Komik Jadul

Berikut ini beberapa hasil scan sampul muka beberapa komik jaman dahulu yang berhasil saya peroleh tadi pagi ketika jalan-jalan ke Parijs van Java.

Yang pertama adalah “Dagelan Petruk Gareng“. Komik ini berisi lawakan Petruk, Gareng, dan kadang-kadang ada Bagong. Setiap halaman berisi satu cerita singkat. Gambarnya sederhana tetapi lucunya luar biasa. Mungkin guyonannya agak “kasar”, slapstick?, fisik, seperti film kartun Tom and Jerry kali ya? Hi hi hi.

Komik ini rasanya sudah ada sejak jaman 1970-an (atau mungkin malah tahun 60-an?). Nah, pada masa itu ejaannya masih menggunakan ejaan lama. Sementara komik yang saya beli ini sudah menggunakan ejaan baru meskipun uangnya masih menggunakan uang lama. Misalnya, makan hanya Rp. 20,-. Hi hi hi.

Saya lihat ada tiga buku yang berbeda. Saya hanya membeli dua dulu saja. Sampul bukunya berupa sampul jilid biasa. Mungkin sampul aslinya sudah rusak? Entahlah. Yang penting saya punya bukunya.

Komik kedua yang menarik perhatian saya adalah komik Godam dari Wid NS. Yang ini ternyata paket yang berisi dua komik (di dalam plastik). Ketika beli saya tidak tahu apakah ceritanya adalah cerita yang lama atau cerita baru. Nanti setelah saya baca baru bisa saya ceritakan. Atau, Anda beli sendiri gih. hi hi hi.

Bagi Anda yang masih muda (hi hi hi), Godam adalah tokoh superhero Indonesia yang mungkin seperti Superman.

Komik ketiga, ternyata temannya Godam yaitu Gundala putera petir. Wah lengkaplah. (Tadi ngintip isi cerita Godam itu, di sana ada Gundala dan Aquanus. Waaa… para superhero Indonesia berkumpul.)

Gundala adalah superhero yang bisa berlari dengan cepat dan bisa mengeluarkan petir. Mungkin seperti Flash ya? Tapi Gundala lebih bagus karena lebih lucu ceritanya. hi hi hi. Hasmi, sang pengarangnya, sering membuat humor kecil-kecilan di dalam komiknya. Lihat saja nama musuh Gundala adalah Ghazul. hi hi hi. Entah kenapa, lucu aja bagi saya.

Sama seperti komik Godam, saya tidak tahu apakah ceritanya baru atau lama. Dugaan saya ini cerita lama.

Beberapa waktu yang lalu saya juga membeli komik Gundala yang “baru”, dalam artian yang ceritanya baru, gambarnya baru, dan diterbitkan baru. Penerbitnya lain. Jadi asumsi saya yang ini berbeda dengan yang baru itu.

Wah jadi flashback ke jaman dahulu.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

17 responses to “Komik Jadul

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.783 pengikut lainnya.

