Perjalanan Haji (7): Telekomunikasi di Arab Saudi

Seri perjalanan haji: (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12)

Salah satu yang dipersiapkan para calon jemaah haji adalah cara berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia. Kalau dulu mungkin susah karena harus mencari wartel atau sejenisnya dengan biaya yang mahal. Sekarang sudah ada telepon seluler sehingga semestinya sudah lebih baik. Di sisi lain, ada kebingungan tentang apa yang paling murah digunakan.

Setelah ada waktu untuk istirahat sejenak, yang saya lakukan adalah mencari kartu telepon seluler lokal. Hasil pengamatan saya (melalui iklan yang ada), penggunaan nomor telepon Indonesia di sana relatif sangat mahal. Kira-kira ukurannya seperti ini: telepon dengan menggunakan kartu Indonesia Rp 8000,-/menit. Menerima telepon di sana dengan menggunakan nomor Indonesia Rp 12.000,-/menit. Menggunakan nomor telepon lokal Rp 3000,-/menit. Sudah jelas mana yang paling murah.

Meskipun sudah jelas harganya lebih mahal. masih ada jemaah yang tetap menggunakan nomor Indonesia. Bahkan ada yang mengira bahwa menerima telepon lebih murah dari menelpon (memang tidak intuitif). Akibatnya, hanya beberapa kali telepon dan SMS, Rp 200ribu melayang. Bahkan ada yang dalam satu hari sudah habis lebih dari Rp 1juta! Pada akhirnya banyak yang kena sampai Rp 3juta dan bahkan ada yang Rp 8juta!

Kartu GSM lokal ada banyak pilihan; Zain, Mobily, Al Jawal, dan seterusnya. Saya beli yang Zain karena waktu itu yang ada hanya Zain. Saya beli yang seharga 100 real (SR) dengan isi pulsa 100 SR. Saya lupa berapa untuk telepon ke Indonesia, tetapi saya tahu SMS adalah 0,5SR (atau kalau dengan standar 1SR = Rp3000,- berarti 1 SMS = Rp 1500,-).

SIMcard dan voucher dapat dibeli di banyak tempat. Di Madinah, ada banyak anak-anak yang berjualan di pinggir jalan. Mereka duduk dengan kios kaca kecil, seperti di Indonesia.

From Haji 2008

Hal lain yang menarik adalah adanya kerjasama operator AXIS dengan operator lokal, Al Jawal. Dengan mengubah konfigurasi handphone supaya menggunakan jaringan Al Jawal (secara manual, bukan automatic) maka saya bisa menggunakan nomor Axis di sini. SMS dari saya ke Indonesia adalah Rp 1200,-/SMS. Sementara dari Indonesia ke nomor Axis ini berlaku tarif lokal di Indonesia, alias murah banget! Jadi, penggunaan nomor Axis untuk SMSan di Arab bisa jadi lebih murah. Kalau untuk berbicara, lebih baik pakai nomor lokal saja.

Ada yang mengatakan bahwa Axis bisa bekerjasama dengan operator lokal karena pemilik saham Axis itu dari Saudi juga. Silahkan perhatikan logo dari STC Al Jawal ini yang memiliki warna dan desain yang sama dengan Axis!

From Haji 2008

Ada beberapa masalah yang saya temui. Nomor Zain saya tidak bisa mengirim SMS ke Axis di Indonesia. SMS terkirim tetapi tidak sampai ke nomor Axis. Kejadian ini sama persis seperti waktu saya di Singapura, yaitu nomor Singtel tidak bisa kirim ke nomor Axis. Kesimpulan sementara: nomor Axis tidak bisa di SMS dari operator luar negeri! Herannya, kalau ditelepon bisa.

Setelah bereksperimen seperti itu, banyak jamaah lain yang minta bantuan saya untuk urusan handphonenya. Saya jadi dikenal sebagai tukang handphone di antara jamaah. hi hi hi. Kalau ada masalah handphone, semua ke saya. Dan memang ditemui masalah yang aneh-aneh. Misalnya ada yang bisa SMS ke nomor XL berkepala 0818 tetapi tidak bisa ke 0817.

Masalah yang paling banyak saya temui adalah keluhan pengguna Telkomsel. Pulsa mereka tersedot gila-gilaan! Wah, telkomsel pasti untung besar dengan kondisi seperti ini (dan pelanggan mengalami kerugian yang banyak). Umumnya pengguna Telkomsel habis di atas Rp 1 juta. Padahal kalau menggunakan nomor telepon lokal bisa lebih hemat.

Jadi, jika ke Arab Saudi gunakan nomor telepon lokal agar lebih hemat.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

28 responses to “Perjalanan Haji (7): Telekomunikasi di Arab Saudi

  • Agust Andy

    Makasih Pak tipsnya. Wah, ternyata gila-gilaan biaya roaming-nya.
    Untuk sms ke indonya bisa pake sms gratisan lewat web yg disediain operator.
    Tp yo hrs ada inet se :D

  • Oemar Bakrie

    saya pakai mobily pak. sMS ke Indo 0.5 Riyal, kalau ke sesama mobily 0.25 Riyal. Bisajuga untuk pre-paid internet pakai HP seperti untuk nulis komen ini. Kayaknya voulume-based tapi lumayan murah …

  • trian

    wah, telkomsel i dont like it but i need it..

  • mantan kyai

    waduh telkomsel dmana2 njengkelin ya

  • Irfan M. K.

    wah, pake wifi aja, lebih praktis dan hemat biaya… pake e61 juga udah bisa… hahaha… telepon pake skype aja, chat pake yahoo messenger… pake laptop bisa video call gratis ke rumah… :D

  • aRuL

    IM3 gimana pak, dulu waktu ke philipina, temanku malah cuman menghabiskan pulsa 300/sms utk ke Indonesia…

  • sayatan sang penyair

    make telepati ajah Oom… :lol:

  • jamil

    Wah, jadi ingat sewaktu umrah kemarin. Jadi tukang hp + gotong2 belanjaan ibu, hehe. Semoga jadi haji yang mabrur ya pak.

  • eracellular

    kapan ya aku bisa naik haji

  • PANGERAN 229™ ORI

    Telkomsel dari dulu suka ngeruk pulsa pelanggan banyak-banyak.

    Semoga jadi haji mabrur, Amin.

    Nih, ikutin polling KARTU SELULER TERFAVORIT di blog kami.

    (Widget paling bawah)

  • apiqquantum

    tantangan bagi operator global nih….

  • cepaxu

    Terima kasih pak. kita dapat oleh-oleh manfaatnya juga dari perjalanan hajinya.

  • Anggie

    Saya waktu itu aja coba pakai GSM Satelindo dibawa ke Moscow, tarifnya edan-edanan.. mending pake operator lokal sono,hehe

  • Audi

    Memang mudah ya pak Budi kalo kita mau pake GSM sana? Soalnya kata temen, kalo mau beli SIMcard di Arab Saudi, kudu nunjukin Iqama (Surat ijin tinggal) yang artinya khusus penduduk Arab Saudi dan Permanent Residence.

  • imer

    Wah, luar biasa sekali perjalanan Bapak pada waktu haji kemarin. Saya sangat terkagum dengan keahlian bapak dalam beradapatasi dengan fasilitas komunikasi di Arab Saudi. Memang sebelumnya bapak sudah survey ke Arab terlebih dahulu atau tidak? Saya kira belum pastinya bukan?

    Terlebih lagi dengan axis, saya sempet terkejut, ternyata axis adalah operator dari arab Saudi sebelumnya dengan nama berbeda. Saya ingin menanyakan, kenapa operator telkomsel begitu mahalnya dibanding operator lain? Seberapa mahalkah perbandingan tarif operator Indonesia dengan tarif operator luar negeri lainnya (untuk jamaah haji negara lain)? Dalam hal bapak berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia, apakah ada banyak hambatan dalam kualitas sambungan SLJJ pada waktu bicara melalui oprator seluler?

    Trim’s

  • insan fans asmirandah

    beuhhh… 8 juta mah bisa dipake tabungan buat naek haji lagi.

    mendingan pake skype / ym dari warnet arab saudi :)

  • mbah joyo

    wah telkomsel pesta besar tuh..

  • Adhi

    Sebelumnya welcome back Pak Budi. Semoga menjadi haji yang mabrur. amin. Wah terima kasih oleh2nya nih. Jadi tau apa yang mesti disiap2in kalo haji termasuk komunikasi. wish I’ll be there someday, soon

  • momo

    satau saya pak,,,,,,ini juga belajar dari pengalaman….
    orang tua saya sering pergi umroh dan haji… dulu saya pakai simpati… wah wah wah sekali transfer 300rb habis dalam 1 hari…..entah sudadh berapa juta habis untuk transfer…
    lain waktu saya coba pakae im3 dan alhamdulillah tarifny ahampir 1/3nya dari simpati….
    panggilan ke m3 (lokasi di tanah suci ditelepon dari indonesia) kena biaya…..kurang lebih rp4500
    pokoknya paling murah setahu saya sampai saat ini adalah im3….. trimakasih

  • Attamimy

    Benerr… Pake skipe, atau GTalk atau YM… Lebih gampang dan gratis… Banyak fasilitasnya lg.

  • endang Rochaendi

    terima kasih pak haji informasinya masalah telepon, kebetulan saya lagi bingung mslh komunikasi dr saudi ke indonesia, krn memang sy baca di brosurnya telkomsel biaya per menitnya mahal sekali, dan sangat bermanfaat buat sy dan isteri yg insya Allah pergi haji tahun ini, wass.

  • waroeng ubuntu

    kalau mau kirim sms ke Jawal bagaimana kode awalnya – sms saya ke bapak yg sedang haji ga masuk :(

    bapak pakai Jawal di arab sana

  • ar-rayyan

    assalamualaikum. untuk info kartu arab saudi (al-jawwal, mobily dan zain) sdh ada disediakan di embarkasi (asrama haji) khususnya di solo jawa-tengah dan surabaya jawa-timur. dan keuntungan bila sdh memiliki kartu hp arab saudi di indonesia,pertama nomer sdh diketahui dan langsung di informasikan ke keluarga, kedua penjelasan penggunaannya dpt diterangkan secara mendetail, krn bila di arab saudi kita kadang mendapat kesulitan dlm bahasa. ketiga bila sdh sampai di bandara arab saudi, bisa langsung menghubungi keluarga diindonesia, tanpa hrs bingung mencari dulu kartu hp arab saudi. bila berminat utk memiliki kartu arab saudi dpt menghubungi kami di Ar-Rayyan. komplek masjid Al-Fairuz. jl. soetomo pekalongan. (barat terminal baru pekalongan) tlp 0285-424299. atau langsung di asrama haji donohudan solo dan asrama haji sukolilo surabaya.

  • M. Karno

    Alhamdulilllah mulai musim Haji 2011 ini, insyaAllah Telkomsel yg bkjsm dg Zain, akan menerapkan tarif yg murah tdk jauh beda dg tarif kartu Saudi Arabia. Tdk perlu ganti kartu lokal, tetap pakai Telkomsel, tarifnya murah dan tetap mudah dihubungi dari Tanah Air krn tdk ganti kartu.

  • ardi

    pakai internet call 35 real bisa telp ke indonesia 600 menit. murah
    Hub.0531233082 ( saudi arabia )

  • tori

    klo mau nelpon ke saudi sesama kartu axis gmn dari indonesia

  • Travel Umroh Bandung

    kalo ane sih, mending pake telkomsel hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.699 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: