Digigit Kucing

Rumah kami sering kedatangan seekor kucing. Setiap pagi dia datang dan menunggu diberi makan. Makanan sisa ada yang menampungnya, meskipun dia pilih-pilih.

Kemarin sang kucing ini masuk ke rumah. Saya coba halau dengan kaki. Biasanya tidak apa-apa dan dia nurut saja. Tetapi kemarin dia berbalik dan menggigit dengkul kaki kanan saya. Kurang ajar! Namanya juga kucing ya? Lumayan juga gigitannya.

Kalau digigit kucing harus diapakan ya? Maklum, ini kan kucing liar yang tidak ada pemiliknya (meskipun dia terlihat bersih dan sehat – mungkin banyak dikasih makan di tempat lain juga?). Pikir punya pikir saya kasih alkohol dan betadine. Masih kurang mantep juga. Takut kena rabies. Akhirnya saya putuskan ke dokter saja.

Sampai di poliklinik, untungnya sepi. Langsung saya diterima oleh dokternya. Saya jelaskan kronologisnya bahwa setengah jam yang lalu saya digigit kucing dan ini sudah saya beri betadine. Ternyata menurut dokter, seharusnya tadi setelah digigit, bekas gigitannya dibersihkan dengan detergent! Hah? Iya! Itu pertolongan pertamanya. Detergen itu bisa digunakan untuk membersihkan bekas gigitan anjing, ular, dan seterusnya yang berpotensi rabies. Jadi ketika dia masih terbuka, dicuci dengan detergen dulu. (Kok kayak iklan mencuci baju ya? hi hi hi.) Setelah itu baru diobati. Ooo… baru tahu saya. Tapi ya itu, harus mau mencucinya ketika masih terbuka lukanya. Perih pastinya.

Karena lukanya sudah kering dan agak dalam, maka oleh sang dokter lukanya dibeset dikit lagi (hiii) dan dibersihkan. Setelah itu kayaknya saya dikasih betadine lagi. [Foto di samping diambil setelah saya sampai di rumah, setelah dari dokter dan saya buka tempelan perbannya. Lukanya jadi kelihatan lebih dalam ya. Soalnya habis dibeset dan dibersihkan.]

Saya diberi resep yang digunakan kalau keesokan harinya ada demam. Jadi gak usah ditebus dulu resepnya, katanya. Mudah-mudahan hari ini saya baik-baik dan tidak ada demam.

Ada-ada saja ya? Tapi saya belajar satu hal baru. Soalnya cari di internet tentang penangananan (pertolongan pertama pada kecelakaan – p3k) terhadap gigitan kucing tidak jelas. Tidak ada panduan soal pakai detergen itu. :D Nah, mudah-mudahan cerita ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Sekarang si kucing bagusnya diapain ya? sebel. he he he …

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

54 responses to “Digigit Kucing

  • eshape

    Wah aku dapet ilmu baru.

    Nanti kalau kucingku [yang nggak ikut mudik] mencakarku sudah tahu penanganannya.

    Gimana ya nasib kucingku tak tinggal di Jakarta?

    Semoga dia sehat-sehat saja. Amin.

    He..he..he.. malah curhat ya…..

    Biasanya blog ini paling laris diberi komentar, tapi karena pada mudik, jadi pada nggak sempat buka internet ‘kali.

    Salam

  • arif

    kasihannya pak Budi. digigit kucing. tapi ini bisa untuk pelajaran bagi saya jika tergigit kucing/ hewan lain. jadi langsung dibersihkan dengan deterjent ya…

  • Dhimas

    Semoga tidak tertular penykit mematikan pak..

  • imcw

    Kenapa nggak digigit balik, Pak.

  • nanda

    bisa belajar dari pengalaman Pa BR,
    Btw kucingnya jadinya diapain pa, jangan sampai pa BR bales gigit lagi itu kucing nya hehehe

  • Oemar Bakrie

    Kucingnya mungkin lagi “beger” Pak, biasanya lebih agresip … hehehe

  • rani

    hehe, tulisannya lucu pak. mohon maaf, bukan bermaksud tertawa di atas penderitaan orang lain :P

    makasi tips-nya pak

  • idiotz

    wah, saya pernah punya kucing beberapa. untungnya mereka kalo gigit ndak pernah serius. ndak pernah sampe melukai. :mrgreen:

  • edratna

    Detergen? Merk apapun?
    Wahh saya baru tahu…biasanya ya dibersihkan pake betadine, terus ke dokter biar diberi suntikan anti rabies.

  • nenyok

    Salam
    Ya ampyun Sir Rahard ini, ada-ada saja, ucingna keur beger mindo panginten he..he..tapi jadi punya pengetahuan baru kan ;) *SKSD mode:ON*

  • handaru

    Teng yu pak, ilmu baru nih.

  • Yari NK

    Menurut dokter saya….. memang deterjen cukup ampuh dalam menangani tahap awal luka bekas kena gigitan binatang. Namun air sabun biasa (apalagi yang antiseptik) juga sudah cukup untuk tahap awal penanganan luka bekas gigitan.

    Sekarang diapakan kucingnya?? Sebaiknya jangan diusir. Kalau bisa malah dipelihara minimal untuk 30 hari. Mengapa? Sebagai monitor. Karena jikalau si kucing tetap sehat dalam waktu 30 hari, maka kemungkinan besar si kucing dalam keadaan bebas rabies sewaktu menggigit pak Budi. Selanjutnya pak Budi bisa tidur dengan nyenyak. Tapi jikalau si kucing tiba2 sakit rabies dan tewas dalam jangka waktu kira2 30 hari, maka pak Budi harus hati2. Pembersihan luka saja (walaupun pembersihan lukanya dalam) sama sekali tidak menjamin seseorang bebas rabies.

    Korban gigitan binatang rabies harus diberi immunoglobulin atau vaksin rabies. Vaksin rabies adalah dengan menyuntikkan sebuah strain virus rabies yang sudah dilemahkan. Vaksin rabies merangsang tubuh untuk memproduksi antibodi di dalam tubuh. Sementara immunoglobulin adalah dengan langsung menyuntikkan antibodi yang diperlukan untuk melawan virus rabies di dalam tubuh. Masing2 punya kelebihan dan kelemahan sendiri2. Vaksin rabies agak lama mendapatkan kekebalannya namun efek kekebalan yang didapat sangat lama. Sementara immunoglobulin sangat cepat mendapatkan kekebalan namun efek kekebalannya cukup singkat.

    Namun, ada satu hal yang perlu diingat, bahwa pemberian vaksin atau immunoglobulin akan sia2 dan sudah terlambat jikalau virus sudah menyerang otak yang ditandai dengan timbulnya gejala2 klinis rabies……

  • Yari NK

    O iya lupa….

    Saya diberi resep yang digunakan kalau keesokan harinya ada demam

    Kalau demam keesokan harinya pasti penyebabnya bukan virus rabies tetapi akibat bakteri2 atau mikroorganisme lainnya……

  • mathematicse

    Mungkin karena diusirnya pake kaki. Jadinya, sang kucing kali ini merasa tersinggung. Sebelum-sebelumnya kucing masih memaklumi, sekarang habis masa memakluminya.

    Ya, semoga cepet sembuh lukanya.

  • hariadhi

    Kucing biasanya ga menggigit orang untuk melukai kok, Pak. Kalau digigit biasanya kita panik dan menarik bagian tubuhnya yang digigit, makanya jadi luka.

    dah sering digigit kucing soalnya hehehe

  • Budi Rahardjo

    Wah serem mendengar penjelasan mas Yari. Dulu sekali (waktu SD) saya pernah digigit anjing milik kawan dan saya disuntik. Apakah vaksin rabies? Gak tahu. Kalau iya, apa efeknya masih ada setelah puluhan / ratusan tahun kemudian ya? hi hi hi.

    Kucingnya sih mudah2an sehat. Dia sudah lama ngedon di belakang rumah dan kelihatannya sih sehat saja. Hobinya sang kucing … makan dan tidur. he he he.

  • rayafahreza

    Saya udah sering ngalamin digigit kucing, dari yang gigit sebentar sampe gigit kayak mau makan, biasanya sih aman-aman aja.

  • Mtamim

    Harusnya kucingnya digigit balik biar dia ketularan virusnya pak budi, virus ngeblog..:-D

  • cah Pati

    Jadi inget sama pasien di sebelah saya waktu saya opname dulu. Dia stroke setelah menendang kucing. Istrinya yang menunggu bilang, “makanya jangan nendang kucing lagi…”

    (perlu diteliti hubungan kucing dengan stroke hehehe…)

  • Ibnu Abdul Muis

    Dari pada lukanya yg dicuci detergen mending kucingnya aja yg dimandiin detergen biar pa Hard nggak perlu lagi ke dokter dan aman kalo besok2 digigit lagi :mrgreen:

  • dedyusuf

    Terima kasih Pak, dari pengalaman Bapak saya dapat info yang berharga.

  • Yari NK

    Memang…. berapa lamanya efek vaksinasi rabies pada seseorang berbeda2. Tergantung dari banyak faktor. Namun dokter manapun pasti akan menyarankan kalau memang digigit binatang yang dicurigai mengidap rabies sebaiknya harus divaksinasi lagi. Jangankan yang sudah puluhan tahun, yang baru setahun yang lalu saja, jikalau digigit binatang rabies sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi tambahan. Jadi andaikan kucingnya yang menggigit pak Budi tiba2 sakit rabies dan tewas (dalam 30 hari), pak Budi tidak perlu ragu untuk mendapatkan suntikan vaksinasi tambahan dan jangan tunda. Tapi kalau kucingnya sehat terus ya kemungkinan besar kucingnya tidak apa-apa dan Pak Budi juga aman dari rabies.

    Sayangnya di zaman canggih ini setahu saya belum ada test atau uji laboratorium yang bisa menentukan seseorang yang baru digigit seekor binatang kena rabies atau tidak sebelum si rabies menyerang otak….. :(

  • Rayyan Sugangga

    Kok bisa-bisanya kucingnya milih dengkul yang digigit Pak. Berarti tinggi juga lompatan kucingnnya. Semoga cepat sembuh Pak.

  • doelsoehono

    Kucingnya gantian diGIGIT lagi aja pak.. he..he..:)
    setelahnya baru di beset-beset tp jgn sampai ketauan Dokter.

  • anton

    saya miara kucing dah bertaun-taun, tp kok baru denger ya kucing bisa gigit orang? biasanya tuh plg banter nyakar doang trus langsung ngacir (kaburrr!).

    mungkin bener kata yg komen diatas saya, tuh kucing tersinggung gara2 diusir pake kaki hahahah :D

  • Woman Army

    ass…lam kenal ,,,,Kucingx baru putus cinta kali’ jadi lutut bapak deh yang jadi sasaranx….klu menurut saya sih nga perlu ke dokter kok … Cukup dengan membersihkan lukax saja sampai yakin bersih…dan jgn lupa dikompres air hangat untuk mencegah terjadix infeksi dan mengurangi pembengkakan…setelah itu tutupi lukax dengan kapas yang dah diberi betadin….insyaallah cepat kering….(ini pengalaman saya waktu dipendidikan Militer Lho pak…) Hehehehe

  • Aci

    halo…salam kenal, tangan kanan sy kmrin siang bru aja digigt kucing sy sndiri, skrg bngkak n msi ngilu2…tp kt dokter sih gak brpotensi rabies, soalnya kucing rumahan, sy jg gak demam…cm luka gigitan & cakarannya ckup bnyk n dalam, sy jg blum smpet upload foto2nya buat ksi liat..sbnrnya gak dibelek, dipencet aja smpe keluar getah beningnya..katanya jg udh cukup nolong trus cuci pke sabun, ksi alcohol terakhir betadine atau salep dokter anti bengkak n infeksi…

  • andrek

    wah , kayaknya aq terlambat baca tulisan ini
    kemaren aq juga beru aja digigit kucing
    tapi ga begitu dalem kuq
    cuma q kasi betadine aja
    sekarang udah mengering

    jadi pengen nyembelih tu kucing
    (dendam mode : on)
    >:@

  • Aci

    sekarang giliran kaki kanan saya deket tumit n mata kaki yg dibrakot smpe robek sm Kero..skrg lg bengkak n nahan sakit, tp kmrin dah suntik tetanus, jg minum obat dokter, mdh2an gak ada efek apa2, ini yg ke 4 x aku digigit, kucing gak tau trima kasih nih si Kero, udah jauh2 dipaketin kesini dr surabaya eh dihalangin biar gak berantem malah nyokot kaki…grrrrrrrrrrrrrr…..

  • thearacht kucing liar...an

    aduuuuh…
    gimana nii saya bru ajj d gigi

  • asih aza

    duh..pak…
    trus bgaiman pak selanjutnya?..
    soalnya kemaren siang aq juga bis digigit kucing ne…
    tapi aq gakprisa kedkter tu..
    cuma aq bersihkan pakai diterjen ja,bis digigit kucing,lalu aq bersihkan lagi dngn alkohol trus diberi betadien..

    hahaa…
    untungnya gak npa2..
    apa jd’ya lok terkna rabies,tar aq jd kucing donk
    hahaa…kan gak lucu lok aq jd kucing..

  • rhyma

    wahhh…sama nech, tadi pagi gw juga digigit kucing, mana kuciang liar lagi…
    kira2 bahaya ga yach, soalny gw ga bawa kedokter, tadi cuma gw cuci pake air biasa tanpa apa2, truz gw kasi betadene…

    sekarang masih bengkak dan nyeri2…

    oya, kek nya gigitanya dalem dech, soalnya pas habis digigit
    darah nya keluar banyak juga…

    kira2 bahaya ga ya?
    tapi mudah-mudahan ga papa…

  • Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer (STMIK) Jakarta

    hehehe…klo saya sih paling parah cuma kena cakar.


    Jika Anda membutuhkan info tentang kampus STMIK silahkan klik website kami di http://jak-stik.ac.id

  • Camila

    kemarin mamah saya juga digigit kucing jari kakinya…
    jadii begini ceritanyaa…:

    mamah saya dateng ke Rumah Makan,,, pass mau duduk,, gak taunya dibawah meja ada kucing liar.. kesenggol kaki eeeeehh… dia nyokot kaki mamah saya… gak taunya tuu kucing punya baby ,, ada 5.. dikira mamah saya mau nyakitin baby nya X yaa???
    truss langsung di hansaplas kakinyaa…

    doa’in gak bahaya yaa semuanyaaa… saya takut mamah saya kenapa2.. saya sayang bgt sama mamah ….
    MOHON DOANYAAA SEMUAAA…..
    terima kasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhh..

  • aci

    Alhamdulillah….saya tidak apa2 padahal da sering kegigit kucing, untung kucing sendiri hehehe….
    mudah2an yang kegigit atau baru digigit cepet sembuh juga ya…trus jangan jd benci sm kucing, mereka binatang lembut yg pantas wat disayangi juga =)

  • Zakia Wijaya

    aduh… saya takut banget dekat2 kucing…

    apa karena waktu kecil saya suka iseng godain kucing, dan akhirnya saya malah dikejar2 kucing sampai naik-naik lemari…

    sekarang jadi takut sama kucing deh… :P

  • jro magku maspait tag tag peguyangan denpasar

    waduh gara gara isu rabies yang merajalela ,, digigit apapun jadi sangat resah ,, saudaraku sekalian adangak yang tau tanda tanda setelah kita digigit binatang yang terjangkit rabies?

  • tomi

    nah lo , aku hari ini digigit kucing persia ku , aku ikutin dah semua penjelasan walaupun agak telat aku bacanya (sekitar30-60 menit kurang) .
    gimana nih ?

  • akumalu

    wah kasusnya sama seperti saya,
    lagi cari gugel ketemu ini….terimakasih ya postnya :)

  • adl

    wah lagi cerita kucing kebetulan aku juga pernah di gigit. Dan udah buat posting di blog ku mampir kesana ya. Comentr di atas lumayan lucu. Jadi teringat ketika bakar bakar ikan di pantai teman saya duduk di kursi yg gak pake sandaran dia mandangi kucing nya pemilik warung tiba tiba teman ku itu terbalik kebekang. Bingung juga apa gara gara kucing atau karna dia gak mau bantuin bakar ikan. Salam semuanya. ))d

  • adl

    udah kemana pembuat posting ini apa gan baik baik saja hingga sekarang?

  • dini

    ada pengalaman dg kucing yg kena luka trus kakinya menjadi kaku g. kucing ku sprt itu skrg. krn g sempat kedokter pas kena luka.
    pas udah kaku kakinya baru pergi keklinik.tp penanganannya g bgs b’get masak diklinik g ada yg mau mengangin kucingku sm skli anehkan?
    mau disuntik aja pd ketakutan mengangnya.

  • ido

    aku abis digigit puss,,makasih infonya

  • ido

    kucing kecil lucu bgt mau tak pegang tak pancing dulu pgang dan kash makan induknya….ehhh udh kepegang malah di gigit. duh bengkak pula.. tdi binggung hrs gmaana. mksh infonya skr udh mendingan.

  • Gatot S.

    Jam 11.30 WITA Anak saya mainan kucing di rumah, digendong-gendongnya ampek sikucing merem melek ke enakan, kebetulan di depan rumah ada kursi kayu yang bercelah kira-kira celahnya 2CM. Di taroklah si kucing di situ, anak saya tidak tau kalau kaki si kucing masuk ke celah kursi, ketika si kucing di angkat mau di gendong, tiba-tiba nyakar dan gigit betis anak saya. saya lihat ternyata kakinya si kucing tersangkut di diatas kursi. anak saya nangis dan kucing mengaong karna kejepit. anak langsung saya gendong dan lukanya saya beri betadin. berselang beberapa menit saya dapat blog ini..ya mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa pada anak saya..Sekarang saya sudah lega, lukanya langsung saya bersihkan pakai detergen dan si kucing berhasil saya timpuk pakai gayung..dasar kucing gemblung..

    Gatot Supriyadi

  • Tita Dewi

    Adik aku habis ke gigit meong 3hr yg lalu. Setelah di gigit langsung aku bersihkan trs aku beri alkohol trus ak betadine. Sampai 3hr ini lukanya sudah mengering dan tidak bengkak. Kalo tidak di bawa k dokter gmn?? Coz adik ku ngk mau di bawa k dokter. Tp keadaan adik ku baik2 aja n lukanya jg ngk bengkak.. Oiya,,meongku,, meong rumahan aja..

  • Sakti

    Sama,aq jg td malem d gigit 2 ekor kucing,1 kucingq 1 kucing liar gt.wkt di teras rumah aq dngr ada kucing kelahi,krn takt kucingq celaka makanya aq lerai,ku angkat kucingq eh aq malh di gigit berkali2 di tangan.kcng 1nya cuma nyakar tangan sblahnya..ga tahan krn gigi kucingq nancap dalam bgt di dkt nadi aq lepas gendonganq..ru sdr bnyk darah segar menetes.aq siram air mengalir trus ambil chlorophyl cair aq siram ke luka gigitan.ga tunda2 minta anter tetangga untk ke RS terdkat..lo d htung ada 15 lubang yg agak dalam dan menganga di tanganq..rasax aq ga dpt merasakan tanganq..sampai dsna di cuci pake sabun dan air infusan :D
    aq tetep syg ma kucingq kok.

  • akmalazhar

    Saya punya pengalaman di gigit kucing, sampai 6 minggu belum selesai bengkaknya rasa nya sakit sekali,sudah di belek juga saran dokter lukanya harus di bikin basah terus biar nanah nya bisa keluar…mohon yang punya pengalaman serupa seharus nya gimana

  • yudhapane

    wah, pamer aurat pak. Haha..

  • Mbok nem

    Menarik sekali,hampir sama kejadianya dg sy,ya begitu,tiap pg kucing dtng,sama kejadianya,cuma sy digigit pas mata kaki dan otot besar sblh blkng mt kaki. Aduh…pas diggt sktnya luar biasa,smp ubun2,sy kr tdk apa2,biasa tak kasi obat,mnm antibiotik,aman dech. Eh ternyata sktr 3-4 jam,kaki bengkak…mpe g’ bisa jln,celakanya pas sendirian dirmh,jd seharian pingin nangis sj bawaanya… Baru pg hrnya sy bawa kedokter,kt dokter,bekas gigitanya sdh busuk(ada nanah). Sempat kaget jg saya,secepat itukah infeksinya? Yah…itu semua krn kelalaian saya,kebodohan saya…mg menjadi pelajaran pr pembaca setia. Yg penting jangan suka menunda,spy cpt teratasi. Salam sehat selalu.

  • Vendy

    Mama saya jg barusan kena gigit kucing di tangan. Dan sekarang jarinya jd bengkak. Enaknya diapain ya?

  • mhd.sulaiman

    mingu malam saya ntah di cakar ntah diggit saya tak tau karna malam,kaki kelingking saya luka dan berdarah,trus sy pencet darah dan sy siram air doang trus kasih betadin,sekarang agak bengkak diseputar yg luka dan merah

  • ani widias

    terus gimana itu demamnya lama gak,jadi di tebus obatnya,apa sudah sembuh tampa minum obat,kuatir karna anakku barusan di gigit kucing,tapi aku cuci dan kasik betadine aja….

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.903 pengikut lainnya.

