services (on Mac OS X)

Hari ini saya mau ngajar tentang konsep services dan nantinya ke port scanning. Nah, saya ingin memberikan contoh-contohnya. Hanya saja saya terbiasa dengan Linux :) he he he. (Lokasi berkas konfigurasi, perintah, dan seterusnya.) Sekarang saya harus menunjukkannya dengan menggunakan Mac OS X. Layer GUI sedikit menutupi apa yang ada di bawah layar. Ini yang harus saya tebas.

Langkah pertama yang saya sedang cari adalah bagaimana mengaktifkan sebuah service, katakanlah service echo. Apakah ini bisa langsung dijalankan dengan mengedit sebuah konfigurasi di /etc/something? Ataukah saya harus menggunakan inetd atau xinetd? Ini saya masih belum jelas. Beberapa servis lainnya sudah tersedia sehingga mudah, tapi bagaimana dengan servis yang khusus?

Selain itu juga saya masih mencari lokasi berkas konfigurasinya. Misalnya saya mau menjalankan layanan ftp dari sebuah program yang saya rakit (compile) sendiri. Bagaimana saya memberitahu {x}inetd untuk menjalankan servis tersebut di port tertentu?

Sementara ini saya sedang ngulik perintah /sbin/service, launchctl, SystemStarter, dan kawan-kawan. Searching internet, opening man pages, …

Akhirnya yang saya gunakan adalah /sbin/service, untuk menyalakan ssh, ftp, dan telnet. Tapi saya masih belum tahu bagaimana menyalakan echo, chargen, dan discard :)

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

13 responses to “services (on Mac OS X)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.834 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: