Ngantuk

Aneh. Perasaan tidur sudah banyak (diukur dari jumlah jam), tetapi kok masih ngantuk juga ya? Tadinya saya pikir kalau jumlah jam tidur sudah banyak, ngantuk berkurang. Ternyata? Tidak! he he he.

Mosok mau disikat dengan kopi terus? Bisa rusak nih maag.

Atau, tidur … hibernate aja dulu ya? hi hi hi.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

27 responses to “Ngantuk

  • titikagus

    Tidurnya kata orang sih kurang berkualitas pa…

  • trisetyarso

    Menurut saya, ngantuk itu berbanding lurus dengan lelahnya pikiran, bukan pada lelahnya fisik.

    Jadi, yang kudu tidur itu adalah pikirannya.

  • kutaraja

    mungkin bener juga tu Mas, ngantuk berbanding lurus dengan lelahnya pikiran.. :)

  • Budi Rahardjo

    Kalau begitu, bagaimana caranya mengurangi lelah pikiran?

  • Toga A.C

    Kayaknya melihat aktivitas Pak Budi yang begitu ruaarrr biasa, hyper-multitaskingnya itu pak agak dikurangi, kasihan… nanti fisiknya berontak minta ampun lho pak…:D

  • Dimas Dwicahyo

    Tambahin memory aja Pak..biar ruang multi tasking tidurnya tambah banyak….hehehe..
    Kalo saya, mengurangi lelah pikiran dengan mendengarkan ceramah agama dari komputer. Kalo Pak BR bisa dari iPOD mungkin.

  • simoeh

    Kan sudah jogging pak? nanti setelah capek, trus mandi air hangat kemudian makan dan diteruskan tidur pagi….sejam kiranya cukup.

    Jangan lupa coret agenda sebelum dhuhur…
    Wew, ini cuman saran lho pak. Bukannya sok jadi pengatur. He he he…

  • trisetyarso

    @ Pak Budi Rahardjo

    Mengurangi lelah pikiran barangkali dengan men-restart otak kita.

    Ibarat komputer, ketika kita tidur tapi hakikatnya tidak tidur, mungkin pikiran kita lagi “hang” binti error, sehingga tetap berjalan sekalipun fisiknya tidur.

    Salah satu kiatnya adalah, sebagaimana saran seorang marbot masjid di rumah saya di Depok, terdapat waktu tidur yang teramat sangat efektif membunuh stress atau me-restart pikiran kita; yaitu TIDUR ANTARA MAGHRIB DAN ISYA di MASJID/MUSHOLLA.

  • ali

    saya punya suplemen untuk memperbaiki kualitas tidur,d dan daya tahan tubuh secara keseluruhan, tertarik pak?? ;)

  • Akhmad Mulyanto

    Kebanyakan tidur (jam tidur lebih dari biasanya) memang bikin ngantuk. Cape pikiran –> tidur banyak –> kalau ngantuk yah jalan-jalan. Muter kebun atau muter kantor sekeliling trus kembali kerja.

  • Al-Faqir Cahyo

    Saya kira itu adalah pola makan yang tidak sesuai dengan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh, tiap pagi aku sarapan kacang hijau+madu, dan bisa meningkatkan daya tahan +daya melek, bahkan bisa memaksimalkan dengan tidur cuma 4jam/hari jika diimbangi dengan pernapasan otak tanpa merasa lelah sesudahnya walaupun aktivitas cukup banyak.

  • trisetyarso

    Mas Cahyo, sekalipun makanan udah bagus, bisa saja terkena penyakit tidur tak nyenyak.

    Sebaliknya, makanan gak bagus, juga gak berarti tidur tak nyenyak; coba lihat manusia penuh syukur di sekitar kita. Seperti tetangga saya di Depok, makanan pagi s/d malam cuman ikan asing dan kadang-kadang tempe. Tapi hidupnya nan bahagia dan tidur nan nyenyak.

    Dan coba kita lihat di negara-negara maju; begitu banyak orang yang tak bisa tidur dengan nyenyak.

    Kenapa tidak bisa tidur dengan nyenyak dalam kasus ini?

    Itu disebabkan pikiran yang terus bekerja secara spontan. Pada level tertentu, ada orang-orang yang selalu berpikir siang, malam, pagi bahkan sampai derngan masuk ke kamar mandi.

    Biasanya orang seperti itu, terkena “kutukan” tidur tak bisa nyenyak.

  • Ayi Purbasari

    eh saya pernah denger, ikutan bela diri pernapasan, bisa mengelola badan. tidur 2-3 jam pun tetap segar. benarkah?

    saya tidur selalu banyak dan selalu ngantuk :P. jadi banyak tidur ga berbanding lurus dengan ketidakngantukan.

    katanya ngantuk itu krn kurang oksigen ke otak? kebanyak ke perut? jadiii; pa budi kebanyakan makan kali? :D

  • sahabat88

    obatnya ngantuk cuman satu = tidur :D

  • krida

    bukan tidurnya yang kurang puas sih pak, tapi mungkin banyak tugas yang belum ter realisasi,, pas bangun tidur tugasnya masih numpuk he he

  • devry

    Denger-denger katanya Bos suka sama sayur kangkung. Bukankah sayur kangkung itu mengandung banyak zat besi yang diperlukan tubuh kita? Sehingga besinya menggantung di pelupuk mata….

    Jadi berat terasa banget….

    Itulah sebabnya kenapa Bos bawaannya ngantuk melulu… hi hi hi :mrgreen:

    * Ngacir dulu akh! mode ON *

  • Anthy

    Kalau ngantuk pagi ada baiknya cek gula darah Pak BR.
    Salam

  • Rindu

    istirahatkan pikirannya mas … artinya jangan memikirkan apa-apa dulu, bisa? kan mas bukan robot loh :)

  • herman

    Kalau saya sering diserang kantuk di hari senin. Mungkin kebanyakan rekreasi sabtu minggu dan kelelahan.

  • Bry

    Udah bawaan orok kalo doyan tidur mah :p

  • hafiz

    mas kena minum air banyak skit

  • sipras

    jam ngantuk saya antara jam 10.30 – 13.30 siang, diluar jam tersebut ngantuk saya hilang… meskipun malam hari ngantuknya seperti hilang begitu saja…

  • Noe

    Saran saya: jangan tidur saat pergantian siang-malam atau malam-siang. Kalo bisa bangun sebelum matahari terbit atau matahari terbenam, soalnya bisa bikin pusing en ngantuk mulu. Udah tak cobain. Kalo masih ngantuk, coba minum air putih yang banyak, kalo ga cari udara segar. 1 hal yang sebenarnya ga kalah penting, bikin happy aja, en ga usah dipikirin apakah kita kurang tidur atau kebanyakan tidur, itu juga bikin pusing lho…

  • hasbi

    saya juga sering ngantuk. setelah saya browsing-browsing, ada banyak hal penyebabnya. semuanya berbeda dengan teori jumlah jam tidur.

    beberapa yang saya dapatkan:
    1. sering ngantuk terjadi akibat jadwal tidur yang tidak teratur. ada teori tentang jam biologis, sebuah jam beker bawaan lahir yang setiap orang punya. cara settingnya otomatis. jam tersebut akan terus memantau jadwal tidur kita. begitu kita bisa tidur dengan jadwal rutin dalam waktu seminggu, jam tersebut akan langsung mengikuti. teori jam biologis ini membuktikan mengapa ada manusia yang tidur jam berapa pun, tetap bisa bangun di jam yang sama.
    2. ada juga yang karena penyakit, misalnya ada gejala ginjal. penyakit ginjal baru dideteksi dokter kalau kerusakannya diatas 80%. dibawah itu, hasil lab akan tetap baik-baik saja. walau begitu, tetap bisa dilihat dari gejalanya. salah satu gejalanya adalah gampang capek dan tidur ga pernah cukup. salah satu solusinya dengan mengkonsumsi jus wortel 3 kali sehari.
    3. juga karena penyakit, yaitu ngantuk akibat diabetes. penderita diabetes juga punya kecenderungan untuk tidur terus menerus.

    sementara itu yang saya tahu.
    saya minta maaf tidak bisa menuliskan referensinya (karena saya lupa)
    monggo di cek lagi buat teman2 yang tertarik

  • jasmine

    weh selamat tidur,hehe.sering kali aku ngantuk atau lebih tepat nya menguap,padahal menurut aku udah tidur cukup,itu kenapa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.733 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: