Cerita Sukses dari Marvell

Kemarin, di kampus (ITB), pak Gani Jusuf datang lagi. Pak Gani, mewakili perusahaan Marvell, memberikan talk show mengenai perusahaan Marvell. Ini bukan perusahaan komik lho, tapi perusahaan elektronik yang cukup besar di Silicon Valley. Yang membuat kita tertarik dengan cerita sukses dari Marvell adalah pendiri dari Marvell adalah orang Indonesia, Sehat Sutardja dan Pantas Sutardja. Pak Gani sendiri juga merupakan salah satu (dari 7) pegawai awal dari Marvell.

Pak Gani menceritakan status perusahaan Marvell sekarang, yang selalu untung dari segi finansial dan memiliki banyak produk yang menarik. (Lihat situs webnya untuk melihat produk-produknya.)

Produk awal dari Marvell adalah chip untuk Read Channel yang digunakan untuk membaca data dari fisik harddisk dan kemudian mengubahnya menjadi bentuk digital. Penemuan ini membuat mereka menjadi sukses dan dominan di dunia disk. Setelah itu mereka banyak membuat produk (chips) yang lain; networking, client (tablet, handphone), printers, green energy, dan seterusnya.

Marvell merupakan perusahaan fabless, yang artinya adalah mereka tidak punya pabrik. Yang mereka hasilkan adalah desain (dan tentunya sampai kepada prototipe untuk meyakinkan klien bahwa produknya memang berfungsi). Itulah sebabnya sebagian besar pekerjanya bergerak di bagian penelitian (R&D) dan umumnya memiliki gelar S2 ke atas.

[mahasiswa yang mendengarkan talk show, dan perwakilan Marvell di Singapura - saya lupa namanya]

Hal yang menyenangkan bagi saya tentang kedatangan pak Gani dan Marvell ini adalah adanya bukti bahwa orang yang bergerak di bidang hardware pun bisa sukses. Sekarang kebanyakan mahasiswa – bahkan mahasiswa elektro / elektronika pun – lebih menyukai pemrograman web :)  Bukan berarti bahwa software tidak penting (di Marvell software juga penting karena harus dapat menujukkan fungsi chips sampai ke aplikasi), tetapi bidang hardware masih sangat menarik. Bahkan, pak Gani mengatakan bahwa kalau kita punya skill hardware maka saingan kita lebih sedikit. Betul juga ya …

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

14 responses to “Cerita Sukses dari Marvell

  • andinoeg

    saya kira tadi Marvell Komik, memang dunia IT keren abis

  • mpig

    Wah baru tahu pendiri Marvell orang Indonesia. Hebat ya. Terkenal kan perusahaan ini. Wong saya yang tidak bergelut didunia per-IT-an saja tahu.

  • Aan

    Luar biasa Marvell bisa sejajar dengan beberapa perusahaan IT yang mendunia di Silicon Valley. Kalau diindonesia kebanyakan yang konsent di hardware hanya jadi tukang reparasi belum sampai pada tahap (R&D) untuk menjadi sebuah produk. Mungkin karena iklim penelitian di indonesia yang belum mendapat perhatian dan pendanaan yang memadai. Sehingga banyak yang memilih konsentnya di software karena lebih mudah dalam mengembangkan dan menciptakan produk baru..

  • joni

    waahh jdi bangga, orang Indonesia sukses di pangsa global dengan Marvell-nya…smoga menginspirasi

  • adnan basalamah

    “Sekarang kebanyakan mahasiswa – bahkan mahasiswa elektro / elektronika pun – lebih menyukai pemrograman web :)

    heheh mereka bukan suka pak, tetapi menunggu orang2 sejenis pak budi membuka company fabless spy mereka bisa join :-))

  • Rido Sandi Atmanto

    sehat sutardja sangat menginspirasi saya.
    Semoga saya bisa sukses dan memajukan dunia IT serta jadi peneliti seperti dia

  • bagdream

    sangat menginspirasi saya..terima kasih..

  • M. Fauzi Rizal

    Semakin membuktikan saja kalau anak-anak Indonesia itu tidak kalah pintar dan hebat dari orang luar negeri. Baru tadi pagi ngelihat berita tentang anak sumenep yang menang medali perunggu olimpiade matematika internasional, padahal dari kalangan yang tidak mampu. Tapi kenapa ya para pemimpin kita pada masih suka kagum dan membebek sama orang asing? Tanya kenapa

  • boed

    yang bawah namanya sang kong chan pak bud :)

  • Budi Rahardjo

    @boed, wah terima kasih. punya kontaknya? atau boleh kasih tahu yang bersangkutan bahwa ada fotonya (saya mau emailkan foto aslinya)

  • yudhapane

    saya bikin laporan kuliah umum Gani Jusuf sambil ngelirik tulisan pak Budi. hehehe..

  • Asia Toserba

    nice posting gan, memang betul saingan di bidang skill hardware sedikit karena utk menciptakannya lebih susah di banding software

  • rara

    Pak, angkat saya sbg pegawainya dong…

  • cs152partner

    Kesuksesan Marvell memang hebat sekali dan sangat cepat.

    Untuk pak Gani: saingan2 yg benar2 perlu dikuatirkan disoftware itu tidak terlalu banyak koq. (^8

    @M. Fauzi Rizal: benar sekali bahwa anak2 Indonesia memang tidak kalah pintar dibandingkan orang2 asing. Jangan dipusingkan “tanya kenapa”, yg penting untuk generasi muda di Indonesia itu perlu percaya diri.

    Faktor2 “perhatian dan pendanaan” seperti yg Aan sebutkan dan juga ide2 yg orisinil dan keseriusan adalah hal2 penting yg harus dijajar untuk sukses.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.839 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: