Ini pertanyaan soal pertamax yang bahan bakar itu, bukan pertamax yang pertama kali nongol di blog
he he he.
Bolehkah kita mencampur pertamax dengan premium?
Ceritanya harga bahan bakar naik terus. Harga pertamax naik tidak bilang-bilang. Ya sudah, mau ganti ke premium saja. Nah, masalahnya apakah tanki bensin harus dikuras dulu (habiskan pertamaxnya)? Atau bolehkan saya langsung isi dengan premium saja?

Juli 30th, 2008 at 10:50 am
y boleh lah pak kan mereka berdua masih saudara…
klo dicampur pasti bisa akur…..
hehehe…..
Juli 30th, 2008 at 10:55 am
masalahnya kalau dicampur, nilai oktannya jadi berapa?
Juli 30th, 2008 at 11:00 am
boleh saja… tapi konon kabarnya hal itu akan menganggu kinerja mesin pak, CMIIW
Juli 30th, 2008 at 11:35 am
boleh aja pak.. gpp lah dijamin…
Juli 30th, 2008 at 11:39 am
Pak kan ada kampanye dari pertamina kalo mobil mewah menggunakan pertamax
hehhee
Juli 30th, 2008 at 11:45 am
meski sodara tp kan berbeda… untuk hasil maksimal kayaknya (sih kayaknya) mesti dikuras dulu pak… tp ini kasusnya beda ya…. dari tingkat tinggi ke rendah… jadi kayaknya (kayaknya lagi nih) ga perlu dikuras segala pak… (tp kalo ada apa-apa ya ga tanggung jawab)
Juli 30th, 2008 at 11:50 am
campur saja pak ga usah menguras dulu. Justru dulu waktu petramax belum naik harganya setinggi sekarang, saya suka nambahin pertamax ke tangki berisi premium. Maksudnya buat nambahin oktan saja. Sekarang sih ga pernah pake campuran pertamax lagi, mahal euy.
Juli 30th, 2008 at 12:14 pm
saya juga sering kok campurin keduanya.. tapi gak begitu tahu sih efeknya apa… entah cuma sugesti saya ato gimana, tapi yang pasti waktu pake pertamax, mesin saya terasa enak… tapi waktu saya campur premium, jadi berasa biasa kayak biasanya.. hehe aneh…:)
Juli 30th, 2008 at 12:15 pm
Tergantung mobilnya, Pak. Kalo mobilnya mewah, campurannya pasti ga akur. Pertamax bilang: kamu kok nyelonong sih, ini kan bukan maqom lo, ini tempat gue.
Kalo mobilnya setengah mewah, Pertamax bilang: ya, bolehlah lo numpang ni rumah gue, asal jangan banyak-banyak, ntar ni mesin rusak.
Kalo mobilnya biasa-biasa aja, Pertamax bilang: aku ga mau serumah dua cinta. Aku mau kabur dulu, daaagh…:-)
Juli 30th, 2008 at 12:27 pm
kayaknya boleh pak, soalnya saya dulu sering nyampur, katanya sih biar tarikannya kuenceng pak
Juli 30th, 2008 at 1:23 pm
ada temen saya pake gitu dicampur2..
walhasil motornya mogok sebulan….
kasian
Juli 30th, 2008 at 2:23 pm
i coba di motor yang jelek dulu…apa motor temen gitu buat kelinci percobaan..he2
Juli 30th, 2008 at 2:28 pm
coba diteliti dulu
)
Juli 30th, 2008 at 3:30 pm
ga masalah….langsung isiin premium aja..ga perlu dikuras…cuman kl mau downgrade ke premium musti ada penyesuaian di timing pengapian..kl nggak bakal memble tuh mobil…
Juli 30th, 2008 at 3:40 pm
Katanya sih boleh, Pak. Tapi ada perbandingan maksimalnya, berapa bagian pertamax dan berapa bagian premium.
Atau ada juga cara lain. Pake premium tapi dikasih campuran yang buat ninggiin oktan itu.
Itu saran dari temen saya. Tapi kalo saya sendiri sih belum berani nyoba, masih tetep pake pertamax meskipun selalu nggerundel tiap kali harganya naik (kalo gak salah tiap 2 minggu harganya berubah ya?). Secara saya ini gak tau mesin. Takutnya kalo nyoba2 gitu, lalu mobil saya mogok, kan repot.
Juli 30th, 2008 at 5:29 pm
Pertamax + premium = bisa deh
Pertamax + solar = mobil turun mesin
Juli 30th, 2008 at 5:31 pm
kyaknya gpp, malahan yg dipinggir jalan premium+solar/minah
Juli 30th, 2008 at 5:48 pm
Katanya montir langgananku sih, percampuran Pertamax + Premium dengan takaran tertentu bisa membuat “anunya” retak. Nah, saya lupa apa itu yang disebut “anunya”.
Jadi, yang paling aman, habiskan dulu Premiumnya. Pake jalan-jalan, Pak. Bolehlah, ajak-ajak saya buat jalan-jalan.
Nah, begitu hampir habis-bis, mampir ke POM bensin. Kalo, bisa, begitu tepat di depan alat isi bensinya mobilnya mati karena keabisan bensin. Jangan pas di depan POM atau di jalan raya, karena ntar harus dorong-dorong.
Begitu, Pak.
Juli 30th, 2008 at 7:14 pm
no problem pertamax dan premium.
Juli 30th, 2008 at 7:34 pm
Pernah saya baca di salah satu koran otomotif nasional tentang pengaruh penggunaan jenis bensin pada motor honda vario, berikut ringkasannya:
1. Premium : Enak dan irit di tarikan rendah tapi boros di tarikan tinggi.
2.Pertamax : Enak dan irit di tarikan tinggi tapi boros di tarikan rendah.
3.Campuran 50:50 : Nyaman di semua tarikan dan jadi lebih irit tentunya secara keseluruhan.
Itulah yang saya baca, tapi selanjutnya terserah anda.
Juli 30th, 2008 at 7:53 pm
Salam
Ga ngerti sayah mah soal begini
Juli 30th, 2008 at 11:43 pm
Tanya mas Zaki aja mas, dia tahu banget soal yang beginian …
Juli 31st, 2008 at 3:42 am
aku kerja di Rs pertamina Balikpapan…tapi belum bisa kasih saran Pak…..
salam kenal n sehat selalu
Juli 31st, 2008 at 9:36 am
mending ngan di kuras dulu pak jupiter mx saya juga ada jatah petramak tiap lima bulan sekali gak apa2 da
Juli 31st, 2008 at 10:44 am
Pengalaman saya, langsung saya campur aja, Mas Lha wong kadang mau beli premium ngantrinya panjang banget.. langsung deh mampir di depot pertamax…..
Lucunya kadang ditegor penjagannya ” Mas, klo bensin di sana, ini pertamax…xixixix, pikir dia tampang gw kek orang yang biasa make bensin oplosan yaa
Juli 31st, 2008 at 12:08 pm
turut ngedoain aja semoga ga mogok ^^
Juli 31st, 2008 at 12:47 pm
Campur aja pak. Saya aja suka nyampur premium dengan pertamax. Ga ngaruh tuh pa.
Juli 31st, 2008 at 1:50 pm
campur saja dulu
tapi ketika bahan bakar yang pertamax-nya sudah benar-benar sedikit.
jadi nilai oktan bahan bakarnya tidak jomplang, dari pertamax ke premium, yang bikin mesinnya kaget.
dulu, pengalaman saya, kalau mau ganti bahan bakar, nunggu bahan bakar yang satu udah nyarissss habis dulu pak.
Juli 31st, 2008 at 1:55 pm
pertamax mahal….
Juli 31st, 2008 at 1:56 pm
pertamax mahal…
klo ga salah bisa deh campur…
Juli 31st, 2008 at 2:22 pm
Dari dulu mobil saya pake pertamax walaupun bisa pake premium.
Dan kalo lagi keluar kota yang susah cari pertamax(plus), saya sering isi pake premium walaupun pertamax nya belum abis. Dan sampe sekarang ga’ pernah terjadi yang aneh ama mesin tuh pak.
Oh iya, sebagai tambahan info saya pake Honda Jazz
punya orang tua pastinya.Juli 31st, 2008 at 4:27 pm
boleh aja pak. Saya dulu pernah minjem motor, terus saya isi pake premium, eh ternyata katanya temen saya motor dia itu seharusnya make pertamax. Tapi udah terlanjur diisi, dan ternyata gak ada masalah kog. Tapi gak tau yah klo sering2, hehehe
Juli 31st, 2008 at 4:29 pm
Mang kalo nyampur di pom bensinnya boleh ya? kirain bakal dimarahin sama tukangnya hehehe
Juli 31st, 2008 at 5:38 pm
salam silaturahim Pak
meski tak kunjung terbalaskan dari dulu
Juli 31st, 2008 at 6:05 pm
Denger2 Pertamax mau turun harga Agustus nanti Pak. Jadi ndak usah dicampur-campur.
Juli 31st, 2008 at 7:19 pm
Belom pernah nyoba Pak De…
kalau udah, kasih tau ya.. hehehe…
Juli 31st, 2008 at 7:43 pm
Campur aja Pak De…mesinnya nda protes juga…
Juli 31st, 2008 at 8:40 pm
,.kayaknya sih ga’ apa2.
Juli 31st, 2008 at 9:34 pm
Monggo…
Yang gak boleh, premium campur minyak tanah… hehehe… [tapi banyak yang melakukan dengan sengaja. Siapa lagi kalo bukan tukang eceran pinggir jalan]
Agustus 1st, 2008 at 9:09 am
di tempat saya belum ada pertamax nih…
Agustus 1st, 2008 at 9:13 am
La yo dicampur ga papa oom wong smua namanya bensin. Bensin dicampur olie ae ga papa kok..tapi klo mo jozz, coba si Oom campur premeium + pertamax n trus tangkinya dikencingi. Dijamin tarikan mobil bisa njengat2 hehe…
Agustus 4th, 2008 at 4:09 pm
Pak, ini bukan promosi lho, tapi kalau mau solusi, bisa dateng ke warung saya, di Pasar Mobil Kemayoran Blok B-09 Tahap 2. I-speed Motorsport ph.65867636, cari aja Norbert.
Kita bisa bantu pasang alat untuk mobil2 yang kudu pake pertamax jadi premiun saja.. dan ini tanpa bonus kerak (seperti kalau pakai
booster pil). Ada juga untuk bikin pembakaran bensin maksimal
dengan laju lari kendaraan, jadi lebih irit. Dateng aja Pak.. alat-alat
nya asli, bukan yang made in china kok. Mobil pribadi saya sudah jadi ‘test-car’ nya.
Agustus 5th, 2008 at 12:47 pm
Jangan Pak,
mestinya Bpk kuras dulu itu pertamax ke tangki motor saya, baru diisi premium.
Agustus 5th, 2008 at 9:21 pm
kl mobil saya sih ok2 aja, mau campur2…
kyknya gak perlu seting2 pengapian laghi deh, kan semua udah di atur ma ECU…tauk deh
skrg sih premium campur obat doank
l
Agustus 9th, 2008 at 7:23 pm
Gabung ya….
menurut yang saya alami, kendaraan yang bahan bakarnya bensin itu bisa saja di isi dengan pertamax tapi tidak bisa di campur secara keseluruhan, bisa merusak mesin, karena bensin yang kita gunakan sehari2 sudah mengandung air dan timbal. sangat tidak di anjurkan….
tips saya : bila BBM bensin sudah menunjukan garis “E” silahkan anda isi dengan bahan bakar pertamax 150rb, kurang lebih 16 liter.. pergunakan pertamax itu cukup 1 x dalam sebulan, agar kondisi pembakaran dalam kendaraan anda stabil. solusi yang lain, saya tetap menggunakan BBM bensin dengan syarat per bandingan 20 liter untuk 1 kapsul GRAZY OCTANE, saya jamin terikan mobil dan pembakaran hampir sama dengan menggunakan BBM pertamax, dengan modal HANYA Rp 60.000 ini bukan Promosi, tapi ini nyata
September 7th, 2008 at 2:00 pm
Tidak ada masalah sama sekali karena premium sekarang ini sudah tanpa timbal. Apabila ukuran pipa pengisi bensinnya kecil berarti sudah tanpa timbal. Rata-rata sudah tanpa timbal semua premium Pertamina, hanya mungkin di beberapa daerah yang belum.
Hanya saja apabila menggunakan premium maka performa mesin pasti menurun, apalagi kalau memang mobil Bapak direkomendasikan menggunakan bahan bakar beroktan minimal 92. Prinsipnya selama tidak ada ngelitik atau knocking ya tidak masalah. kalau ada ngelitik, mungkin perlu octane booster.
Saran saya coba gunakan octane booster STP, hitungannya tetap lebih ekonomis Pak.
Oktober 10th, 2008 at 9:54 am
bisa dibeli/diperoleh dimana Grazy octane itu ? atau boleh minta alamat Ryan_pku.Terima Kasih…..atau mohon informasi yang lain tentang solusi / menyiasati irit BBM dengan alat atau campuran (baik bentuk cairan atau kapsul). Pernah saya lihat di media televisi (entah Trans TV atau Trans 7) ada bengkel di jawa tengah yang bisa membuat alat yang dapat dipasang untuk mengirit BBM sampai 60 – 70 % apa ada yang tahu ??
Desember 11th, 2008 at 10:38 pm
klo buat motoR gmana???
campuRanya brapa2…..
harus d kuraz dLu apa gmana???
aq pke v_ixion…
bguz nya gmana??
pngen cBa perTamax necH…
“_^
Desember 25th, 2008 at 5:13 pm
saya biasa campur-campur aja tuh pertamax dan premium. Motor saya sudah 4 tahun dan aman-aman saja.
Januari 22nd, 2009 at 11:49 am
Eh nanya dong,,klo ngelitik itu gimana cara ngerasainnya???? Terutama yg pake motor,,,soalnya saya udh pake pertamax,,pdhl dulu pake premium,tp sampe skrg ga terlalu ngerasa perbedaannya,kaya sama2 aja,apalagi ngelitik saya ga ngerti tuh cara merasakannya???Ada yg bs jelaskan??
Februari 26th, 2009 at 10:06 am
kemarin kejadian yang paling sial,pas masuk SBPU buka jok trus ada petugas yang langsung menanyakan berapa,ya saya bilang aja goceng,trus dia langsung masukkan tu selang,eh ternyata itu adalah pertamax,al hasil saya pasrah…tapi ya lumayan lah tarikkannya sedikit kencang dan juga lebih irit jalan > 60Kmh
Mei 17th, 2009 at 11:17 am
Campur langsung ga ada masalah.Kalo ada kejadian mogok biasanya bukan lantaran campuran pertmax n premium tapi perawatan mesinnya aja yg ga diperhatiin.
Mei 25th, 2009 at 5:36 pm
Pertamax & premium kan masih sahabat karib, jadinya nggak masalah kalau dicampur. Oktan campuran jadinya seperti brp nyampur pertamax & premiumnya.
Juli 27th, 2009 at 6:59 pm
Pingin pake pertamak tp mahal.harganya terpaut 1900/liter.
Agustus 7th, 2009 at 1:25 pm
JANGAN DICAMPUR2 GAN GA ENAK…
Agustus 25th, 2009 at 3:34 pm
w juga bingung bro…bro….
perbandingannya gmana?
pa campuran ntu bisa bertambah oktannya…tpi klo di pikir….kyaknya klo di karbu bakalan sama ja kerjanya
premium dluan loncat bru ptmak deh
aduh yahama conferensi pers jga dung biar g plin plan smuanya
September 8th, 2009 at 1:48 pm
kata mesin ini makan enak ditambah makan lebih enak ya jadinya agak gak enak dikit tapi ya masih oke lah untuk membangkitkan tenaga.
Oktober 16th, 2009 at 2:46 pm
Untuk motor vixion, katanya kalaw pake premium bisa bikin fuel injectornya cepat rusak.Trus saya coba itung2 dengan pemakaian bensin 1 liter perhari selisihnya Rp.2500.trus dikali 365 hari = Rp.912.500..berarti setahun juga masih lebih murah daripada ganti Fuel Injector kan? itu juga kalaw FI nya rusak.. tapi kalaw dah pernah rusak sekali, hitung dulu efisiensinya, kalaw baru 6 bulan dah rusak mending pake pertamax aja kali ya…
kalau dicampur sih, mending jangan, tapi gak perlu dikuras juga..kira2 tangki udah mau abis aja baru diisinya..pasti berpengaruh terhadap settingan awal..
Oktober 25th, 2009 at 1:35 am
[...] Pertamax Campur Premium? « Padepokan Budi Rahardjo [...]
November 1st, 2009 at 5:27 pm
Kmrn gw br ja dpt info lgsg dr dirut pemasaran wilaya sumbagsel.kl di pertamax mengandung 4x lbh bnyak katalis.katalis fungsinya menyempurnakan pembakaran,dan membersihkan kotoran valve pd mesin.
Desember 3rd, 2009 at 5:52 pm
Kayaknya ga papa deh mas,,,
Q juga dah nyoba ko… kecuali “pertamax campur air” dan “premium campur minyak tanah” mesin motor bakal kaya baru terus,,, 1 bulan rusak beli lagi,,, hahahaha
Juni 14th, 2010 at 5:16 pm
Kalo mobilnya keluaran diatas tahun 1999 mending pke pertamax aja. Soalnya mesinnya udah drancang khusus. Lg an kalo termasuk mampu ngapain sich pke brg subsidi. Biarkan brg bersubsidi dperuntukan bg org2 yg krg mampu saja. Tq
Juni 15th, 2010 at 10:52 am
campur ja pak……
tenaga nya malah bertmbah………
Juni 16th, 2010 at 9:05 am
mnurut saya sc gpp, krn sm2 bensin, yg beda plg cm oktan nya aza. Msl premium oktan 88 trz pertamax 92, jd’y 90. He_ ngarang..
saya balik nanya nc, kn jupiter mx t dr rasio kompresi hrz pke pertamax, tp kta yamaha boleh pke premium krn pengapiannya udh dmajuin/dimundurin(lupa), nah jd apa efeknya klo mx ttp pke pertamax brhubung pengapiannya yg udh dsetting jd premium td?
Juli 19th, 2010 at 3:54 pm
Dear all,
Saya pakai motor keluaran 2001, sudah hampir 10 tahun umurnya, pertama saya sering pakai premium, kemudian saya pindah ke pertamax, hasilnya mesin jadi lancar, dan tarikannya ringan, dan kencang.
~ Agung ~
Juli 20th, 2010 at 10:38 am
buat RINDU fotonya buaguuus hehehe !!!
Juli 24th, 2010 at 1:05 pm
kalau menurut saya ngk masalah…………………..
yang penting tunggu rest dulu bro
Juli 27th, 2010 at 10:42 am
Sekarang sudah ada solusinya….pakai saja Octamax 96.
Larutan peningkat Octan, dan menjadikan kualitas premium setara dengan nilai octan pertamax Plus yaitu sekitar 96. tidak berbahaya pada mesin,, meningkatkan tenaga dan masih banyak keunggulan lainnya….
100 % AMAN.
utk lebih jelasnya silakan liat ke web kami :
http://octamax-96.blogspot.com/
Agustus 6th, 2010 at 12:00 pm
Kalo menurut saya… mendingan bapak cari penghasilan tambahan… jadi kendaraannya masih tetep bisa pake pertamak…piss pak…
September 15th, 2010 at 7:52 pm
Salam kenal bos, ane udah sering campur pertamakali ama premium, g masalah kok campur aja. Tapi alangkah bagusnya kalu g di campur biar g berantem di dalam tangki
September 16th, 2010 at 1:13 am
Nimbrung :
Pada dasarnya Premium dan Pertamax dg Jenis Bensin lainnya terklasifikasi oleh Nilai Oktannya, yaitu nilai ketahanan bensin terhadap detonasi/knocking pada saat pembakaran.
Semakin tinggi Nilai Oktan semakin baik menghindari resiko knocking. Makanya byk org yg mengakali spy menaikkan Nilai Oktan bensin, misal Premium dg menambahkan octane booster/anti knock agent berupa zat additif yg sebenarnya adalah timbal (tetra ethyl lead) yg berbahaya bagi kesehatan kita juga merusak komponen seperti katalisator.
Nilai Oktan u/ premium 88, pertamax 92.
Wah..kok jd sok teoritis begini y…hehe…bakalan panjang klo diterusin.
Singkatnya :
Penentuan konsumsi premium/pertamax disesuaikan dg SPEK ENGINE, terutama perbandingan KOMPRESInya. Mkn tinggi kompresi mkn tinggi pula oktannnya, tp Nilai OKTAN yg TINGGI pada mesin dg Nilai Perbandingan KOMPRESI yg RENDAH = TIDAK AKAN MENGUNTUNGKAN.
Kesimpulan :
1. Bila mencampur premium dg pertamax = mengurangi performa mobilnya krn tdk sesuai spek pabrik.
2. Tetap gunakan pertamax, mahal seh…tp tdk semahal ongkos perbaikan u/ kerusakan masa depan, hehehe.
3. Pk premium dicampur MTBE/ETBE (methyl/ethyl tertiatybuthyl either), mgkn kyk yg dsbt Mas Tito…, tp bisa bikin ENDAPAN baru ….
Oktober 19th, 2010 at 11:27 am
motorQ megy tahun 2004, da byk solusi:
1. klo pke premium trus,
a. kekurangan : tarikan kurang, byk kerak, untuk mesin tegak dapat membahayakan lengan piston krn pmbkaran g sempurna, shingga blum waktunya kbakar, udah kobar dluan, hal ini ngakibatkan daya perlawanan saat kompresi blum maksimal,
b. klebihan : qt jdi sring bersihin top head tiap 20rb km, shingga qt skligus tau klo da yg rusak, mudah dtmukan d smua pom bensin, msin lbih cepat dingin
2. klo pke pertamax,
a. kekuarangan : kbalikan d atas
b. kelebihan : kbalikan d atas]
3. klo pertamax plus,
a. kekurangan : kasihan pio dan tigy yg mkin ktinggalan
b. klebihan : jan msin bsa naik perorma skitar 30% dari pertamax
krn sya ank club, klo turing sya pke bensin : pertamax : pertamax plus skligus dg prbandngan 3:2:1 .. . .hasilnya, motor serasa pke super kips saat putaran tinggi dan serasa new megapro saat putaran rendah
tq, 085710376842
November 3rd, 2010 at 9:01 am
Gak masalah campur2 premium, pertamax, dan pertamax+, atau shell, basisnya sama aja, pertamax itu adalah premium yg di+ aditif, kalo pertamax+ aditifnya banyakan. Premium oktannya 88, pertamax 92, pertamax+ 96. jadi kali 1 liter premium campur 1 liter pertamax maka oktannya jadi 90, 1 liter premium dicampur 1 liter pertamax+ oktannya jadi 92. Jadi kalo mau hemat setara pertamax, belilah 1 liter premium dicampur 1 liter pertamax+ didapat bahan bakar yang sama kualitasnya dengan 2 liter premium.
November 14th, 2010 at 11:14 pm
gpp… motor w aja pake bahan bakar pertamax campur premium..
kn bedanya premium sama pertamax kan cuma bilangan oktannya doang,,, asal kan nilai oktannya jangan kurang dari premium, kya premium campur minyak tanah, itu jika di campur pasti nilai oktannya makin dikit …
November 14th, 2010 at 11:18 pm
betul tuh komentar RYAN,,,
w setuju
November 23rd, 2010 at 2:08 pm
Pak kalau pakai Pertamax memang tarikannya mantap sekali tapi kalau dicampur tarikan jadi setengah hati. heheheee
November 23rd, 2010 at 8:26 pm
setuju dengan RYAN
malah dulu sering premium dicampur dengan Kapur Barus..
November 24th, 2010 at 5:40 am
pertamax campur premium?? ya sah-sah aja koq,, slama motornya bisa jalan,, gitu aja koq repot,,
tapi kalo pertamax campur cendol gimana ya,,??
November 30th, 2010 at 1:41 am
Ngomongin BBM susah sekali.. sekarang saja mau di batasi pemakainnya untuk Plt hitam..apa perlu semua diganti Plat Kuning…
Desember 4th, 2010 at 6:34 am
premium campur pertamax utk kendaraan non-ECU gak masalah berapapun perbandingannya. Sy sudah lama mencampur utk menaikan oktan pada kijang kapsul keluaran awal (1997). Tenaganya terasa lebih kuat bila dibandingkan bila pakai premium doang. Utk kendaraan modern (ygn sudah pakai ECU) mencampur BBM menuntut setingan ulang ECU krn ECU akan menganalisa dan menentukan perbandingan campuran BBM dgn udara agar mesin tidak ngadat.
Desember 4th, 2010 at 7:29 pm
Kalau di Indonesia ada berita BBM Subsidi tidak bisa di pakai mobil yang plat hitam..saya ada solusi sebelum masuk SBPU plat kita ganti yang kuning..masuk apa gak?
Desember 5th, 2010 at 3:08 am
Nggak cari alternatif lain, Pak?
Modif mobil dengan bahan bakar Gas (LPG) misalnya
Desember 7th, 2010 at 10:11 am
ehm. . . Pke sepeda aja deh.
Lw mw cmpur jg gx knpa2. Jika mesinnya pertamax. Mka lbh baik prtamax yg lbh bnyak tp jika mesinnya premium. Ya premium lbh dominan.
Desember 14th, 2010 at 11:51 am
nga usah di campur2 dengan pertamax ntar tambah perah penyakitnya…
Desember 14th, 2010 at 2:32 pm
Jangan dicampur pak.
Bisa berakibat rusak mesin.
Desember 14th, 2010 at 5:38 pm
Kalo bilang sah atau tidak sah..ya sah2 sj…
Tenaga boleh nambah, tp jgn spelekan akibat buruk jangka panjang…nilai oktan yg dipunya masing2 bensin Premium, Pertamax dll ngaruh bgt thdp pembakaran…kaitannya ma perbandingan kompresi…Silahkan buktikan di laboratorium…kalo perhitungan Thermodinamika nya sudah sy buktikan pula…
Jadi cermat itu tidak rugi…
Desember 14th, 2010 at 8:38 pm
klo kata spek pabrik harus pake pertamax ya ga usah dcampur premium
Desember 24th, 2010 at 2:29 am
mendingan jangan di campur2,kasian mesin,yang seharus tiap hari harus makan daging,eh malah di kasih ikan asin.yang ada gatal2 nantinya.hahahahahahaa
Januari 2nd, 2011 at 8:29 pm
klo saya tanya2 di bengkel mobil langganan sih harus liat basis mobilnya dulu. klo mobil yg memang dari pabriknya harus pertamax, sebaiknya jangan di campur premium, semnatara klo basis nya premium..ada baiknya sekitar sebulan sekali di campur pertamax agar ‘bersih’
nah untuk mobil basis premium pindah ke pertamax, di pengapian nya harus ada yg dirubah.
dan kata montir sih, level oktan pertamax pertamina = level oktan dari premium nya shell ato petronas, jadi klo pun pertamax pertamina manjat terus… mungkin bisa beralih ke produk sebelah hehehehe.. CMIIW
Januari 3rd, 2011 at 5:42 am
Semoga aja boleh, kan cuma beda oktan, dan nanti nilainya “membaik”
Januari 7th, 2011 at 12:10 pm
@Bunda
Jujur saya lebih suka pakai pertamax dsri premium. Soalnya pas bongkar mesin motor beberapa bulan yg lalu karena sebelumnya pakai premium karbon hasil pemabakaran di msein motor pekat bener
Januari 8th, 2011 at 2:50 pm
bisa langsung campur.
hasil angka oktan sesuai perbandingan isi(literny)
Februari 5th, 2011 at 3:16 pm
dicampur tidak apa-apa. saya kadang-kadang pakai campuran premium-pertamax dimotor saya. tapi saya paling suka pake pertamax, karena lebih bersih. mesin motor lebih bersih, kantong juga lebih cepat bersih.
Februari 17th, 2011 at 4:17 pm
saya sudah 10 tahun lebih pake pertamax (dulu premix) campur premium gak masalah. klo mesin rusak yang memang lagi rusak aja.
Februari 23rd, 2011 at 2:21 pm
kalo premium ke pertamax boleh-boleh aja….kalo pertamax ke premium sama aja turun kelas dong….sebaiknya ga usah deh… pengalaman motor saya dulu pake premium sekarang ke pertamax tarikan jadi lebih oke…tapi kalo pertama kali pake harus setting 50 :50…biar mesin ga kaget (itu kata tukang bensin nya pak)
Maret 10th, 2011 at 12:38 am
motor saya sempet ngadat, padahal br 2 bln ngambil dari dealer. saya tanya temen2 saya katanya motornya jg pernah ngadat gara2 wktu pertama pake lngsung di isi pertamax, brhubung pertamax naik terus dy lngsung beralih ke premium. nah pas peralihan inilah motornya ngadat.
bgtu jg dg saya, pertama keluar dari dealer langsung saya isi pertamax, nah berhubung harga pertamax naik, lama2 ga kuat ngasi makan nih motor, beralihlah ke bensin, eh ga taunya pada saat mw betot gas, mesinnya mbrebet, malah sempet mati ga bisa hidup.
Maret 28th, 2011 at 9:23 pm
y boleh saja pak
April 5th, 2011 at 9:50 am
judulnya lucu neh mas, ternyata bukan pertamax itu yah… heheheh
April 13th, 2011 at 10:38 am
Kalo menurut saya sih bisa-bisa saja.Tapi lihat dulu mobilnya seperti apa keadaannya.
April 13th, 2011 at 10:51 am
Pengennya sih pake pertamax aja,tapi kalo sudah naik harganya.Yaampun ga ketolongan ya.
April 13th, 2011 at 10:57 am
Lagi sih pertamax harganya selalu berubah-ubah.
April 17th, 2011 at 9:09 am
sya blm brani gnti2 mas..
utk amanny ttp pke pertamax trs, wlpun hrga melambung.. hehehe..
Mei 3rd, 2011 at 8:30 am
Yg Penting Belinya DiPom Jngan dijalan,Takutnya Ga bersih, Mau Premium atau pertamax sama aja… Asal Service Motornya Djaga, dijamin Ga Ada masalah…
Mei 21st, 2011 at 1:53 am
yang meragukan lebih baik ditinggalkan
Mei 25th, 2011 at 3:43 pm
boleh aja tp klo dah pake pertamax jangan balik lagi ke premium
Juni 7th, 2011 at 9:52 am
wah saya nda tau ya apa akibatnya,,ga pernah nyoba tuh…
Juni 7th, 2011 at 10:01 am
asal jangan diganti solar ajah…. hehehe…. boleh kok dicampur antara premium dan pertamax……
Juli 5th, 2011 at 11:09 pm
GA APA… MOBILKU SELALU CAMPUR PREMIUMNYA 65% PERTAMAX NYA SISANYA… AMAN DAN TERUSSSSS MAKNYOS… MOBILKU PERLU OKTAN SEKITAR 95… JADI OKEH OKEH AJA DI CAMPUR..
KALAU MAU NGIRIT LAGIBISA SEBENARNYA … BENSINNYA CAMPUR… CAMPUR DORONG …. DIJAMIN… CAPEK
Juli 12th, 2011 at 3:49 pm
Jelas pasti “BOLEH”
Motor saya aja selalu saya isi Premium campur Pertamax.
Malah kata Showroom, itu semakin meningkatkan kinerja Mesin, alias makin ngejreng, narik terus.
Jdi gk usah takut klo mau campur Premium dengan Pertamax..!!
Juli 21st, 2011 at 2:06 pm
sorry nich no comment,soalnya ga ngerti dunia perminyakan
Juli 25th, 2011 at 8:02 pm
BOLEH DONK
Info gratis
@ http://sawawaz-pc.blogspot.com
Juli 26th, 2011 at 5:56 am
Sori melenceng dari prtanyaannya Mas.
Sy cuman mau mengemukakan bhw pembelian BBM sesuai harga pasar (pertamax) telah salah presepsi seolah-olah orang yg punya mobil mewah mngambil hak dari orang-orang yg layak subsidi.
Air mineral di arab rp 4000/l, kl ngikutin pasar bisa jadi rp 20.000, nah jadi murah (ada subsidi) berarti pmerintah dan DPRnya bekerja , mngatur anggaran sdemikian shg bisa harganya terjangkau rakyat dan lebih penting disesuaikan kemampuan rakyat ‘kebanyakan’.
Kl kita terus ngikutin harga pasar mengikuti ekonomi pasar dunia apa itu namanya hayo…neo…he..he..
Tresna
Agustus 30th, 2011 at 12:11 am
campuran keduanya malah menjadi bagus,
September 22nd, 2011 at 8:13 pm
Apa gak pengaruh premium sering d campur dg pertamax.? Soalx d daerah sy premiumx sering habis d pom bensin jd trpaksa ngisi pertamax tp klo premiumx sdh ªϑª sy ngisi premium lg..mhon infonya..tkasih
Oktober 12th, 2011 at 1:40 pm
klo mnrt aku c jgn lahhh…
pengalaman aku dlo msh pake motor RX-K cuy..
awal’y pake premiun,trus beralih ke Partamax..
ehhh…berasa mampet gt tarikan’y..
jdi keputusan akhir,ya aku pake Premiun..
al’y pengecer Partamax blum da tuh,jdi cari aman aja..
Oktober 13th, 2011 at 4:22 am
menurut saya gak masalah..saya pake vixion dah 4 th pake pertamax 3 ltr: premium 1 ltr.ga papa tuh.mesin msh enak. .prtamax 30rb:premium 5rb.tmn saya vixion baru 3 th pake premium murni dah kaya grobak tuh motor’…
Oktober 16th, 2011 at 2:50 am
yang nanya tahun 2009 ko ampe 2011 masih aja ada yang comment jawaban?
Mobil/motor nya si penanya aja mungkin malah udah di jual atau malah udah rusak??? Wkwkwkwkwkwkwk…
November 6th, 2011 at 9:53 am
Campurnya pas malam. Apalagi kalau udara dingin. Jangan lupa pagi-pagi sebelum subuh mandi junub.
Desember 22nd, 2011 at 1:56 pm
ya ga papah lah di campur juga…. yang masalah mobil ente kaga pernah di servis baru tuh nantinya bisa masalah….!
Desember 23rd, 2011 at 1:21 pm
keputusannya gmn tu?aku jg sdang cr info pertamax campur premium.
Tp katanya tanki yg ganti2 pertamax premium bs mudah keropos.
Ada jg yg bilang pertamax harus motor ber cc150keatas wlu aslinya bbm nya premium.
Info lg pertamax dan premium sm sj dr minyak bumi hny sj pertamax ada penambahan aditif membuat krj mesin jd maksimal.sdangkan premium mesin msh sistem pembakaran.
Ada lg info pertamax lebih panas dan tdk cocok untk mesin dibawah 150cc krn cpt merusak pengapian motor cdi,busi dll.kecuali yg memang dr pabriknya sdh bbm pertamax.jg pertamax tdk cocok untk motor dibwh th1999.pertamax ada ditahun 1999 karna motor skarang maju tehnologinya.
Klu untk motor premium jangan perbandinganya 1liter+1,5liter pertamax.begitu jg sebaliknya.pertamax 1ltr+1,5premium ini untk mengingat dan menjaga2setelan motor pertamax sdh beda dng m permium.dan untk efeknya motor permium yg sering pkai pertamax atau campur mesin menjadi ketagihan ini membuat motor brebet dibagian bawah bl pakai permium murni tnp + pertamax lg, Nah ini yg sdang tanyakan pd motor sy dan tetap bagaimana pak om mas mbak ?
Januari 5th, 2012 at 5:52 pm
wah sayang ane kaga pertamax gan –”
visit me at universitas terbaik –> http://blog.umy.ac.id/themyfo
Januari 19th, 2012 at 7:32 am
Saran sy pak, sebaiknya jangan dicampur dan jangan pakai kedua-duanya. klo mau hemat, naik angkot aja…klo mau nyamat naik taksi, klo mau enak naikin bininya. Hwahahahaha…..
Februari 5th, 2012 at 1:57 pm
kalo vario gimana ya gan,,?
ane bingung di motornya ada tulisan bensin tanpa timbal..?
di premium ada timbal apa ada tumbal.?ckckc ^_^
April 11th, 2012 at 6:34 pm
wah postingan lama yg masih eksis hingga sekarang. soal ini, wamen bilang bisa koq, malah dianjurkan. premium oktan 88 campur pertamax oktan 92 dengan volume sama menghasilkan bbm beroktan 90. tapi, wamen nya bisa dipercaya gak?
Mei 23rd, 2012 at 8:13 am
jiahhhhhh……..ga apa ciii
Mei 25th, 2012 at 8:54 pm
Pak coba produk kami saja. HIOCTAN. Cukup penambahan 1ml/ liter untuk menjadikan bensin setara pertamax.(-/+ Rp.300/ ml)
HIOCTAN ini merupakan produk salah satu start-up bisnis dari fakultas SBM (MBA) ITB. Sudah lulus uji lab di Petrolab (www. petrolab.co.id). Sudah banyak dosen dan kolega di ITB yg sudah mencoba dan merasakan manfaatnya (silahkan check testimoninya di: http://www.hioctan.com/testimonial/ ) Sesama satu civitas, bapak saya kasih free sampel untuk satu bulan.Belinya pada saat pembelian kedua saat produk memang benar teruji baik dan bermanfaat saja.
Salam
Robert (082120059925)
Juni 21st, 2012 at 8:56 am
boleh nyampur, ntar bakal punya anak…
Agustus 28th, 2012 at 11:56 am
klo sy pake motor diisi pertamax untuk perjalanan jauh aja, mis. Ponorogo ke solo.. klo pake premium PP habis 4 liter (20rb).. Tp klo pertamax langsung isi aja 25rb bisa di pake PP jadi cm seleisih 5 rb, tp keuntungan lain tenaga naik sekitar 20% lebih kencang & responsif dan irit.. lsgs dicampur saja tdk masalah… klo bicara irit berhubungan jg dgn kondisi yg lain, faktor ban aja jg berpengaruh sedikit kempes jg jd boros, dan juga perhatikan oli nya.. klo bicara irit jg tergantung bgmn perilaku berkendara kit… demikian moga bermanfaat..
November 25th, 2012 at 10:40 am
WA JADI BINGUNG CAMPUR JANGAN YAH,,,??? HEHEHE
Desember 3rd, 2012 at 3:59 am
[...] rahard.wordpress.com [...]
Februari 22nd, 2013 at 1:32 pm
Asal premium nya tidak oplosan pak..lol..
salam kenal.
Februari 28th, 2013 at 10:09 am
campur g ppa koq
perbandinganx 1L:1L
jk gak salah menurut orang banyak hitungannya,
premium+pertamax
octan88+octan92 =180:2=90 octanx, jd octanx d ats premium
premium+pertamax plus
octan88+octan95 =183:2=91,5 octanx, jadi octanx hampir pertamax
smg bermanfaat……!
Maret 4th, 2013 at 3:09 pm
saya juga kadang mencampur BBM pertamax dan premium
Maret 5th, 2013 at 5:58 pm
Pengalaman saya klo bisa abisin dulu yang premiumnya, baru isi pertamax atau sebaliknya..