Mengajari Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Akhirnya hari Sabtu kemarin saya jadi mengajari presentasi dalam Bahasa Inggris, meskipun setup-nya tidak seperti yang saya perkirakan. Tadinya saya pikir saya diberi kesempatan untuk memberikan sedikit presentasi (mengenai cara memberikan presentasi), tetapi ternyata tidak. Saya meneruskan acara yang sudah berjalan.

Saya datang ke tempat acara jam 1 siang. (Paginya futsal dulu dong :)) Ternyata acaranya merupakan lanjutan dari acara sebelumnya, yaitu membuat materi presentasi. Sebelumnya mereka diminta untuk membuat materi presentasi (berasal dari berbagai makalah) dalam bahasa Inggris. Jadi bukan content-nya yang penting tapi nanti adalah presentasinya. Saya beri waktu dulu kepada mereka untuk menyelesaikan materi presentasinya.

Para peserta (yang semuanya adalah mahasiswa pascasarjana di ITB) kami bagi menjadi group, dengan 5 sampai dengan 6 orang per groupnya. Nantinya mereka saya minta untuk maju memberikan presentasi dan semua harus maju. Mengenai pembagiannya saya serahkan kepada masing-masing group. Setiap group saya berikan waktu 18 menit untuk presentasinya.

Hasil dari presentasinya cukup baik. Pertama, semua group menyelesaikan presentasinya kurang dari 18 menit! Sebuah hal yang bagus karena mereka harus bergantian untuk maju. Namun hal ini mungkin bisa terjadi karena mereka tidak terlalu comfortable untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Jadi mereka hanya bicara secukupnya. Kalau presentasinya dilakukan dalam Bahasa Indonesia, saya yakin akan banyak yang melebihi waktu yang saya berikan. he he he.

Hal kedua adalah presentasinya kadang terbata-bata. Ini dapat dimengerti karena bahasa Inggris bukan bahasa ibu kita. Kita harus mikir materi yang kita presentasikan dan bahasanya. Jangankan dalam bahasa Inggris, dalam bahasa Indonesia pun kita harus berpikir keras. Jadi ini bisa dimaafkan.

Mengenai teknik presentasinya sendiri, nampaknya banyak yang harus diperbaiki. Tapi ini untuk tutorial lain kali saja.

[Versi bahasa Inggris ada di sini: http://gbt.blogspot.com/2010/12/teaching-how-to-give-presentation-in.html]

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

5 responses to “Mengajari Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.778 pengikut lainnya.

