Kebanyakan Minum Teh Bahaya Gak Ya?

Ini topik ringan, tapi jadi pikiran saya. Kebanyakan minum teh berbahaya nggak ya?

Soalnya saya banyak sekali minum teh. Sehari ini sudah tiga atau empat gelas besar. Padahal (rasanya) minum air putihnya nggak sebanyak itu. (Atau nggak sadar saja? Alias ngelidur waktu minumnya?) Mau minum kopi, jadi merasa bersalah karena sudah terlalu banyak minum yang bukan air putih. Habis … air putih itu gimana ya … terlalu … well, bening. hi hi hi. (Emangnya ada air putih yang nggak bening? Eh ada ding. Air dari keran yang karatan. Wah, malah serem!)

Saya rasa di Indonesia minum teh adalah hal yang umum. Masuk ke rumah makan, langsung disodori teh. Bertamu, juga teh. Minuman kemasan (kotak), juga teh. Ada lagi teh untuk kesehatan. Pokoknya banyak teh lah. Untungnya saya suka teh. Justru itu masalahnya.

Saya lihat kan teh membekas di cangkir. Terutama kalau cangkirnya sering dipakai. Nah, apakah teh ini nggak nempel di usus kita? Atau mengacaukan ginjal? Atau gimana gitu?

Kebanyakan minum teh itu bahaya nggak ya?

{ … siap-siap mau buat … teh … hi hi hi … }

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

23 responses to “Kebanyakan Minum Teh Bahaya Gak Ya?

  • Dedhi

    Iya bahaya karena :
    1. racun tein, lama lama membuat kecanduan karena jadi tidak merasa fresh kalau tidak minum teh terus (sama dengan kopi dan tembakau)
    2. punya kecenderungan membantu terbentuknya batu ginjal, oleh karena itu dilarang dalam diet untuk orang berpenyakit ginjal
    3. tea juga merupakan natural laxatives dan…hydro…err. apa yah namanya lupa. Pada intinya merangsang orang buang air besar dan buang air kecil, sehingga orang jadi cepat dehidrasi.

    Almarhum bapak saya juga penggemar teh ala Jawa nas-gi-thel (panas, legi, kenthel) yg pekat dan manis. Tahun tahun terakhir usianya sibuk dengan penyakit kronis ginjal dan diabetes :(

  • Jay

    Dari kecil hingga lulus SMA saya minum teh setiap hari, teh tanpa gula, selalu tersedia di rumah sebagai minuman sehari-hari. Hingga merasa aneh kalo terpaksa minum air putih saja.

    BTW, minum teh tanpa gula sepertinya termasuk bagian budaya orang Sunda. Mungkin akhir-akhir ini sudah tidak lagi.

    Oh ya, waktu kecil saya merasa sangat aneh ada produk Aqua, air putih kok dijual. Dan kalo kehausan bermain layangan tinggal lari ke warung terdekat, dan berseru, “Bu, minta minum!” soalnya hampir selalu tersedia seteko air teh dan gelasnya.

  • ranti

    Teh hijau dan teh putih konon katanya berkhasiat mencegah kanker dan menurunkan kolesterol. Tidak banyak riset yang dilakukan untuk teh biasa yang kita minum (black tea, red tea, jenis-jenis yang dioksidasi).

    Wikipedia punya artikle tentang teh dan kesehatan:

    http://en.wikipedia.org/wiki/Potential_effects_of_tea_on_health

    Soal warna coklat yang digelas? Itu bukannya karena dari mineral air yang menyerap warna teh tersebut? Kalau dicuci kan hilang. Banyak makan sayur dan yang berserat juga membantu “mencuci’ usus. :-D

    Yang perlu diperhatikan juga adalah pemakaian gula di teh tersebut. Kebanyakan gula ya tidak bagus. :-)

  • wening

    yang saya tau –sama dengan kopi– teh mengandung caffein juga. tapi –sama dengan kopi juga– ada kandungan antioksidan juga lowh (jadi ada baiknya juga)..

    selain itu, teh juga melarutkan zat besi yang kita konsumsi. misal, abis makan bayam trus minum teh.. weeekk sama juga boong zat besi-nya si bayam larut sama teh.

    jadi konsumsinya musti hati2. satu gelas sehari it’s oke ajah (untuk dapetin antioksidan). tapi jangan lebih, apalagi kalo manis pisan! gula.. masalah baru lagi tuwh:D

    tapi gak tau, katanya perempuan musti lebih hati2 lagi sama caffein dibanding laki2.. emangnya kenapa sih? baca2 referensi untuk ibu hamil, katanya emang gak bowleh banyak2..

  • bapakeghozan

    Pak BR…

    Saya nambahin dikit yah

    Dulu saya sudah pernah posting kopi di blognya Bapak.
    Demikian juga teh bersifat menimbulkan vasodilatasi pembuluh darah, sehingga peredaran lebih lancar, termasuk ke otak. Itulah kenapa, kalau ngopi/ngeteh bikin nggak ngantuk, bikin otak lebih encer. Ini soal subyektif, jadi tidak perlu diperdebatkan. Penjelasan ilmiahnya juga ada.

    Di bidang medis, memang ada obat migrain yang sengaja ditambahkan kafein dengan tujuan berefek potensiasi (memperkuat) kerja obat aslinya di otak.

    Yang jelas saja, ada cukup banyak orang yang hipersensitif terhadap kafein :
    membuat jantung berdebar-debar, lambung perih, banyak kencing, otot-otot lelah, misalnya. Bahkan, penggunaan kopi/teh secara berlebihan pada yang tidak
    hipersensitif pun juga bisa mengarah ke gejala-gejala serupa.

    Jangankan teh/ kopi wong air putih kalau kebanyakanpun ndak baik.

    Konsumsi kafein ini akan membuat tubuh mengalami “euforia” sehingga bersemangat bekerja, saat tubuh sebenarnya sudah kehabisan tenaga. Selanjutnya, untuk mendapatkan efek yang sama, diperlukan dosis lebih tinggi (adiksi).

    salam wasgitel.

  • Fiz

    Tambahan sedikit juga pak!… Yang jelas, minuman-minuman seperti kopi dengan kandungan kafein dan teh yang mengandung tein dapat meningkatkan produksi hormon ADH (anti diuretik hormon) yang bertugas mengatur penyerapan air di ginjal. Jika produksi ADH berlebih, maka penyerapan air akan semakin berkurang, so kita jadi lebih sering buang air kecil.

  • runi

    biasakan saja minum air putih yang banyak, minimal sehari 1,5 liter udah mencukupi, jadi pembentukan kristal2 batu ginjal minim jg, konsumsi buah sayur yg baik….jgn kebanyakan jajan …kuliner..mak nyussss mulu…hehehe…

  • Joko

    lebih berbahaya gula nya Pak,,,he-he… saya minum teh hijau, tapi pake madu utk pemanisnya…tiap pagi, pas bangun tidur…:)

  • tedytirta

    Orang Cina punya tradisi minum teh tapi sehat-sehat aja tuh Pak Budi… :D

  • indra

    dari referensi yg saya baca 3 cup sehari is oke but not sugar. saya merasakan manfaat setelah 2 bulan rutin teratur minum teh, saya jarang sariawan, padahal tadinnya seminggu sekali pasti dapat sariawan.

  • taufik

    apa bener teh dengan banyak gula bisa menyebabkan penyakit gula…..

  • Agus Tio

    Saya adalah penggemar teh hijau “baru” yang dikenalkan oleh cewe saya. setelah saya minum teh hijau secara kontinuous, saya rasakan badan saya lebih enak. tapi saya terus terang masih bertanya – tanya efek negatif dari teh hijau, karena kalau sehari gak minum teh hijau kayak ada sesuatu yang hilang (mungkin karena teh mengandung zat addict, tapi gak tahu juga…..)
    Jadi kalau ada yang bisa ngasih saran mengenai persentase baik atau tidaknya minum teh hijau,…… ?

  • yOa

    setau sy zat yang membehayakan ginjal bila dikonsumsi berlebihan yg jg terdapat di dlm teh adl poliphenol…klo tanin yg tdp di dlm teh hijau malah dpt mengobati penyakit ginjal…nah lho….

  • nayuri

    klo aku lgi minum teh hijau bikinnya terlalu kental or pahit..efeknya badan gemeteran kaya orang kelaparan yang udah parah bgt..sampe berkeringat.trus aku kasih makan,,minum air putih byk sembuh deh,,efek lain aku ga ngantuk.semagat kerja.tpi klo minum sore..malam bisa ga bisa tidur..
    apakah badan saya tidak cocok minum teh hijau..teman2 minta jawabanya ya di nayurilove@gmail.com

  • Feira

    Kata orang terlalu banyak teh juga nggak bagus lho…

  • yono

    ya semua hal klo berlebihan ya tidak baik kecuali amal hehehehe, konsumsi teh berdasarkan anjuran kersehatan tetap baik buat kesehatan karena banyak mengandung hal2 yang mendukung kesehatan tetapi klo berlebihan juga tidak baik karena teh juga mengandung kafein so konsumsi sewajarnya aja…

  • oes tsetnoc

    wah masak sih pak kebanyakan minum teh bahaya ? saya seneng minum teh daripada minum kopi :D

  • 3

    Semenjak saya minum teh kebanyakan, saya merasa ada yang tidak beres dengan saya. Saya sering pergi ke toilet karena ingin buang air kecil. Kemudian saya tidak merasa ingin buang air kecil, namun CD saya sedikit basah karena tetesan air kencing yg entah datang kapan tau… Apakah ada yg tau mengapa hal ini bisa terjadi?

  • Guedis Imoet

    embb gmnaa ea teh hijau ituw bahaya gag ea..?

  • richy

    nambah juga pak …….
    yang jelas kalau kita minum teh …….
    bikin hati tenang pak ….
    :)

  • seroja

    saya minum teh hijau tanpa gula buatan indonesia kok kepala saya pusing dan mual, kenapa ya.

  • alhakim

    Selama minumnya tidak berlebihan, saya pikir tidak masalah. Kecuali kalau kita punya pantangan dengan teh. misal : punya sakit konstipasi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.839 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: