Mahasiswa Wajib Punya Blog

Di kuliah Konsep Teknologi yang saya ajarkan, saya mewajibkan mahasiswa untuk menulis. Semester lalu saya mewajibkan mahasiswa untuk membuat buku diary, tapi ternyata penggunaannya tidak efektif. Hanya beberapa halaman dari buku saja yang terisi dengan tulisan. Sayang sekali. Boros buku. Nah, kali ini saya mewajibkan mahasiswa saya memiliki blog.

Daftar blog mahasiswa saya ada di sini:

http://budi.insan.co.id/courses/kontek/blog-mhs.html

Tujuan saya mengharuskan mereka menulis adalah agar mereka terbiasa dalam menulis, atau lebih umum lagi agar mereka belajar berkomunikasi. Salah satu tugas dari seorang engineer adalah berkomunikasi. Kalau tidak dipelajari maka di kemudian hari mereka akan menyesal. Lebih baik sekarang mencoba bereksperimen daripada nanti kalau sudah lulus. Ya nggak?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

80 responses to “Mahasiswa Wajib Punya Blog

  • Sirait

    Hidup emang susah yah pak, kewajiban makin banyak. Sampai ngeblog juga jadi kewajiban. :) Menurut saya, sebaiknya dikurangi hal2 yang “wajib”. Bukan begitu, Pak?

  • rendy

    *juwalan hosting ah*

    *dagang kacang goreng seperti domain name*

  • Koen

    @1: Bukan :). Saya sependapat dengan BR bahwa calon engineer wajib dipaksa berkomunikasi. Ini toh buat masa depan mereka juga.

  • snydez

    ehhe..
    pemaksaan kehendak :)
    :P

  • br juga

    ini baru namanya dosen top :)

  • rayyan

    Ide yg orisinil dari seorang pengajar untuk mewajibkan mahasiswanya memiliki blog.

    Menyenangkan, pengajar lain bisa mengikutinya … :)

  • Benny Chandra dot com » Mahasiswa Wajib Punya Blog

    [...] dibarengi juga dengan bagi-bagi kiat menulis agar aturan itu tidak menjadi tren sesaat™ » | Refresh| [...]

  • Irwin

    isinya dunia kerjaan bakal menulis menulis dan menulis, jadi kalau ga bisa nulis…hmm… nyeselllll

  • simkesugm06

    salut pak Budi. Saya juga coba ikutan menggunakan media blog dalam perkuliahan. Tetapi, tidak mewajibkan secara individual.

  • Dedhi

    Agreed, jadi Engineer kalo tidak bisa bikin status report ataupun documentation, kerjaan tidak akan scalable. Hanya akan bisa handle type pekerjaan yg one man show, one man user :D

  • ricky

    hobby pribadi jangan dipaksakan pak, kasihan mhs yang gak mampu…. (gak mampu ngeblog maksutnya) :D

  • baraqatax

    saya setuju, Pak. Jadi mahasiswa harus rajin membaca dan MENULIS.

  • dendi

    harusnya ngeblog buat nambah nilai aja pak..

  • dendi

    ntar salah-salah mahasiswa2 bapak malah pada keranjingan ngeblog..
    jadi jarang kuliah
    seperti saya :-D

  • ivie

    cool cool… melatih menulis….. tp dulu kontek gue cuma dapet c

  • Oskar Syahbana

    Kok cewek-nya dikit ya pak :D

  • Aris

    Saya setuju dgn pak Budi, ngeblog untuk melatih mahasiswa berkomunikasi. Btw kalau utk anggota DPR perlu dikenakan wajib ngeblog gak ya?
    ya biar para anggota DPR juga bisa berkomunikasi dgn konstituennya, sekaligus memberikan pertanggungjawaban publik.

  • kunderemp

    Ah.. masak nge-blog aja sampai harus dijadikan tugas sih, Pak? Sebegitu kuper kah mahasiswa ITB?

    Sepakat ama dendy.. jangan2 malah rajin nge-blog dan jadi deadliner semua dalam mengerjakan tugas (kayak saya.. lagi di lab mengerjakan tugas dengan deadline besok.. hiks :( )

  • devie

    kalo nggak bisa nulis alias bikin report gak bakal bayaran. :D

  • Mahasiswa Wajib Punya Blog? « kisah dua dunia

    [...] Di dalam blognya Budi Rahardjo (BR) yang berjudul Mahasiswa Wajib Punya Blog, beliau menyatakan bahwa: Tujuan saya mengharuskan mereka menulis adalah agar mereka terbiasa dalam menulis, atau lebih umum lagi agar mereka belajar berkomunikasi. Salah satu tugas dari seorang engineer adalah berkomunikasi. Kalau tidak dipelajari maka di kemudian hari mereka akan menyesal. Lebih baik sekarang mencoba bereksperimen daripada nanti kalau sudah lulus. Ya nggak? [...]

  • Budi Rahardjo

    Penggunaan blog merupakan alternatif yang memudahkan bagi saya. Soalnya, tahun lalu mahasiswa menggunakan buku. Kebayang nggak saya harus bawa buku satu tumpuk setiap kali mahasiswa menyerahkan tugas. Mana tahun lalu ada 2 jenis tugas sehingga masing-masing mahasiswa numpuk 2 buku!

    Tahun ini hanya ada 1 buku tugas individu (yang sekarang numpuk di kantor saya). Kemarin mau saya bawa pulang, tapi sudah mual dulu melihatnya. He he he. Kalau pakai blog, bisa saya periksa dari rumah seperti saat ini.

    Ada satu masalah dengan blog yaitu mahasiswa tidak bisa menuliskan hal yang bukan untuk konsumsi publik. Kalau dengan buku, bisa hanya mahasiswa dan saya saja yang memiliki akses. (Secara teknis bisa saja membuat halaman yang terbatas aksesnya, tapi ini malah membebani mahasiswa untuk melakukan setupnya.)

  • ivie

    saya rasa model membuat blog ini bagus juga jadi si mahasiswa bakal dapat banyak masukkan dari org2 yg membacanya. jadi dia ga melakukan sesuatu yg satu arah tapi ada komunikasi 2 arah yg dihasilkan. gak terbatas hanya di lingkungan org2 yg ikut kontek n dosen2nya.

  • IMW

    Tahun 96-an saya mewajibkan mahasiswa punya akses di BBS :-). Jaman segitu pak Putu Deperindag masih jadi Admin BBS Deperindag. Biar mahasiswa, minimal tahu yang namanya MODEM. Catatan saya juga hanya saya berikan di BBS mereka harus download.

    Tahun segitu juga saya mewajibkan mahasiswa menulis artikel, bukan cuma tugas disain atau programming. WAJIB artinya kalau tidak mengumpulkan dapat nilai nol.

    Hasilnya memuaskan. Banyak yang merasa berterima kasih karena saat itu diwajibkan.

    Mungkin tahun depan mewajibkan mahasiswa punya proyek di Sourceforge atau sejenisnya ke ke ke ke ke

  • Antony Pranata

    Ide yang bagus sekali untuk mewajibkan mahasiswa menulis blog. Tujuannya untuk melatih mahasiswa menulis atau memperkenalkan mahasiswa dengan teknologi blog? Soalnya saya lihat kok isinya hampir semua seragam, “Kode Etik IEEE”. Emang ada beberapa yang nulis topik2 lain.

  • ranti

    Ide yang bagus, mas. Seomga sukses.

    Di sini ada beberapa dosen yang bereksperimen dengan social software dimana tiap murid me-review tulisan rekan sekelasnya. Jadinya dibuat suasana peer-review model.

    Salah satu ekperimen lainnya adalah e-portfolio, dimana murid2 mencantumkan tugas-tugas apa saja yang telah mereka kerjakan dan menulis executive summary dari hasil tugas tersebut.

  • rici

    Wah ide yg sangat bagus, lebih bagus lagi didukung dengan koneksi internet yang murah 24 jam dari rumah masing2…hmm indahnya :D mudah2an target BRTI untuk memurahkan akses internet buat para user bisa tercapai…

  • Alex

    Awal yang bagus pak ;-)
    btw kalau bisa ngak hanya mahasiswanya pak, semua dosen juga wajib punya blog :-D
    Semoga dosen saya juga ada yang berbuat demikian [mewajibkan mahasiswa punya blog]. Karena hal tersebut memang penting sekali.
    Bagi saya sendiri yang juga masih mahasiswa merasakan beberapa manfaat dari nge-blog, yang antara lain :
    1. Latihan menulis.
    2. Aktualisasi diri.
    3. Tambah temen.
    4. Publikasi diri [buat kaum narsis ;-) ]
    5. de el el

  • teddy

    yang jadi masalah itu tidak semua orang punya bakat nulis. Dari pengalaman saya , banyak orang yang gak minat sama sekali untuk nulis di blog. jadi kalau sampai mewajibkan mahasiswa anda untuk punya blog, apa gak terlalu memaksakan kehendak??

  • chaidir

    terkadang untuk belajar menulis blog, harus sedikit ‘dipaksakan’. Coba dari dulu Pak Budi mengajar mata kuliah Kontek (Konsep Teknologi), mungkin dari dulu saya juga punya Blog :-)

  • Nofie

    Semoga mahasiswanya bisa belajar banyak dari situ.

  • IMW

    Bakat atau ndak bakat nulis, seorang mahasiswa itu harus bisa menulis. Menulis laporan, menulis skripsi, menulis proposal.

  • faithtear

    pada prinsipnya sih.. tujuan untuk membuat blog itu untuk belajar menulis…
    kalau pun belum bisa bagaimana menulis blog, minimal membiasakan untuk menulis apa saja..
    tahu tidak.. menulis itu sebenarnya susah lho…
    kalau nggak dibiasakan dari awal, tetep tulisan yang dibuat tidak akan mengena..
    contoh gampang aja… di tempatku.. mahasiswa wajib (dan emang wajib sih) membuat laporan setelah praktikum. Aku sudah kasih batasan yang mudah.. tinggal tulisa aja apa yang mahasiswa laksanakan selama praktikum.. mau mengungkapkan kebingunan lah, mau menulis tentang perasaan dapat ilmu baru lah.. nggak masalah.. aku nggak menuntut mereka untuk menulis yang teknis sesuai teori..
    tujuannya aku buat model ini, agar mahasiswa itu bisa mereview ulang ap ayang sudah dialaminya…
    eh.. ternyata walau setelah berjalan lama.. tetep aja kebanyakan mahasiswa hanya memindahkan tulisan di modul praktikum ke laporannya..
    kalau tulisan macam itu sih.. itu bukan tulisan yang aku cari… :)

  • borne

    saya setuju ama pak budi agar mahasiswa mulai dilatih untuk menulis dan mengutarakan pendapat. lha, di kelas aja jarang ada yang nanya. mahasiswa tidak bertanya apa karena sudah mengerti, atau karena gak berani berkomunikasi? terus setuju ama bung dedhi, engineer mesti scalable, jangan one man one show.

    mengutip dr kata temen
    PERADABAN BESAR BERAWAL DARI BUDAYA MENULIS

    sayang orang indonesia masih belum semuanya suka menulis. wong, yang belum bisa baca aja masih banyak apalagi menulis.

  • rezayazdi

    Hebat-hebat mahasiswa bapak!
    Ada yg menulis tentang komputer, ada yg menulis tentang klakson di Thailand, ada reportase konser, ada yang menyamakan menulis blog dgn aktifitas jurnalisme (aneh! brarti ini org gak nyimak kuliah bpk :D ) ada yang isi blognya cuman 2 kalimat, ada juga yang kriminal tuh pak: kabur dari razia polisi hehehehhehehe….

  • anggriawan

    Bagi saya (yang mahasiswa juga),

    blogging = belajar mengkomunikasikan ide secara tertulis :)

  • adjie

    jadi kalau ngga di laksanakan haram hukumnya yaa pak

    wah perlu keputusan MUI nih :-D

  • ArieL

    wah, knapa saya nggak jadi mahasiswa om budi yah ?
    :P nyesel deh..,

  • Bekerja hari minggu dan beberapa rencana at iqbalir

    [...] Pagi ini saya berkungjung ke blognya Pak Budi Rahardjo dosen ITB bidang IT yang rajin banget nge-blog -silahkan simak semua entry di blognya dengan berlangganan RSS-nya disini-. Meski pak Budi super sibuk, tetapi beliau selalu meng-update blognya, bahkan mahasiswanya diwajibkan mempunyai blog. Lahhh kok malah ngga nyambung membahas pak Budi sih, bukan begitu… maksudnya saya ingin mengambil kata-katanya berikut (diambil dari blognya): Tujuan saya mengharuskan mereka menulis adalah agar mereka terbiasa dalam menulis, atau lebih umum lagi agar mereka belajar berkomunikasi. Salah satu tugas dari seorang engineer adalah berkomunikasi. Kalau tidak dipelajari maka di kemudian hari mereka akan menyesal. [...]

  • nico

    Kereeeeen pak!kenapa ga pas saya kuliah dulu?hix..

  • eChi

    Pak anda berhasil buat saya bikin blog. Thanks pak, tar baca jg ya pak blog saya.

  • giffari

    pusing ah baca semua komennya.
    *numpang lewat………….*

  • WordPress @ KSL-UAJY at AlexBudiyanto.Web.ID

    [...] Harapan saya dengan acara tersebut dapat menggugah semangat para mahasiswa untuk mulai menulis blog untuk menumpahkan ide-ide maupun pengalaman sehari-hari. Yah paling tidak bisa demam blog ini bisa dimulai dari anak-anak KSL-UAJY dan semoga saja cepat menular ke mahasiswa maupun Dosen TF-UAJY [baru ada 1 dosen saya yang mempunyai blog ]. Keinginan saya sih ntar ada Dosen yang mewajibkan mahasiswanya punya blog [...]

  • dito(STEI'06-16506182)

    Pak, ngomong-ngomong saya udah lapor alamat blog saya ke kak asdos, tapi kok blom ada ya di daftar blog mahasiswa bapak?..mohon tanggapannya ya pak…trims…
    Alamat blog saya http://dito88.blogspot.com/

  • Mahasiswa wajib mempunyai blog ? « ..::{[ Hilang Bersama Cinta ]}::..

    [...] sayang aku nggak masuk kampus itu (nggak skill aku broo! ). ternyata konsep seperti ini telah ada dan dibudidayakan oleh mas budi Rahardjo. [...]

  • Valerie Arletta

    Menarik sekali… memang punya blog itu saya rasa bagus sekali, melatih kemampuan komunikasi secara tertulis, menganalisa dan juga berlatih mengajukan argumen.. Good idea tuh, mahasiswa harus punya blog !!

    Sukses selalu

  • Anggara

    nge blog koq disuruh sih pak

  • Budi Rahardjo

    Untuk Anggara, kenapa ngeblog mesti disuruh? Karena kalau nggak disuruh, nggak ngeblog!

    Sebetulnya blog hanya media saja. Yang lebih penting bagi saya adalah mereka MENULIS.

  • imamprast

    menulis blog memang baik, tapi saya kurang setuju dengan blog yang hanya di isi layaknya buku harian atau diary pribadi, dengan isi yang hanya dimengerti maksudnya oleh penulisnya saja. saya banyak menjumpai blog yang demikian…..

  • sayekti

    Saya setuju dengan ide bapak, biar mahasiswa kita pada kreatif gitu loch

    http://www.tante-girang.cjb.net

  • Traffic

    seo,ppc, i sell qualitative seo the traffic, to buy the search traffic, to buy the traffic, traffic, i sell the traffic, i sell the search
    traffic, the search traffic, where to buy the search traffic, i shall buy the search traffic, sale seo the traffic. traffic

  • Simbahe Sales

    Ya kalau enggak dipaksa Mahasiswa kita di kost cuman main gitar Pak.
    OK banget idenya Pak….Biar mereka tahu bahwa dunia sekarang ini udah berubah harus melek Teknologi Informasi….Siiplah

  • Air Sehat

    Memang mahasiswa sekarang perlu dipaksa-paksa. Dipaksa yang baik-baik, tapi jangan dipaksa demo.

  • phandaka

    ngenalin blog nih kang…baru dibikin :)
    pengin bantu info buat anak2 muda yang masih bersemangat

    http://ajangkompetisi.blogspot.com

    http://ajangkompetisi.wordpress.com

  • Aulia

    semua harus diblogkin, mahasiswa dan staf akademik…baru mantap tuh…

  • 71mm0

    Setuju!
    dengan nge-blog, kiTa budayakan menulis dan membaca ;)

  • Enal Farid

    Setuju, mas… soalnya jangan sampe cuma bisa berkomunikasi sama perangkat digital aja… malah repot nanti..

  • birulaut

    Betul pak, mahasiswa harus punya blog. Namun blog akan mangkrak dan tidak terawat ketika pemiliknya tidak rajin menulis. Nah, bagaimana bisa menulis kalau tidak pernah membaca. gitu kan. padahal membaca dan menulis bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan.

  • wedani saputri

    as..salam kenal pak..mohon bantuan untuk ilmunya…akan di coba membuat blog bermanfaat….

  • BabaliciouS

    Sependapat dengan ide pak Budi, bahkan menurut saya akan lebih baik jika tak hanya mahasiswa yg wajib punya blog tapi juga masyarakat umum yg melek internet. Simpel aja alasannya, untuk menjaga otak kita agar tidak ‘polos’ seperti Bart Simpson ;)

  • heroshela

    YA SAYA JUGA INGIN MENUNJUKKAN BLOG SAYA

  • Syamsudin Kadir

    Apapun komentar pembaca terserah, saya hanya berpendapat bahwa KAMMI mesti tetap menjaga posisi sebagai pemimpin gerakan mahasiswa, baik di level lokal maupun nasional.
    Selanjutnya, Indonesia mesti menjadi salah satu fokus yang mesti dibicarakan. Indonesia perlu ditata kembali. Indonesia mesti jalan dengan kakinya sendiri: kaki rakyat, kaki mahasiswa dan pejuang jalanan and……

    Bagaimana caranya, baca saja buku yang segera terbit berikut ini:

    Dakwah KAMMI di Bumi Gora (Selayang Pandang Gerakan Pemuda),
    Penulis: Mawardi Khairi (Ketua KAMMI Daerah NTB),
    Kata Pengantar: TGH. Zainul Majdi (Gubernur NTB,Gubernur Termuda di Seluruh Indonesia)
    Penerbit: Tinta Sejarah Publishing Bandung
    Cp. 085 320 230 299
    Email: tintasejarah@gmail.com

    Cp. 085 320 230 299

  • james

    Kalo punya twitter harus apa ga ??

    btw ngomong2 soal twitter ada Twitter Event tuh..hadiahnya Ratusan Juta Rupiah…caranya gampang kok dan 100% ga ada biaya terselubung….

    Info lebih lanjut bisa langsung ke TKP at http://www.futuresgalleriablog.com/2010/01/28/twitter-event/

  • cheng

    sip …. mahasiswa aja wajib, palagi dosen ny …

  • onal

    yah,,,,, sepertinya,, harus juga agar para mahasiswa tau ,walau sedikit tentang blog ini.

  • kamal

    Bagus itu agar mahasiswa tidak gaptek..hehe

  • kartikaf

    apakah ada korelasi pembuatan blog mhs dg nilai akhir matakuliahnya?
    misal yg rajin update dan yg tdk?
    bagaimana dg deadlink?

  • titan

    tapi banyak mahasiswa yang tidak punya blog. tidak peduli dengan dunia tulis menulis

  • Mahasiswa wajib nge-blog ??..@!&$*#%^! « novembritobing

    [...] harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Kalau mau melihat apa isi tulisannya silahkan klik di sini. Like this:SukaBe the first to like this [...]

  • mekhels

    waaah ini baru bener,,
    saya aja punya 4 blog,
    blog sekarang udah jadi hal yang penting banged buat saya, rasanya berat sehari gak nulis walau pun copas, dalam sehari..

  • akatsuci

    wah… kalau kebanyakan blog, apa ndak bingung mengurusnya ?

  • Muhardi S.pdi

    Itu bagus.

  • febriosw

    Sepakat! Kewajiban yang bagus kedepannya. Biar sarjana bisa menuangkan ilmunya secara runtut.

  • broker boleh scalping

    menyesal saya gak belajar nulis/ngeblog dari dulu, dengan ngeblog melatih cara berkomunikasi dan mengeluarkan ide

  • spirit

    aduuh aku juga lom bajar nulis

  • Micha

    Sepakat sama, bapak :)
    Saya merasa blogging itu seperti latian buat menulis karya tulis apapun seperti cerpen, essay, jurnal dsb. Jadi kalau suatu saat mau bikin jurnal ngga bingung wkwkwk

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.839 pengikut lainnya.

