Resep Punya Blog Yang Ramai Pengunjung

Baru saja saya dapat email menanyakan bagaimana membuat blog agar ramai pengunjung. Pertanyaan ini bukan yang pertama kalinya saya terima. Sebelumnya saya menjawab satu persatu lewat email atau bicara langsung, tapi saya pikir akan lebih bermanfaat bila jawaban tersebut saya buat di blog juga. Nah, ini dia jawabannya.

Sebelum menjawab, perlu saya jelaskan bahwa saya punya banyak blog dan web site. Tidak semua blog yang saya buat selalu sukses. Saya tidak tahu statistiknya – karena malas membuatnya – tetapi dugaan saya mungkin 1 dari 5 yang sukses (atau malah mungkin lebih kecil dari itu). Maksud saya, apa yang saya ceritakan ini mungkin juga belum tentu berhasil untuk Anda.

Blog berbeda dengan situs web. Situs web biasanya lebih statik dan berisi data yang bisa dibaca sampai kapanpun. (Saya mengkategorikan wikipedia sebagai situs web.) Orang berharap blog berisi cerita yang baru setiap hari. Jadi, salah satu kunci kesuksesan sebuah blog adalah … menulis setiap hari. Selalu ada sesuatu yang baru (update).

Kalau diterjemahkan ke sebuah teori mungkin jadinya adalah (1) kuantitas dahulu, kualitas belakangan. Yang penting … banyak tulisan!

Orang akan sering datang jika tempat kita selalu ada yang baru. Bayangkan jika Anda mengunjungi blog ini ternyata isinya masih yang minggu lalu. Bolak balik Anda datang, isinya selalu terlambat seminggu. Akhirnya Anda “terlatih” bahwa blog ini hanya diperbaharui seminggu sekali, maka itulah yang Anda lakukan; hanya mengunjungi 1 kali dalam 1 minggu. Jika selalu ada perubahaan di blog Anda, maka orang akan rajin datang karena dia tahu bahwa pasti ada sesuatu yang baru di sana. Logis kan?

Nah, setelah mengetahui teori atau mantra nomor satu, kita maju ke mantra berikutnya. Kualitas. Yah, berarti tadi bohong dong waktu bilang kuantitas penting. Saya tidak bohong, memang kuantitas dalam hal ini lebih penting daripada kualitas. Namun orang akan datang kembali jika isinya berkualitas. Iya dong. Kalau isinya ngawur, ya sekali datang sudah cukup. Bahkan kita tidak perlu datang seminggu sekali. Sekali itu saja. Bayangkan kalau orang datang pas tulisan kita kualitasnya ngaco. Wah … sayang juga ya.

Untuk soal kualitas ini ternyata saya belum menemukan apa yang disebut dengan “baik”. Pengguna internet sangat beragam sehingga apa yang disebut baik di sini mungkin tidak baik atau tidak menarik bagi orang lain. Nah, itulah dia. Apapun yang Anda tulis, nampaknya akan ada yang beranggapan tulisan Anda baik. Jadi setidaknya ada satu atau dua orang yang akan rajin mengunjungi blog Anda. Toh Anda sudah menulis setiap hari kan?

Untuk mencoba menghasilkan sesuatu yang baik, saya menggunakan resep berikut ini.

  1. Gunakan bahasa yang baik dan benar, tatapi tidak terlalu kaku.
  2. Menulis dengan hati. (Menulis dengan tangan sih, tapi Anda paham maksud saya kan?) Kalau untuk tulisan yang formal, orang bisa membaca dari media konvensional (koran, majalah, misalnya). Maaf untuk rekan-rekan di media konvensional.
  3. Topik yang dibahas adalah sesuatu yang sedang heboh, sesuatu yang kita kuasai, atau sesuatu yang memang menarik perhatian kita.
  4. Masih dicari … ha ha ha.

Saya cukupkan dulu tulisan ini karena kalau terlalu panjang, orang malas membacanya (dan malas berkomentar). Ini juga merupakan salah satu resep yang saya anut juga … jangan kepanjangan kalau menulis di blog. Tulisan yang panjang untuk makalah kuliah saja. hi hi hi.

Ada cara lain lagi yang juga bisa membuat blog Anda ramai dikunjungi, tetapi saya kurang suka cara ini karena sedikit banyak “menipu” pengunjung. Anda bisa gunakan kata kunci (keyword) yang agak nyleneh. Saya perhatikan blog saya ini sering mendapat kunjungan dengan kata kunci “sex”. Halah. Mungkin karena saya pernah menuliskan sebuah entri tentang “sex, drugs, and rock n’ roll“? Juga kata kunci yang ramai di blog ini adalah “lowongan pekerjaan PNS”. Entah kenapa.

Cara-cara ini (menggunakan kata kunci pemancing) jangan dilakukan karena dia akan membuat blog Anda menjadi hampa. Be yourself. Menjadi diri sendiri saja. Yakinkan diri bahwa apa yang Anda tuliskan menarik dan bermanfaat buat orang lain.

Selamat mencoba, mudah-mudahan blog Anda ramai dan sukses.

Tentang Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua tulisan milik Budi Rahardjo

116 responses to “Resep Punya Blog Yang Ramai Pengunjung

  • iorme

    kalo yang internetnya masih ke warnet kayak saya, agak susah nulis tiap hari pak

  • Budi Rahardjo

    tapi buktinya rajin komentar kan? :p he he he. berarti sebetulnya *bisa* nulis banyak. atau, nulis yang banyak tapi dilepasnya sedikit demi sedikit (satu setiap hari). jadi nulisnya memang ngelembur di warnet. ha ha ha. tetap aja susah ya? …

    memang kata siapa gampang? he he he. lha wong banyak orang yang internetnya on setiap saat saja juga sulit menulis setiap hari. yang paling sulit itu adalah mencari ide tulisan *dan* menuliskannya.

  • Blogger Baru

    Saya Banyak belajar dari seleb Blogger :D salah satunya ya Pak Budi ini.

  • iorme

    betul sekali pak, ide kadang banyak tapi pas ditulis kok jadinya dikit akhirnya gak jadi masuk blog

  • poer

    jurus pertama aja belum bisa pak, masalahnya konsistensi, mungkin untuk beberapa waktu bisalah nulis minimal 2hari sekali, tapi lama-lama bosen atau kehabisan ide tulisan hehehe…

    nah buat ngakalin biar ga cepet bosen atau kehabisan ide gimana pak?

  • snydez

    saya rasa untuk kasus oom budi ini,
    karena beliau memang sudah ‘tenar’ sebelumnya.. :P

  • suprie

    di coba di coba ah… rajin rajin ah nulis blog :D

  • bhq

    Internet saya on 24/7 (24 jam sehari , 7 hari seminggu) nonstop, broadband dan murah lagi, tapi kalau terlalu rajin ngeblog, bisa dimarahi supervisor dan juga istri saya he he he. Salam kenal pak BR.

  • alifaiq

    salam kenal…

    Asyik juga baca topik ini… memang betul lebih menarik kalo membahas tentang masalah-masalh yang lagi menghangat di publik sehingga menarik untuk di komentari.

    Tips lain mungkin pemilik blog harus sering juga berkunjuk ke tetangga blog lainnya agar lebih mengenal.. he..he..

    Seleb blog atau Atlit blog…???

  • paydjo

    tips nyari ide untuk menulis dibagi dong ohm :D

  • abahsangpenyamun

    pengen tau nih. diantara sekuan banyak blog pa budi, klo pa budi sendiri paling ngejagoin blog yang mana? blog yang paling diperhatiin.. nuhun

  • aNdRa

    Untuk keyword ‘nyleneh’ saya pernah praktekkan dengan nama-nama artis (cewe) Indonesia yang cukup terkenal, hasilnya memang cukup banyak pengunjung yang ‘nyasar’ gara-gara mengetikkan nama artis tsb di mesin pencari. Tapi cara ini tentunya ‘kurang terhormat’ utk bisa disebut sebagai seleb blog yang intelek. :-D Makasih tips-nya ya pak.

  • thegreatestblogever

    tapi priyadi jarang update selalu rame tuh…

  • hariadhi

    Gimana kalau saya tambahin tips yang keempat, pak? Membuat pernyataan terbuka, alias memancing orang buat berkomentar. Saya pikir tulisan Pak Budi banyak yang kaya begini, makanya pada semangat ngomentarin, alias berkunjung.

  • rusydi umar

    Yah saya minta tolong web saya di masukkan ke daftar link web bapak ini. Hehehe. Mengenai counter dan statistik apa pake google analytics

  • Edwin Maolana

    yang penting juga harus bumbu humornya juga… walaupun saya tahu Mas Budi bukan pelawak sekaliber Tukul… hihihi…

  • mathematicse

    Bantu nambahin biar blog ini rame deh. Saya mau tulis kata kunci: Matematika, Matematika, Matematika, Matematika, MAtematika… Hahahaha… :D

  • masarie

    MAKASIH ILMUNYA PAK. TAPI EMANG MOOD-NYA GAK STABIL..GIMANA CARA AGAR MOOD STABIL YA PAK????
    TKS. MASARIE

  • edratna

    Waduhh…lha saya baru rajin menulis kalau lagi nganggur (ga ada proyek). Menulis tiap hari? Idenya yang sulit, tapi memang pak Budi hebat, tiap hari ada aja ide yang bisa ditulis.

  • ksqs24112007

    oke bagus……sedang bikin juga, secara otodidak dan bisa menghasilkan 2 blog dalam satu bulan ini

  • reza

    mungkin juga peran komunitas, pak. biasanya blog sering dikunjungi oleh kawan se-komunitasnya, (walau) sekedar menaruh komen. ada korelasinya sama teori pertama itu: kuantitas, selalu update.

  • atmo4th

    Cara-cara ini (menggunakan kata kunci pemancing) jangan dilakukan karena dia akan membuat blog Anda menjadi hampa. Be yourself. Menjadi diri sendiri saja. Yakinkan diri bahwa apa yang Anda tuliskan menarik dan bermanfaat buat orang lain.

    sangat setuju dengan ini pak! kita punya penggemar kita masing2 haha…

  • almascatie

    tips menarik pak :)
    salam kenal

  • agustriyanto

    Menulis dengan kata hati . Pernah terinspirasi oleh blogs teman, akhirnya menemukan perbedaan yg berarti antara kata hati vs emosi. Kalau semuanya diniatkan karena ibadah kepadaNya, semuanya menjadi lebih berarti. Pemahaman ttg ESQ kami rasa sangat penting utk menjadi pilar kehidupan seorang netter sejati. Hee.hee..he

  • pulsa murah

    makasih resepnya pak :D

  • Mihael "D.B." Ellinsworth

    Dulu saya suka menulis tiap hari, tetapi seperti yang bapak bilang, kualitasnya hancur – hancuran.

    Maka dari itu, saya “terpaksa” mengorbankan trafik demi kepuasan saya dalam menulis. :D

  • Sayap KU

    Ade pernah dikunjungi 1730 dalam sehari mas.. tapi isinya semua investigasi, cacian dan ada juga yang berisi cinta (mas BR termasuk) dan sejak itu Ade TIDAK ingin lagi dilihat banyak pengunjung, TAKUT.

    -Ade-

  • Mila

    prasyarat yang kelima (karna empat udah diambil) adalah banyakin foto diri main gitar hehehehe

  • dokterpenulis

    resep yang menarik.
    tapi sayangnya kalo tulisan yang benar2 bagus dan up to date biasanya saya kirim ke koran dulu Pak.. :) lumayan buat nambah uang sekolah..

  • The Vectorize Project « [Chaos Region - Incorporated]

    [...] buat,  dan sejenak melupakannya. Bukan masalah blog yang terancam eksistensinya, bukan masalah trafik, tetapi ini masalah hobi [...]

  • agus16

    Hmmm…
    lawong saya cuma punya hp doank buat akses internet, pengennya sih nulis buanyaak… tapi ga punya kualitas keilmuan tertentu serta fasilitas terbatas, sementara nyari ilmu dan numpang komen dari blog satu ke yang lain…

  • charless

    Huehehe…Kamsia-kamsia recepnya

  • azwarsyach

    pak sekarang saya mau nanya….
    kalo buat blog yang isinya all about kita gimana???
    kayakl blog saya….
    tapi lumayan juga ko yang baca,,,,
    dan sekarang saya bingung gimana biar tetep bisa nyampein cerita yang emang ga biasa dengan cara yang ga biasa juga…?????
    tolong dibales ya pak…
    http://www.azwarsyach.wordpress.com

  • benbego

    Klo saya sih gampang aja. Selain cara diatas setelah memposting artikel aku selalu memanfaatkan fasilitas feed. Nah feed yg dari wordpress ini selalu saya promosikan melewati ping otomatis. Gratis, dan terbukti kok membantu trafik. yg mau tau ping boleh ikutan belajar. udah aku bahas di blog. :D

  • djunaedird

    Terima kasih atas tips yang diberikan oleh mas Budi Rahardjo. Saya kira cukup bermanfaat, terutama bagi saya yang baru ngeblog di sini 30 menit yang lalu.

  • danalingga

    Wah, tipsnya bagus nih. *mulai mempraktekkan*

  • wedulgembez

    oh gitu ya mas!, sori ngasih komen, sapa tahu jadi laris kayak blognya mas…hehehe

  • koesbagi2informasi

    ya gitu deh, kaya saya kalau lagi suntuk kerja dikantor iseng2 perbaharui blog cari berita yang lumayan penting, tapi juga belum ramai nih blog saya, tapi yang penting kita nda gatek banget, tul nda pak buuuudiiiiiiii,,,,,heeeeeee!

  • dobelden

    bener pak bud…

    saya 24 jam ngadep internet… mo apdet blog aja bingung mo diisi apaan ?? :-s

  • Hisyam Basyeban

    emang sederhana konsepnya tapi bagi saya yg g punya skill menulis kok jadi repot ya…:(

  • munggur

    makasih pak advice-nya. berguna untuk dunia blogosphere.

  • ivie

    huaaa pak budi bikin iri aja huhuhuhuhu….

    kudu rajin nulis ah…. ide banyak tapi malas banget buat gerakin tangan ini mengetik. maunya main game doank.

  • Guh

    *membaca*
    *menyimpulkan*

    - jangan panjang-panjang
    - kuantitas dulu
    - kualitas jangan lupa
    - jangan nipu

    hmmm.. oks.. saya laksanakan!

  • caffeins

    saat ini aku seringnya blog walking..
    lihat2 pemandangan kanan-kiri ke blog2 tetangga
    blog itu banyak manfaatnya
    aku jadi pengen share sesuatu..

    baru sekarang ini aku nge blog..
    dulu seringnya chatting aja terus.
    berbual2 dengan wanita.. hehehe..

    abis gimana
    baru sekarang aku dapet ilham!!!

  • rumahkayubekas

    Resep yang masuk akal..
    Terutama dengan menjadi diri- sendiri.
    Salam,

  • auliafeizal

    waw blog statistiknya “ngeri” sekali, sampe 3000an orang!!

    tapi pak, saya mulai percaya, klo banyaknya orang2 yang ngunjungin blog kita itu bisa di modelkan pake rumus deret, liat aja statistik blog bapak, blog saya juga persis seperti itu (tapi hanya 100-an), ada polanya

    bener tu pak, di blog saya, saya tulis tentang salah seorang artis, nah itu sering banget kena dibaca sama om google, jadi deh blog saya sering dikunjungi orang..

  • blogkeimanan

    4. Masih dicari … ha ha ha.

    Nambahin ah….
    4 » Tulisan kita bisa memberikan manfaat untuk orang lain, walaupun sekedar utk menghibur orang yang sedang gundah….

  • Hermanu

    .. Jangan kepanjangan nulis di blog .. ini ‘kekeliruan’ yg baru saya sadari setelah baca postingannya Pak Budi ini. Thanks tipsnya Pak. Kalo pake keyword yg anget2 panas seperti sex, drug, dsb kayaknya ngga deh. Mungkin ampuh buat naikin tiras, tp yang jelas nurunin reputasi he3x.. (entar jadi kaya’ tabloid lampu merah)
    Btw numpang promosi blog saya: http://tirtaksara.wordpress.com

  • Andri Setiawan

    itu artinya masih banyak netter indonesia yang kerjaannya setiap hari cuma cari SEX di internet :-D

    sayang mereka “terperosok” ke blognya pak BR ha…ha…
    cita-cita yang tidak terkabul ..kqkqkkq

  • anas

    tekan Ctrl+d iya jangan, iya tidak iya apa………
    nggak deh khan simpel tuh gampang diapalin :D
    Makasih pak salam kenal

  • evan

    Siap diterapkan Pak Bos..

  • kakeko

    Sepakat pak saya juga lagi belajar menulis, saya kagum sama bapak kok sepertinya ngga kehabisa ide buat menulis, kalau dulu saya selalu bernafsu menulis sehingga ketika habis jadi bingung apa yang mau ditulis lagi, jadi kalau dulu kalau lagi pingin nulis sekali tiga langsung di publish, kalau sekarang nulis banyak tapi ngeluarinnya tiap hari satu :) biar jedanya ngga terlalu banyak (tips pak budi nomer satu). Menulis berkualitas dan melihat trend ternyata susah juga yah pak, akhirnya saya menulis apa yang saya kuasai aja siapa tau ada yang nyasar :) . Ditunggu tips berikutnya pak :) .

  • rizko

    hehehe, blog saya sih di update tiap hari pak, cman yang ada cman angka Mata Uang doank hehehe, mungkin karena itu pengunjungnya gak terlalu banyak, hanya orang yang juga suka atau menaruh minat pada angka itu :)

  • tsn

    pak , tanya ya. kalo saya pakai bahasa sehari-hari gimana? maksudnya, tidak selalu bahasa yang baik dan benar. karena saya merasa bahwa dengan memakai bahsa sehari-hari itu menunjukkan “gue banget” alias “be yourself” yang bapak sebutkan diatas itu.

    iya e… kebanyakan yang buka blogku pas tulisan-tulisan yang aku nggak niat nulis aja. kayak kemarin aku nulis beberapa lirik lagu, yang komen ya pas di lirik lagu itu aja, tulisan lainnya nggak.

    lha kalo kita nggak bisa konek Internet tiap hari, gimana mau bikin tulisan yang update terus? gimana ya enaknya?

    btw, tulisan bapak ini yang saya tunggu-tunggu.

  • Ataner

    Setuju juga sih, saya belakangan ini memang lagi ‘tidak ada ide’ untuk menulis blog. Setipa kali saya nulis blog, paling tidak saya melihat pengunjung bertambah beberapa.

    He-eh, tulisan ini memang yang saya tunggu..

  • fahrezy

    aduh si piwe….. wong buat blognya aja di warnet. mau habis uang berapa yaw buat ngeblog…………..tuapeee dechhhhhhhhhhh

  • annocartensz

    Memang strategi jitu.. buktinya saya sudah masuk blog anda..

  • namu

    w tu aneh cos w bsa dikit langsung praktek tanpa adanya pemikiran berlanjut and w pgn py blog tapi yaaaaaaa gtu deh males bwt ngepost
    ud yaaaaaaaaaaa

  • namu

    bener juga susah buat ngeblog di tambah kita di warnet, palagi kita itu masih pelajar………..
    tapi jitu juga w samape ngoment disisni

  • aLe

    terbukti bLog ini memang rammmeeeee banget :D

  • isnuansa

    makasih resepnya, perlu dibuktikan nih…

  • Melihat : Statistik Blog « Rantai Kata Lelaki Kecil

    [...] temen saya ini, belum liat statistik punya seleb blog kali ya, coba klo saya suruh liat statistik disini ini, bisa muntah darah dia) S : “Wooo…gitu tho, hebat ya situ” (sok muji!) T : [...]

  • ichasweb

    Saya udah punya beberapa blog, salah satunya di wordpress ini. Tapi blog yang diwordpress ini menyedihkan, bukannya tulisannya ga ada, malah saya lumayan aktif menulis, tetapi pengunjungnya yang ga ada. Rasanya sebel ngeliat blog stat saya yang ga naik2. Kemudian, kalo blog yang multiply sudah banyak yang melongok, tapiiii … sedikit yang ninggalin koment, jadi sebel juga… seakan2 orang2 cuma ngintip doang tanpa mau mengetuk pintu tuk mampir, apa karena temanya tentang ‘cerita di sekolah’ yang ga menarik minat ya?

  • evelyn pratiwi yusuf

    Nice tips

  • deethalsya

    ah.. tipsnya keren pak!!
    ntar saya usahakan..
    mdh2an statistik blog saya meningkat tajam..
    setajam silet.. ha5x.. :lol:

    *wuiihh, ‘ngeri’ liat statitistik blog Pak BR.. :mrgreen:

  • Ina

    Bud, thanks resepnya, mau dicoba ah .. maklumlah blog kami jarang dikunjungi …

  • Biho

    ya, thanks pak Budi, resepnya mau saya tebus ke apotik :D

  • alifaiq

    ada yang pengen coba bikin tulisan yang fenomenal.. bisa dipastikan menuai komentar cercaan, hinaan, ato bahkan lawakan… ratingnya pasti tinggi tuh :D

  • Saiful adi

    trik pa budi bagus tuh, krn saya pernh fakum 3 bln. gak posting n gak beri komentar…sekarang jadi semangat lg deh..

  • denzce..

    seteh bc dari coment2 yg ada mdh2 pak budi tdk terkena virus sombong n terus beramal soleh buat sesama blogger, saya jg mw ngucapin trims
    salam kenal ya pak…

  • qizinklaziva

    Yeahhh… jadi semangat buat nulis terus….!

  • get in the tempo « dance to the melody of lifes

    [...] saya kembali blogwalking dan menemukan tulisan yang mengingatkan saya bahwa saya gak pernah punya blog yang ramai pengunjung, pernah sih dulu tapi itu blog itu pun di kerjain berdua dan itu juga gak gak rame-rame [...]

  • ery

    wah idenya seringkali kalah gara2 banyak PR… pak gimana ini… ITB banyak PR… besok ada kuis lho pak… tapi saya malah ngenet, hehehe…

  • ery

    oya pak,mohon saran n kritik bwt blog saya dong… boleh dong… saya STEI juga loh, halah

  • macanang

    wah, bisa dipraktekkan nih. makasih pak! :grin:

  • Panitia LCEN 2008

    Dengan hormat,

    Kami dari Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro ITS akan mengadakan Lomba
    Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2008. LCEN 2008 kali ini mengangkat tema:
    ” Mewujudkan Ide Kreatif dan Kontribusi Anak Bangsa dalam Bidang Elektroteknik
    menuju Indonesia yang Mandiri”.
    Suatu ajang teknologi untuk generasi muda yang berani, kreatif, dan inovatif.
    Di ajang ini anda tidak hanya bisa berkarya tapi juga dapat menunjukkan
    karya anda kepada masyarakat.

    Kompetisi elektroteknik TERBESAR di INDONESIA ini telah 13 kali
    diadakan, yang akan memperebutkan PIALA MENDIKNAS (dalam konfirmasi).

    Oleh karena itu, dengan ini kami menantang anda untuk mengikuti
    LCEN 2008.

    LCEN 2008 ini terdiri dari dua kategori lomba, yaitu :

    - kategori mahasiswa:
    1. Bidang Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika (Telematika)
    2. Bidang Biomedika
    3. Bidang Elektronika dan Otomasi Industri

    - kategori pelajar:
    1. Bidang Elektronika Dasar berbasis mikrokontroler
    2. Bidang Elektronika Dasar berbasis non mikrokontroler

    Tahapan lomba sebagai berikut :

    1.Tahap Pendaftaran : 29 November 2007 – 31 Januari 2008
    2.Tahap Penjurian Awal : 14 Februari – 10 Maret 2008
    3.Tahap Registrasi ulang : 12 – 19 Maret 2008
    4.Tahap Realisasi Karya : 20 Maret 2008 – 20 Mei 2008
    5.Tahap Penjurian Akhir : 21 Mei 2008

    LCEN 2008 pasti akan lebih menarik karena pada penyelenggaraan
    kali ini untuk pertama kalinya akan diadakan bersamaan dengan
    KGEI ( Kontes Game Edukasi Indonesia ) yang merupakan lomba cipta
    game edukasi TERBESAR di Indonesia. Kontes ini merupakan kerjasama 5 kementrian yang meliputi :
    Depdiknas, Depbudpar, Depkominfo, Depperind, dan Kementerian Ristek yang bertujuan
    untuk menghasilkan game edukasi yang dapat mencerdaskan anak bangsa.

    Untuk informasi LCEN lebih lanjut

    e-mail : lcen2008@lcen-its.org
    website : http://www.lcen-its.org
    friendster : http://www.friendster.com/lcen2008

    Untuk informasi KGEI lebih lanjut : http://WWW.GAME.DEPDIKNAS.ORG

    Kami tunggu karya terbaik anda…

    Hormat kami,

    Panitia LCEN 2008

  • solihin

    Pak sarannya buaguuuu…sss banget…dech,pak kalo bapak gak keberatan tolong di tengok blog saya apa sudah baik apa belum dan apa yang kurang dan perlu saya tambahkan,dan kalo gak keberatan juga tolong di klik adsense yang ada di blog saya biar….heee.hee….heee ,please

    terimakasih

    http://noeelcomputer.blogspot.com

  • Pinkers_vanilla

    Puisi cinta buat sang kekasih

  • Didin sadidin

    Makasih akan saya coba, aq lagi belajar blog nih kayaknya pas banget nih….skl lg makasih

  • progoharbowo

    terimakasih pak,
    tips dan nasehatnya. Saya sudah coba menerapkannya memang sudah kelihatan ada hasil …..
    tapi masih jauh banget sama blog bapak… hehehe.
    tapi saya sudah merasa bersyukur, kemarin blog saya dikunjungi 225 orang ……
    makin semangat nulis deh…..

  • udin

    well, nasihat yang walupun sudah sering terdengar, tapi masih cukup manjur untuk pemula seperti saya.

  • mahrus

    Sepertinya kalo mbaca yang di atas, banyak yang promosi blog sendiri. Tambahan pak, blog kalo pengen dibaca orang, kita kudu ngoment sana – sini dan juga promosi gitu dimana-mana. Bener ga?

  • Budi Rahardjo

    @mahrus, ya betul begitu. Hanya saja hal seperti ini juga harus dilakukan dengan cermat. Jangan sampai malah membuat orang kesal (mblenek, mual) karena melihat nama Anda di sana sini dengan komentar yang tidak relevan.

    Mencatatkan nama di sebuah blog (misal dalam bentuk komentar) hanyalah langkah awal untuk membuat orang mampir. Setelah itu, mereka akan tetap rajin menyambangi blog Anda kalau isinya bagus atau sesuai dengan ekspektasi mereka.

    Jadi … jangan lupa juga soal isi ya …

  • anton

    wah, keren sekali bisa ribuan pengunjung perhari.. gw baru 20an dan 30an… jadi pengen juga spt bpk..

  • Rutama (FTB)

    Luar biasa pak sarannya! Jadi makin semangat lagi dalam menulis di blog! Salam sukses!

  • Gradient

    Infonya sangat bagus, thanks ya. Saya ada pertanyaan neh, maklum masih newbie..Gimana sich caranya untuk ikut ‘nempel’ dengen link yang terkenal. Terus apakah dengan banyak posting, blog kita akan keluar saat dilakukan pencarian di search engine (seperti google). Thanks ya..

    Sudi mampir pak…http://gradient-newgenesis.blogspot.com/

  • stenlymandagi

    …artikel yang menarik nih pak BR.
    Dulunya aq sendiri pernah berpikir, apa gunanya blog. Barusan tadi pagi aq dapat jawaban. Terima email dari yang orang yang tidak dikenal, kasih proyek. Katanya tau aq dari hasil googling dan nyasar di blog aq. Lumayan deh bisa dapat objekan…

  • arda86

    wah pak statistik di blognya sama ama punyaku tapi…….skalanya beda jauuuuuuuuh…….banget :D

  • himio

    haallo mas, salam kenal nama ku himio situs saya himio.890m.com, bisa tolong direview atau di beri masukkan agar situsku enak dilihat enak dicerna.

    situs mas udah bagus banget, saya senang juga ramai.
    hanya hamba biasa.

    situs saya baru dilahirkan sekarang, di publikasikan sekarang, dan tips diatas akan saya ingat dihati, terima kasih mas atas sharingnya, saya juga ntar akan bersharing juga…….. thx.

  • siti DJ

    halo mas, salam kenal juga nih, aku new comers nih, udah lama sering baca blog tapi baru sadar ternyata blog ini bisa hasilkan duit juga ya:-D padahal fasilitas internet ada, tapi krn kesibukn yg gak ada habisnya susahnya minta ampun atur wktu tuk nulis…pdhl idenya bnyk bgt, aku mo nnya selm ini blogku kn lebih ke mirip2 diary aja nih kan nggak komersil jadinya ya mas..?atau dalam blog itu aku buat nge-link blog lagi yang lain yang temanya menarik atau komersil? mohon masukannya ..makasihhhh ..

  • TeNsUn

    Blog Ini Sangat Bagus Dan Menghibur,Salam Kenal Semua nya

    http://www.pemburuduit.co.nr

  • rahmat

    Saya buat blog khusus tentang lebah dari budidaya lebah sampai produk lebah yang sangat baik untu kesehatan.

    sudah tahu belum klau lebah ternyata bisa membuat ramuan sendiri yang sanggup memperpanjang usia hidupnya hingga 30x lebih lama dari usia normalnya? http://www.binaapiari.com

  • tenSun

    Blog Ini Bagus Sekali Salam Kenal Semua

  • akmal

    Trik ke-4 dan seterusnya ditambahkan dong om BR…

    Untuk blog, emang enaknya diupdate harian, cuman kadang-kadang gak ada ide buat nulis apa gitu.
    Para blogger tentu pengin sesuatu yang baru dan punya efek positif (or negatif?) saat berkunjung ke blog dan berinteraksi di dalamnya…

  • clubchanks

    Sementara saya jadi pemerhati atau pengamat blog dulu….., mana tahu entar blog saya bisa banyak yang mantau itu persoalan kedua……
    Pak BR dan semuanya; Wish Me Luck!
    Salam,
    Chanks

  • dini

    Om budi, tolong dong liatin blog saya. Mohon kritikannya om, kalo ada tulisan saya yang ga disukai para pembaca atau blogger yg lain.

    Terima Kasih nih sebelumnya.

    http://wanitawanita.blog.com

  • beni

    o0o………………..

  • rivafauziah

    Kapan Bisa Seperti blognya akang? saya sedang belajar ngeblog dan alhamdulilah sudah 100.000 (seratus ribu) lebih pengunjung!
    Cuma Saya BLOG LOkalitas – BLOG CIANJUR!
    Salam Kenal dan salam Cianjur

  • rivafauziah

    Komentar Saya Tepat yang Ke 100 – Dapat Hadiah Nih! Nyanyikan Sebuah Lagu ya? He..he..

  • Mr. K

    Wah dahsyat mas!! Saya coba ah! TERIMA KASIH BANYAAAK…

  • salman

    tukeran link yukk.. blog kesehatan.. wwwsalmandjuli.blogspot.com lalu kirim email balasan beserta code link blog anda ke : salman2785@gmail.com.. thank’s ya..

  • underware team

    biar blog ramai dikunjungi berarti ga harus jalan2 ke blognya pak budi ya? :P

    jangan kunjungi blog saya ya pak…

    jangan di blogroll ya pak…

    jangan kirim email ke saya ya pak…

    Hidup PERSIB pak!!

  • dons

    Wuihhh blognya ramai sekali……

  • abdal malik

    Perlu diberikan juga data empirik, contoh, gambar, fakta, testimoni dan pendukung lain atas informasi yang kita sampaikan di posting. Dengan begitu pengunjung merasa yakin dengan informasi itu, next…. mudah-mudahan dia kembali lagi karena merasa butuh dengan update informasi kita.
    Contoh dari yang saya sampaikan ya BLOG INI LAH…. Kalau blog yang saya kelola sich masih banyak kekurangan.

  • maseko

    yang penting harus banyak temen di internet

  • Raven

    hehehe setelah membaca dari atas sampe ke bawah ternyata susah jg yah buat naikin trafik blog kita

    hm.. salam kenal semua main2 ke blog saya yah

  • money plus

    Tips yang bagus akan saya coba ya pa Budi… kebetulan saya juga ingin buat blog nieh… makasih atas tipsnya… salam

  • n3os

    Apa yg pa Budi sarankan , buat saya cocok sekali dengan apa yg pernah saya lihat tayangan tentang google di media elektronik,
    ini yang saya pegang sampai sekarang :

    Posting …posting …posting .posting tiap hari 1 artikel. katanya seh …. income bakal mengikuti.

    sukses terus pa bud , My master !!!!

  • RAYHAN

    he7x aq masih bingung otak atik baru bikin blog http://rumahrayhan.blogspot.com,mau ngikut blog ramai tp sama siapa, masih kosong.tp masuk aj website saya kopian cemua,tahab belajar he7.www.gondes.hexat.com
    kalau ada yg mau bantu ,trimakasih untk nyempurnakannxa. terutama blog saya.

  • OPic

    isi Articlenya sangat menarik dan banyak pelajaran yg dipetik dai situ… terima kasih atas ilmunya

  • jun3th

    ada info nih buat yang ingin menaikan trafik blog atau web, lihat tips dan triknya disini
    Cara menaikan trafik blog atau web

  • Marcus Canner

    Thank you for sharing with us, I believe this internet site truly stands out : D.

  • apkhost

    ahhh yang penting konten…yang paling di cari

  • Tips dan Trik Perawatan Mobil

    Makasih gan infonya bermanfaat banget

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.586 pengikut lainnya.

