Lembaga Untuk Kegiatan Sosial

Ada banyak kawan yang melakukan kegiatan sosial. Ada yang bergerak di lingkungan pendidikan, kesehatan, bisnis, dan banyak lagi. Pada umumnya kegiatan ini dilakukan secara informal, tidak teroganisir (ad hoc), dan tanpa menggunakan bendera atau badan hukum apapun. Kemudian muncul masalah konsistensi dan kelangsungan dalam menjalankan kegiatan sosial tersebut. ternyata dibutuhkan sebuah lembaga formal. Mulai timbul masalah.

Masalah utama adalah bentuk dari lembaga formal ini. Bentuk yang natural adalah yayasan (foundation). Sayangnya yayasan di Indonesia ini sudah pernah disalahgunakan (abused) sehingga sekarang dipersulit untuk membuatnya.

Jika kita perhatikan memang ada perbedaan dalam penggunaan lembaga ini. Di luar negeri, umumnya ada orang kaya yang ingin membuat sebuah kegiatan sosial, dia kemudian membuat yayasan atau foundation ini. Jadi si lembaga ini tidak berusaha untuk mencari dana (secara profesional) untuk mendanai kegiatannya. Dia bisa lebih fokus kepada menjalankan kegiatannya.

Di Indonesia (umumnya) orang membuat yayasan untuk menerima dana dan juga untuk mencari dana (untuk kegiatan sosialnya). Seringkali yang terakhir itu – mencari dana – malah menjadi fokus utamanya. Yayasan kemudian menyelenggarakan kegiatan profesional, memberikan layanan berbayar, membuat sekolahan, dan seterusnya. Kemudian mereka lupa alasan mengapa mereka mendirikan yayasan tersebut dan lebih fokus kepada mencari uangnya.

Saya tidak mengatakan bahwa mencari uangnya tidak penting, karena tanpa uang kegiatan mereka bisa tersendat-sendat. Namun saya perlu mengingatkan bahwa tujuan awalnya adalah agar kegiatan berjalan. Jadi yang lebih penting adalah kegiatan berjalan. Jika uang harus habis, tetapi kegiatan jalan, itu harus dilakukan. Jangan sampai uang dihemat-hemat (karena mau diwariskan ke kepenguruan berikutnya) sampai mengorbankan kegiatan.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

10 responses to “Lembaga Untuk Kegiatan Sosial

  • Dadan

    Selamat Pagi Pak BR,

    Bicara soal yayasan jadi teringat sama Yayasan AKMI di Tasik, disana tempat berkumpulnya orang tua (jompo) yang menghabiskan hidupnya di sebuah Yayasan yang tidak terurus dikarnakan dana yang diterima banyak di MAKAN oleh Pengelola yayasannya. :(

  • Sayap KU

    Kalau yayasan itu didirikan hanya untuk mengumpulkan dana saja, sebaiknya kita melakukan sendiri sendiri mas… banyak individual yang jauh lebih menolong dari sekedar beramal lewat yayasan. Jadi kapan bantuin Ade mas?

    -Ade-

  • Budi Rahardjo

    Lho minta bantuan apa, Ade? Doa sudah nyampe?

  • usamah

    Ada solusi gak Pak BR untuk merubah cara berfikir & bekerja yayasan model Indonesia gitu?

  • zulkarmen

    fokus utama dan tujuan awal yg terpinggirkan, tidak hanya di lembaga yayasan. hampir disemua lembaga. di lembaga legislatif tak jarang kepentingan rakyat di nomor sekiankan. lihat saja DPR dan DPRD. tujuan utama seorang pemimpin adalah memimpin, tapi begitu mendapat jabatan, fasilitas, dll, banyak yg lupa pada tugas utama, tapi justru lebih banyak fokus pada tindakan mempertahankan jabatan dan memanfaatkan fasilitas. ini kisah lama yg selalu ada dan akan terus ada sepanjang hayat manusia. bukan hanya pada para pemimpin, tapi pada diri setiap manusia yg dibekali hawa nafsu. setiap saat hawa nafsu menarik seseorang kearahnya…, melupakan tujuan utama hidup manusia…, dan banyak yg baru sadar setelah menjelang ajal…! hahahaha…indonesia!!!

    http://www.zulkarmen.blogspot.com

  • Aprina

    yap… sekali lagi karena dana menjadi pondasi. kalo orng kaya, tidak sekedar punya uang tapi mereka juga punya link lain agar tetap bisa menjaga hidup dan kehidupan yayasannya. permasalahannya baru sedikit orang yang kaya di bangsa kita ini yang penuh kesadaran membuat yayasan untuk tujuan kemanusiaan, ada orang yang demikian tapi sayang tak punya duit untuk mewujudkanny. ya akhirnya menjadikan yayasan untuk cari uang, mungkin kalo mereka dah kaya “beneran” baru mereka buat yayasan kemanusiaan yang murni bertujuan untk kemanusianaan.

  • dobelden

    kapan dong pak BR Yayasannya lounching?? :D

  • Betty

    Kapan ya..ada orang2 kaya di indonesia yg mau nyumbangin kekayaannya untuk dikelola menjadi yayasan sosial, wah.. orang orang miskin pasti makin sedikit dan kita akan sejahtera,semoga semoga semoga

  • rori

    1 orang kaya kalau bisa menghidupin 1 orang miskin ………..pasti angka kemiskinan bisa berkurang…

  • I Wayan Artika

    bagaimana saya bisa mendapatkan dana untuk kelangsungan kegiatan sosial saya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.934 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: