Pertamax Campur Premium?

Ini pertanyaan soal pertamax yang bahan bakar itu, bukan pertamax yang pertama kali nongol di blog :) he he he.

Bolehkah kita mencampur pertamax dengan premium?

Ceritanya harga bahan bakar naik terus. Harga pertamax naik tidak bilang-bilang. Ya sudah, mau ganti ke premium saja. Nah, masalahnya apakah tanki bensin harus dikuras dulu (habiskan pertamaxnya)? Atau bolehkan saya langsung isi dengan premium saja?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

174 responses to “Pertamax Campur Premium?

  • wanprabu

    y boleh lah pak kan mereka berdua masih saudara…
    klo dicampur pasti bisa akur…..
    hehehe…..

  • chikaradirghsa

    masalahnya kalau dicampur, nilai oktannya jadi berapa?

  • mazirwan

    boleh saja… tapi konon kabarnya hal itu akan menganggu kinerja mesin pak, CMIIW

  • akaldanhati

    boleh aja pak.. gpp lah dijamin… :)

  • aRuL

    Pak kan ada kampanye dari pertamina kalo mobil mewah menggunakan pertamax :D hehhee

  • hakimtea

    meski sodara tp kan berbeda… untuk hasil maksimal kayaknya (sih kayaknya) mesti dikuras dulu pak… tp ini kasusnya beda ya…. dari tingkat tinggi ke rendah… jadi kayaknya (kayaknya lagi nih) ga perlu dikuras segala pak… (tp kalo ada apa-apa ya ga tanggung jawab) :mrgreen:

  • mulyanto

    campur saja pak ga usah menguras dulu. Justru dulu waktu petramax belum naik harganya setinggi sekarang, saya suka nambahin pertamax ke tangki berisi premium. Maksudnya buat nambahin oktan saja. Sekarang sih ga pernah pake campuran pertamax lagi, mahal euy.

  • eastjafunk

    saya juga sering kok campurin keduanya.. tapi gak begitu tahu sih efeknya apa… entah cuma sugesti saya ato gimana, tapi yang pasti waktu pake pertamax, mesin saya terasa enak… tapi waktu saya campur premium, jadi berasa biasa kayak biasanya.. hehe aneh…:)

  • creativesimo

    Tergantung mobilnya, Pak. Kalo mobilnya mewah, campurannya pasti ga akur. Pertamax bilang: kamu kok nyelonong sih, ini kan bukan maqom lo, ini tempat gue.
    Kalo mobilnya setengah mewah, Pertamax bilang: ya, bolehlah lo numpang ni rumah gue, asal jangan banyak-banyak, ntar ni mesin rusak.
    Kalo mobilnya biasa-biasa aja, Pertamax bilang: aku ga mau serumah dua cinta. Aku mau kabur dulu, daaagh…:-)

  • pakansi

    kayaknya boleh pak, soalnya saya dulu sering nyampur, katanya sih biar tarikannya kuenceng pak

  • RuleZ

    ada temen saya pake gitu dicampur2..

    walhasil motornya mogok sebulan….

    kasian

  • aha

    i coba di motor yang jelek dulu…apa motor temen gitu buat kelinci percobaan..he2

  • Tamimi

    ga masalah….langsung isiin premium aja..ga perlu dikuras…cuman kl mau downgrade ke premium musti ada penyesuaian di timing pengapian..kl nggak bakal memble tuh mobil…

  • Anis

    Katanya sih boleh, Pak. Tapi ada perbandingan maksimalnya, berapa bagian pertamax dan berapa bagian premium.
    Atau ada juga cara lain. Pake premium tapi dikasih campuran yang buat ninggiin oktan itu.
    Itu saran dari temen saya. Tapi kalo saya sendiri sih belum berani nyoba, masih tetep pake pertamax meskipun selalu nggerundel tiap kali harganya naik (kalo gak salah tiap 2 minggu harganya berubah ya?). Secara saya ini gak tau mesin. Takutnya kalo nyoba2 gitu, lalu mobil saya mogok, kan repot. :-)

  • pramudyaputrautama

    Pertamax + premium = bisa deh
    Pertamax + solar = mobil turun mesin

  • arv

    kyaknya gpp, malahan yg dipinggir jalan premium+solar/minah

  • jackstar harry

    Katanya montir langgananku sih, percampuran Pertamax + Premium dengan takaran tertentu bisa membuat “anunya” retak. Nah, saya lupa apa itu yang disebut “anunya”.

    Jadi, yang paling aman, habiskan dulu Premiumnya. Pake jalan-jalan, Pak. Bolehlah, ajak-ajak saya buat jalan-jalan.

    Nah, begitu hampir habis-bis, mampir ke POM bensin. Kalo, bisa, begitu tepat di depan alat isi bensinya mobilnya mati karena keabisan bensin. Jangan pas di depan POM atau di jalan raya, karena ntar harus dorong-dorong.

    Begitu, Pak.

  • apiqquantum

    no problem pertamax dan premium.

  • Bhayu Senoaji

    Pernah saya baca di salah satu koran otomotif nasional tentang pengaruh penggunaan jenis bensin pada motor honda vario, berikut ringkasannya:

    1. Premium : Enak dan irit di tarikan rendah tapi boros di tarikan tinggi.
    2.Pertamax : Enak dan irit di tarikan tinggi tapi boros di tarikan rendah.
    3.Campuran 50:50 : Nyaman di semua tarikan dan jadi lebih irit tentunya secara keseluruhan.

    Itulah yang saya baca, tapi selanjutnya terserah anda.

  • nenyok

    Salam
    Ga ngerti sayah mah soal begini :)

  • Rindu

    Tanya mas Zaki aja mas, dia tahu banget soal yang beginian …

  • konsultasi kesehatan

    aku kerja di Rs pertamina Balikpapan…tapi belum bisa kasih saran Pak…..

    salam kenal n sehat selalu

  • parmis

    mending ngan di kuras dulu pak jupiter mx saya juga ada jatah petramak tiap lima bulan sekali gak apa2 da

  • Bhima

    Pengalaman saya, langsung saya campur aja, Mas Lha wong kadang mau beli premium ngantrinya panjang banget.. langsung deh mampir di depot pertamax…..

    Lucunya kadang ditegor penjagannya ” Mas, klo bensin di sana, ini pertamax…xixixix, pikir dia tampang gw kek orang yang biasa make bensin oplosan yaa :)

  • nana

    turut ngedoain aja semoga ga mogok ^^

  • kabariyanto

    Campur aja pak. Saya aja suka nyampur premium dengan pertamax. Ga ngaruh tuh pa.

  • roisz

    campur saja dulu
    tapi ketika bahan bakar yang pertamax-nya sudah benar-benar sedikit.
    jadi nilai oktan bahan bakarnya tidak jomplang, dari pertamax ke premium, yang bikin mesinnya kaget.

    dulu, pengalaman saya, kalau mau ganti bahan bakar, nunggu bahan bakar yang satu udah nyarissss habis dulu pak.

  • ahwardhana

    pertamax mahal….

  • ahwardhana

    pertamax mahal…
    klo ga salah bisa deh campur…

  • Frozen X

    Dari dulu mobil saya pake pertamax walaupun bisa pake premium.

    Dan kalo lagi keluar kota yang susah cari pertamax(plus), saya sering isi pake premium walaupun pertamax nya belum abis. Dan sampe sekarang ga’ pernah terjadi yang aneh ama mesin tuh pak.

    Oh iya, sebagai tambahan info saya pake Honda Jazz punya orang tua pastinya.

  • moses

    boleh aja pak. Saya dulu pernah minjem motor, terus saya isi pake premium, eh ternyata katanya temen saya motor dia itu seharusnya make pertamax. Tapi udah terlanjur diisi, dan ternyata gak ada masalah kog. Tapi gak tau yah klo sering2, hehehe :D

  • planetmiring

    Mang kalo nyampur di pom bensinnya boleh ya? kirain bakal dimarahin sama tukangnya hehehe

  • achoey sang khilaf

    salam silaturahim Pak
    meski tak kunjung terbalaskan dari dulu :D

  • Andhi Kusdrianto

    Denger2 Pertamax mau turun harga Agustus nanti Pak. Jadi ndak usah dicampur-campur.

  • katroboy

    Belom pernah nyoba Pak De… :-P kalau udah, kasih tau ya.. hehehe…

  • ariefbenua

    Campur aja Pak De…mesinnya nda protes juga…

  • stenlymandagi

    ,.kayaknya sih ga’ apa2.

  • Kurniawan

    Monggo…

    Yang gak boleh, premium campur minyak tanah… hehehe… [tapi banyak yang melakukan dengan sengaja. Siapa lagi kalo bukan tukang eceran pinggir jalan]

  • syahrizalpulungan

    di tempat saya belum ada pertamax nih…

  • ketjaQ

    La yo dicampur ga papa oom wong smua namanya bensin. Bensin dicampur olie ae ga papa kok..tapi klo mo jozz, coba si Oom campur premeium + pertamax n trus tangkinya dikencingi. Dijamin tarikan mobil bisa njengat2 hehe…

  • hawe69

    Pak, ini bukan promosi lho, tapi kalau mau solusi, bisa dateng ke warung saya, di Pasar Mobil Kemayoran Blok B-09 Tahap 2. I-speed Motorsport ph.65867636, cari aja Norbert.
    Kita bisa bantu pasang alat untuk mobil2 yang kudu pake pertamax jadi premiun saja.. dan ini tanpa bonus kerak (seperti kalau pakai
    booster pil). Ada juga untuk bikin pembakaran bensin maksimal
    dengan laju lari kendaraan, jadi lebih irit. Dateng aja Pak.. alat-alat
    nya asli, bukan yang made in china kok. Mobil pribadi saya sudah jadi ‘test-car’ nya.

  • kuras

    Jangan Pak,
    mestinya Bpk kuras dulu itu pertamax ke tangki motor saya, baru diisi premium.

  • mo_cab™

    kl mobil saya sih ok2 aja, mau campur2…
    kyknya gak perlu seting2 pengapian laghi deh, kan semua udah di atur ma ECU…tauk deh

    skrg sih premium campur obat doank

    l

  • ryan_pku

    Gabung ya….
    menurut yang saya alami, kendaraan yang bahan bakarnya bensin itu bisa saja di isi dengan pertamax tapi tidak bisa di campur secara keseluruhan, bisa merusak mesin, karena bensin yang kita gunakan sehari2 sudah mengandung air dan timbal. sangat tidak di anjurkan….
    tips saya : bila BBM bensin sudah menunjukan garis “E” silahkan anda isi dengan bahan bakar pertamax 150rb, kurang lebih 16 liter.. pergunakan pertamax itu cukup 1 x dalam sebulan, agar kondisi pembakaran dalam kendaraan anda stabil. solusi yang lain, saya tetap menggunakan BBM bensin dengan syarat per bandingan 20 liter untuk 1 kapsul GRAZY OCTANE, saya jamin terikan mobil dan pembakaran hampir sama dengan menggunakan BBM pertamax, dengan modal HANYA Rp 60.000 ini bukan Promosi, tapi ini nyata

  • mertanus

    Tidak ada masalah sama sekali karena premium sekarang ini sudah tanpa timbal. Apabila ukuran pipa pengisi bensinnya kecil berarti sudah tanpa timbal. Rata-rata sudah tanpa timbal semua premium Pertamina, hanya mungkin di beberapa daerah yang belum.

    Hanya saja apabila menggunakan premium maka performa mesin pasti menurun, apalagi kalau memang mobil Bapak direkomendasikan menggunakan bahan bakar beroktan minimal 92. Prinsipnya selama tidak ada ngelitik atau knocking ya tidak masalah. kalau ada ngelitik, mungkin perlu octane booster.

    Saran saya coba gunakan octane booster STP, hitungannya tetap lebih ekonomis Pak.

  • m.awangga

    bisa dibeli/diperoleh dimana Grazy octane itu ? atau boleh minta alamat Ryan_pku.Terima Kasih…..atau mohon informasi yang lain tentang solusi / menyiasati irit BBM dengan alat atau campuran (baik bentuk cairan atau kapsul). Pernah saya lihat di media televisi (entah Trans TV atau Trans 7) ada bengkel di jawa tengah yang bisa membuat alat yang dapat dipasang untuk mengirit BBM sampai 60 – 70 % apa ada yang tahu ??

  • tyo_spookys89@yahoo.co.id

    klo buat motoR gmana???

    campuRanya brapa2…..

    harus d kuraz dLu apa gmana???

    aq pke v_ixion…

    bguz nya gmana??

    pngen cBa perTamax necH…

    “_^

  • Giest

    saya biasa campur-campur aja tuh pertamax dan premium. Motor saya sudah 4 tahun dan aman-aman saja.

  • kramsz

    Eh nanya dong,,klo ngelitik itu gimana cara ngerasainnya???? Terutama yg pake motor,,,soalnya saya udh pake pertamax,,pdhl dulu pake premium,tp sampe skrg ga terlalu ngerasa perbedaannya,kaya sama2 aja,apalagi ngelitik saya ga ngerti tuh cara merasakannya???Ada yg bs jelaskan??

  • Muhammad Khairulah

    kemarin kejadian yang paling sial,pas masuk SBPU buka jok trus ada petugas yang langsung menanyakan berapa,ya saya bilang aja goceng,trus dia langsung masukkan tu selang,eh ternyata itu adalah pertamax,al hasil saya pasrah…tapi ya lumayan lah tarikkannya sedikit kencang dan juga lebih irit jalan > 60Kmh

  • pendekar

    Campur langsung ga ada masalah.Kalo ada kejadian mogok biasanya bukan lantaran campuran pertmax n premium tapi perawatan mesinnya aja yg ga diperhatiin.

  • agus

    Pertamax & premium kan masih sahabat karib, jadinya nggak masalah kalau dicampur. Oktan campuran jadinya seperti brp nyampur pertamax & premiumnya.

  • Adl_gumpas

    Pingin pake pertamak tp mahal.harganya terpaut 1900/liter.

  • yanto

    JANGAN DICAMPUR2 GAN GA ENAK…

  • shinchan

    w juga bingung bro…bro….
    perbandingannya gmana?
    pa campuran ntu bisa bertambah oktannya…tpi klo di pikir….kyaknya klo di karbu bakalan sama ja kerjanya
    premium dluan loncat bru ptmak deh

    aduh yahama conferensi pers jga dung biar g plin plan smuanya

  • sulistyanto

    kata mesin ini makan enak ditambah makan lebih enak ya jadinya agak gak enak dikit tapi ya masih oke lah untuk membangkitkan tenaga.

  • faisal

    Untuk motor vixion, katanya kalaw pake premium bisa bikin fuel injectornya cepat rusak.Trus saya coba itung2 dengan pemakaian bensin 1 liter perhari selisihnya Rp.2500.trus dikali 365 hari = Rp.912.500..berarti setahun juga masih lebih murah daripada ganti Fuel Injector kan? itu juga kalaw FI nya rusak.. tapi kalaw dah pernah rusak sekali, hitung dulu efisiensinya, kalaw baru 6 bulan dah rusak mending pake pertamax aja kali ya…

    kalau dicampur sih, mending jangan, tapi gak perlu dikuras juga..kira2 tangki udah mau abis aja baru diisinya..pasti berpengaruh terhadap settingan awal..

  • PERTAMAX « CiAnJur BLoG|.:Riva Fauziah:.

    [...] Pertamax Campur Premium? « Padepokan Budi Rahardjo [...]

  • ismoyo87agung

    Kmrn gw br ja dpt info lgsg dr dirut pemasaran wilaya sumbagsel.kl di pertamax mengandung 4x lbh bnyak katalis.katalis fungsinya menyempurnakan pembakaran,dan membersihkan kotoran valve pd mesin.

  • dyto

    Kayaknya ga papa deh mas,,,

    Q juga dah nyoba ko… kecuali “pertamax campur air” dan “premium campur minyak tanah” mesin motor bakal kaya baru terus,,, 1 bulan rusak beli lagi,,, hahahaha

  • Rohma9uruh

    Kalo mobilnya keluaran diatas tahun 1999 mending pke pertamax aja. Soalnya mesinnya udah drancang khusus. Lg an kalo termasuk mampu ngapain sich pke brg subsidi. Biarkan brg bersubsidi dperuntukan bg org2 yg krg mampu saja. Tq

  • cicak macak

    campur ja pak……

    tenaga nya malah bertmbah………

  • bakumpai

    mnurut saya sc gpp, krn sm2 bensin, yg beda plg cm oktan nya aza. Msl premium oktan 88 trz pertamax 92, jd’y 90. He_ ngarang..
    saya balik nanya nc, kn jupiter mx t dr rasio kompresi hrz pke pertamax, tp kta yamaha boleh pke premium krn pengapiannya udh dmajuin/dimundurin(lupa), nah jd apa efeknya klo mx ttp pke pertamax brhubung pengapiannya yg udh dsetting jd premium td?

  • agung priantoro

    Dear all,

    Saya pakai motor keluaran 2001, sudah hampir 10 tahun umurnya, pertama saya sering pakai premium, kemudian saya pindah ke pertamax, hasilnya mesin jadi lancar, dan tarikannya ringan, dan kencang.

    ~ Agung ~

  • dede

    buat RINDU fotonya buaguuus hehehe !!!

  • iwan

    kalau menurut saya ngk masalah…………………..

    yang penting tunggu rest dulu bro

  • tito

    Sekarang sudah ada solusinya….pakai saja Octamax 96.

    Larutan peningkat Octan, dan menjadikan kualitas premium setara dengan nilai octan pertamax Plus yaitu sekitar 96. tidak berbahaya pada mesin,, meningkatkan tenaga dan masih banyak keunggulan lainnya….

    100 % AMAN.

    utk lebih jelasnya silakan liat ke web kami :

    http://octamax-96.blogspot.com/

  • Anto

    Kalo menurut saya… mendingan bapak cari penghasilan tambahan… jadi kendaraannya masih tetep bisa pake pertamak…piss pak…

  • Van Yuhandri

    Salam kenal bos, ane udah sering campur pertamakali ama premium, g masalah kok campur aja. Tapi alangkah bagusnya kalu g di campur biar g berantem di dalam tangki

  • dHidayatuloh

    Nimbrung :

    Pada dasarnya Premium dan Pertamax dg Jenis Bensin lainnya terklasifikasi oleh Nilai Oktannya, yaitu nilai ketahanan bensin terhadap detonasi/knocking pada saat pembakaran.

    Semakin tinggi Nilai Oktan semakin baik menghindari resiko knocking. Makanya byk org yg mengakali spy menaikkan Nilai Oktan bensin, misal Premium dg menambahkan octane booster/anti knock agent berupa zat additif yg sebenarnya adalah timbal (tetra ethyl lead) yg berbahaya bagi kesehatan kita juga merusak komponen seperti katalisator.
    Nilai Oktan u/ premium 88, pertamax 92.

    Wah..kok jd sok teoritis begini y…hehe…bakalan panjang klo diterusin.

    Singkatnya :
    Penentuan konsumsi premium/pertamax disesuaikan dg SPEK ENGINE, terutama perbandingan KOMPRESInya. Mkn tinggi kompresi mkn tinggi pula oktannnya, tp Nilai OKTAN yg TINGGI pada mesin dg Nilai Perbandingan KOMPRESI yg RENDAH = TIDAK AKAN MENGUNTUNGKAN.

    Kesimpulan :
    1. Bila mencampur premium dg pertamax = mengurangi performa mobilnya krn tdk sesuai spek pabrik.
    2. Tetap gunakan pertamax, mahal seh…tp tdk semahal ongkos perbaikan u/ kerusakan masa depan, hehehe.
    3. Pk premium dicampur MTBE/ETBE (methyl/ethyl tertiatybuthyl either), mgkn kyk yg dsbt Mas Tito…, tp bisa bikin ENDAPAN baru ….

  • fais-061-mmcb

    motorQ megy tahun 2004, da byk solusi:
    1. klo pke premium trus,
    a. kekurangan : tarikan kurang, byk kerak, untuk mesin tegak dapat membahayakan lengan piston krn pmbkaran g sempurna, shingga blum waktunya kbakar, udah kobar dluan, hal ini ngakibatkan daya perlawanan saat kompresi blum maksimal,
    b. klebihan : qt jdi sring bersihin top head tiap 20rb km, shingga qt skligus tau klo da yg rusak, mudah dtmukan d smua pom bensin, msin lbih cepat dingin

    2. klo pke pertamax,
    a. kekuarangan : kbalikan d atas
    b. kelebihan : kbalikan d atas]

    3. klo pertamax plus,
    a. kekurangan : kasihan pio dan tigy yg mkin ktinggalan :D
    b. klebihan : jan msin bsa naik perorma skitar 30% dari pertamax

    krn sya ank club, klo turing sya pke bensin : pertamax : pertamax plus skligus dg prbandngan 3:2:1 .. . .hasilnya, motor serasa pke super kips saat putaran tinggi dan serasa new megapro saat putaran rendah

    tq, 085710376842

  • Turbasi

    Gak masalah campur2 premium, pertamax, dan pertamax+, atau shell, basisnya sama aja, pertamax itu adalah premium yg di+ aditif, kalo pertamax+ aditifnya banyakan. Premium oktannya 88, pertamax 92, pertamax+ 96. jadi kali 1 liter premium campur 1 liter pertamax maka oktannya jadi 90, 1 liter premium dicampur 1 liter pertamax+ oktannya jadi 92. Jadi kalo mau hemat setara pertamax, belilah 1 liter premium dicampur 1 liter pertamax+ didapat bahan bakar yang sama kualitasnya dengan 2 liter premium.

  • Ryan

    gpp… motor w aja pake bahan bakar pertamax campur premium..
    kn bedanya premium sama pertamax kan cuma bilangan oktannya doang,,, asal kan nilai oktannya jangan kurang dari premium, kya premium campur minyak tanah, itu jika di campur pasti nilai oktannya makin dikit …

  • andi

    betul tuh komentar RYAN,,,
    w setuju

  • Embong

    Pak kalau pakai Pertamax memang tarikannya mantap sekali tapi kalau dicampur tarikan jadi setengah hati. heheheee

  • Goda-Gado

    setuju dengan RYAN
    malah dulu sering premium dicampur dengan Kapur Barus.. :D

  • Zikey

    pertamax campur premium?? ya sah-sah aja koq,, slama motornya bisa jalan,, gitu aja koq repot,,
    tapi kalo pertamax campur cendol gimana ya,,??

  • Toko Bunga Surabaya

    Ngomongin BBM susah sekali.. sekarang saja mau di batasi pemakainnya untuk Plt hitam..apa perlu semua diganti Plat Kuning…

  • KUSEN MARGANA

    premium campur pertamax utk kendaraan non-ECU gak masalah berapapun perbandingannya. Sy sudah lama mencampur utk menaikan oktan pada kijang kapsul keluaran awal (1997). Tenaganya terasa lebih kuat bila dibandingkan bila pakai premium doang. Utk kendaraan modern (ygn sudah pakai ECU) mencampur BBM menuntut setingan ulang ECU krn ECU akan menganalisa dan menentukan perbandingan campuran BBM dgn udara agar mesin tidak ngadat.

  • Toko Bunga Madiun

    Kalau di Indonesia ada berita BBM Subsidi tidak bisa di pakai mobil yang plat hitam..saya ada solusi sebelum masuk SBPU plat kita ganti yang kuning..masuk apa gak?

  • devry

    Nggak cari alternatif lain, Pak?

    Modif mobil dengan bahan bakar Gas (LPG) misalnya ;)

  • berbagi ilmu (hazmi)

    ehm. . . Pke sepeda aja deh.
    Lw mw cmpur jg gx knpa2. Jika mesinnya pertamax. Mka lbh baik prtamax yg lbh bnyak tp jika mesinnya premium. Ya premium lbh dominan.

  • harsam

    nga usah di campur2 dengan pertamax ntar tambah perah penyakitnya…

  • Hendri

    Jangan dicampur pak.
    Bisa berakibat rusak mesin.

  • dHidayatuloh

    Kalo bilang sah atau tidak sah..ya sah2 sj…
    Tenaga boleh nambah, tp jgn spelekan akibat buruk jangka panjang…nilai oktan yg dipunya masing2 bensin Premium, Pertamax dll ngaruh bgt thdp pembakaran…kaitannya ma perbandingan kompresi…Silahkan buktikan di laboratorium…kalo perhitungan Thermodinamika nya sudah sy buktikan pula…
    Jadi cermat itu tidak rugi…

  • easyyanz

    klo kata spek pabrik harus pake pertamax ya ga usah dcampur premium

  • wahyu

    mendingan jangan di campur2,kasian mesin,yang seharus tiap hari harus makan daging,eh malah di kasih ikan asin.yang ada gatal2 nantinya.hahahahahahaa

  • Geno

    klo saya tanya2 di bengkel mobil langganan sih harus liat basis mobilnya dulu. klo mobil yg memang dari pabriknya harus pertamax, sebaiknya jangan di campur premium, semnatara klo basis nya premium..ada baiknya sekitar sebulan sekali di campur pertamax agar ‘bersih’

    nah untuk mobil basis premium pindah ke pertamax, di pengapian nya harus ada yg dirubah.

    dan kata montir sih, level oktan pertamax pertamina = level oktan dari premium nya shell ato petronas, jadi klo pun pertamax pertamina manjat terus… mungkin bisa beralih ke produk sebelah hehehehe.. CMIIW

  • Hafid Junaidi

    Semoga aja boleh, kan cuma beda oktan, dan nanti nilainya “membaik”

  • indowaras

    @Bunda
    Jujur saya lebih suka pakai pertamax dsri premium. Soalnya pas bongkar mesin motor beberapa bulan yg lalu karena sebelumnya pakai premium karbon hasil pemabakaran di msein motor pekat bener :(

  • daniel

    bisa langsung campur.
    hasil angka oktan sesuai perbandingan isi(literny)

  • Muhammad M.U.

    dicampur tidak apa-apa. saya kadang-kadang pakai campuran premium-pertamax dimotor saya. tapi saya paling suka pake pertamax, karena lebih bersih. mesin motor lebih bersih, kantong juga lebih cepat bersih.

  • ded

    saya sudah 10 tahun lebih pake pertamax (dulu premix) campur premium gak masalah. klo mesin rusak yang memang lagi rusak aja.

  • Jefri jacob

    kalo premium ke pertamax boleh-boleh aja….kalo pertamax ke premium sama aja turun kelas dong….sebaiknya ga usah deh… pengalaman motor saya dulu pake premium sekarang ke pertamax tarikan jadi lebih oke…tapi kalo pertama kali pake harus setting 50 :50…biar mesin ga kaget (itu kata tukang bensin nya pak)

  • agastha

    motor saya sempet ngadat, padahal br 2 bln ngambil dari dealer. saya tanya temen2 saya katanya motornya jg pernah ngadat gara2 wktu pertama pake lngsung di isi pertamax, brhubung pertamax naik terus dy lngsung beralih ke premium. nah pas peralihan inilah motornya ngadat.
    bgtu jg dg saya, pertama keluar dari dealer langsung saya isi pertamax, nah berhubung harga pertamax naik, lama2 ga kuat ngasi makan nih motor, beralihlah ke bensin, eh ga taunya pada saat mw betot gas, mesinnya mbrebet, malah sempet mati ga bisa hidup.

  • kumpulan cerita dewasa

    judulnya lucu neh mas, ternyata bukan pertamax itu yah… heheheh

  • rumah dijual

    Kalo menurut saya sih bisa-bisa saja.Tapi lihat dulu mobilnya seperti apa keadaannya.

  • instafxschool

    Pengennya sih pake pertamax aja,tapi kalo sudah naik harganya.Yaampun ga ketolongan ya.

  • rumah dijual

    Lagi sih pertamax harganya selalu berubah-ubah.

  • akang ardan

    sya blm brani gnti2 mas.. :)

    utk amanny ttp pke pertamax trs, wlpun hrga melambung.. hehehe..

  • Yandi PBC BORNEO

    Yg Penting Belinya DiPom Jngan dijalan,Takutnya Ga bersih, Mau Premium atau pertamax sama aja… Asal Service Motornya Djaga, dijamin Ga Ada masalah…

  • negeribocah

    yang meragukan lebih baik ditinggalkan

  • daverio

    boleh aja tp klo dah pake pertamax jangan balik lagi ke premium

  • surabaya rental mobil

    wah saya nda tau ya apa akibatnya,,ga pernah nyoba tuh…

  • coekma

    asal jangan diganti solar ajah…. hehehe…. boleh kok dicampur antara premium dan pertamax……

  • raka sencaki

    GA APA… MOBILKU SELALU CAMPUR PREMIUMNYA 65% PERTAMAX NYA SISANYA… AMAN DAN TERUSSSSS MAKNYOS… MOBILKU PERLU OKTAN SEKITAR 95… JADI OKEH OKEH AJA DI CAMPUR..
    KALAU MAU NGIRIT LAGIBISA SEBENARNYA … BENSINNYA CAMPUR… CAMPUR DORONG …. DIJAMIN… CAPEK

  • Cysers Siantar

    Jelas pasti “BOLEH”
    Motor saya aja selalu saya isi Premium campur Pertamax.
    Malah kata Showroom, itu semakin meningkatkan kinerja Mesin, alias makin ngejreng, narik terus.
    Jdi gk usah takut klo mau campur Premium dengan Pertamax..!!

  • Travel Haji

    sorry nich no comment,soalnya ga ngerti dunia perminyakan

  • Bandung Hotels

    Sori melenceng dari prtanyaannya Mas.
    Sy cuman mau mengemukakan bhw pembelian BBM sesuai harga pasar (pertamax) telah salah presepsi seolah-olah orang yg punya mobil mewah mngambil hak dari orang-orang yg layak subsidi.
    Air mineral di arab rp 4000/l, kl ngikutin pasar bisa jadi rp 20.000, nah jadi murah (ada subsidi) berarti pmerintah dan DPRnya bekerja , mngatur anggaran sdemikian shg bisa harganya terjangkau rakyat dan lebih penting disesuaikan kemampuan rakyat ‘kebanyakan’.
    Kl kita terus ngikutin harga pasar mengikuti ekonomi pasar dunia apa itu namanya hayo…neo…he..he..

    Tresna

  • marketivaus

    campuran keduanya malah menjadi bagus,

  • khun

    Apa gak pengaruh premium sering d campur dg pertamax.? Soalx d daerah sy premiumx sering habis d pom bensin jd trpaksa ngisi pertamax tp klo premiumx sdh ªϑª sy ngisi premium lg..mhon infonya..tkasih

  • jimmy

    klo mnrt aku c jgn lahhh…
    pengalaman aku dlo msh pake motor RX-K cuy..
    awal’y pake premiun,trus beralih ke Partamax..
    ehhh…berasa mampet gt tarikan’y..
    jdi keputusan akhir,ya aku pake Premiun..
    al’y pengecer Partamax blum da tuh,jdi cari aman aja..

  • anipe boemenz

    menurut saya gak masalah..saya pake vixion dah 4 th pake pertamax 3 ltr: premium 1 ltr.ga papa tuh.mesin msh enak. .prtamax 30rb:premium 5rb.tmn saya vixion baru 3 th pake premium murni dah kaya grobak tuh motor’…

  • blog.mujab.net

    yang nanya tahun 2009 ko ampe 2011 masih aja ada yang comment jawaban?

    Mobil/motor nya si penanya aja mungkin malah udah di jual atau malah udah rusak??? Wkwkwkwkwkwkwk…

  • bonek kalem

    Campurnya pas malam. Apalagi kalau udara dingin. Jangan lupa pagi-pagi sebelum subuh mandi junub.

  • stuka

    ya ga papah lah di campur juga…. yang masalah mobil ente kaga pernah di servis baru tuh nantinya bisa masalah….!

  • kangmun

    keputusannya gmn tu?aku jg sdang cr info pertamax campur premium.
    Tp katanya tanki yg ganti2 pertamax premium bs mudah keropos.
    Ada jg yg bilang pertamax harus motor ber cc150keatas wlu aslinya bbm nya premium.
    Info lg pertamax dan premium sm sj dr minyak bumi hny sj pertamax ada penambahan aditif membuat krj mesin jd maksimal.sdangkan premium mesin msh sistem pembakaran.
    Ada lg info pertamax lebih panas dan tdk cocok untk mesin dibawah 150cc krn cpt merusak pengapian motor cdi,busi dll.kecuali yg memang dr pabriknya sdh bbm pertamax.jg pertamax tdk cocok untk motor dibwh th1999.pertamax ada ditahun 1999 karna motor skarang maju tehnologinya.

    Klu untk motor premium jangan perbandinganya 1liter+1,5liter pertamax.begitu jg sebaliknya.pertamax 1ltr+1,5premium ini untk mengingat dan menjaga2setelan motor pertamax sdh beda dng m permium.dan untk efeknya motor permium yg sering pkai pertamax atau campur mesin menjadi ketagihan ini membuat motor brebet dibagian bawah bl pakai permium murni tnp + pertamax lg, Nah ini yg sdang tanyakan pd motor sy dan tetap bagaimana pak om mas mbak ?

  • universitas terbaik blog.umy.ac.id/themyfo

    wah sayang ane kaga pertamax gan –”

    visit me at universitas terbaik –> http://blog.umy.ac.id/themyfo

  • Premtamax

    Saran sy pak, sebaiknya jangan dicampur dan jangan pakai kedua-duanya. klo mau hemat, naik angkot aja…klo mau nyamat naik taksi, klo mau enak naikin bininya. Hwahahahaha…..

  • avi

    kalo vario gimana ya gan,,?

    ane bingung di motornya ada tulisan bensin tanpa timbal..?

    di premium ada timbal apa ada tumbal.?ckckc ^_^

  • muhyasir

    wah postingan lama yg masih eksis hingga sekarang. soal ini, wamen bilang bisa koq, malah dianjurkan. premium oktan 88 campur pertamax oktan 92 dengan volume sama menghasilkan bbm beroktan 90. tapi, wamen nya bisa dipercaya gak?

  • wardah fikriah

    jiahhhhhh……..ga apa ciii

  • Robert

    Pak coba produk kami saja. HIOCTAN. Cukup penambahan 1ml/ liter untuk menjadikan bensin setara pertamax.(-/+ Rp.300/ ml)

    HIOCTAN ini merupakan produk salah satu start-up bisnis dari fakultas SBM (MBA) ITB. Sudah lulus uji lab di Petrolab (www. petrolab.co.id). Sudah banyak dosen dan kolega di ITB yg sudah mencoba dan merasakan manfaatnya (silahkan check testimoninya di: http://www.hioctan.com/testimonial/ ) Sesama satu civitas, bapak saya kasih free sampel untuk satu bulan.Belinya pada saat pembelian kedua saat produk memang benar teruji baik dan bermanfaat saja.

    Salam
    Robert (082120059925)

  • Puyeng

    boleh nyampur, ntar bakal punya anak…

  • gustin

    klo sy pake motor diisi pertamax untuk perjalanan jauh aja, mis. Ponorogo ke solo.. klo pake premium PP habis 4 liter (20rb).. Tp klo pertamax langsung isi aja 25rb bisa di pake PP jadi cm seleisih 5 rb, tp keuntungan lain tenaga naik sekitar 20% lebih kencang & responsif dan irit.. lsgs dicampur saja tdk masalah… klo bicara irit berhubungan jg dgn kondisi yg lain, faktor ban aja jg berpengaruh sedikit kempes jg jd boros, dan juga perhatikan oli nya.. klo bicara irit jg tergantung bgmn perilaku berkendara kit… demikian moga bermanfaat..

  • FAZRI

    WA JADI BINGUNG CAMPUR JANGAN YAH,,,??? HEHEHE

  • Monicai

    Asal premium nya tidak oplosan pak..lol..

    salam kenal.

  • saiful mi'raj

    campur g ppa koq
    perbandinganx 1L:1L
    jk gak salah menurut orang banyak hitungannya,
    premium+pertamax
    octan88+octan92 =180:2=90 octanx, jd octanx d ats premium
    premium+pertamax plus
    octan88+octan95 =183:2=91,5 octanx, jadi octanx hampir pertamax

    smg bermanfaat……!

  • sawarna

    saya juga kadang mencampur BBM pertamax dan premium

  • Jual Sepatu

    Pengalaman saya klo bisa abisin dulu yang premiumnya, baru isi pertamax atau sebaliknya..

  • Pulau Tidung

    Hapus saja subsidinya, biarkan pasar yang menentukan harga. Pemerintah cukup mengawasi.

  • irnalia

    dicoba dlu aja gan hehe

  • lazione budy

    boleh, sangat boleh.
    Kalau beli premium antri panjang saya sesekali isi pertamax tanpa hitung berapa persen-an segala. Yang isian pertamax habis ya tinggal isi premium sebagai keseharian.

  • kapsul pintar

    Pernah nonton di TV swasta kalau gak salah satu dosen dari IPB deh menjelaskan kalau mencampur pertamax dengan premium otomatis nilai oktan akan naik walaupun tidak besar

  • endi

    Boleh-boleh saja, banyak yang menyarankan untuk campur kalo ingin memiliki oktan yang tinggi tapi kantong pas2an :)

  • Pulau Tidung

    Ada yang bilang di campur saja, agar lajunya lebih kencang..

  • manusiaz

    kaayaknya boleh2 aja sih :p tapi yaa harus nanggung resikonya :D.. kayak mesinnya mogok .-. terus mesinnya hilang (?) #apahubungannya .-.

  • ponco

    kalau saran ane klo bro punya duit banyak trs ga mengganggu biaya hidup sehari hari pake pertamax. klo lagi tongpes ya pake premium :D tapi klo NJMX ane pake pertamax trs bro dari turun dari dealer karena ane 2 bulan sekali 2 minggu aja pake tu NJMX pas cuti. coz tempat kerja ane jauh d tengah hutan bro jd 2 bulan sekali bru cuti n nunggangi tu NJMX :D

  • rak sepatu

    sebenarnya masalahnya hanya di catalitic converter di mobil2 baru. Jadi itu dilepas saja, sehingga asap hasil pembakaran tidak terhalang.
    Jadi mau pakai premium tidak masalah. Paling hanya menambah kerak di bagian ruang bakar, hal itu bisa diatasi dengan pembersih ruang bakar dengan penambahan zat aditif pada premium. over all tetap lbh murah dibandingkan pertamax

  • Setan Jepara

    buat agan agan tang katanta premium kok di campur prtamax motor jadi mogok berari vaktor wajah gak mendukung…..:p

  • Indra Kurniawansyah

    Kalau saya sih belum pernah pakai pertamax, heee

  • ladyfem

    Kalau pengalaman saya sih, kuras dulu soalnya takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

  • foredi gel

    Saya ngga berani asal campur, soalnya takut kendaraannya bermasalah

  • blog pasutri

    Campur aja gan, resiko tanggung masing-masing, kabuur!!!

  • HennyAeng

    Temen saya setia dengan pertamax+, nabrak konteiner rusak jg.hehe *Peace. Yang berkualitas pasti mahal, sesuai kan dengan kantong sodara saja. yang penting berkendara lah dengan baik. Pulang pergi selamat sampai tujuan :D

  • panjiCero

    pertamax lebih irit daripada premium, krn nilai octannya lebih tinggi sehingga pembakarannya tidak secepat premium yang memiliki nilai octan lebih rendah

  • John Might

    Boleh pak ga masalah, saya punya bengkel motor dan saya selalu menyarankan kepada pelanggan saya untuk pakai pertamax, dicampur pada saat pertama pengisian juga tidak jadi masalah.

  • setyawandewantara

    mobil murah, agya, ayla harus pakai pertamax juga? kalau pakai bensin premium campur pertamax bisa tidak yup? agar lebih irit biaya operasional maksudnya.

  • Amin

    Dicampurkan aja nggak masalah Pak. Kualitasnya jadi tengah2 antara premium dengan pertamax…(sudah jelas :D)

  • contoh surat

    kalo saya biasa pakai premium Pak, jadi belum pernah mencampurnya, kalo habis ya beli bensin lagi hehehe

  • Eki Akhwan

    Pengalaman saya engga apa-apa tuh, Pak. :)

  • farid kamal ansori

    asal jangan dicampur sama solar aja :D
    blogwalking,
    lirikmagz.blogspot.com

  • masbrowww

    kalau dicampur harusnya dikasi nama baru, Pertaben

  • Tatang Tox

    Kayanya mendingan jangan dicampur2 deh, Pak. takut berpengaruh ke kinerja mesin…

  • INSPIRE Consulting

    Kalau untuk motor, biasanya saya malah sengaja mencampur pertamax dan premium

  • Creative Artwork

    beda oktan bukan bikin mesin ringsek ya ? hhee. cmiiw

  • Oto2.CF

    lebih baiknya untuk mengosongkan isi tangki bahan bakar terlebih dahulu agar di dapatkan komposisi campuran yang tepat

  • Tips and Information

    langsung di campur aja ga masalah gan. campuran pertamax dan premium itu lebih bagus dari pada cuma satu jenis aja.

  • Blog web desain

    Kalo menurut ane sih, sah2 saja..
    Tapi nanti sayang donk oktan yg terkandung dalam pertamax yg udah bersih tercampur lg dengan premium yg kotor, bener ngga gan :D

  • sarip hidayat

    pernah coba ,gak ada ngaruhnya,cuma harganya aja yang lebih mahal…

  • Keyword Seo Blog

    Yang jelas akan menjadi bagus untuk mesin apabila di campur atau 3 kali premium satu kali partamax heheheh mak joss mesin

  • Software site

    Kalau udah tinggal dikit aja premiumnya.

  • joko

    kalo dicampur menurut saya gak masalah, yang penting jangan dicampur sama solar aja, apa lagi campur air wkwkwk

  • uji

    Campur saja mas kaga apa2 tuh saya aja sehari-hari suka ngoplos premium + pertamax supaya tidak jebol dompet hehe
    Tapi alhamdulilah tuh gada pengaruh apa2 ko di mesin sehat terus

  • Achmad Sholahuddin

    Gakpapa kok. Yang gakboleh itu pertamaz di campur ama susu. Kayak masa kecil ku dulu

  • Achmad Sholahuddin

    Gakpapa kok. Yang gakboleh itu pertamax di campur ama susu. Kayak masa kecil ku dulu

  • hery

    habis pakai pertamax ganti premium mesin kok cepat panas ea..

  • Bayu Dandy

    sudah biasa itu mas :D
    kunjungan balik ya mas ..
    http://asalsharee.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.697 pengikut lainnya.

