Toto Live @ Bandung

Semalam jadi juga nonton konser TOTO, “Falling in between Live”, world tour 2008. Lokasinya adalah di Bandung, my home town. Line up nya:

  • Steve Lukather, gitar,vokal
  • Bobby Kimball, vokal
  • Simon Phillips, drums
  • Greg Phillinganes, keyboards
  • Leland Sklar, bass
  • Tony Spinner, guitar (dan juga vokal di dua lagu)

Singkatnya … puas!

Toto … ini band yang sudah saya kenal sejak jaman mahasiswa (atau mungkin malah SMA?). Saya ingat pertama kali saya manggung nge-band di kampus, saya membawakan lagu “Hold The Line”-nya Toto ini. (Pegang gitar dan vokal.) Susaaahhh banget. Solo gitarnya jelas tidak saya bawakan. he he he. Itu kalau tidak salah tahun 82 atau 83 di GSG.

Koleksi kaset Toto saya dulu cukup lengkap. Saya mulai dari Hydra, terus sampai … wah lupa lagi. Pokoknya dia termasuk yang saya koleksi, meskipun sekarang kasetnya sudah entah ada dimana.

Berdasarkan itulah saya tertarik untuk nonton Toto. Tahu ada acara ini dari keponakan saya (Bayu) yang juga penggemar Steve Lukather – sang jawara gitar. Untungnya seminggu (atau 2 minggu ya?) menjelang acaranya saya teringat sehingga memesan tiketnya di Aquarius Dago. Heran ya, band sebesar ini promosinya kok kurang. Meskipun demikian di Aquarius itu tiket yang tersedia tinggal yang VIP (200 ribu). Saya langsung ambil dua, untuk saya dan anak atau istri saya. Ternyata anak saya tidak bisa karena pada hari H-nya dia ada studi tour ke Jogja. Saya ingin mengajak anak saya karena dia sekarang sedang belajar gitar. Saya ingin tunjukkan jawaranya. Ya sudah, berarti saya dan istri.

Beberapa hari menjelang acara, saya mendapat tawaran tiket VVIP dari kawan yang mendapatkannya dari Telkomsel. Langsung saya sabet. Tiket saya, saya serahkan ke Hammam dan istrinya.

Hari-H. Lepas maghrib saya berdua dengan istri saya bersiap-siap ke tempat acara. Kami putuskan untuk memarkir mobil di kampus saja karena sudah kebayang macetnya ke Sabuga itu. Dari kampus kami jalan ke tempat tujuan. Sampai di sana sekitar jam 7:15. Saya menyeruak ke antrian untuk menukarkan tiket. Tiket saya ditukarkan dengan tiket sesungguhnya ditambah sebuah pin dan kupon untuk goody bag yang bisa diambil di dalam.

Pintu masih tertutup. Jadi saya dan istri menjauh dari antrian untuk ketemuan dengan Hammam dan istrinya. Kami ngobrol di luar antrian supaya bisa santai. Akhirnya jam 8 pintu di buka. Hammam dan istrinya masuk duluan. Saya dan istri ngantri di belakang. Sebetulnya kami bisa maksa masuk nyelonong lewat samping dan menggunakan dalih VVIP Telkomsel. Tapi istri saya gak mau. Ngantri lah, kalau nggak, nanti disumpahin orang, katanya. Kami ngantri. Setelah menunggu cukup lama dapat juga masuk dan menukarkan goody bag yang berisi makanan dan minuman.

Sampai di dalam ruangan, ternyata tempat duduk sudah penuh. Memang ada tempat khusus untuk VVIP-nya Telkomsel, tapi banyak orang (tak tahu diri, gak punya malu – are you one of them?) nyelonong ke tempat itu. Petugasnya sampai pusing. Saya tunjukkan tiket saya. Mereka mohon maaf. Memelas juga. Ya saya paham dengan masalah mereka. Setelah pusing dengan banyaknya penonton yang tidak mau diatur, dua mbak dari Telkomsel akhirnya mencari solusi lain. Kami (dan 2 orang lain yang kasusnya sama) dibawa ke balkon (atas) saja.

Balkon… Di sana ternyata tempat lampu sorot dan wartawan. Tidak ada tempat duduk. Hanya ada meja. Ada beberapa wartawan dengan kameranya di sana. Dua orang mbak dari Telkomsel itu minta maaf berkali-kali ke saya. Saya sih … justru senang. This is how rock concert should be! Raw! Rocks!

Istri saya duduk di meja, saya berdiri melihat dari balkon. Pandangan yang sedaaap. Asyik buat motret! Itulah sebabnya wartawan (foto, video, dll.) ada di sini. Asyik. Ya ada ruginya sih, gak bisa motret dekat … dan kecipratan ludahnya Steve Lukather atau Bobby Kimball kali ya? he he he. Tapi ini tempat yang asyik! Itulah sebabnya saya menghabiskan 120 foto, masing-masing 7 MB!

Toto muncul. Jreng! Tanpa band pembuka. Padahal tadi gurau di luar dengan Hammam, kita mau kok jadi band pembuka yang gak dibayar. Bagian check sound pun mau kok. Ha ha ha. Toto mungkin sudah bosan main, sementara kami masih butuh jam terbang. Yang menarik bagi saya adalah alat-alatnya (sound system-nya) tidak aneh-aneh. Sederhana, tapi muantab tenan.

Lagu pertama dimainkan. Gypsy train (kalau gak salah). [Jadi kayaknya playlistnya sama dengan yang di Surabaya.] Penonton teriak tapi masih sopan. Masih duduk di kursinya masing-masing. Hanya ada satu atau dua orang yang maju. We’re not worthy … he he he. Terus mejeng di bawah panggung, minta temannya memotret. (Lihat potret di samping, penonton dipotret di depanb Lukather yang lagi main gitar.) Ga sopan! he he he. Emangnya Toto hanya untuk dipotret-potret. (Nanti lama kelamaan akhirnya penonton maju juga dan memang begitulah rock concert yang bagus.)

Steve Lukather muncul dengan jeans dan mengenakan jaket kulit. Nantinya dilepas juga tuh jaket karena kepanasan dan lebih bersemangat. Lukather masih bisa menunjukkan kepiawaiannya sebagai pemain gitar rock yang handal. Huibat tenan.



[Ada 16 foto Lukather main solo. Lihat saja di koleksi TOTO saya di Picasa.]


… [cerita tentang jalannya show ... wah banyak yang lupa ... playlist lupa, keasyikan nonton dan menyanyi ... pokoknya keren lah ...] …

Ada bagian yang lucu, dekat akhir, dimana Steve Lukather memperkenalkan pemainnya. Si ini … oh ya, hari ini adalah hari ulang tahunnya, kemudian dia mengajak penonton untuk menyanyikan happy birthday. Kemudian dia panggil pemain lainnya lagi. Oh ya … dia juga ulang tahun hari ini. Penonton diajak nyanyi happy birthday. Terus semuanya … he he he. Bodor juga si Steve ini.

Saya di atas balkon puas aja. Bisa nyanyi keras-keras. Jingkrak-jinkrak. Gak ada yang tahu. Hanya orang sekeliling sini yang pada sibuk motretin. Istri saya juga menikmati acara dengan santai sambil duduk di atas meja.

Sebenarnya ada yang menarik lagi, yaitu pengelolaan sound-nya. Saya lihat dari atas ada mixer di tengah dan juga di samping panggung. Saya belum tahu apa fungsi dari masing-masing. Yang jelas, nampaknya itu menarik untuk dipelajari.

[Foto sound engineers (dan juga mungkin lampu juga?) di belakang crowds.]

Setelah encore dua kali. Acara berakhir. Saya puas!

Koleksi foto ada di:
http://picasaweb.google.co.uk/rahard/TOTOLiveInBandung

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

39 responses to “Toto Live @ Bandung

  • hutriest

    Yaaah.. laporan pandangan matanya gimana Pak.. masih dahsyat ga petikan gitarnya Steve Lukather? :D

  • Arry Akhmad Arman

    Saya juga suka lagu-lagunya Toto, khas memang! Saya tunggu foto-fotonya!

    salam
    arry akhmad arman

    http://kupalima.wordpress.com

  • chikaradirghsa

    wah, bapak ga ngajak2x! toto bawain “i will remember” ga pak?

  • Donald

    “Padahal tadi gurau di luar dengan Hammam, kita mau kok jadi band pembuka yang gak dibayar.”

    hmm…. Bodor, ada cerita kenangan ama sang istri pak, dengan lagu si toto.

  • deteksi

    sayangnya di bandung! :D

  • febi

    pantas pa.. malam itu kok di kampus agak sepi.
    keknya pada ke sabuga…
    pas ke jalan macet.. dikirain ada apa..
    eh TOTO…
    emang promosi keknya gak bagus

  • Gandhi

    weleh2x.. sy jg mau pak di ntn TOTO pake tiket VIP bpk? ha8x..
    coba ga ada mas hammam, boleh tuw tiketnya dilempar ke sy.. :p

  • Lutce

    Wah pak Budi nonton juga ya ?? Salam kenal pak

    saya kebagian VIP….sayap kiri, jadi salah satu yg main gitar ga kliatan hikss
    iya tuh yg festival pada lompat pagar….dasar ga disiplin. Akhirnya ada bule di VVIP protes baru polisi pada keluar :(

    Pak kok fotonya bagus yakk ?? pake kamera professional ?? gimana nyelundupinnya ??

    Hasil jepretan pocket kamera ga sebagus itu deh :P, pengalaman pribadi. Tapi lumayan sukses ngrekam Afrika…..cuman ini doank yg ngerti (90′s generation makluuum)

  • Budi Rahardjo

    @lutce, saya pakai pocket kamera biasa (jadi gak perlu ijin). serius. samsung L 730. heran. hasilnya cukup bagus juga. di sebelah-sebelah saya kameranya hebat-hebat. kan wartawan dan punya ijin.

    hanya yang saya perhatikan adalah steady hands. tangan harus diam. nah, kalau di balkon bisa saya letakkan di atas balkonnya. jadi tidak guncang.

    sekarang saya masih upload-2. ada 16 foto solo lukather … hi hi hi.

    saya malah lebih suka lagu-lagu lamanya, seperti hold the line. sayangnya mereka gak bawain “while my guitar gently weeps”. hi hi hi.

    tapi pokoknya puas!

  • Gatot Widayanto

    Seru banget cerita2nya.. reviewnya dan foto2 nya … Top!

  • love

    Damn, I love toto!!

  • Lutfi

    Halo P’ Budi, salam kenal

    Wah, review live nya keren pak. Sy jadi terobati meski gak sempet nonton di bdg.

    Sy kepengen banget genesis nite (eh, ganesha nite hehehe) dihidupkan lagi. Kapan ya? terakhir nonton pas band The Colours bawakan Genesis jg pas di bdg dulu (akhir 90an)

    salam,
    lutfi

    http://silutfistudio.multiply.com

  • Lutce

    waaa pantesan, di VIP kursinya goyang goyang pak hahahahahha habis kanan kiri kakinya pada jingkrak jingkrak…
    Ga tahan….yg gebuk drum nya muanteeepppp tenan

    Kayaknya copy foto dari pak budi dehh :P. Thanks pak….keren dehh jepretannya

  • Kiki Ahmadi

    basisnya kayak Dumbledore!!!

    : )

  • koestoer

    Bagus juga fotonya, cukup tajem.
    Gak sangka L 730 bisa gitu.-

    Salam.-

  • dtykrn

    foto-fotonya mantep pak…

  • iwa

    wah top abis,
    top abis, sampai saya kehilangan lensa nikkor 20 mm AFD
    bingung deh sekarang, panik.

    salam kenal

  • ayi purbasari

    ga ngarep Totol suspend manggung nya pa? kayak di Surabaya? kan biar bisa digantiin BanDos :D

  • za

    Wah foto drummer-nya gak ada Pak Budi? Saya suka banget pas drum-nya disorot lampu warna-warni, apalagi drumnya transparan.

  • Yahya Kurniawan

    Sebenarnya pingin nonton juga sih, tapi apa daya aku di Jogja, hiks.
    Perasaan jarang banget nih Jogja ada kaya ginian.
    Untuk TOTO nya, perasaan makin lama lagunya makin aneh di kuping. Saya cuma doyan sampai album Tambu. Selebihnya, aneh bin ajaib lagu2nya.

  • mbakDos

    wah… tak bertemu ya… padahal di tempat yang sama pula…

  • tomyzero

    Mixer tengah adalah FOH mengatur sound buang

    mixer di samping panggung untuk mengatur sound yang diatas panggung lebih kearah kontrol suara sebelum ditransfer ke FOH

  • tomyzero

    Album TOTO yang menurut gue paling TOP adalah——–>

    Fahrenheit

  • anakpanda

    beruntung bapak dapat tiket vvip. sebulan sebelum acara, saya dan 7 orang teman mengincar tiket vvip, tetapi dibilang sudah sold out. jadi, kami semua beralih ke vip. apa pun yang terjadi, kami ber-8 harus ada di dalam sabuga malam itu.

    kalau dilihat dari kacamata kami pemegang tiket vip, kami menyayangkan tata panggung, terutama penempatan speaker di sudut-sudut panggung yang SANGAT mengganggu pemandangan. kami saja yang vip, yang berada jauh di atas panggung sudah terganggu. apalagi mereka yang memegang tiket festival.

    saya gak heran mereka [festival] akhirnya rusuh pindah ke area vip/vvip dengan mendobrak paksa pagar-pagar itu. mereka ke sabuga malam itu kan gak untuk memelototi speaker saja.

    oh ya, yang jelas, denah pembagian tempat duduk tidak sesuai dengan yang dipromosikan. jujur, kami kecewa untuk bagian yang ini. kecewa dengan panitia, bukan pada toto, tentunya. i adore them.

    ps: salam kenal.

  • yosafat

    salam kenal pak.
    wah liputannya sangat bermanfaat bagi saya.
    tempo hari saya tidak dapat tiketnya. terima kasih.

  • metal

    wah saya juga nonton nih, saya pegang tiket festival (100 rb), karena saya pikir festival kan di depan pangung, kalaupun di samping, ngga ketutupan speaker gitu, yang enak malah yang klas 1 (75 rb) pas gelap dikit mereka bisa pindah ke depan panggung karena tidak aa pembatas antara klas 1 dan VIP,
    mungkin toto juga bingung kok klas festival di samping panggung ketutupan speaker…..
    untung kita kompakan ama penonton lain yang ngebuka kawat pagar pembatas, pas lampu gelap akhirnya kita bisa berbondong bondong masuk ke area VVIP, ha ha ha.. dan bisa langsung berhadap hadapan dengan toto di depan panggung
    biar mampus panitianya…
    pelecehan terhadap klas festival di bayar dengan di dobraknya pagar..
    dan saya setuju tuh..asyik abis TOTOnya..cuma kayaknya sebentar aja udah selesai…

  • Rima

    Halo Pak Budi!

    emang konser Toto ini keren abis ya? sayang lagu2 di album Falling in Between gak terlalu banyak yang dibawain, tapi saya juga seneng karena lagu2 yang mereka bawain kemaren malem itu lagu2 yang emang jarang dibawain.

    mengenai festival yang pindah ke VVIP, saya, seperti yang anakpanda katakan, maklum juga kalau mereka pindah ke VVIP, karena emang di site mapnya festival tuh sejajar dengan VVIP. saya di kelas VIVIP, dan saya juga kaget sendiri waktu liat festival kenapa posisinya jadi miring begitu? pasti gondok bangetlah cuma bisa ngeliat speaker ama peralatan doang!! katanya yang kelas VVIP emang ditambah jadi yang festival jadi ngegeser begitu.

    saya jadi inget waktu nonton air supply di sabuga jugga (lupa taun berapa kalo gak salah 2005), kondisi kelas festival persis kayak begitu juga. ya ampuun…..

  • budhi dharmawan

    wah, teu nyangka TOTO aya di bandung. fotonya bagus-bagus. sayang nggak bisa nonton. jadi sekarang TOTO udah “Going home.”
    biar nggak bisa nonton, danke-lah buat mas budi. udah meliputkan.
    mas… kemarin diwawancara radio singapura, suaranya terdengar lebih muda. =)

    wassalam.

  • budhi dharmawan

    o… iya nyambung lagi. kalau ada grup 80′an monggo mampir ke cirebon.

  • Budi Rahardjo

    @budhi dharmawan, wah saya malah gak pernah dengar hasil wawancara di radio singapura. :) good lah.

  • ybandung

    Seru sekali ceritanya Pak .. bisa ikut kebayang ramai suasananya. Fotonya mantab betul.

    Betul Pak .. iklannya kurang greget, wong saya tahunya dari blog ini he he ..

  • indrayana

    Wah..selamet deh..sempet nonton.
    4 hari sebelumnya saya sempat cari tiket di 3 lokasi jkt dan….gak kebagian.
    Mereka sudah pada tua, tapi koq masih Ok ya…? Padahal sehari sebelumnya main di Sby.

  • oki

    Thanks Pa Bud atas liputannya :), mau nge-blog ttg Toto tapi kayanya dari blog ini dah cukup lengkap. Kemaren saya dan beberapa kawan yg ikut nonton cukup puas dgn penampilan para aki2 progressif rock ini meskipun line-up-nya ga bener2 formasi terkini. Permainan bass Leland Sklar lumayan cukup mengimbangi personil asli yg dia gantiin. Satu saja yg bikin kita kecewa, waktu encore terakhir, kirain I Will Remember bakal dimainin. Ternyata Africa doang…yaahhh, apa boleh buat, padahal dah bela2in maju ke depan panggung. Baca deh komentar2 dan kejadian2 di gig Bandung kemaren di http://www.totonetwork.com , banyak yg lucu2 :D. Salam.

  • syah

    Wah..! Sudah Terbukti Saudara Author kita ini Peminat Setia Kumpulan Band Toto.. Banyak jugak koleksinya..
    Semoga bapak Author Berbahagia..

    http://petronas-vblog.blogspot.com

  • A. J.

    wah, asyik kayaknya…
    btw, Rosanna-nya ada kan pak?

    Leland Sklar-nya tambah mantep aja tuh jenggot. gue suka gaya loe!

  • retty

    kalo saya ngliat yang disurabaya, sebenrnya konsernya hari rabu berhubung soundnya masi ketahan dibandara jadi dibatalkan trus diganti hari kamisnya
    tapi itu gak mengurangi antusias saya apalagi saya nonton brg temene deket
    konsernya asik bgt, suasana juga romantis, tp sayang lagu i’ll be over you gak dinyanyiin, mereka nyanyinya scr medley padahal kita dah nungguin dr awal…smpt kecewa sih
    tapi secara keseluruhan gak rugi….menyenangkan dan saya bisa nonton ama orang tercinta..hehehe

  • JUMADI

    Maaf saya numpang ngasih informasi, mau over kredit rumah.

    http://www.rumahbekas.com/index.php?go=detail&id=3581

    terima kasih

  • Bagus

    Halo Pak,

    senang bisa bertemu dengan Totoers juga, saya waktu itu tepat berada di depan panggung. Lucunya saya sempet bikin band juga namanya Seventh One hahahaha……

    Toto memang sempurna !!! saya kebetulan hanya ketinggalan konser mereka yang pertama di tahun 92, setiap konser sama sekali ga berkurang konsernya….

    silahkan mampir ke blog saya buat liat hasil jepretan dari kamera poket saya pak…( baguskent@multiply.com )

    once again…Toto Rock !!!!

  • Joko Sembodo

    Hi dawg …
    I’m so happy to read your experience with Toto…in the other side,Im so sad,coz’Im Toto’s fans too!
    I wasn’t there to watched their performance … hikz T.T

    visit my blogs:
    http://www.jokosembodo.wordpress.com

    thx,

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.894 pengikut lainnya.

