah mencoba dengan menggunakan Walkman dimana dipasangkan kabel di headphone jack dan dimasukkan di speaker jack di PC kita.. Itu berhasil tapi saya ada kendala di rendahnya kualitas suara yang di hasilkan. Apakah penggunaan walkman mempengaruhi hasil? Thanks untuk pencerahannnya

  • Muhammad M.U.

    Saya pernah mengkonvert kaset ke mp3 dengan walkman dan PC. Headphone jack walkman dimasukkan ke line in di sound card Komputer dan saya recordingnya pakai software “musicmatch”. Hasilnya cukup bagus. Hasil tergantung dari walkman yg dipakai (pake yang ber-merk, saya pakai “s*ny”) dan pilihan kualitas recording di settingan software yang dipakai.

  • Afiq

    Bisa cari softwarenya di google pak…….

  • Google Sport Blog

    Sekarang kaset sudah jarang..yang lain pada pilih Mp3

  • negeribocah

    koleksi kaset sy entah kemana, sekarang sy sering donlot di 4shared untuk cari lagu nostalgia

  • Gunawan kalsel

    Sungguh senang sekali saya bisa menemukan situs ini.Karena sudah lama saya mencari ilmu utk membuat mp3 dari kaset tape pita HDX.Saya pernah coba pake jet audio tapi hasilnya masih kurang puas,kaya suara radio yg kurang signal.Mohon bila ada nemu yg lebih bagus bagi2 ilmu.
    Makasih en salam persahabatn.

  • Gunawan

    makasih mbah, nanti tak coba dulu, untuk mengamankan koleksi lagu lama :d

  • baliadvertiser

    mp4, mp5

  • astaga

    terima kasih infonya, sekarang emang udah canggih+ digital

  • akatsuci

    betul, sekarang jaman canggih :p

  • Tristianto

    Thanks bro ,salam kenal

  • DEvid PTE

    mas sofware konversi dowlod bisa

  • Vivi

    terima kasih infonya mAs, nanti minta tolong suami buat mindahinnya sayang kaset2 yg beratus2 kemakan jamur :)

  • nuki

    Mas, saya mau pindahkan lagu2 dari cassee ke CD … kalo di bandung , tau ga lamat untuk proses tersebut?? soalnya saya ga ngertikalo mau proses sendiri… Biar bayar saja he he he.. Mohon informasikan kalo ada alamatnya di bandung, tx

  • sino

    Mas saya mau pindahkan lagu dari kaset ke CD kalaw di sekitar rawamangun Jakarta Timur ada ga ya,,soalnya saya ga bisa mohon informasikan kalo adaalamatnya dan no tlpnya.

  • aka

    ada yang tau ga gimana caranya klo transfer dari cd/ mp3 ke kaset tape?
    klo ada yang tau kirim ke emal saya ya mas. terima kasih

  • suparman

    Selamat pagi Bapak/mas Budi atau siapa saja
    Saya mohon bantuan, saya kesulitan mencari alat perangkat untuk memindahkan data dari kaset ke CD atau MP3. kalau ada yang bisa atau memiliki perangkat atau alat tersebut kirimkan peawaran ke kami melalui Faximile 021-7270038 (kepada Suparman Lab. Bhs FIBUI Depok), tks

  • DND Records

    klo ada yg mempunyai info atau mau jual alat duplikat tape, tolong hubungi saya di nomor 085324034966
    terima kasih

  • Kang Susiadi A P

    ADUH BETAPA RIBETNYA!!!!BELUM WAKTUNYA. JASA RIPPING KASET TAPE KE MP3 DI SURABAYA DI MANA YA??MAU RIPPINGIN IKI HEHEHEHKALAU ADA KASIH INFO DONG TEMAN@!!!ATAU HUBUNGIKU DI 081 230 788 550. TERIMA KASIH!!!

  • kataindonesia

    make microphonenya aja colokin ke audio pc terus rekam jadi wav terus convert ke mp3 make software converter.. gampang kok gan

    nitip yah:

    mau hp android murah kualitas bisa di adu buka http://www.kataindonesia.com

  • Usman Sirôjûddîň Måňċînğ Cãċîňġ

    Dapakan HP samsumng android Hanya dengan cara menjual kaset animasi DVD pendidikan
    Peluang usaha baru, usaha sampingan untuk guru, mahasiswa, masyarakat umum
    produk kaset DVD pendidikan Animasi 3D. pertama di indonesia
    dengan judul “ayo belajar huruf dan angka’kaset ke dua ” ayo belajar membaca ”
    DApakan HP samsumng android unutuk Agen di seluruh indonesia
    berminat hub CV. eduvision multimedia
    web. http://www.kasetbelajar.blogspot.com
    sms/ call: 081135640101

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.591 pengikut lainnya.

