Apakah nomor handphone itu privat? sebuah tugas social engineering

Salah satu tugas kuliah security saya terkait dengan social engineering. Mahasiswa saya beri tugas untuk mencari informasi dengan metoda non-teknis; seperti berpura-pura, menyaru, dan sejenisnya. Untuk tahun ini saya menugaskan mahasiswa untuk mencari nomor handphone seorang artis Indonesia. Tidak perlu saya sebutkan nama artisnya kan? he he he.

Alasan saya memberikan tugas ini adalah nomor handphone bisa dianggap sebagai sebuah informasi yang privat dan tidak untuk dibagi-bagi. (Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah nomor handphone itu termasuk informasi yang privat atau tidak?) Ada tingkat kesulitan yang lumayan untuk mendapatkan informasi nomor handphone seseorang.

Setelah saya beri waktu seminggu, ada beberapa informasi yang sudah mengalir. (Mahasiswa masih saya berikan waktu tambahan 1 minggu lagi.) Saya belum bisa memverifikasi informasi yang saya peroleh. Saya sendiri lebih tertarik kepada proses atau cara yang ditempuh oleh mahasiswa untuk memperoleh informasi itu, bukan kepada hasilnya. Jadi bisa saja mahasiswa saya gagal memperoleh informasi tersebut dan memang nampaknya masih banyak yang gagal. Tidak apa-apa. Gagal kan biasa.

Ada berbagai cara yang dilakukan oleh mahasiswa, mulai dari yang biasa sampai yang lucu. Sayangnya saya tidak bisa menampilkannya di sini. (Etika? he he he.) Materi tersebut hanya untuk pendidikan (for educational purposes only, really). he he he. Ya sudah. Saya hanya bisa tertawa sendirian. Dianggap gila juga tidak apa-apa, wong tugasnya juga agak eidhan. he he he.

Bagi artis yang bersangkutan, saya mohon maaf jika terjadi ketidaknyamanan selama tugas ini berlangsung. Seharusnya sih tidak terasa apa-apa. Namun jika merasa terganggu, sekali lagi saya mohon maaf dan saya bersedia mentraktir makan anda sebagai tanda permohonan maaf saya.

Peace.

Foto di bawah ini mungkin nggak nyambung. Foto diambil beberapa jam yang lalu di Dakken. Memeriksa tugas kuliah ini sambil ngopi dan makan cheesecake. Uenaaakkk tenan. hi hi hi.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

56 responses to “Apakah nomor handphone itu privat? sebuah tugas social engineering

  • hariadhi

    hehehehe…

    Pantesan beberapa hari ini banyak yang nanyain nomor saya. Kalau mau traktir minimal di mana yah…. hmmmm.

    *dilempar henpung 5110 sama Pak Budi. :lol:

  • Donald

    Menarik,
    Melihat bertambah ‘kental’ nya hubungan antar teknologi sekarang ini, juga melihat potensi peningkatan aplikasi untuk kedepannya, menurut saya Nomor Cellphone itu privat untuk kondisi tertentu.

    Saat ini sudah banyak tersedia tool yang di arahkan untuk information gathering instant. Cuman sekarangnya dalam ruang lingkup mana suatu Nomor Cellphone dapat disebut privat. Sepertinya metode Kunci enskripsi dapat diterapkan pula Cellpone,

    Bisa jadi nanti ada No Cellphone privat dan No Cellphone Public… hehhe

  • izmantoko

    Wah, Pak. kalau yang namanya nomor HP itu privat atau tidaknya tergantung orang yang punya HP itu sendiri.
    Ada orang yang dengan senang hati membagi-bagikan (sharing) nomor HPnya. Tapi ada juga orang yang dengan angkuhnya tidak mau memberikan nomor HPnya dengan alasan Privasi.

  • hariadhi

    Ga selalu karena angkuh juga sih mas. Keinginan untuk mendapat rasa aman juga berperan. Walau bukan seleb saya sendiri ndak mau bagi-bagi no hp sembarangan. Begitu juga kalau ada yang minta no hp orang lain lewat saya.

    Soal etika juga sih. Daripada sembunyi-sembunyi minta dari orang lain, tentu lebih sopan minta ke orangnya langsung.

    Udah ada teman yang dapat pengalaman jelek, soalnya :)

  • denagus

    Walau bukan sbg mhs bpk, saya urun rembug. Jawabannya bisa ya dan bisa tidak sehingga dimungkinkan seorang artis mempunyai nomor lebih dari satu :d Yang pulsanya murah buat dipinjamin keteman2 buat bagi2 rejeki/sosialis gitu.

    Pemberian tugas tsb menurut analisis kami memang tepat. Materinya Social Engineering dan bobot penilaian tugas tsb berbasis tingkat proses bukan hasil (semacam essay y). Kalau boleh tebak; pasti ada yg tanya paman google, kameraman/ sutradara / toekang salon pribadinya dll. Jadi inget cerbung ATTN, hiks…

    Teman2, Coba tebak. Nanti duluan mana antara dosen dan mahasiswa =))

  • ndoro kakung

    buat wartawan, informasi ttg no hp artis itu bukan privat, tapi aset pak.

  • STR

    Kalo no HP saya jelas privat. Tapi kalo no HP artis itu ndak privat. Hehehe …

    *subyektif pol*

  • Adham Somantrie

    hm… kalo menurut saya.. ada no telepon privat (private number) dan no telepon umum (public number)…

    saya sendiri menggunakan 2 nomor telepon, yang satu untuk kepentingan orang2 dekat saja (private number), sementara yang satu lagi saya open untuk semua orang.

    sehingga, kita sendiri bisa mengelompokkan orang2 yang ingin kita terima teleponnya dengan gampang.

    ketika terjadi terror atau spam, kemungkinan besar akan terjadi pada nomor telepon publik. jadi kita dapat menghindari hal tsb dengan mematikan telepon tersebut. namun kita tidak menutup komunikasi dari orang2 dekat/penting, karena mereka akan menghubungi ke nomor privat.

    cheers…

  • christiono

    pasti cari cinta laura yah pak? soalnya lagi ngetrend :p he2x

  • Roby

    Pak – ini eksperimen menarik. Saya tertarik bukan pada isu privacy tapi proses/mekanisme pencariannya.

    Saya sedang mengerjakan disertasi proses “social search”. Proses social search ini menarik karena dilakukan secara ter-desentralisasi. Berbeda dengan centralized search yang biasa dilakukan mesin pencari sekarang: google memiliki database besar yang memiliki indeks seluruh isi internet.

    Manusia tidak memiliki centralized database seperti (asumsi pencarian tidak dilakukan melalui buku telepon), tapi tetap bisa menemukan apa yang dicari.

    Jadi ada sesuatu yang dimiliki jejaring-sosial yang tidak dimiliki jejaring komputer, sehingga social search menjadi lebih natural di jejaring-sosial.

    Kalo bisa dan boleh, hasil eksperimen ini mohon dibagi ke publik.

    cheers.

  • rendy

    salah satu temen saya nanyain no hapenya artis itu sama saya, saya cuma ketawa ketawa aja pas denger dikasih kuliah sama mas :))
    BTW, kayaknya sibuk sekali boss br ini, kita ngopi ngopi lah…. belum dapet kaos Qwords.com kan ? :p

  • sarah

    Kalo aku sih pake dua nomor jadi ada yang privat ada yang gag.
    He he.. :D

  • sarah

    Waaah itu cheescake yaa..
    Menggoda sekaliii…
    Nyam…nyammy…

  • Freddy Hernawan

    Kritik; ah pak budi mengotori imajinasi berpikir saya dengan tulisan terakhir yang ada gambar makanan nya itu. :(( padahal saya sedang asyik berimajinasi bagaimana caranya mendapatkan nomor telepon seorang artis. eh sampai bawah, malah buat ngiler, duh duh.. buyar deh pikiran social engineering nya :((

  • Budi Rahardjo

    @rendy, … saya sibuk? bukannya memang itu normalnya? he he he. ngopi? lah itu di gambar kan jelas-jelas kopi. hayu aja. hanya waktunya ya? kalau direncana sering susah. dadakan aja.

    @sarah, … wah kalau saya repot pakai dua, karena kebanyakan orang maunya nomor privat saya juga. he he he.
    ya, itu cheesecake yang sangat menggoda. ada foto yang lebih jelas lagi cheesecakenya. mau? (yang ditawarin fotonya, bukan cheesecakenya ha ha ha.)

    @freddy, … bukannya itu malah ciri khas saya? lagi serius-serius, tiba-tiba … nggak nyambung. he he he.

  • mathematicse

    Kok no HP artis sih yang dicari? No HP saya aja? :mrgreen: :D

  • mathematicse

    Kok no HP artis sih yang dicari? No HP saya aja… :mrgreen: :D

  • hendriadi

    wah kue nya bikin ngiler pa kekekee

  • sarah

    Ya ndak apa to, repot asal selamet :D
    Waah….kalo cuma fotonya gag usah di tawarin atuh pak bR…

  • Mirzha

    Dulu pernah dapet dinner gratis di satu resto gara2 nipu make social engineering :D

    Dapet dari the art of deception-nya Kevin Mitnick ;)

  • Budi Rahardjo

    @sarah, … kadang dulu saya men-judge orang yang handphonenya lebih satu: wah sok populer dia sampai nomor telepon harus dua. ha ha ha. sekarang gak lagi kok, tapi masih heran saja.

    kalau untuk saya, pakai satu handphone saja sudah kebanyakan gadgetnya, apalagi mau dua. hi hi hi.

  • denagus

    Nggak lah pak, biasanya artis itu duitnya berlebih. Utk gadged pastilah dipilih yg bisa punya banyak simcard. Mungkin pilihan utk gsm on cdma on atau gsm on with gsm on. Tapi bisa dikatakan kalau yg punya satu nomor itu orangnya setia lho, hiks… benar nggak sih? :-P

  • denagus

    Kalau boleh tahu, targetnya siapa sih? jangan2 sudah ada di my phonebook. mailme please….

  • Akhmad Mulyanto

    Saya pernah jadi korban tugas ini. Seorang mahasiswa pak Budi ngeyel minta no hp pak EY, katanya mau konsultasi. Yah saya jawab, Pak EY saat ini sedang seminar di Ruang XXX, silahkan anda tunggu/temui Pak EY disana. Akhirnya malah saya ngebongkar sekuriti-nya sang mahasiswi. Sang mahasiswa akhirya ngaku kalai dia lagi melaksanakan tugas ini :D .

  • Gandhi

    Private ga ya? Sepertinya iyah! ga bisa sembarang orang ngasih gitu aja tanpa ada tujuan yang jelas. tar disalahgunakan lagi. *so penting*

    tapi kalau buat education purpose, gpp lah. Jadi kapan saya dimintai no HP nya negh? Hi8x… *so jadi artis*

  • suprie

    Ah saya mah tergantung, klo di minta saya juga kasih, asal jangan nyepam ajah, ngajakin MLM dohh….

    Hehehe tapi saya juga punya no telp pak Budi, nda pa pa kan pak ?

  • abasosay

    Privat buat yang ga kenal pak. Tapi kalau udah kenalan baik-baik tetap perlu no hapenya. Siapa tahu suatu ketika perlu melakukan kerjasama.

  • Yeni Setiawan

    Kalau mahasiswanya sudah khatam buku The Art of Deception harusnya bisa menyelesaikan tugas dari Pak Budi :D

  • Nanang Suryana

    sekarang banyak yang punya lebih dari satu nomor dengan tujuan atau digunakan dengan berbagai tujuan, misalnya untuk kontak person, dan yang lainnya untuk urusan pribadi….

    jadi menurut saya bisa privat bisa publik :D

  • Nazieb

    Weleh, jadi mahasiswanya pak Budi kok kayaknya enak gitu yah?
    :mrgreen:

  • Budi Rahardjo

    @nazieb… enak? maksudnya ada alasan untuk cari-cari nomor handphone artis, gitu? he he he. kalau tugasnya sih tetap nggak enak. lha wong namanya juga tugas. ya nggak?

  • jhonrido

    Kalo udah pake HP, publikasikan aja nomornya. Kalo ada yang iseng, cuekin aja.

  • Raptor

    Private gak private, no hape skrng dah jadi sasaran empuk para penipu untuk mendapatkan uang dng mudah…berhubung nelpon ke sesama operator murah banget…sudah dua kali saya ditelpon dg mengatakan saya memenangkan undian mobil…hehehehe…ada juga yg nelpon bilang saudara deket saya sakiit dan minta uang…duh! tau darimana no hp saya…ngacak kalee yeee…apalagi kalo tahu sapa yg punya no telp mana…pasti lebih hebat lagi nipu tuh tukang tipu

  • yohanesdwi

    wah beraarti bapak punya banyak no artis ya pak
    minta donk !!

  • Edratna

    Gara-gara bapak pernah memberikan tugas seperti ini, setahun yang lalu, saya ikut kalang kabut mencari nomor Hp KK (ini mudah karena kebetulan saya udah ada), hp nya Tukul (nahh ini perlu waktu……kebetulan kantor saya barusan mengundang Tukul, jadi saya tinggal cari panitianya, masih menyimpan nomor TA apa tidak)…terus ada satu lagi yang saya lupa siapa…..

    Tapi ya dasar anak-anak, begitu dia dapat nomor ya dibagi ke semua temannya..jadi semua mahasiswa mengantongi nomor yang sama…..

  • newbie

    untung ga punya hape..wekek

  • angger

    Kan sudah diprivatisasi semua??? hehehe…
    Menurut saya sih privat kecuali dinyatakan lain.

  • bangzenk

    tergantung cara memandang mbah. klo saya memandang,
    sebagai “örang publik” tentu no hape boleh jadi sebaiknya dimiliki/diketahui umum. ya, misal no HP presiden SBY 4949 (bener ga??) itu kan bagus. meski ya tentu ada “resiko” yang tak selamanya menenangkan.

    namun demikian, ya itu resiko menjadi “orang publik”. klo ga mau begitu jangan jadi “orang publik”. dah aja kayak saya..

    sekalian promosi nomer hp: +316170279**

    salamhangat.

  • ahwardhana

    salam kenal pak..wah bpk produktif sekalinya bwt postingan..liat postingannya keren2…hehehe

    Oh y, menurut sy no.hp itu privasi…tapi klo udh kenal tuh org gpp sih…biasanya org punya lebih dari 1 no.hp.nah mungkin aj dari no.hp itu, ada yg bwt privasi dan ada yg ngga…

  • lupuzmillenia

    Kalau dilihat dari sebuah sisi teknologi, nomor HP itu unik.

    Pertama, adanya nomor HP biar tidak seperti HT (asal denger ada orang ngomong bisa langsung masuk).

    Kedua, muncul fasilitas untuk memunculkan nomor yang menelepon (kalo di PSTN khan telepon ke telkom dulu baru dapet informasinya).

    Ketiga muncul fasilitas hidden no. HP (di HP dan atau kartu tertentu).

    Awalnya orang ingin memunculkan no yang menelepon, eh, ada juga akhirnya fasilitas menyembunyikan no penelepon…
    piye toh???
    :)

    salam,
    lupus

    http://www.lupus.co.nr
    http://www.cafebisnis.com/cd

  • blacklabel

    Minta No Hp Sandra Dewi Donk

  • ayi purbasari

    pa,
    masak sih CL ga punya HP krn dianggap masih kecil sama ibunya? tapi pendekatan paling mudah sih via sang mama koq, dan mama via sekolah, dan sekolah via sang administrasi..

    *makanya saya dari dulu paling cs sama TU (dan satpam)..

  • Sy41ful

    “Namun jika merasa terganggu, sekali lagi saya mohon maaf dan saya bersedia mentraktir makan anda sebagai tanda permohonan maaf saya”.

    Hahaha… ini juga social engineering…

    Pertama traktir makan…
    kemudian ngobrol2…
    And dalam setiap obrolan… terjadi keakraban…
    Kemudian… terasa udah agak lama… mo pamitan…
    sambil berkata… “kapan saya bisa traktir kamu makan lagi?”
    si artis menjawab, “Kapan2 juga bisa…”
    “Trus gimana saya bisa menghubungi kamu?”
    Si artis menjawab… “nih.. No Hanphone saya…”

    Nah di situlah keberhasilan anda dalam cara social engineering untuk mendapatkan no artis tersebut…

    hiks.. hiks.. hiks… hiks…

  • Andri

    no artis? boro2 tau, no om BR ajah sy gak tau….hik..hiks…
    tp gpplah demi ketentraman om, sy gak mau ganggu :(
    cuma ada tapinya, gmn kalo sy ada peluang proyek yg berkaitan dgn IT gitu???? yah paling2 yg sy hubungi adalah yg ngasih no hp, tentunya yg tau IT juga…:D

    oh ya buat artis2 ato yg mau jadi artis, mau gak nih lagu gubahanku???? dan para pejabat ato yg mo jadi pejabat mo gak tipstriku dlm menaikkan rating pemilihtertarik?
    Hubungi aku pake GSM-mu yahhh….

  • Deva

    Saya udah mumed slama 2 bln biar bisa dapet no hp mantan pacar saya yg baru.google udah saya obok2 sampe mabok tp hasilnya tetep nihil..(adakah guru yg mau membantu saya tanpa pamrih???hikz..hikz..)
    seharusnya operator seluler saat ini blak2an aja kalo ada yg nanya “eh,no hp si a brp ya,mbak/mas op?” (kyk telkom maksudna) & utk tetep ngejga privasi se2org,y org tu yg harus ngubungi op selulerna & men-set no hpna utk dipublikasikan.benerkan??
    buat yg baca & bs bantu saya dlm hal ini,tolong email saya ke isshindoutai@gmail.com
    thanks

  • Deva

    Saya udah mumed slama 2 bln biar bisa dapet no hp mantan pacar saya yg baru.google udah saya obok2 sampe mabok tp hasilnya tetep nihil..(adakah guru yg mau membantu saya tanpa pamrih???hikz..hikz..)
    seharusnya operator seluler saat ini blak2an aja kalo ada yg nanya “eh,no hp si a brp ya,mbak/mas op?” (kyk telkom maksudna) & utk tetep ngejga privasi se2org,y org tu yg harus ngubungi op selulerna & men-set no hpna utk “DIPUBLIKASIKAN atau TIDAKNA”.benerkan??
    buat yg baca & bs bantu saya dlm hal ini,mohon email saya ke isshindoutai@gmail.com
    thanks

  • susanti

    saya mencari nomor teman saya berinisial holil,bagaimana cara mendapatkannya,dia penggemar simpati?

  • wina

    minta no hpnya luna maya donk??please..

  • Yuhi Teguh

    Aq pinGin mnta nmber na Afhgan dum….??
    Pleaseee….

  • Ryan

    Sya mau nomor’y glenn Friedly niy…!
    Tpiy gmna yach??

  • Santos

    Klo no hp gue ga privat lo… klo mo knln ma gue ni no Hpku:085290662383. Cowk/Cewk semua boleh kenalan lo..tp, gue maunya lewat telp. lgsg ya..sms jg blh, tp klo blm dibls berarti ga pny pls. he…he..he..

  • Khansa

    waduh pak.. angkatan saya kok jadi dapet tugas beginian juga..
    mumet pak.. mau dimulai drimana dulu.. masalahnya si artis ni agak gaptek n kurang beredar jg d internet..

  • zulfa

    pak, pak, saya boleh tanya nggak??
    memangnya artis itu sapa siih pak? kok ada yang bilang artis itu gaptek segala?

  • cemplon

    tugas kok aneh2 ya …..

    apa gak ada tugas yang lebih masuk akal dan mendidik..pak dosen…
    kalo sekedar tugas mencari no hp gak perlu kuliah dan bayar mahal mahal…

    beginilah dosen2 jaman sekarang cuma gila hormat tapi isi kepalanya nolll…..lebih suka mempersulit mahasiswa tanpa ada landasan ilmiah sama sekali dalam memberikan pendidikan…

    huh menyebalkan dosen yang macam ini
    mending tobat pak dosen

  • Pulau Tidung

    Minta nomor hfnya dnk…

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.898 pengikut lainnya.

