Selamat Jalan Chrisye

Tadi di acara seminar, saya diberitahu bahwa Chrisye telah meninggal. Innalillahi wa innaa illaihi rojii’un.

Saya tidak mengenal Chrisye secara pribadi. Bahkan untuk mencari biodatanya pun tidak saya lakukan. Ah…

Saya mengenal Chrisye dari musiknya, khususnya vokalnya yang khas. Kalau diukur secara teknis, apa ya hebatnya vokal Chrisye? Bagi saya pas di telinga. Mungkin karena saya besar (grew up) dengan lagu-lagu Chrisye (setelah lagu-lagu Koes Plus). Entah kenapa kok saya mempersepsikan kentalnya logat Jawa? Saya belum pernah mendengar Chrisye berbicara dalam wawancara sekalipun. (Maklum, jarang nonton TV infotainment.) Pokoknya suaranya melankolis tapi bisa diterima oleh rocker ini. hi hi hi.

Seberapa jauh saya menyukai lagu-lagu Chrisye? Berikut ini adalah daftar 10 artis yang paling banyak saya putar dalam kurun beberapa bulan terakhir (tracking dilakukan oleh last.fm).

  1. Genesis
  2. Chrisye
  3. The Flower Kings
  4. ADA Band
  5. Marillion
  6. Boston
  7. Def Leppard
  8. America
  9. Porcupine Tree
  10. Chicago

Perhatikan daftar di atas. Singkatnya: saya sering sekali memutar lagu-lagu Chrisye.

Lagu Chrisye mana yang paling sering diputar?

  1. E & C & Y (ini sih instrumental: Eros Djarot, Chrisye, dan Yockie S. Prayogo :)
  2. Cintaku
  3. To my friends on Legian beach

Lagu-lagu tersebut (dan lagu-lagu lainnya tentunya – sambil menulis tulisan ini saya mendengarkan lagu “Kencana” dari album Chrisye – Pantulan Cinta) telah menemani saya di berbagai situasi. Terima kasih untuk itu.

Selamat jalan Chrisye. Semoga anda diberi kemudahaan dan di lapangkan di alam sana. Doaku menyertai anda.

Related posting: tulisan mas Yockie

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

12 responses to “Selamat Jalan Chrisye

  • Adham Somantrie

    Ada yang datang… ada yang pergi… begitulah hidup, Pak… tiada yang abadi di dunia yang fana ini.

  • rizko

    Iya dia sosok sederhana yang luar biasa, simple, gak banyak bicara, suaranya pun biasa2 aja, tapi entah kenapa enak didengar, gak ngebosenin seperti musik-musik lain yang ada di Indonesia…

  • ifliandry

    kapan kita bakal punya penyanyi seperti itu lagi ya .. walaupun gak bisa baca partitur, tapi suaranya bikin merinding yg dengernya … gue pernah denger kalimat, ” sesuatu yg dari hati bakal nyentuh hati “.. selamat jalan Chrisye ..

  • donal

    Bagi musisi muda, salah satu pelajaran yang didapat dari Chrishe adalah antisenioritas. Suatu sikap yang mulia, sehingga patut pula kita renungi. Mau menerima kritik dan minta dikritik. Selamat jalan Chrisye The Legend

  • Amal

    Saya ingat sekali album Chrisye (dan namanya) pertama tahu waktu bapak saya membeli kaset “Resesi” dengan gambar Chrisye sedang dikerubuti wartawan dan tata letak koran. Untuk ukuran masa itu, sampulnya sudah eksentrik.

    Setelah beli kaset sendiri, saya malah jarang beli kaset Chrisye. Bukan apa-apa: di Bandung album Chrisye lebih banyak diputar dibanding di kampung saya (karena lebih banyak stasiun radio juga), jadi dengar edisi gratisan saja.

    Jika dilihat daftar dari Pak Budi di atas, saya “lebih cocok” di ADA Band kelihatannya. Ada sekitar 5 lagu dari dua album mereka yang sering saya dengarkan.

    Innalillahi wa inna ilaihi raajiun.

  • indrayana

    Jumat siang Chrisye dimakamkan, jumat malam s.d sabtu subuh pk. 05.00 WIB Radio Elshinta nonstop menerima b’bagai komentar dr penggemarnya/pemerhati, sy jd ikut begadang b’sama isteri mendengar siaran itu.
    Seumur hidup baru kali ini sy benar2 trenyuh thp wafatnya seorang seniman….. Sepanjang Sabtu s.d minggu sy menyetel kembali kaset2 lamanya (alhamdulillah…sebagian suaranya msh baik).
    Bagi sy Chrisye adalah seniman yg memiliki kecerdasan musikal, dedikasi, integritas ……..dan kesahajaan !

  • Jusmin Sutanto

    Dalam beberapa minggu ini, top list saya :
    1. Puspa Indah (Puspa Indah + Gita Cita-Puspa Indah)
    2. Camel (Rain Dances)
    3. Ebiet G Ade (Boxset)
    4. Badai Pasti Berlalu (E&C&Y)
    5. Kayak (Close to the Fire)
    6. Marillion (Brave)
    7. God Bless (Greatest Hits : Huma Di Atas Bukit)
    8. Guruh Gypsy

    Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Raajiun …

  • frans

    dia adalah seorang perokok berat dan banyak minum kopi..
    sayang..kalo dia ga lakukan kebiasaan ini..mungkin dia bisa teruskan karya2nya yang luar biasa..bahkan mungkin suatu saat bisa jadi presiden…ahh..lagi-lagi krn kebiasaan buruk…

    btw, selamat jalan Chrisye…karyamu adalah inspirasi bangsa…

  • heng /usa

    aku selalu teringat lagu aku cinta padamu setiap kali
    melihat sosok chrishe
    , ya yang rasa nya dia itu kok sangat disayang setiap orang
    gitu ya,sosoknya memamng seorang penyanyi yang memberi kesan very nice. dan lagunya sangat menyentuh
    ,like there is a soul in his songs.Badai pasti berlalu, tapi
    kenangan terhadap mu tidak akan berlalu.you are a legend
    di blantika musik negeri kita.

  • heng /usa

    pls not publishe saga dragon@yahoo.com (mail),
    thanks

  • indrayana

    Surprise, barusan sy dpt 8 CD original Chrisye di Mal Elos Bogor (album2 lama th 1980-an) salah satunya album “Resesi” (1983), hrg-nya sangat t’jangkau @ Rp 25rb

  • erick

    mas budi aku erick model videoklip kontak aku 085691267717

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.739 pengikut lainnya.

