Yogyakarta jauh dari Bandung

Kawan saya, Bambang Prastowo, meminta saya untuk memberikan kuliah terbuka di UGM. Sampai saat ini saya belum bisa memenuhi permintaan tersebut. Alasannya sederhana, Yogya “jauh” dari Bandung.

Untuk pergi ke Yogyakarta dari Bandung tidak banyak pilihan alat transportasi yang tersedia. Saya bisa naik kereta api, akan tetapi ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai Yogyakarta dan kembali lagi. Padahal waktu inilah yang justru saya sedang tidak punya.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan pesawat terbang, tapi tidak ada pesawat langsung dari Bandung. Saya harus pergi ke Jakarta (ke Bandara Soekarno Hatta) dahulu dan naik pesawat menuju Yogya dari sana. Pulangnya pun demikian. Wah. Padahal dari Bandung ada pesawat langsung ke Surabaya. Jadi kalau dibuat singkat, Surabaya “lebih dekat” dari Bandung dibandingkan Yogyakarta. Aneh bukan? Inilah kenyataan.

Hal yang sama terjadi juga dengan kota Bogor. Untuk mencapai Bogor dari Bandung agak sulit juga. Alternatif yang paling cepat adalah pergi ke Jakarta dengan malalui tol Cipularang, kemudian kembali lagi dengan tol Jagorawi.

Mungkin yang masalah bukan Yogyakarta atau Bogor, tapi Bandung ya. Padahal Bandung mau jadi BHTV (Bandung High-Tech Valley) yang membutuhkan koneksi banyak ke dunia luar. Untung sudah ada tol Cipularang yang membuat akses lebih mudah. Sedikitnya, akses ke Jakarta menjadi lebih mudah.

Jadi, mas Bambang, maaf saya belum bisa ke Yogyakarta karena waktu yang tersedia masih pas-pasan. Mudah-mudahan saya bisa memenuhi undangannya dalam waktu dekat ini.

Catatan: pagi ini (19 September 2006), saya memberikan kuliah terbuka di UNIKOM, jl. Dipati Ukur, Bandung.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

14 responses to “Yogyakarta jauh dari Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.742 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: