Sepeda Listrik

BR-betrix-2satu-garisKemarin (Selasa, 5 September 2006) kantor saya (Pusat Mikroelektronika) yang di ITB kedatangan tamu, Mario Rivaldi dari Betrix. Bagi anda yang belum tahu, betrix ini adalah sepeda listrik. Entah kenapa namanya betrix. Mungkin dari BEbek lisTRIX?Saya sempat mencoba sepedanya. Keren euy. Dia bisa lari 30 km/jam. Cukup kenceng juga. Untuk menjalankannya bisa digenjot dulu baru digas, atau langsung digas. Kalau langsung digas agak boros di aki-nya. Kalau di luar negeri malah ada aturan tidak boleh langsung digas, harus digenjot dulu. Indonesia ini memang aneh ya. Asyik juga pokoknya sepeda betrix ini. Saya coba genjot sekuat tenaga, lewat 30 km/jam, maka sang motor tidak jalan membantu. Tapi saya tidak terbebani tanpa motor. Asyik.

Saya tidak tahu berapa jam akinya bisa bertahan. Katanya sih ada yang nekad pernah membawa betrix ini jalan dari Bandung ke Jakarta. Entah lewat jalur mana dan berapa kali harus ngisi akinya. Mungkin ditarik mobil? he he he :D

Yang bagusnya lagi dari sepeda listrik ini adalah dia tidak membuat polusi. Green campus! Asyik juga ya? Saya usul, Satpam ITB dikasih sepeda betrix ini deh. Asal jangan diajak ngejar jambret yang pakai motor RX King saja dia ok. hi hi hi. Atau mungkin malah di kampus seharusnya tidak ada mobil masuk. Parkir disediakan lahan di luar kampus kemudian ada mobil (seperti yang dipakai di lapangan golf) yang melakukan antar jemput dari tempat parkir ke kampus dan sebaliknya. Di kampus disediakan sepeda seperti ini. Nanti malah sepeda listriknya yang dicolong ya? he he he. Dasar!

Tentang Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua tulisan milik Budi Rahardjo

41 responses to “Sepeda Listrik

  • rayyan

    Awal-awal ke Bandung lagi … saya kemana-mana naik sepeda pak.

    Udah 2 bulanan saya tidak naik sepeda lagi …

    Lagipula sepedanya lg nggak bisa jalan … ban belakangnya agak longgar .. jadi harus diservis dulu …. :)

    Denger cerita dari bapak tentang Betrix, jadi pengen … daripada naik motor.

    Tapi liat ke webnya kok gak ada harganya ya .. coba telp aja nanti ah

  • Emanuel Setio Dewo

    Baterai tahan berapa km? Karena rumah ke kantor kurang-lebih 30 km, bisa-bisa banyakan ngayuh (genjotnya) dari pada pakai listriknya :-D

    Salam.

  • Budi Rahardjo

    #2, katanya sih sudah ada yang nyoba dari bandung ke jakarta. (entah lewat jalan mana?)

  • yuan

    Wah, minggu kemarin saya liat sepeda ini di Yogyakarta. Ternyata namanya Betrix toh… googling dulu ah…

  • IMW

    Setahu saya di VEDC Malang ada motor listrik, yang dicharge pakai pembangkit listrik tenaga angin (kincir).

    Silahkan yg di VEDC Malang ngaku !!!!

  • DiN

    Buatan Indonesia, Pak?

  • Luthfi

    satpam ipb sdh ada yg pake (klo gak salah, satu unit posko dapet 1 sepeda listrik itu)

  • abah oryza

    euleuh-euleuh, jadi pengen beli, udah babeh budi jadi makelar aja dech.. he.. he..
    aku sempet punya ide hari sepeda city sedunia, nah ada sepeda yang bisa ngebut tapi tetep ramah lingkungan bagus juga tuh.

  • cahya

    Saya beberapa kali melihat sepeda semacam itu melintas di jalan. Masalah kita kalau bersepeda di jalan adalah kita seperti gak punya jalan, karena semua dipenuhi kendaraan bermotor, mobil, truk, jadinya naik sepeda gak nyaman dan gak aman. Perlu dirancang desain yang menyediakan tempat bagi sepeda dan pejalan kaki. Lebih banyak orang bersepeda lebih bagus bisa mengurangi polusi global dan menghemat BBM (help to save the world). Salah satu rumah sakit di Jogja saya lihat para dokternya menggunakan sepeda dilingkungan RS yang agak luas baik sepeda biasa atau listrik, dapat menghemat waktu tetapi tetap sehat dengan mengayuh sepeda. Selain itu tidak ada efek polusi dari kendaraan sepeda tersebut.

  • budi sulis

    Seminggu minimal dua kali saya naik sepeda ke kantor. Rumah di daerah Supratman sedangkan kantor di Tubagus, Bandung. Jalan naik turun, tapi asik kok. Dari rumah udah mandi, pake kaos, sampai kantor, gak perlu mandi lagi, hanya pake handuk, he2. Seandainya ada komunitas bersepeda ke kantor dan kampus di Bandung… Atau kita bikin saja yuk. Pak Budi R kayaknya gak bakal ikutan, karena jalan menuju rumah beliau nanjak setengah mati, he2

  • rayyan

    Wah setuju banget … ada komunitas bersepeda ke kantor dan ke kampus. Sehat … sehat … sehat :) Segar

  • amudi

    wah, green campus! Setuju!!

  • aida

    saya aida, tertarik memiliki sepeda listrik ini, di kota mana saja sepeda tersebut dijual. Atau kalau saya mau beli langsung kemana saya hubungi? Berapa harganya, mohon jawabannya segera. Trims.

  • Merlani

    Mbak Aida, coba aja buka di web-nya betrix http://www.betrix.co.id
    Disitu ada no.tlp dealer. Ntar dikasih tau deh dealer terdekat dari kota Mbak.

  • Yudhi

    silakan klik http://www.betrix.co.id….. aku tuh cerita nya beberapa hari yl waktu berangkat kantor pas lewat tanah kusir ada bapak2 kok asyik banget naik sepeda, terus aku bilang ama istriku coba deh iseng2 tanya ke bapak itu dimana belinya, terus aku minggir menyapa bapak itu dan akhirnya aku dapat info ternyata merknya betrix dan dikasih alamat dealer nya segala… wah apikan tenan bapak kuwi, uwis umuran kiro2 meh 60 an…

  • harunjo

    Loo kok tanggung om naek sepeda listrik (betrik)? kenapa ga sekalian aja olah raga naek sepeda asli?

    Indonesian bike to work community
    http://www.b2w-indonesia.or.id

  • Gaek

    Aku mau jual Betrix Type B2 bentuknya kayak mio kalo mau lihat modelnya buka aja di website betrix kondisi 85 % masih orisinil dan muluss bow ! warna merah marun kombinasi hitam original pabrik harga Rp 3 juta deh masih bisa nego! jika tertarik bisa hub: ke 081.77.11.781 oche !

  • cakra

    wow, kayaknya asyik juga tuh dengan betrix-nya. aku jadi pengen coba buat scuter bertenaga batrai. konsepnya sih sudah di pikirkan, tapi yang susahnya, mewujudkannya itu. soalnya aku mesti cari spare part pendukungnya dulu. kali aja si pembuat betrix mau ngebantu aku. he..he..he..kalo serius, kirim aja ke emailku artchee_cis@yahoo.com ya……….! sukses buat betrixnya. klo boleh tau, berapa sih harganya? aku diksih satu ya………..

  • indra

    wah aku juga ada rencana mau beli tuh, sebab di kantor sini temenku udah ada yang pake, dan lumayan sih…malah bisa buat boncengan, tapi kalo boncengan ada bobot maksimal…trusnya lucu aja kalo boncengan soalnya jadi goyang trus bawaannya mau jatuh aja hehehe :D

    denger2 sekarang udah ada yang model baru kayak vespa dan harganya 3jt. yg punya temenku itu harganya 5 jtaan trus modelnya lebih mirik ke motor ga seperti yg kaya mas budi punya

    tetapi aku coba akses web nya ga bisa tuh :(

  • tridarsa

    aku punya sepeda listrik yang model lama beli 5 thn yll.(merk “Selly”sebelum BETRIX) bentuk masih sepeda biasa.. batrenya Vision cp12170 12volt 17ah, dah nggak bisa di charge lagi.. ada info nggak beli nya di mana? btw. situs betrix nggak bisa di buka

  • Peter

    Gabung bareng di motorlistrik@yahoogroups.com yuk? Tar antar pengguna dan calon pengguna bisa tuker pikiran & pengalaman ttg masing2 merk. Eniwei, ane sendiri skr pakai model Kymco dgn kecepatan 60km/jam dan jarak tempuh 60km. Rem dah cakram, lampu komplit spt motor :)

  • nawi

    jadi pengen banget beli betrix, tapi susah juga cari dealer yang dekat, saya tinggal di bali, tolong masukannya donk.trims.

  • budi

    sekarang sudah ada sepeda motor listrik yang produksi dalam negeri dan ada STNK dan BPKB
    EMOTO
    saudara bisa membandingkan spesifikasinya dengan merk lain

  • nawi

    Yess! Betrix maju terus!!!

  • xtrhic

    yah mas Budi, dulu ada temen bikin sepeda listrik utk TA nya. dia MS 85. tapi karena satu dan dua hal tidak jadi di produksi scr massal. sekarang padahal mustinya cukup bisa digemari orang ya?

  • yamta

    yab, benar. di VEDC malang memang ada Sepeda Motor Listrik yang dicharge menggunakan Tenaga Surya (Solar Cell) dan juga Tenaga Angin (Kincir Angin / klo lagi fungsi, karena di VEDC Malang anginnya tidak kencang).

  • yamta

    Sepeda Motor Listrik di VEDC Malang biasanya digunakan untuk operasional dari Gedung Administrasi ke Gedung Belakang (TI, Penginapan Mahasiswa Asing dan juga terkadang dipakai oleh Satpam untuk Monitoring Lingkungan VEDC).

  • Waskita Adijarto

    Saya sudah 1,5 tahun pakai sepeda Betrix untuk bolak-balik antara rumah dan kampus ITB. Review singkatnya ada di URL: http://www.ee.itb.ac.id/~waskita/sepeda-betrix-model-the-ice

  • adi

    Iya Pak, motor listirk ke depannya bs lebih bagus, kalo mau beli beberapa merk – tipe motor coba deh klik di http://www.motorkredit.com mungkin bisa sedikit membantu
    Terimakasih

  • nadya

    maaf maw numpang iklan..kebetulan saya punya betrix tipe sky warna biru th’07,kira2 baru 8 bulan pakai….kondisi masih bagus dan lengkap ….saya jual karna BU :p saya jual 4juta nego….bagi yang berminat hubungi 085294814807

  • RnD HW

    >> Nanti malah sepeda listriknya yang dicolong ya? he he he.

    Sepeda saya (dipinjam temen, tidak dikunci) hilang di kampus :(
    (Untungnya di ganti rugi sih :p)
    Saya senang sekali naik sepeda ke kampus, tapi sayangnya jalan (dan penggunanya) kurang bersahabat terhadap pengendara sepeda. Kadang2 di bel. hiks. :(

    Padahal di tokyo saja, mobil mercy dan jaguar pun menunggu saya menyebrang jalan dg sepeda.. dududum…. hihihi

    One more thing, I think there should be bicycle parking at ITB. It’s obviously getting more popular (and crowded). ;)

    PS: oo, jadi sepeda betrix yang sering terlihat di Labtek itu punya Pak Waskita ya. Saya sering parkir disebelahnya. ^^

  • sondang

    numpang iklan yah mas! saya jual betrix tipe sky+ 48v, warnah merah, kondisi 95%. saya jual karna butuh uang cepat. saya tinggal di medan-padang bulan. hub: 085760045055

  • cah Bagos

    mas,,,
    bisa cara buatnya nggak,,
    aku pengen buat karya ilmiah sepeda listrik,tapi nggak tau motor apa yang harus dipakai,terus akinya berapa volt…????

  • Wenan

    Entah kenapa, tiba-tiba istri saya ingin sepeda listrik. Sekarang masih searching model-modelnya. Inginnya sih yang bisa digenjot juga. Infonya sangat membantu. Trims, Pak!

  • nining

    permisi numpang jualan ya.. sy mau jual betrix sy type sky warna hijau br pakai 8 bln, hrg 4.3 jt boleh nego, yg minat bs hubungi sy 08158030411.

  • Hadi

    Permisi….
    Mau tnya alamat dealer sepeda listrik untuk wilayah samarinda sekitar.
    Klo perlu semua yg di samarinda. Tuk referensi. Ke: sukses68@yahoo.co.id
    Tlg ya? Tks

  • yudis

    menanti mobil listrik :D

  • akim

    pak, kalo beli spare part lewat online bisanga?
    saya punya betrix tipe the ice, tapi kendalanya sekarang controlnya rusak. Saya mau beli, tapi nga tau dimana.? Lokasi saya di padang pariaman. mohon segera di bantu.!!!
    thak’s….

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.594 pengikut lainnya.

