Mengubah Tampilan Gmail

Saya menggunakan gmail sebagai mail saya. Sayang sekali tampilannya kaku! Pemilihan fontsnya tidak sesuai dengan selera saya. Gmail tidak menyediakan fitur untuk mengubah tampilan, baik sebagai theme maupun individual customization. Jadi nggak semangat baca email.

Nah, ternyata ada cara untuk mengubah tampilan sebuah situs web, yaitu dengan menggunakan Firefox add ons yang bernama “stylish“. Stylish ini memungkinkan kita membuat style sendiri dengan perintah Cascade Style Sheet (CSS). Perubahan yang dapat dilakukan misalnya, font untuk tulisan bisa kita ganti dengan font yang kita inginkan, latar belakang bisa kita ganti dengan warna yang kita sukai, menghapus iklan (ads), dan seterusnya.

Jangan khawatir jika kita tak pandai CSS atau desain. Ada situs userstyles.org yang menyediakan koleksi styles yang sudah dibuat oleh orang lain. Salah satu (salah banyak?) style yang tersedia adalah style untuk mengubah tampilan Gmail. Sekarang saya menggunakan styles “Gmail Air Skin” dan “Gmail: Inbox with new style“. Tampilan Gmail saya sekarang lebih menarik. Saya menjadi lebih produktif(?) dalam membaca email.

Nanti kalau sudah bosan bisa ganti styles yang lain lagi. Silahkan dicoba.

Oh ya, bagi yang kesal dengan banyaknya iklan di detik.com, ada style untuk membaca detik tanpa iklan. hi hi hi. Iklannya dihilangkan oleh style tersebut. Saya belum mencoba sih, soalnya saya sudah jarang baca detik.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

9 responses to “Mengubah Tampilan Gmail

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.894 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: