Penyakit Baru: Kecanduan Blog

Nampaknya sudah ada gejala masalah baru; kecanduan blog.

Saya melihat adanya penurunan penggunaan mailing list yang bersifat teknis. Misalnya kalau dulu ada milis pau-mikro (jaman tahun 80-an dan 90-an) kemudian teknologia (2000-an?), sekarang nampaknya milis seperti ini mulai sepi. Para penghuninya, yang kebanyakan techie, sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya ngeblog (atau tidak sama sekali). Milis jadi sepi.

Saya pun kalau menanyakan sesuatu, sekarang lebih efektif jika saya tanyakan di blog saya ini. Saya tidak tahu apakah ini hanya kasus anomali atau justru yang normal.

Ada juga teman saya yang mulai mengurangi aktifitas emailnya dan beralih ke blog. Maksudnya waktu yang dia berikan ke blogging lebih banyak dibandingkan dengan beremail. Tambahan lagi, baru saja saya baca artikel tentang Polisi di Polandia yang tidak boleh ngeblog di jam kerja. Ha ha ha.

Kayaknya dokter jiwa harus mulai siap-siap menangani kasus kecanduan blog. Mudah-mudahan kita tidak termasuk pasiennya.

[berusaha keras ... karena tanda-tanda sudah ada. bagaimana dengan anda?]

Tentang Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua tulisan milik Budi Rahardjo

73 responses to “Penyakit Baru: Kecanduan Blog

  • chikaradirghsa

    kayaknya makin tinggi PR-nya, makin parah tuh kencanduannya :P

  • mazirwan

    kayaknya akan muncul rumah sakit baru tuh pak, namanya RSKB

  • Remo Harsono

    Kalo saya kecanduan posting komentar aja deh…

    @mazirwan
    berarti ada jurusan baru: Ilmu Ngeblog…bakalan jadi tandingan jurusan ilkom :)

  • hakimtea

    waduh tingkat kecanduan saya sudah sampai stadium 4 pak… mesti segera dioperasi… :mrgreen:

  • aRuL

    wah kayaknya analisis pak budi tepat banget :D

  • mudabentara

    mampir The Mr.GBT …
    tampaknya psikotropika dah ada kawan baru ne , klo di indonesia namanya PSIKOTROPIBLOG ..hehheh

    klo menurut saya, gmana kalau pemerintah membuat instansi baru, namanya BPN ( Badan Per BLOGERAN Nasianal )…
    biar manusia indonesia jadi asem semua , gak hanya pandai bicara
    saleum , dari Aceh, The Eart Epicentrum.

  • gagahput3ra

    Ya eyaaalah

    Hare gene belom ngeblog? :P

  • creativesimo

    Nambah istilah, kalo belum ada;
    BLOGAHOLIC : ni orang-orang yang nyandu blog, lebih baek ga makan daripada ga ngeblog, lebih baek sakit daripada ga ngeblog, lebih baek nganggur daripada ga ngeblog :-)
    BLOGPHOBIA: ni orang-orang yang benci ama aktivitas ngeblog, yang suka generalisir bahwa semua blogger negatif, bahwa blog itu tempatnya orang-orang pengecut dan pemimpi. Siapa hayooo :-)

  • creativesimo

    Nambah:
    BLOGSOMNIA: orang yang ga bisa tidur kalo belum ngeblog atau orang yang tidur sambil ngeblog atau orang yang dalam tidurnya mimpi ngeblog atau orang yang tidur sambil berjalan sambil ngeblog :-)
    BLOGIPATI: orang yang mendapat tambahan energi setelah ngeblog :-)

  • pakansi

    semoga aja dengan blog bangsa indonesia bisa lebih cerdas dan syukur-syukur bisa menghasilkan uang tambahan, amin

  • hariadhi

    10 tanda kamu kecanduan ngeblog

    1. Saat online tanganmu secara otomatis mengetikkan url blogmu.

    2. Kamu lebih hafal alamat blog seleb daripada password emailmu.

    3. Kamu terobsesi menjadikan seluruh perangkat telekomunikasi di rumahmu seperti hp, telepon rumah, TV cable, sampai kaleng kerupuk sebagai sarana nyambung ke internet

    4. Walau bermaksud menggunakan internet untuk mencari referensi kuliah, tetap saja tanpa sadar kamu menghabiskan 3 jam untuk blogwalking, 5 menit untuk mendownload referensinya :mrgreen:

    5. Pacarmu ngomong “Gila ya, chatting sama lu bisa sambikl masak indomie!”, hanya karena nyambi bikin posting

    6. Saat mendengar dua huruf R dan S sambil minum susu maka yang akan terjadi adalah kamu masuk UGD karena keselek dan muntah-muntah

    7. Kamu terobsesi menulis “pertamax!” di bagian komen di situs-situs berita.

    8. Kalau kamu didahului mobil yang lain, yang pertama kali kamu ucapkan adalah “Ah gpp, paling ga masih kebagian keduax”

    9. Kamu terobsesi nambah makan tiga kali hanya untuk mengucapkan “hetrix!”

    10. Kalau kamu dilarang malam mingguan, maka satu-satunya alasan yang kamu berikan ke pacarmu adalah “Gw lagi kena suspend, say!”

    Saat lebih dari 5 tanda di atas terjadi, waspadalah! Ada kemungkinan kamu kecanduan ngeblog.

  • Pitra

    Untung Bapak nggak nge-plurk (plurk.com).. bisa2 malah kehilangan aktivitas ngeblog. Lah, itu hampir semua blogger bercokol di sana. Dan memang saya perhatikan pula, sejak pada aktif nge-plurk, kegiatan blogging semakin berkurang (termasuk saya sendiri) … hehe..:D

  • seruitdotcom

    ngeblog n ngeplurk? ah trend sesa(a)t tuh

  • vlisa

    mas, tanda2nya kan sudah jelas. kalau dulu, yang ditanya pasti , alamat emailnya apa…….sekarang, nggak cukup. Musti dan kudu ada blognya….nggak ada blog, serasa nggak gaul gitu……..hehehe (mudah2an saya belum kecanduan, cuma mulai sakauw aja).

  • isal

    ini pak sudah di bahas mengenai bahaya blog Addict curhatan dari seorang blogger kambuhan

    http://community.kompas.com/read/artikel/503

  • isal

    http://community.kompas.com/read/artikel/503

    keknya pak budi ada di antara salah satu ciri-ciri BAD (Blog Addiction Disorder) seperti apda artikel di atas. Say ajuga ada beberapa yg cocok.. kekekekekke

  • Bhayu Senoaji

    ‘Nge-Blog’ selain hobi bisa juga dijadikan sebagai arena berlatih menulis…

  • nenyok

    Salam
    Btw mungkin semakin banyak orang ng-blog mengindikasikan semakin banyak yang narsis :D pokoknya ga ngeblog serasa ga hidup *halah* karena blog, fs dan chatting terabaikan *curhat colongan*

  • niche

    bener banget pak kynya aku mulai keranjingan nih, tp browsing pasti liat blog… biar kata dibilang narsis, tapi gini2 jg bs disebut melek media kan???? he….

  • niche

    ngemeng2 seneng bgt liat weblog bapa menjadi HOT topik di wordpress, bnyk penggemarnya yah…kpn bs ky bapa?????

  • Rindu

    @hariadhi … hahahaha, bener banget

    Tapi mas BR, kalo saya melihatnya malah banyak yang berhenti ngeblog … saya juga berniat begitu, tapi udah kecanduan duluan kayanya.

    Udah diinjek injek, dicemooh, diguling guling ke jurang saya masih aja ngeblog … ah terlalu :(

  • hyorinmaru

    Untungnya saya nggak Pak.
    So far sih… :lol:
    *ga tau ntar*

  • Yella Ojrak

    Sebelum ada blog saya sebenarnya sudah ‘nge-blog’: ditulis pada buku tulis tebal trus teman-teman pada baca, dan ninggalin komentar (kadang secara lisan, kadang tulisan).

    Begitu tau di internet saya bisa menulis-dibaca-dikomentari, saya langsung daftar.

    Setelah baca artikel pak Budi, seakan saya diingatkan untuk bertanya, “apakah saya kecanduan nge-blog?’

    Jawabnya saya tidak tau. Saya sudah lupa rasanya hidup tanpa blogging.

  • mul14

    Oops.. seperti nya gejalanya udah tampak.. Cari dokter ato terapi nya dimana ya?

  • Jiwa Musik

    saya mah setuju abiz tuh ama tidak boleh ngeblog di jam kerja.

    abiz gimana ya, di kantor kerjaan dah kebanyakan ngimil, ngomong kalo ga miting jadi males ikutan milis.
    Orang2 yg kecanduan blog mungkin salah satunya gara2 kurang dpt apresiasi waktu ngomong, ato mungkin juga kurang tukar pikiran spt miting, diskusi, dsb di lingkungan kerjanya

  • konsultasi kesehatan

    klo kecanduan candu aku tahu obatnya…klo blog belum tahu..lho wong aku aja kecanduan juga…

  • Prabu Pandu Asakura┬«

    Masalahnya, beberapa blogger baru tersebut melakukan plagiat di blog mereka. Penyakit yang menurun dari milis ke blog.

  • Arsyad

    saya malah belum sempat cuci muka udah liat posting para seleb blog dulu… kecanduan sih ga juga cuman yaaa sehari paling dikit 5 jam habisisn waktu di muka PC.. weeeehhh :) :)

  • Zulfi

    Mungkin karena sifat blog yang lebih elastis utk jadi wadah diskusi, Pak..

  • apiqquantum

    yang penting produktif blognya Boss!

  • beranibaca

    hahaha masa’ sih sama segitunya pak.. kalo saya baru nih main blog…. maklum selama ini gatek…. tapi kaya’nya gpp tuh ketagihan ngeblog asal diimbangi dengan “sosialisasi aktual” sama tetangga deket rumah…..

  • asmara

    karena blog yang bermunculan semakin banyak dan bervariasi, jadi memancing kita untuk terus ber-blog walking.

  • bocahcilik

    “nge blog sebagian dari iman.”

  • Novi

    iya kayanya nich…udah mulai kecanduan juga hi..hi..hi..

  • thegands

    penyakit ini kecanduan ngeblog emang macam kecanduan narkoba pak… tapi lebih baik kecanduan ngeblog dari pada kecanduan narkotika.
    hehehehe…

  • vizon

    benar nih, saya juga mengalami blogaholic… :)

    yg namanya kecanduan, apapun itu, tetap tidak baik.
    yg kita butuhkan adalah keseimbangan,
    so, berusaha untuk tidak terlalu “terjerumus”… :)

  • Koran Saya

    Blogging memang bikin kecanduan. Lumayan sebagai tempat menyuarakan suara hati.

  • adproindonesia

    ati2 yg suka duduk berjam2 didepan PC/LT..kasian tu kursinya mpe keras..:)..
    boleh berjam2 didepan PC/LT tp sering2 jg berdiri bentar,jalan2 liat2 luar ruang trus minum air putih yg banyak..
    mata dan ginjal dijaga ya.. palagi yg masih muda..kalo yg udah >40th kyknya dah ga ngefek ya..:)

  • Bhima

    Aku dapat Hikmah akibat kecanduan blog, Akhir2 ini aku serius banget olah raga tujuannya menurunkan berat badan, semakin giat olah raganya eh semakin berat malah badannya karena nafsu makannya bertambah.

    Setelah ngeblog beberapa hari, kurang tidur, kurang makan eh berat badanku jadi normal.

    i love you, blogger.

  • a3u5z1i

    Habis blogging memang enak sih^^
    Bisa latihan nulis..
    Bisa nyari teman..
    Bisa nambah-nambahin kontak di formulir apapun..

  • erickningrat

    blog membuat saia jadi rajin membaca :mrgreen:

  • masbadar

    asam lambung saya meningkat ketika di hadapan blog..

  • robby

    kecanduan memang sudah melanda saya pak, kyk ada yg kurang jika belum nulis blog nih.
    tapi mdh-2 an tidak menjadi penyakit malah bisa membawa hal yang positif.

    terima kasih

  • batubaranews

    Penyakit kecanduan blog dapat menyebabkan komplikasi dengan beberapa penyakit di antaranya :
    Maag; karena lupa makan,
    ambeien; karena kelamaan duduk

    Bisa juga menyebabkan orang ‘gelap mata’ mendapatkan uang dengan jalan tidak halal untuk bayar tagihan internet.

  • devry

    Kalo saya sudah Internet Addict niee…. hi hi hi :mrgreen:

  • madreamer

    5 Alasan Kenapa Nge-Blog Itu BERBAHAYA:
    1. bikin pantat pegel
    2. bikin mata pusing
    3. bikin lupa ngomong (abiz kebyasaan ngetik^^)
    4. tagihan listrik ngelunjak
    5. tagihan telepon mbludak

    1 Alasan Kenapa Orang Tetep Aja Nge-Blog Padahal Udah Tau Bahayanya Dahsyat Banget:
    1. NGE-BLOG ITU NIKMAT!!!

  • orangawam

    Bapak Menteri M.Nuh
    Beliau menganjurkan seluruh pemuda Indonesia punya blog dan hobi ngeblog.
    Masa sih beliau menjerumuskan kearah yang salah ?
    Justru ini anjuran yang perlu diacungi dua jempol.
    Nge blog. . . . siapa takut ???

  • terjemahantersumpah

    Aku dalam 4 bulan terakhir, malah lebih sering ngeblok, bikin blog, liat blog teman, daripada kerjanya… ada obatnya nggak sih, biar berhenti kecanduan blog..

    http://www.penerjemah-resmi.com

  • fiona

    udah kecanduan hampir setahun ini. seandainya gw ga ketemu wordpress, mungkin gw sekarang lagi duduk manis di depan meja belajar. haha :D

  • Farijs van Java

    hoho.

    memang segala sesuatu yang berlebihan itu tak baik.

    hwehe…

    (^_^)v

  • kodratsatlatuii

    kalo gitu kita yang ada waktu,… kita yang ningkatin?! ;)

  • och4mil4n

    waduh.. kayaknya sayah juga kecanduan inih pak….

    *sigh*

    dulu hanya sekedar chatting, forum, milis, sekarang.. keknya sehari gak blogwalking kyk mau ketinggalan pesawat aja.

  • awan sundiawan

    kalau tidak ngeblog rasanya ibarat tidak minum dalam sehari

  • planetmiring

    Duh, kalo ngeblog sih oke2 aja Pak ikutan. Tapi nge-plurk kayaknya cuma bikin account aja, terus kabur hehehe….
    Soalnya bisa ditegor bos keasikan bikin kronologis demi karma yg tinggi

  • ybandung

    Blog bikin hidup lebih hidup .. horee.

  • Syifa Aulia

    awalnya saya bikin blog cuma buat iseng2 doang. ehh tau2 sekarang jadi maniak banget. tapi gara2 sibuk sekolah aktipitas ngeblog nya jadi terhambat deh :(

  • rivafauziah

    Kita semua sudah Mualai Kena Demam… Demam BLOG..

  • mfajrinet

    Ini baru belajar ngeblog jg nih, mohon saran dan kritiknya ya.. ;)

  • Gyl

    Wah.. yang ngambil gelar magister psikologi bisa nyoba neliti tentang gejala penyakit ini pak. Bisa jadi thesis tuch… :mrgreen:

  • dedy

    bisa jadi saya juga kena penyakit ini, karena saya senang kalau diminta teman bikinin blog dan suka mempromosikan blog saya walaupun belum sempurna pembuatannya. http://sariapel.co.cc

  • ririn

    Kalo gitu ada lagu baru:
    “bangun tidur ku terus ngeblog…tidak lupa mengecek comment…”
    hehehe…

  • Hning

    Kalo dari sisi perusahaan sih, aku setuju penuh. Kadang bahaya juga, alias bisa menurunkan performance di tempat kerja plus menggunakan fasilitas kantor.

    Solusinya, ya keluar dari tempat kerja aja kalo mau jadi Profesional Bloger :) Iya nggak?!

  • Andra

    Blogger musti sering olahraga.

  • adproindonesia

    ..sampe2 ada yg berantem tuh di tetangga sebelah..

    Gara2 Blog ato emang udah tabiatnya ya…..???? :)

  • Yudha P Sunandar

    lho, bukannya bagus pak? berarti konsep web 2.0 berhasil penerapannya di indonesia. ;)

  • ikhwanalim

    ngeblog itu bagian dari manajemen pengetahuan,pak.
    Biar isi kepala kita terdokumentasikan. Syukur-syukur bisa teraplikasikan. Amiin.
    hehehe..

  • yulism

    Wah sepertinya saya juga mulai kecanduan nich…, tapi nga masalah karena saya jadi tambah ilmu, kadang bisa seharian cuman blog walking sampai pekerjaan rumah terbengkalai.

  • Muhammad Saiful Islam

    Saya sudah kecanduan banget tuh oom…
    Setiap ada tugas yang harus dicari di Internet, saya sempatin buka blog sendiri…
    Di SMP malah punya blog jarang. Yang ada, “kamu punya FS?” Kenapa ya oom, kok FS sekarang jadi lambang pergaulan? Bukannya blog lebih interaktif?
    Kemarin baru aja blog saya (www.thegreatsaiful.co.cc) ganti tema. Wah. Jadi lebih “gelap” oom. Kira-kira aman untuk pembaca ya oom?
    Thankyu buat blog oom Rahardjo!

  • YULY

    ngeblog itu bisa buat kita lebih kritis lho

  • Fitri

    aduuuuuuuuuuuuuh yang pada doyan ngeblog….
    inget yah jangan pada sibuk ngeblog mulu tar pacarnya bisa bete loh….

  • dafitawon

    wah musti ati-ati nich ..
    salam kenal
    http://firman.web.id

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.595 pengikut lainnya.

