Perjalanan Haji (9): Pembangunan Seputar Makkah

Seri perjalanan haji: (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12)

Sebelum berangkat, kami diberitahu untuk membawa masker karena katanya ada banyak pembangunan di sekitar masjidil Haram. Ternyata memang benar di sana sedang ada pembangunan besar-besaran, tetapi tidak banyak debu seperti yang diperkirakan. Masker tetap membantu untuk menangani dingin (di Madinah) dan batuk-batuk.

Daerah seputar masjidil Haram sedang dibongkar. Bangunan yang kecil-kecil, pasar seng, dan seterusnya sedang dikosongkan, dirobohkan. Katanya akan diganti dengan bangunan yang  lebih besar dan megah. (Saya pernah melihat rancangannya beredar di milis dan sayangnya tidak saya miliki.) Hotel-hotel kecil di sekitar itu pun hilang atau tidak dapat digunakan. Akibatnya, jamaah haji reguler yang biasanya menggunakan hotel tersebut terpaksa pindah ke tempat yang lebih jauh (jaraknya mulai dari 6 km ke atas!)

Salah satu bangunan yang sudah jadi adalah Zamzam Tower. Ini adalah sebuah bangunan yang berupa hotel, apartemen, dan mall. Letaknya persis di depan masjidil Haram.

Seorang kawan saya pernah masuk ke hotelnya dan katanya dari kamar bisa melihat Ka’bah. Namun ada perasaan lain, yaitu perasaan sedih. Seolah-olah bangunan ini membuat Ka’bah menjadi kecil, membuat kita lupa tujuan kita ke sini.

Mall di dalam Zamzam tower ini sangat besar dan megah. Dia mirip mall di Jakarta (Pacific Place, misalnya). Toko-tokonya yang mahal-mahal. Di dalamnya ada banyak toko franchise Amerika, seperti Pizzahut, Hardee’s, Burger King, KFC, dan Starbucks. Tempatnya sepi pengunjung.


[Beberapa level dari mall di Zamzam Tower]


[Starbucks @ Zamzam Tower. Sepi]


[Nanti akan ada Sky Ride? kemana ya?]

Mungkin beberapa tahun lagi Makkah sudah berbeda dengan sekarang. Lebih megah. Mudah-mudahan jamaah tidak lupa bahwa mereka pergi ke sana untuk beribadah bukan untuk shopping.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

13 responses to “Perjalanan Haji (9): Pembangunan Seputar Makkah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.742 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: