Berkutat Dengan Access Point

Hampir seharian saya berkutat dengan Access Point (AP). Ceritanya gara-gara listrik yang hidup mati (karena hujan) dan sesekali kena petir juga, akhirnya salah satu akses point di tempat saya tewas. Akibatnya saya sangat sulit berinternet seminggu (2 minggu?) ini. Akhirnya tadi pagi saya putuskan untuk membeli access point di BEC. (Sudah dua minggu ini saya berada di luar kota, atau lebih tepatnya luar pulau, sehingga tidak bisa membeli perangkat tersebut.)

Access Point yang saya pilih adalah yang paling murah :D Pilihan jatuh ke TP Link yang dijual dengan harga Rp 510 ribu. Yang lainnya lebih mahal (SMC sekitar 680-an, DLink sekitar 700-an sampai dengan 800-an).

Sesampainya di rumah, saya coba melakukan konfigurasi access point tersebut. Ternyata, tidak mudah. Masalahnya di tempat saya ada tiga access point dari tiga perusahaan yang berbeda. (Belum lagi client-nya yang berbeda juga.) Ternyata untuk melakukan konfigurasi ketiga access point tersebut agar bisa menjadi satu kesatuan (satu access point dan yang lainnya menjadi repeater) tidak mudah. Kompatibilitas dan fitur yang berbeda membuat konfigurasi menjadi lama. Menjelang maghrib kami memutuskan untuk membuat sebuah konfigurasi yang belum optimal. (Keburu ada tamu sehingga Yan harus menyelesaikan konfigurasi.)

Jadi, seharian saya menghabiskan waktu untuk ngulik jaringan. Mungkin ini membuang waktu (wasting time?). Sebetulnya waktu tersebut bisa saya gunakan untuk menyelesaikan tugas yang lain, tapi inilah waktunya saya untuk belajar. Harus disempatkan belajar. Mana bisa menjadi paham secara instan? Harus disempatkan untuk belajar, belajar, dan belajar.

Tentang Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua tulisan milik Budi Rahardjo

119 responses to “Berkutat Dengan Access Point

  • maseko

    Betul Pak, belajar, belajar dan terus belajar.

  • Biho

    yang pintar aja belajar terus, malulah kita kalo malas :D

  • Dedhi

    anda pakai feature WDS bukan?

  • IMW

    Pakai LinkSyS WRT54 series, yang diganti firmwarenya misal dengan dd-wrt bisa lebih mudah. Fitur WDS bisa digunakan, saya pakai model gini ada 3 access point di rumah saya.

  • prayogo

    Saya pake AP Linksys WRT54, dulu kok settingnya mudah banget ya, tidak serumit yang saya bayangkan. Atau kebetulan saya pas dapat mudah.

    Pak Budi bisa di bagi tdk cara setting AP yang kemarin di lakukan tempat bapak (langkah demi langkah) kemudian di posting di blog ini, pasti sangat berguna.

  • Masim "Vavai" Sugianto

    Ya Pak. Kesempatan bagus buat belajar. Jarang kan orang sekaliber bapak ada waktu buat belajar, hehehe…

    Andaikan bapak tinggalkan mungkin tidak masalah, namun itu merusak harga diri dan reputasi :-).

    BTW, AP di tempat bapak dari merk apa saja ? Saya punya Linksys seperti milik Bli IMW, mikrotik dan DLink tidak terlalu susah settingnya supaya bisa sama-sama bicara.

  • Budi Rahardjo

    Kelihatannya nggak pada teliti dalam membaca ya? he he he. Di dalam tulisan di atas, saya sudah sebutkan mereknya yaitu “TP Link” (merek tidak terkenal? hanya dijual di satu toko di BEC). Maksud hati cari yang murah meriah, apa daya … harus ngoprek lebih lama. he he he. Biarin.

  • ipans

    memang susah pak kalo barang murah, tapi saya beruntung kemaren beli merk corega cuman 599rb sudah dipaket dengan wifi usb. fiturnya cukup lengkap, mudah konfigurasinya dan sekarang saya setiap pagi bisa terima laporan log hotspot saya. sepertinya sudah ada yg mulai ‘coba-coba’ hacking di hotspot saya :(

  • dudi

    bener kata mas made, pake linksys wrt54 series, tinggal ganti firmware 3rd party, atau kalo punya waktu bisa ngehack lagi source code firmware-nya. saya coba pake 2-3 untuk jadi bridge, client ataupun AP lancar-lancar aja.

  • aespe

    jgn pake linksys ato belkin ato smc… butut ga tahan lama kapok saya pake itu, mending dlink ato netgear ato us robotics.. linksys enak di oprek tapi baru 1 bulan udah ngedrop mulu paket2nya… baca review2 di inet.. pada milih dlink.. rada tahan banting tapi ya ymmv deh.. :D

  • Andrew from U of M

    Budi what is your e-mail?

    Andrew from U of M here, I want to talk to you about WiFi.

  • Budi Rahardjo

    Andrew … my email address is … rahard (just like my id back in old-U of M-days, ha ha ha) @ gmail.

  • yasir

    pak,kalo ngoprek-ngoprek saya ikutan donk, saya juga pengen belajar, kan jarang-jarang, sya juga pengen belajar trus, tapi hari apa dan kapan ngoprek,memang bapak rumahnya dimana ??? aku di cigadung bandung pak, dekat rumah bapak nggak ???

  • ari

    pak,punya pengalaman untuk ngoprek senao atau jat, saya denger jatmurah meriah tapi bisa setelah dikulik bisa bagus resultnya..thx

  • setankecil

    nak itu netgear, saya punya satu dirumah.. tp seting nya kok ribet banget ya.. kalo di brows ip nya.. larinya malah ke web….
    mau dong dibagi cara setingnya mas aespe (10)..

  • HSBDO

    Kirain udah sampe FTTHnya ke rumah om budi…. :)
    jadi gak ngoprek WLAN lagi hehehe

  • mutant

    wa…kejadiannya sama tu pak….
    ada yang tau dimana sy hrs mempelajarinya atau situs untuk membuat AP dan biaya2na serta alat n softwarenya apa saja…

  • Obel

    Sorry pak kali ini mautanya, kalau access point yang bisa tembus 3 atau 4 lantai bangunan apa mereknya pak, atau temen lain adayg pada tau ,saya pakai linksys wrt300n tapi kok cuman tembus2 lantai aja trus gakbisa msk ke ruangan, apa mesti pakai repeaterlagi,thak’s

  • andrew

    Halo Friends, aku baru belajar pake wifi. Saya lagi iseng coba bikin antena kaleng, dari antena kaleng trus sambung pake kabel RG58 pake konektor rg58 nah yang jadi pertanyaan dari rg58 supaya jadi kabel Rj45 (kabel LAN) pake alat apa lagi? Apa harus pake Access point Lg? Kalo Linksys buat indor versi 7 bisa buat client & Access ga?

  • Nasar

    pak, tu akses point tewas karena petir apa karena listrik yg tdk stabil (hidup-mati)?

  • nelson

    begini saya bekerja pada sebuah perusahaan isp.dimana menggunakan sistem wirelees,tapi saya masih bingung dengan setingan jaht,agar lebih optimal untuk bridge.tolong saya untuk pencerahannya.dan juga untuk seting senao ?

  • nelson

    tolong pencerahan bapak agar dapat lebih optimal soal setting jaht dan senao jika,posisi ap sangat jauh
    dimana telah di perkuat dengan antena grid.spesifikasi jaht = wp 400 br
    senao = sl 2611 cb3

  • fajar

    Pak mau nanya nih, ada gak alat akses point yang bisa juga jadi antena klient, karena saya berencana beli 2 akses point, satu dipasang untuk akses point dan satunya untuk klien dan kemudian di distribusikan melalui fasilitas port untk LAN nya ….gimana menurut bapak? apakah mgkn itu pak?? jadi saya gak perlu bikin antena dari kaleng atau pake wireless card dan gak perlu pake hub/switch untuk distribusinya…..mhn sarannya pak, trmksh

  • alfian

    pak merek ini bagus ngak..? Linksys WUSB54GS-FR Adaptateur USB Wifi 125 Mbps Speedboos

  • oliel

    pmisi ikutan dong tuker kasusah

  • oliel

    pak klo 1 server, dua AP mungkin gak ya?

  • Budi Rahardjo

    1 server, 2 AP bisa saja. Tergantung kebutuhannya untuk apa. AP itu bisa berbeda channel untuk melayani lebih banyak, atau yang satu bisa jadi relay (karena lokasinya agak jauhan).

  • alfian

    maksutnya utk antena kaleng pak, sebelumnya pakek USB merk Netgear kurang OK, malah lebih bagus (lupa merkx yg 150rban) punya temen.
    mungkin ada yang pernah nyobak: Linksys WUSB54GS-FR Adaptateur USB Wifi 125 Mbps Speedboos. gimana lebih OK ngak hasilnya?

  • kurniawan

    saya masih sekolah
    saya sekolah di smk jurusan tkj
    tapi saya belum tau cara menyeting AP
    bisa bantu saya untuk memberitahukan cara untuk menyeting AP?
    kirim k email saya y jawabannya bagi yang bisa…………….
    toloooooooooooooongggggggg

  • oman

    pak, saya baru beli AP second D-link DWL-2100AP, nah yang ingin saya tanyakan gimana menggunakan dan cara setting konfigurasinya, kata penjualnya ip nya 192.168.5.1, mohon pencerahannya….

  • fajar

    pak mau tanya, gimana caranya supaya radio senao saya + antena grid, bisa digunakan untuk nembak internet yang hotspotan?

  • Indra S

    Pak Budi, saya sudah memasang RT/RW net selama 6 bulan dengan 15 rumah yang dihubungkan pakai kabel UTP dan switch hub. Banyak tetangga yang ingin gabung, tetapi masalahnya di jarak rumah dengan hub yang terdekat cukup jauh (>50M). Saya berniat memasang access point di posisi tengah diantara rumah tsb. Berapa meter ketinggiannya ya, agar bisa mengcover radius 100M? apakah signalnya cukup kuat menembus ke dalam rumah? apakah ada access point yang include cache server? Terima kasih.

  • Ranu

    Untuk akses point bisa menggunakan produk mikrotiknya ufoakses yang sudah terintegrasi dengan router dan bandwith management, saya dirumah menggunakan produk itu ditaruh dengan pipa 3 meter diatas rumah dan bisa menghandle sampai jarak 500 meter lebih, untuk klient saya menggunakan tp-link tipe tlwa-501g yang saya beli seharga 400.000 rupiah

  • pras

    pak saya mau tanya, gmn cara konfigurasi access point SENAO type SCB-352? Sy sudah cba setting konfigurasinya tapi ada satu list yaitu WINS Server nya tidak muncul IP nya. bgaimn cara memunculkannya??

  • Fuad

    mas mau dong langkah-langkahnya yang mas kerjakan. Butuh banget nih URGENT.

    Thanks ya mas

  • RAHMAT_CUY

    Salam kenal mas.
    mau bagi pengalaman nih mAS.
    Sebenernya TP-LINK itu barang murah tapi berkualitas. aku punya WA601 TP-LINK. untuk masalah jarak lumayan. LOS na smp 850m pke rubberduck antenanya. aku coba dirumah nembak jadi repeater dari kampus pake Alcon Outdoor. ama D-LINK di server hasilnya memuaskan.

    (kalo dikampusku admin na ga bijak, punya bandwith besar tapi pelit. Maka dari itu aku ma dosenku yang di jarkom buat hotspot buat mahasiswa untuk dapat diakses dari rumah. ya itu pun nyolong bandwith. tapi demi kebaikan ga pa2 kan. biarpun cuma smp kisaran 12Kb buat downloadnya)

    untuk jarak 5km lumayan bagus. aku pke modifikasi antena pke kaleng, ama flat buat antena.
    tapi aku pernah coba pake antena plat buatan trus pke wajan bisa lebih dari 6km. aku juga ga nyangka. kalo TP-LINK tuh lumayan bagus. sayang firmware buat hackingnya belum ada.

    Maaf kalo tulisannya banyak.
    Karena AKu pengen bgt kalo wifi memasyarakat. ma kasih mas dah mau nampung tulisanku. sebernya aku mau diskusi banyak sama mas2 semua tapi gimana ya? disini aku ga banyak temen yang bhisa diajak majuiin wifi. masih pada awam. maka nya aku sama dosen ku yang kenal ma pak Onno W purbo yang mau memasyarakatkan wifi di kampus.

    Makasih mas.
    Rahmat_Lampung

  • ade yanhar

    Pak, kami butuh barang sbb :
    1. Magnet Mount RG-58 Belden USA with BNC Connector
    2. Antena Mobile Larsen Freq. 136-174 Mhz
    3. Radio Single Channel Alcon CT-45
    4. Telewave watt meter model 44A
    5. Larsen Antenna kulrod model PO 150 freq 144-174 Mhz

    mungkin bapak bisa arahkan kemana saya harus dapatkan alat tersebut. Terima kasih

  • 24art

    anntena rubber duck bisa jauh ya..? bagus khan, praktis gt, gag usah pake tower. emang WA601 TP-LINK itu output powernya bisa sampai brp mW sech Pak? keliatanya harganya lumayan terjangakau tuch, gk selisih banyak sama wifi usb

  • Budi Rahardjo

    Sekarang saya dikasih pinjam Linksys … N-series. Sedaaap. Nanti akan saya tuliskan resensinya. Sekarang masih sibuk untuk menuliskannya euy.

  • ghofar

    Gua pakai TP link TL-WA601G udah 1 bulan lancar dan memuaskan. jarak dari serfer 2,5 km. gua pakai antena wajan bikinan sendiri dngn biaya sekitar 125 ribuan.

  • pras

    numpang baca baca nggih.ini pras yg jogja

  • 24art

    akhirnya aku coba jg pake TP-LINK WA 601G. Mantep bener. tak taruh diatas tower samping kamarku di ketinggian cm 20m tp jangakuanya lumayan jauh. tak coba muter pake laptop acer 4220 pada jarak hampir 3km los masih dpt signal strength 3-4 stabil. tp sayang tak coba chat pake net meeting pada jarak segitu laptop cm bisa nerima, tp gkbsa kirim. mungkin emang krn wifi power pd laptop terlalu kecil. coz laptop cm pake wifi internal

    http://24art.uni.cc

  • Sant

    Mas2 yg dh pernah coba wifi WA601 TP-LINK, Aq pengen tau dink gmn cara modifikasi antenanya pake antena Plat/Wajan Bolic? Kalo soal Wifi sdh sering ngotak-ngatik tp kl soal antena msh perlu bljr lg…Trim…!!

  • 24art

    sama aja mas, setahu saya, maaf kl salah, sama seperti membuat antena kaleng. asal anda dah jadi, atau punya antena kaleng, tinggal dikasih reflektor saja pake wajan. wajan hanya sebagai pengat krn reflektor yg ditimbulkanya

  • Rahmat_CUY

    Buat antena plat, bisanya di toko yang jual komponen alat listrik ada. modelnya kayak sejenis plat PCB. satu muka tapi ada dua bagian. bagian yang luas di solder ke inti tembaga kabel lmr400, atau yang lebih murah Rg58 tapi ga boleh panjang2 ntar los signal, kemudian bagian satu nya di solder ke kabel luarnya. itu kalo hasil pengukuran dapet gain sekitar 16-18dBi. kalo ditambah kaleng+wajan mungkin bisa/hampir sama dengan grid. aku dah coba. bandingin smp2 aku beli antena grid. ehm, ngomong2 ad yang suka hack wa601g ga?
    aku lagi cari bahan / firmware nya yang bisa buat hacking, n tambah gain power na. syukur2 lebih dari UltraWAP.

    TP-LINK ku tambah sip. aku dari kamar bisa dapet signal SSID polsek_balau_panjang, ditempatku. padahal jaraknya jauh ada kali 7 km.

    aku lagi cari ref buat antena sektoral pakai bekas plat aluminium dengan tembaga 3mm.

    semoga bermanfaat.

    jangan lupa registrasi data radio biar legal gitu…..

    wassalam

  • Rahmat_CUY

    Ada yang tau atau punya ref. firmware buat TP-LINK???

    O’iya coba minitar AP, gwe tertarik coz gain na itu 200mW harga terjangkau. kalo ga edimax. upgrade UltraWAP firmware. Tolong infonya.

    aku lagi riset dirumah, dengan 1 grid 1WB dan 1 AProuter buat pake Lintrack PC router hacking

  • Rahmat_lampung

    Buat antena wifi. pke wireless USB merk TP-LINK type chipset atheros. trus gunakan bekas kipas angin model tornado. prinsipnya hampir mirip dengan wajanbolic. tetapi bentuknya mirip grid ap motorola. gwe konek ke ISP. eh bisa konek internet. lumayan 384Kbps. kuenceng ey. signal wireless ku cuma 17dB. USB WLAN + tutup kipas angin besi tornado

  • ryan

    dear rekan2 sya mau tanya dan sharing….
    AP saya sebagai receive di client pakai JAHT 4000br ko ga bisa masuk ke web administrasi nya yg di 192.168.1.100 ,jarak komputer ke AP 40 M pake POE , padahal di komputer indikator LAN nya sudah konek tapi receivenya 0, apa temen2 punya pengalaman kaya gini… jadi kejadian kaya gini (intermittent / Flicker) yang menyebabkan internet juga ga bisa nyambung, di ping ke 192.168.1.100 ga bisa… >>>> aneh bgt??? nah kalo internet nya bisa, baru masuk web adminnya bisa.

    masa iya masuk web admin nya saja ga bisa, apa jaht ini ga bagus ya… kira merk apa yg bagus ya… <600 rban yang pake antenna konektor SMA, sayang kalo antennanya di ganti juga

  • wifi_apaansech??

    coba liat cari disini http://temukan24art.co.nr

  • dedi

    pak mau tanya juga.., klo sinyal yg bagus tuh dapetnya berapa persen ya…?? disini saya dapet sinyal sekitar 30% apakah sudah mencukupi ??

  • Vivi Irawati

    Pak Budi,

    Saya bermaksud menggabungkan 3 Linksys WRT350N (dengan WDS pake DD-WRT), tapi pada saat saya menghubungkan AP-3 ke LAN-3, LAN-2 jadi RTO.

    Apakah memungkinkan menggabungkan 3 AP dengan WDS ?

  • rahmat (AHLI) lampung

    biasanya kalo ap idup tp ga bisa/ ga ad koneksi /trouble koneksi disebabkan kurangnya daya ke AP. aku pernah ngalamin gt AP hidup tapi ga terkoneksi. soalnya utuk poe yang <=100m cuma bisa di AP denga PoE builtin( canopy, mikrotik) coba kabel PoE nya di perpendek.

    untuk ap yang lumayan bagus coba dlink g700ap. kurang lebih 600rb. bisa di upgrade and di hack h/w pake WAP HACK
    kemungkinan bisa tambah power na.

  • ryan

    tolong dijelasin detailnya cara setting tl-wa601g untuk client, sampai bisa akses internet via hotspot yang gratis.
    please..
    makasi

  • Rahmat

    kalo mau mengkoneksikan tp-link ke hotspot. kita setting ip dulu. tapi biasanya kalo hotspot public dhcp. kemudian di wireless setting pilih jadi clien, trus dibagian bawah ada pilihan site survey. pilih ssid hotspot trus konek.

  • Rahmat

    ada yang punya panduan buat antena slotted ?

  • tridi

    kenapa senao saya 2611 cuma keluar 10mb saja?? apakah memang cuma segitu aja??. please confirm di email saya ya

  • Harri

    kebetulan ada case ky gini dikantor
    bs share step by stepnya pak ?

  • m4m3t'Z

    Upgrade firmware increase txpower

    Senao ECB3220 ==> AP Router V6.1
    Linksys WAP54G ==> HyperWAP
    Linksys WRT54G/GL ==> DD-WRT
    Minitar ==> UltraWAP
    Edimax ==> UltraWAP

    setelah aku melakukan upgrade firmware power naik.

  • m4m3t'Z

    Kalo tertarik Pake Edimax EW-7206APG upgrade firmware UltraWAP. aku dah coba test signal pke netstumbler hampir di kisaran -10 signal. kalo standar firmware edimax -30.

  • toro

    saya lagi cari usb wifi yang bagus, tolong yang punya ide merk dan serinya ditunggu kl bisa yang pake konektor ant

  • Rahmat

    kalo mau cari wireless yang tipe USB coba cari Senao power na bagus. kalo yang standar EUB3701 produk senao

  • Rahmat

    kalo yang pake konektor RP-SMA senao type EUB3701EXT

  • jogjabolic

    Selama ini kami pakai TPLink WA501G (54mbps) maupun WA601G (108mbps) tidak menemui masalah berarti walaupun dikonek dengan AP merk lain.

    Kemarin barusan ngonek, jarak udara +- 2km, klien pakai grid + WA601G, host pakai Senao SL2611 + omni hyperlink 15dB (point to multipoint), sukses dan lancar, signal strength 40-43dB

  • Rahmat

    Kabel yang paling bagus buat pigtail?

  • a'an

    mau nanya pak, gini nih saya punya AP dlink 2100ap udah di up ke 30dbm koq sinyalnya naek turun ya padahal saya udah set ketinggian cuman 30m dari permukaan tanah,dan untuk di share ke klien cuman dapat sinyal 17dbi aja, si klien padahal pake grid,saya pake antena omni directional hyperlink apa ada yang kurang ya?

  • rahmat

    mungkin noise tu. akibat besar power yang ga standar na. DD-WRT aja bagus di 84mW meskipun Bisa 251mW. (26dBm)

    5 Anggapan Salah Tentang Wifi

    1. Power Besar akan menghasilkan jarak yang lebih jauh.

    Anggapan ini keliru besar, karena Wireless bersifat dua arah, pemancar dan penerima. Selain Daya pancar (Tx Power) yang besar, dibutuhkan juga Penerima yang sensitif (Receiver Sensitivy). Oleh sebab itu, dalam memilih sebuah Radio wireless, selain Daya pancar (dalam satuan mWatt atau dBm -> 200 mWatt = 23 dBm), di perhatikan juga Sensitifitas Penerima (Contoh: Senao 2611: -89dBm @ 11Mbps, Orinoco Gold 802.11b “Classic” -82 dBm @ 11Mbps, Linksys WRT-54 -89 dBm @ 11 Mbps, Belkin F5D6020 -76dBm @ 11Mbps). Ini yang menyebabkan walaupun Linksys WRT-54 dengan Firmware DD-WRT bisa di set hingga TX Power 251 mWatt tetapi daya jangkau tidak akan sejauh Senao 2611-CB3+ (Sensitifitas Penerimaan Senao unggul 9dB! artinya sama dengan perbedaan 100mWatt dengan 800mWatt, sedangkan pada power 251mWatt Linksys WRT-54 membawa Noise level yang cukup tinggi)
    2. Booster (penguat daya) akan selalu menambah jarak jangkau

    Sama dengan butir 1, tidak selamanya besar. Menambah daya pancar dengan booster, juga akan memperkuat Noise. Seringkali dengan penambahan Booster sebaliknya akan memperpendek jarak jangkau. Yang perlu diperhatikan adalah Rasio Sinyal terhadap noise (S/N/ ratio), yang harus dipertinggi adalah Rasio Sinyal terhadap Noise. Oleh karenanya, lebih baik meningkatkan Penguatan (Gain) antenna (karena bersifat resiprokal: Pancar dan Terima)dan relatif tidak memperbesar Noise.
    3. Antena Omni 15 dB akan memiliki jarak jangkau yang sama dengan Antena Directional 15 dB

    Dalam hal di udara tidak ada pengguna lain (frekuensi benar-benar kosong), hal ini berlaku. Tapi dalam kondisi umum, di mana penggunaan frekuensi sudah sangat padat, Antena Directional akan jauh lebih baik, karena beamwidth yang lebih sempit.
    4. Radio wireless dengan merk yang sama akan memberikan kinerja yang lebih baik

    Yang menentukan kinerja sepasang Radio Wireless adalah spesifikasi Chipset yang digunakan (Misalnya: Atheros, Prism/Conexant, Broadcom, Ralink dll)dan algoritma Firmware yang digunakan (Firmware adalah Software yang ditanam dalam Chipset). Sering terjadi dalam Merk dan Tipe yang sama, sebuah Radio menggunakan Chipset yang berbeda (Contoh: dLink DWL-G510 versi B1 menggunakan Atheros, sedangkan versi C1 yang sekarang beredar di pasaran menggunakan Ralink). Radio yang memiliki Chipset yang sama DAN Firmware yang sama akan memberikan kinerja terbaik.
    5. Semakin tinggi antenna dari tanah akan semakin baik

    Tidak selamanya benar. Antena Pemancar dan Penerima akan maksimal jika berada pada fokus beamwidth. Pada setiap rancangan Antena terdapat spesifikasi Beamwidth Vertical dan Horizontal, selebar mana (dalam derajad) penguatan akan berkurang 3dB dari titik Focus. Utamanya pada Antena Omni berPenguatan besar (misalnya: dLink 15dB) Beamwidth Vertical hanya setipis 5 derajad, artinya pada 5 derajad dari arah tegak lurus, penguatan akan berkurang menjadi 12 dB dstnya. Hal ini menyebabkan areal di bawah Antenna tersebut nyaris Blankspot pada saat Antena diletakkan 25 meter di atas tanah.

    (antarlangit.com)

  • wisnu

    coba pakai router wireless Linksys model WRT54GL, saya gunakan untuk speedy, configurasinya sangat mudah. dan simpel.

  • rahmat

    alamat site
    buat spliter antena TP-LINK TL-WA601G (2 konektor)

    http://www.kbkm-wifi.co.cc/

    by rahmat

  • FUJI KESUMA

    mau tanya nih…….
    aku pasang wireless d-link 2100 + omni, tapi kok sinyal gak tembus di dalam gedung padahal omni cuma dipasang di atas genteng aja, tapi signal low kadang mala hilang, ada yang bisa kasih solusi ……..

  • FUJI KESUMA

    mau tanya nih…….
    aku pasang wireless d-link 2100 + omni, tapi kok sinyal gak tembus di dalam gedung padahal omni cuma dipasang di atas genteng yang jaraknya hanya 5-10 meter , tapi signal low kadang mala hilang, ada yang bisa kasih solusi ……..

  • mametz

    coba tu omni agak diturunin…. sama kejadian nya samaku dulu. tapi sekarang aku pasang yagi (=yang ga 360d) diatas tower besi n aku di dalam rumah malahan ke dapur signal 4strip…..

  • rico

    om… TL-WA601G bisa di pake in DD-wrt gak?

  • mametz

    waduh sayang sekali TL-WA601G ga bisa di oprek firmware nya. soalnya chipsetnya atheros. itu dah bagus. sangat peka nangkep signal. pake edimax aja murah bisa di oprek fw nya.

  • Mozes H. Baottong

    wah asik juga masuk ke blog ini. salam kenal untuk semua praktisi jaringan / ICT …

  • v-ree

    TL WA601G agar bisa konek hotspot gimana?dr menu wireless sudah saya survey trs saya pilih konek dg ssid hotspot tersebut.tapi tetap g bisa konek.ada yang bisa bantu?
    nuwun

  • rahmat

    Untuk mengkoneksikan TL-WA601G mudah. Dimenu site survey pilih SSID yang akan kita konekkan. pastikan freehotspot. tidak di security WEP/WPA/ maupun mac filtering. biasanya sih security di off tapi pake mac address filtering.

    Aku bisa masuk ke AP sebuah instansi pendidikan. coba scan pake Com-wifi.kismet.dkk (kalo mau gratiz).

    Sebenernya kalo hotspot nya open kenksi mudah kok koneksi nya

    - Masuk ke menu wireless setting
    - pilih fungsi client / repeater kalo kita ingin menyebarkannya lagi
    -site survey
    -klik save
    -kemudian IP-adreess PC kita dikosongkan (berlaku jika hotspot menerapkan DHCP IP address)
    -jika tidak setting ip address secara manual
    -kalo beruntung bisa langsung browsing dech

    mungkin itu dulu

    kalo belum jelas bisa emal or ym saya.
    sekarang aku koneksi ke internet menggunakan PC Router Mikrotik.

    my mail /ym: ju5t2u@yahoo.co.id

  • aul

    saya punya warnet pakai AP JAHT, sebagai routernya pakai PIII program mikrotik , sekarang saya mau main internet dirumah. jarak rumah sama warnet kira-kita 100, dirumah rencananya mau pakai AP JAHT atau SENAO 2611 tdengan antena yagi, bagaimna caranya agar saya bisa ngenet di rumah ……Terima kasih banyak

  • rahmat

    Share. . . AP yang bagus n murmer Udah Plus Router Bisa AP Clien, AP+WDS, n Router cuma $30 gwe beli cuma 395rb doank bagus lagi .

  • abah

    p,mau nanya apa acess point bisa menjadi sarana untuk nembak ke hotspot, klo bisa gmana nyetingnya?
    makasih

  • marnos

    saya pakai senao el2611 point to point jarak udara 13 km sinyal 29% play video online normal , kalau pakai senao sl2611 kadang konek kadang putus, apa beda kode el2611 dengan sl2611 , bentuk serta spesifikasi lainnya sama

  • rida

    para wifi mania sya lg ada masalah neh,ap dlink dwl 2100ap yg sya bli thn 2007(mw 2thn sya pke) dg modus wds fimwarenya sya downgrae dr 2.20 ke 2.10(syarat wds hrs sma fimwarenya)kmrn g tau knpa apnya restart mulu(sya dpt tau dr status lanya yg connected\disconnected,stlh sya ukur tgangan powernya trnyata drop tinggl 4.8v,harusnya 5v,itu krn tgangan 220v nya drop,bis itu sya matikn n g jdi ngenet,tpi bsoknya lg stlh sya mw nyalakan lg mash restart mulu pdhl tgngnya udh bgus 5v,krn sya tau ada klainan apnya sya turunkan n sya cek,trnyata emg rusak,para wifi mania ada yg tau kerusakanya g?haruskan sya bwa ke penjualnya tuk diservis vendornya?terima kasih

  • satchamo

    kalo untuk belajar tidak ada kata membuang waktu pak…jadi teruskan untuk belajar :)

  • i_0ne

    Pinter cuma satu BELAJAR

  • surya

    Betul sekali………..walau kita sudah merasa bisa tapi kudu,wajib untuk belajar,,,,,,belajar dan belajar lagi…..!!!
    linksys n dlink lumayan……..tahan lama!!pernah nyoba pake tplink sering ngedrop,,,,,,kg tahan lama y biar agak lebih sedikit tapi manfaatnya bakal terasa…….!!!!!

  • mel

    Betul sekali pak, harus selalu mau belajar.
    Aku juga masih berkutat dengan WiFi, maksudnya sibuk mencari WiFi gratisan dari kafe ke kafe.
    Salam,

  • Indra

    Tahun lalu saya membuat RTRW-net di kompleks saya dengan menggunakan modem DLINK DL-520B yang dihubungkan dengan broadband router TPlink TL-WA543G yang saya taruh di lantai 2. Untuk memperbesar jangkauan, saya menambah 2 buah TPlink TL-WA601G + 9dbi omni antenna (beli di Ebay) sebagai repeter, yang saya taruh di 2 tempat yang jauhnya sekitar 150M dari tempat saya di sebelah kiri dan kanan rumah saya. Hasilnya coverage dari wireless LAN saya menjadi luas, dari ujung ke ujung signal stabil. Sudah ada 28 rumah yang terhubung via wireless LAN. Sudah setahun, ngak ada masalah dengan perangkatnya. Kayaknya TPLINK bukan barang murahan, tetapi harganya murah.

  • WRT54GL

    Ingin memperdalam informasi seputar Wireles Wi-Fi atau Ingin bisnis RT/RW net??

    Silahkan kunjugi situs kami :

    http://www.bisnis-rtrw-net.blogspot.com

    Kami juga menerima REPARASI Akses Point LinkSys WRT54GL yang “BLINKING”
    Hubungi kami :
    IFANET-Makassar Hotspot
    Jl.Tidung 4 Blok.16 Stp.2 No.102 perumnas
    Makassar – 90222
    Telp : 04112989993
    HP : 081242989993

  • thejackgroup

    pak, gimana settingan optimal unt linksys 54gl ddwrt dengan omni tp-link ?

  • Khodri R

    Abang2 skalian..!!!!
    Tolng bantu nih…!!!!!
    klo buat konfigurasi, billing, dsb. utk AccessPoint gmn ya..??
    Klo bisa plus software…!!!
    oh ya ini utk windows loh..!!!

    sebelumnya makasih ya..

    wawaw.wiwiw@gmail.com

  • oki

    kereeen euuy,.. justru itu ngabisin waktu dengan sempurna.. laaah gw malah pusing akses point apa,.. yang keluar punya elu

  • Software UM

    TP-Link gak akan bertahan lama mas, mending Cisco atau ASUS.

  • dika

    Biar bagaimana saya berterima kasih pada tp-link, karenanya terhitung tgl. 24 Desember 2009 dengan modal tp-link wa601g saya bisa internetan sepuasnya dari rumah…………

  • karmdi

    mas sekarang harga beda tambah turun.
    ya emang begitu agak ribet

  • hendra./../.

    yaahhhh,,,,,, saya kira mau kasih tau menu-menu dari AP, gak taunya cuma curhatt doank….!!!

  • rom

    aq bru mo cba psang AP buat d rmah, coz signal hp msih tulalit bget. tp AP y bsa share pke pasword gto….ad yg bsa jlasin detail y g ? ….d tggu pjlsan y friends…please

  • wawanep

    review nya dong pak….

  • dobelden

    di post juga dong Pak BR hasilnya

  • Yanti

    Sy baru pake d-link dwa 125, itu cara setting gimana ya? sy coba berkali2 kok gagal buat browsing? komputer utama sudah memancarkan sinyal, laptop jg udah dpt sinyalnya. Begitu laptop buat browsing, msh ga bs…gimana ya?

  • dobby

    waduh gan udh tek bk satu2 mlh isinya obrolan duank mbok ksh tw gan cara setting nya ……..

  • nurhidayat

    mohon bantuan para jawara…sy lg ngeset ap senao sl-2611cb3 mode ap tapi setelah sy hub. pakai antena omni d-link kok gak bisa jaoh ya???semua dah konek apa sy salah ngeset ya?? mohon tuntunan ke emailku aja nhidayat76@yahoo.co.id

  • Abufawwaz

    wah… aku niatin antar anakku biar kuliahnya di elektro, biar ga kaya bapaknya gaptek… orang ngomong wifi, omni atau apalah.. sama sekali ga ada bayangan kaya gimana bentuknya…

  • sumarno

    jangkauan antena omni rubber duck 9 db dengan AP TL WA5110G jarak jangkaun maksimal berapa dalam keadaan tanpa hambatan ya?

  • mumetz

    sumarno mengatakan:
    28 Mei 2010 pukul 10:09 pm

    jangkauan antena omni rubber duck 9 db dengan AP TL WA5110G jarak jangkaun maksimal berapa dalam keadaan tanpa hambatan ya?

    = untuk jangkau tanpa hambatan kurang lebih sie 2km. tapi semua ntu beda jauh ma kondisi di lapangan bisa lebih jauh atapun lebih pendek. :)

  • asri

    saya juga ingin berbagi… sy sdh pasang antena omni 15 db 12 meter dr tanah dengan router linksys 54gl dngan tomato firmware sdh cb 1 hari ternyata tidak gnp satu hari signal ngedrop, malah rumah yang letaknya sebelahan sama antena g dapat sama sekali signal, power saya sambung langsung dengan 2 pair di kabel eternet dengan panjang 30 meter. ada yang bisa bantu untuk mensolusikan ini?? dan Alat apa yang harus saya tambahkan untuk jarak jangkauan sampai 300 meter???

  • Benny

    salam sejahtera,

    Mohon bantuan kepada semua jawara wifi…..
    saya mempunyai repeater senao ecb 3220 dengan access point belkin,saya berencana memasang tp-link wa 601 g sebagai repeater juga, sementara ini belkin dan senao sudah berjalan dengan baik, mohon bantuan untuk konfurasi pemasangan tp-link sebagai repeater.untuk di ketahui, belkin dan senao menngunakan security wpa

  • manto

    untuk semua pengguna AP, menurut sya Linksys dd-wrt yang paling bagus karena pada kondisi tegangan listrik gak stabil dd-wrt msh tetap stabil, tpi merk laen pasti down alias drop. coba ukur tegangan listrik klu stabil pasti merk laen ok..ok ..aja.

  • ghofir

    Saya ada masalah dengan AP TP-LINK WA-601G, Konektor RJ45 tidak berfungsi, setiap dihubungkan ke LAN, dengan kabel pendek dan sambungan bagus, tapi di led LAN TP-WA601G tidak menyala, led power, led system dan led wan semua nyala, bagaimana caranya memperbaiki Akses point yang konektor LANnya tidak bisa konek ?

  • devry

    Siapapun yang berhenti belajar, berarti sudah tua, entah usianya dua puluh atau delapan puluh tahun. Siapapun yang terus belajar, akan tetap muda. Yang paling penting dalam hidup ini adalah menjaga agar pikiran kita tetap muda.

    :: Henry Ford ::

    Bener juga yach? :lol:

  • edy daryono

    salam kenal tuk semuanya……………
    wah saya tertarik sekali membaca berbagai tulisan disini
    saya pingin memulai untuk membuat area hot spot sekitar rumah saya……
    kebetulan dirumah sudah terpasang speedy, dan memakai modem TP-Link TD-W8101G.
    kemudian apa lagi yg saya perlukan, trus selanjutnya langkah2 apa yg harus saya lakukan
    Terima kasih atas petunjuk dan infonya.

  • agent immobilier a laval

    This site is awesome. My spouse and i constantly come across a new challenge & diverse in this article.Well I’m glad to have helped. And Nice blog.

  • Mebel

    terimakasih pada yang punya web ini dan semoga semakin maju saja dan selalu update . saya sangat beruntung bertemu web anda.

  • tempat tidur

    tidak lupa saya ucapkan terimakasih sudah bertemu dengan web keren ini. semoga pak bos /ibu bos yang punya web ini semakin oke saja . terimakasih.

  • jual tempat tidur

    artikel yang bagus terimakasih atas infonya

  • Furniture Minimalis

    mantap bos infonya selalu update ya saya tunggu update nya

  • Kamar Set

    Terima kasih atas informasinya

  • Tempat Tidur Minimalis

    Terima kasih atas informasinya Gan, mantap

  • uberma computer

    mantab, tiada kata berhenti untuk belajar.. terimakasih info nya

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.586 pengikut lainnya.

