Penelitian Open Source

Saat ini saya dan beberapa orang (dalam satu tim) sedang mencoba merumuskan mengenai penelitian dan open source. Ada beberapa hal yang kami mohon masukan dari para pembaca sekalian (baik pengguna open source ataupun bukan). Perlu saya tekankan kembali, fokusnya adalah pada penelitian.

  • Apakah penelitian di dunia open source perlu dikelola, distrukturkan, diarahkan, (atau apa pun namanya)? Masalahnya begini. Banyak arahan open source yang sendiri-sendiri sehingga terjadi banyak duplikasi. (Tapi, namanya juga open source ya?)
  • Apakah yang dimaksud dengan “penelitian open source”? Apakah maksudnya hanya pada level pengembangan (code)? Ataukah yang namanya penelitian itu masuk ke konfigurasi (packaging), seperti misalnya mengembangkan distro?
  • Apakah ada contoh negara lain yang memiliki sebuah panduah tentang arahan riset yang terkait dengan open source?
  • Jika ada tema atau topik yang sebaiknya dikejar oleh pengembangan open source, apakah itu? (Misalnya, pengembangan aplikasi e-gov, pendidikan, kesehatan, atau bidang lain.)

Untuk sementara pertanyaannya segitu dulu. Pada prinsipnya kami ingin membuat sebuah panduan (mungkin seperti roadmap) sehingga kalau ada yang ingin ikutan kontribusi pada penelitian open source tinggal melihat panduan itu dan memilih yang mana dia mau ikutan. Begitu.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

10 responses to “Penelitian Open Source

  • Andry

    Ini ada buku bagus, gratis, tentang aspek software development untuk sebuah project open source : Producing Open Source Software.

    Sepertinya cocok dengan apa yang dicari.

  • Nur Aini Rakhmawati

    kebetulan selama ini saya membuat bahan ajar teknologi open source di ITS
    dari beberapa paper yang saya baca, terdapat bagaimana pararel development dan debugging Open Source, untuk roadmap saya juga pernah menemukan paper tersebut

    sayang notebook saya dipinjam teman, semua data saya ada disitu

    untuk buku text book dapat membaca Succeeding withOpen Source dan Open Source Software: Implementation and Management

  • tukangkoding

    bagaimana penerapan ideal pengembangan open source untuk regional Asia umumnya , khususnya indonesia .

    penelitian kan pak ?

  • gtanuel

    Pak Budi, saya tertarik dengan topik ini, terutama pertanyaan kedua. Kalau tanpa embel-embel “open source” [software], apakah yang dimaksud dengan “penelitian [software]” sendiri? Maaf kalau tanya yang basic begini soalnya saya hanya lulusan undergrad dan belum pernah terlibat penelitian baik akademis maupun komersial. Thanks sebelumnya jika sudi mereply.

  • imammas

    banyakin contoh dong…

  • acha

    menurut saya perlu dikelola, distrukturkan, diarahkan, (atau apa pun namanya) :)

    karena biasanya (cmiiw) orang indonesia daya kreasinya klo ngga overestimate ya underestimate

    dan klo open source itu dikelola, distrukturkan, diarahkan, (atau apa pun namanya) pasti akan lebih bermanfaat. karena terjadi kesesuaian antara permintaan dan penawaran

  • Viek P Pratama

    Assalaamu’alaikum

    Pak Budi saya tertarik dengan topiknya, hanya sedikit usul, untuk penelitian, saya rasa di Indonesia lebih memerlukan teknologi yang tepat guna dan di mulai dari bottom-up, sehingga orang-orang merasakan manfaatnya juga, Insya ALLOH kalo dari bottom-up dan dimulai untuk memberikan manfaat/solusi untuk lingkungan sekitar, akan banyak dukungan.

    contoh misalkan :
    penelitian linux embedded untuk indikator pra bencana/ atau otomatisasi pengairan di desa2, ya yang gitu2 deh

    kalo orang sudah merasakan manfaatnya, bukan tidak mungkin penggunaan open source secara nasional lambat laun bisa dicapai

    adapun untuk :

    # Apakah penelitian di dunia open source perlu dikelola, distrukturkan, diarahkan, (atau apa pun namanya)? Masalahnya begini. Banyak arahan open source yang sendiri-sendiri sehingga terjadi banyak duplikasi. (Tapi, namanya juga open source ya?)

    >>Perlu dikelola, dan lebih baik ada pilot project yang tangguh sehingga menjadi contoh bagi project2 lain (ini saran pribadi saja lho)

    # Apakah yang dimaksud dengan “penelitian open source”? Apakah maksudnya hanya pada level pengembangan (code)? Ataukah yang namanya penelitian itu masuk ke konfigurasi (packaging), seperti misalnya mengembangkan distro?

    >>penelitian open source ? sepertinya cukup seru, hanya saja konsistensi dalam penelitian itu sangat diperlukan, hehe peneliti juga perlu biaya hidup dan rasa aman dalam bekerja dan project juga perlu komitmen untuk terus berjalan

    # Apakah ada contoh negara lain yang memiliki sebuah panduah tentang arahan riset yang terkait dengan open source?

    >>kynya pernah deh baca2 dikit tulisan pak I Made Wiryana tentang penggunaan opensource di jerman dan dukungan pemerintahnya….

    kynya si para elite Teknologi Informasi di Indonesia musti duduk satu meja untuk merumuskan hal ini pak hehe…
    biar para peni’mat Opensource seperti saya semakin bahagia hehe

    salut Open Source Indonesia

    Sukses Pak Budi!

  • tommyk

    mungkin dibuatkan wadah semacam ‘http://sourceforge.net/’ yang berbahasa indonesia, yang memberikan kebebasan untuk katagori dan jenis, disamping memudahkan seseorang untuk browsing dan melihat perkembangannya..
    kalau ada sponsor yang mau mengembangkan topik spesifik juga jelas harus masuk dimana.

  • Firman Hadi

    Pak Budi, bagaimana kalau dimulai dengan penelitian tentang seberapa jauh keinginan dan kemampuan masyarakat serta industri (terutama yang terkait dengan TI) dalam menerapkan open source software?
    Kemudian komparasi baik secara ekonomi maupun kualitas dari produk yang dihasilkan dengan proprietary dan open source software.

  • feto

    saya suka sekali artikel yang membahas tentang open source apalagi mengenai penelitian untuk open source…saya mendukung pak budi untuk melanjutkan penelitian tersebut dan hasil dari penelitiannya harap di posting lagi yaaa…

    mungkin di link berikut bisa dijadikan untuk mencari bahan penelitian link

    terima kasih atas infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.785 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: