Konversi Bilangan: Biner, Desimal, Heksadesimal

Saya sedang mengajar kuliah tentang teknologi informasi untuk mahasiswa non-IT (jurusan Farmasi tepatnya). Nah, minggu lalu saya mengajar konversi bilangan dari desimal ke biner dan heksadesimal. Kemarin saya beri quiz dadakan. Ternyata dari seluruh kelas hanya satu orang yang bisa menjawab dengan tepat.

Arrrggghhh… Artinya penjelasan saya sebelumnya tidak dapat dimengerti. Berarti saya ngajarnya kurang baik. Harus diperbaiki!

Sekarang saya mencari cara menjelaskan konversi bilangan yang lebih baik; dalam format teks, gambar, ataupun animasi. Lebih bagus lagi adalah kalau penjelasan ini bisa dibaca sendiri oleh sang mahasiswa di rumahnya (misalnya animasi di komputer). Penjelasan kalau bisa dalam bahasa Inggris (kayaknya malah gampang carinya di Internet ya?) karena kelas saya ini kelas internasional yang isinya mahasiswa Malaysia.

Ada yang punya saran?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

79 responses to “Konversi Bilangan: Biner, Desimal, Heksadesimal

  • Yohanes Nugroho

    Wah kok kayanya menyedihkan ya? dulu seingat saya pelajaran basis bilangan ini diajarkan di SMU.

    Kalo soal video pengajaran, coba di cari2 di teachertube.com pak.

    Misalnya saya menemukan ini untuk konversi basis 10 ke basis 2: http://www.teachertube.com/view_video.php?viewkey=ba87af3c9554d94db657

  • inez

    smangat pak.. pasti bisa. =)
    mungkin bapak kbiasaan ngajar anak2 EL ama IF aja, jadi anggepannya uda ngerti dasar2nya. mesti ngajar dari dasar banget mungkin kalo buat anak farmasi?? coba pahami cara mereka berpikir dan berhitung pak. =)

  • negeri hijau

    tukaran link ya, saya telah tambahkan link blog ini di blog saya

    http://negerihijau.blogspot.com/

  • Iman

    There are only 10 types of people in the world: Those who understand binary, and those who don’t

  • denagus

    SENInya mengajar, sabar.. 3x. Jangan emosi :)

    Mungkin baginya ilmu ini tidak penting (terapan). Hingga berlalu sj, masuk dari telinga kiri keluar ke telinga kanan.
    Beri saja latihan (LKM / lembar kerja mahasiswa) yang buanyak. Biar jadi teman ngabuburit puasa. hi hi hi…

  • Koen

    Di Indonesia, kita sudah dicekoki ini sejak SD sih. Bilangan dasar 2, dasar 3, dasar 4, dasar 5. Hidih. Dasar 16 memang belum sih, waktu SD :D. Malaysia harus diupgrade nih.

  • ronny

    Saya waktu di SD diajarkan bilangan berbasis selain 10, bahkan sampe SMA pun, cuma sekedar mengikuti aturan, tidak benar2 mengerti aplikasinya di mana.

    Sekarang setelah menggeluti programming dan bidang computer baru melihat betapa powerful dan fundamentalnya konsep binary, hexadecimal, dan bahkan octal juga.

    Seandainya dulu saya tau kalo berguna banget pasti saya lebih semangat belajarnya. Untung konsepnya masih mudah dimengerti.

    Yang saya menyesal seperti ini juga adalah Artificial Intelligence, ternyata aplikasinya banyak sekali dan yang benar2 menggunakan secara optimal dan tepat itu jarang (kebanyakan memaksakan solusi non-AI untuk menyelesaikan masalah yg mudah/cocok diselesaikan dengan AI).

    Kalo saya memahami konsep bilangan berbasis selain sepuluh itu dengan membayangkan counter digital (seperti jam digital), tetapi digitnya tidak dari 0 sampe 9, lalu disuruh menghitung mulai dari 0 sampe 100 (misalnya), dan saya harus menampilkannya di sana. Cara lain bisa dengan membayangkan kalo punya jari tidak 10 dan disuruh menghitung dari 0 sampe 100.

    Kalo konsep itu udah paham barulah diajari shortcut2 untuk mengkonversi secara cepat. Kalo gak percuma, cuma tau rumus doang tanpa pemahaman.

  • mathematicse

    Mungkin karena ngajarnya terlalu cepat Ooom, makanya banyak yang tidak mengerti. :D Siswa (atau mahasiswa) memiliki kemampuan yang beragam (ada yang daya tangkapnya cepat, sedang, ada juga yang lamban). :D

    Yang perlu diingat dalam mengajar adalah bahwa, kemampuan mereka tidak sama dengan kemampuan kita sebagai pengajar (guru, dosen, etc). Kita sebagai pengajar (sudah mempunyai pengalaman belajar lebih dulu dari mereka), sedangkan mereka (barangkali) baru belajar, baru bertemu dengan hal-hal baru yang mereka terima saat belajar di perkuliahan. Dengan perkataan lain, kita sebagai pengajar perlu menenempatkan diri pada posisi siswa (atau mahasiswa). Barangkali, kita juga dulu, saat menjadi mahasiswa (siswa) juga mengalami hal serupa. :mrgreen: :D

    **duh barusan saya ngomong apa ya? Maaf Oom kalau ada perkataan yang kurang berkenan :mrgreen: **

  • ronny

    Mungkin bisa lihat2 di HowStuffWorks juga. Umumnya penjelasan mereka lumayan bagus. Mungkin bisa ambil ide dari sana.

    Saya search “binary” di sitenya dapet salah satunya: http://computer.howstuffworks.com/bytes3.htm

  • galeter

    mumpung ramadhan

    maaf pak dosen … OOT

    KEPADA PARA BLOGGER YANG SEDANG BERPUASA ..SEKALIAN …..YANG MAMPIR KESINI..

    SAYA MINTA TOLONG DI BANTU,….

    COBA KE

    http://galeter.wordpress.com

  • angger

    coba cari-cari pentingnya konversi bilangan bagi farmasi.
    jangan-jangan memang gak ada perlunya?
    atau sangat perlu?

    siapa yang sudah kuat “why” maka akan lebih mudah “how”, kata filosof.

  • devry

    Kan di Google lengkap banget, Boss?

    Kalau di pemrograman PHP, sudah support untuk konversi bilangan BINER, HEKSA, maupun OKTAL :)

  • Kunderemp An-Narkaulipsiy

    Buku pelajaran SMA dan SMP.. kalau gak salah kelas 2.
    Memang harus kembali ke pemahaman tentang bilangan kalau mengajarkan tentang biner dan heksa.

    Misalnya

    1027 = 1 ribuan + 0 ratusan + 2 puluhan + 7 satuan = 1 (10^3) + 0 (10^2) + 2(10^1) + 7 (10^1)

    kalau sudah paham dasarnya, abis itu mestinya baru konversinya. Seingatku ada beberapa cara dari cara standar, cara cepat, atau cara mengingat.

    (oh.. maaf baru menyadari bahwa targetnya orang Malaysia.. tetapi terlalu malas mengedit baris paling atas.. hehehe)

  • Farijs van Java

    betul, tuh. dasarnya dulu diajarin.

    yah, apa mungkin bahasa mempengaruhi juga, pak? bahasa inggrisnya orang malay kan rada2 aneh gitu. hwehe…

    (^_^)v

  • cah Pati

    Hahaha, orang farmasi dicekokin materi itu juga ya? Pantas ndak nempel…

    (Super mudah bagi yang lain, boleh jadi merupakan super sulit untuk yang lainnya)

  • rabo

    ha.. ha.. ha…

    ngakak saya…, mungkin pikiran mereka sama seperti saya. angka ya.. angka.. ha..ha.. ha..

    sulit…

  • dobelden

    ni juga yang macet pas mata kuliah sistem biner semester lalu :D

  • Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu

    sudah bagus cara ngajarnya, Pak. mereka saja yang bodoh.

  • Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu

    baru saja saya scan dengan kekuatan paranormal yang saya miliki. sudah bagus.

  • anggavantyo

    postingan yang berat.. Pak Br selalu posting yang berbobot terus yah? hehehe..

    Itu mah muridnya aja kali dongdong// Hahahaha.. Maklum, mengalami hal serupa

  • chikaradirghsa

    di buku the language of mathematics – frank land ada sedikit filosofi tentang basis bilangan.

    mungkin bisa membantu, nanti dipinjemin ke mas ya.

  • budimeeong

    Dulu emang udah belajar si dasarnya, tp untuk mengonversi lom ngertos jg… :cry:

  • rotyyu

    Pak Budi memang dosen teladan, mahasiswa yg kagak ngarti malah pak Budi yang susah, kalau saja semua dosen di Indo seperti sampeyan….

    http://rotyyu.tk

  • bangirfan

    Jujur Pak, saya juga pernah dikasih kuliah itu tapi saya ga berhasil mengerti dengan baik. Kalau berhasil sharing disini alangkah baiknya, karena saya merasa berdosa tak berhasil menguasainya.

  • kecebongsoft

    hehehe susah juga tuh, dikasih bahan bacaan teks + video/animasi aja ke mereka kali yah :lol:

  • ariefwahyu purwito

    Pake aja metode cepat, tanpa perlu menjelaskan detail satu persatu, dan kasih contoh palikasinya..

    mudah2an berhasil..

  • rani

    sepakat sama #21, perasaan saya jarang nemu dosen (indonesia) yg menyalahkan diri sendiri

    maaf pak, numpang nge-junk aja ga ngasi solusi ;))

  • a3u5z1i

    Serem juga yang benar cuma 1 orang.
    Tapi salut sama Pak Budi.
    Jarang ada dosen seperti Pa Budi…

  • p4ndu_454kura®

    Saya belum diajari biner karena masih semester 1. Tapi saya yakin bukan mahasiswanya yang bodoh. Soalnya yang namanya mahasiswa, apalagi di tempat pak Rahard ngajar, pasti pandai. Mungkin cuma kurang konsentrasi saja.

    BTW, boleh minta modul Pengantar Teknologi Informasi nggak, pak? Kalau boleh via e-mail saja. Buat referensi ngerjakan tugas, tapi saya ndak punya bukunya.

  • Novi

    yah sabar aja pak…emang kl ngajar yg ada angka2nya kudu pelan2…

    sok tau bgd ya gw…..

  • Prof. Yohanes Surya menjawab, tapi kok malah aneh jawabannya ? « Khalidmustafa’s Weblog

    […] menjelaskan mengenai Sistem bilangan ini menjadi sesuatu yang susah-susah gampang. Bahkan seorang Budi Raharjo sendiri agak kesulitan untuk memberikan […]

  • kuke

    Konversi bilangan ya, Pak?
    Hem.. sejauh ini sih (semester ini ada ding).. untuk macam2 karakter mhs/i yg pernah di-handling.. cara konversi “primitif” (cara yg sy kenal di zaman masih SMP dulu kala..) masih ampuh & sebenarnya modal spidol & whiteboard jg masih ampuh (meski mgkn ga terlalu keren)

    Kuncinya cuma.. sabar & atur kecepatan.. ^_^ (Ya itu tadi.. karena orang beda2 kecepatan pemahamannya.. blm lagi ini beda kultur kan ya..)

    Kadang2 karena tidak sadar akibat terlalu biasa, manusia itu sering lupa :) –> ini berlaku sebagai rambu u/ setting kecepatan di atas tadi..

  • mysabul2u2

    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

    BERITA BAIK!!!
    Mari kita liat nich blog. keren abiss!

    Masuk sini= http://mustahil-kristen-bisa-menjawab.blogspot.com/

    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

  • Lathifah Arief

    *ubek-ubek harddisk eksternal*

    … Ifah masih punya bahan belajar untuk RS dulu, yang bagian konversi bilangan biner, oktal, desimal, heksadesimal.

    Bapak mau?

  • Tito

    Saya kalo mengajar mahasiswa di kelas tentang konversi bilangan saya menggunakan Excel pak…
    And kalo buat pembanding saya buat program sendiri dengan menggunakan Pascal/Delphi…
    mau program saya pak?

  • twelve13

    Saya ingat membaca buku “Cerdas Jenaka Cara Nobelis Fisika”. Sebuah cerita tentang jenius Fisika, Richard Feynman. Beliau pernah mengkritik buku-buku matematika SD yang mengajarkan cara mengonversi bilangan biner ke desimal dan sebaliknya. Bahkan di buku pelajaran itu juga diajarkan cara mengonversi dari satu basis bilangan ke bilangan lain. Nah, Feynman mencibir materi ini. Tak ada relevansinya sama sekali dengan kehidupan. Jangan ajarkan matematika secara teoretis. Ajarkan matematika yang berkaitan dengan kehidupan. Seorang anak cukup tahu aritmatika desimal. Jika dia tertarik dengan basis bilangan lain, silahkan dia pelajari sendiri.

    Intinya, ajarkan sesuatu yang relevan. Tentu saja bagi orang elektro, bilangan basis 2 itu relevan. Tapi untuk orang farmasi?

  • Bell

    Kalau orang Telkom bilang : Karena mahasiswanya dari Malaysia dan bukan dari Indonesia, maka Ilmunya harus di Combo dulu pak.

  • mumtazanas

    Dulu, dosen saya mengajarkan dengan model rumus praktis semacam kaya di bimbel gitu.

  • rifqie

    Sebagai orang yang pernah diajarin tentang bilangan biner, alhamdulillah saya merasa cukup beruntung dengan cara dosen saya mengajar dulu.
    Kalo untuk saya, kuncinya adalah: sistematis.

    Jadi, “nyebrang” dari konsep bilangan ke teknis konversinya lebih bisa dimengerti (terbayang) sama mahasiswa. Dirunut step per step karena kadang masalah konversi gini suka ngerti-ngert-ngga. Nangkep konsepnya, tapi pas teknis bingung lagi.

  • thyoo

    pak,saya anak IT di binus semester pertama,kemaren waktu pelajaran algoritma,dan dosennya nerangin tentang konversi bilangan dari biner,desimal,oktal dan heksa desimal banyak banget yang g tau pak,paling yang mereka tau cuma biner aja,saya kan dari stm sedangkan yang lain nya kebanyakan dari IPA.kayanya yang dari jurusan ipa ga di ajarin de pak,jadi ya dosennya musti ngajarin dari awal…

  • ryan

    iy baik amat ini dosen…. ampe nyari2 di internet sgala….
    mantab2…..semangat….
    klo ga bs jg…. emang anak2 nya aj yg malez…digalakin aj…

  • Achmad

    klo menurut saya ada baiknya sebelu mengajar mahasiswa diberikan pre-test dulu, jadi setidaknya kita mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut.

  • drajat

    weh salut dech buat bp.

    itusih siswanya aja aja pa pada ngutak ngutik angka.
    coba aja selidiki pak ada bandarnya ga di sekitar situ :))

    canda deng

  • subhan

    halo pak..
    sangat bermanfaat tutornya

  • SOERYANS RAHMAT

    tolong kasih sample konversi bilangan desimal ke biner, dan sebliknya,,,, kasih deeeeeeh

  • SOERYANS RAHMAT

    jika kita mengajar kurang di mengajar ada hal yang mesti di pahami tentang murid yang anda ajari yang terpenting daya tarik anda dan gay bahasa yang mudah di pahami,, see you nexz

  • Ardianto

    @SOERYANS RAHMAT
    masa nggak bisa sih? Di buku-buku banyak kok…

  • ABhimantra

    Pak dosen, mohon bantuan nya donk untuk script convert heksadesimal ke desimal…

    Butuh buat bahan ujian nih…

    Tengkiu..

  • whiwi

    sy sdh mengerti

  • whiwi

    sy dah ngerti mslh itu tp knpa semua orng tdk bisa ngerti
    !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • santi

    gX da contoh codingNya yach,,,??

  • bangmarbun

    wah..nih mata kuliah ku… yg aku paling kurang paham memang… tp aku ga paham karena dosennya kurang begitu bagus jelasinnya….

    1 langkah pasti harus banyak kasih contoh mungkin Mas :P

  • khazanna032galz

    waahh… dari SMK saya sudah belajar sistem bilangan. cukup mengerti. bisa mengerjakan. tapi kurang tau aplikasinya di mana. baru setelah kuliah (sekarang masih semester1 sih) dijelaskan aplikasinya.

    ditanya oleh orang non-IT tentang sistem bilangan. banyak yang belum saya ketahui. gengsi dong masa anak IT gak tau?? akhirnya saya berusaha cari tahu sendiri.

    dari sanalah saya mulai paham soal sistem bilangan.

    jadi… semangat pak!! jelaskan lebih detail kegunaan sistem bilangan, aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. ^^

  • bidal

    Bang………… bs mnt bwt program konvesi dgn delphi 7 y…… * konversi biner ke desimal * konversi biner ke oktal * konversi biner ke hexadesimal * konversi desimal ke biner * konversi desimal ke oktal * konversi desimal ke hexadesimal * konversi oktal ke biner * konversi oktal ke desimal * konversi oktal ke hexadesimal * konversi hexadesimal ke biner * konversi hexadesimal ke oktal * konversi hexadesimal ke desimal bang, mohon petunjuknya ya……. thks. klo bs mnt bntu d krim d emalq bidal_araujo24@yahoo.co.id

  • Software UM

    Weleh-weleh, ini sih berkaitan erat sama logika algoritma.

  • Tatang

    Ada buku lokal yg cukup baik karangan Wasito,judulnya kalau tdk salah Elektronika denyut (digital electronic). entah masih ada apa tidak.

  • nitha

    basik lah……………………………..

  • Eman Atok

    bantu do aku tidak ngerti tentang bilangan octal ke hexa. ke biner, ke desimal. aku tnggu jawabannya yach……?

  • Nova Noor azmi

    Kalo saya sih,pngen pnjlasan yang lbih detil lagi..
    melebihi yg telah diajarkan oleh guru saya..
    Karna bilangan ini gampang2 susah :)

  • rais

    bisa bantu tdk konversikan bilangan ini ke biner

    7036

    thanks sblumnya atas jawabannya…
    law bisa jawabannya di kirim ke email sya yah>>>

  • kalakay

    Konversi Bilangan ini emang rada susah susah gampang pak…..

  • denboedhi

    dari apendix B “Data Communication and Networking, Mcgraw, Hill Farouzan keknya simple banget pak… pasti mudah dipahami oleh mereka.

  • dede yusuf

    g guna
    ck ck ck

  • shinta eka fajriyana

    kenapa tidak ada penjelasannya …….. ah ……… :3

  • seli_usel

    gak usah sedih pak.
    mungkin ini cobaan bapak dalam mengajarkan suatu bilangan.

  • abu4faqih

    Sedikit berbagi Pak, karena masukan dari teman2 yang lain juga bagus2. Mungkin tidak cuma terkait metode atau teknik mengajarnya Pak, tapi juga pada menajemennya. Penting sekali untuk memberikan kesimpulan dan evaluasi di akhir pengajaran supaya kita yakin bahwa TIK-nya tercapai :) Ramadhan kemarin kebetulan saya juga ngajar materi ini kepada bapak2 (setengah baya) malah, yang saya lakukan adalah memberikan latihan satu2 khususnya untuk yang belum paham :D

  • robinwirlan

    tolong donk di jesasin cara konversi bilangan oktal ke desimal

  • Budi Rahardjo

    konversi dari oktal ke desimal? tinggal kalikan setiap koefisien dengan 8 pangkat. Lakukan dari kanan ke kiri. Jadi kalau ada: (123)8 … maka desimalnya adalah:

    1*8^2 + 2*8^1 + 3*8^0

    dimana “^” merupakan pangkat. Jadi …
    1*64 + 2*8 + 3*1

  • mia

    kalau program pascal yang menu, misal
    menu
    1. biner
    2. oktal
    3. desimal
    4.hexadesimal
    5. keluar
    didalam menu 1. biner
    outputnya oktal =
    desimal=
    hexadesiamal=
    begitu pula 2. oktal
    outputnya biner=
    desimal=
    hexadesimal=
    dan selanjutnya seperti itu.
    itu bagaimana ya?

  • andy setyawan,ST

    yg salah ni yg kasih penjelasan…coz murid sy kelas 9 smp aja dah pada bisa konversi dari desimal ke biner maupun ke hexa atau sebaliknya…

  • ijolumut ubud

    saya juga ngajar konversi bilangan untuk anak SMK. tips yg saya lakukan, saya membuat suasana kelas kembali ke bangku SD kelas 1. bisa belajar basis 10, lalu mulai dengan latihan biner, latian yg banyak, kl ada yg gak gagal temennya langsung ngeledek “ah masak kalah ama anak kelas 1 SD?”

  • Naek'z Vita Chipudan

    Apa fungsinya konfersi bilangan ?

    cuma itu aja pertanyaan ku….

  • Modul Pemrograman Web Budi Raharjo | Terbaru 2015

    […] PDF File Name: Konversi bilangan: biner, desimal, heksadesimal Source: rahard.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.939 pengikut lainnya.

