Dari Perguruan Tinggi Menuju Industri

Baru saja saya membaca sebuah artikel dari IEEE Software, edisi September/Oktober 2011. Judulnya adalah “Technology Transfer: A Software Security Marketplace Case Study”. Artikel ini menceritakan pengalaman Gary McGraw, founder dari Cigital, memulai sebuah riset di tahun 1992 sampai akhirnya menjadi perusahaan yang kemudian dibeli oleh HP pada bulan September 2010.

Perjalanan sebuah teknologi yang dikembangan di perguruan tinggi atau kemudian keluar menjadi startup company sampai menjadi sebuah perusahaan besar (atau bahkan industri) tidak mudah. Sebagian besar justru gagal. Kebanyakan teknologi yang dihasilkan hanya menjadi onggokan tulisan saja, yaitu makalah dalam seminar atau jurnal. Yang berhasil sampai ke tahap startup pun kebanyakan mati di perjalanannya. (Bisa baca juga tulisan ini, “Driving innovation across the valley of death“.)

Ada upaya-upaya untuk membuat perjalanan lebih selamat. Salah satu yang dialami oleh Cigital adalah adanya bantuan dari pemerintah dalam bentuk pendanaan (misalnya untuk memajukan paten, dan sejenisnya). Hasil dari bantuan itu membuat perusahaan mereka menjadi hidup dan akhirnya dilirik oleh venture capital. Setelah didanai oleh VC pun masih ada kemungkinan mati di tengah jalan. Untungnya untuk cerita Cigital ini, perusahaan yang kemudian dibangun bisa lebih maju dan pada akhirnya dibelih oleh HP.

Pelajaran apa yang dapat diperoleh dari cerita di atas? (1) Perjuangan dari penemuan teknologi sampai menjadi perusahaan ternyata masih berat dan membutuhkan waktu yang lama; (2) pemerintah bisa membantu perusahaan agar memiliki kesempatan hidup yang lebih panjang dengan berbagai program; (3) dibutuhkan kesabaran.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

3 responses to “Dari Perguruan Tinggi Menuju Industri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.764 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: