Beritahu Lokasi Atau Tidak?

Sekarang ada banyak aplikasi yang membutuhkan lokasi kita untuk menentukan jawaban / saran. Location-based services, nama kerennya. Ketika kita mencari sebuah restoran, maka restoran yang terdekat dapat muncul paling atas dalam daftar pencarian. Atau aplikasi lain mungkin menunjukkan teman yang ada di dekat kita.

Nah, masalahnya apakah lokasi tempat kita berada itu sesuatu yang seharusnya privat atau tidak? Apakah ini masalah privasi?

Saya pribadi tidak terlalu suka sistem memberitahukan lokasi saya. Kalau saya ingin memberitahukan lokasi saya, maka saya tulisakan secara eksplisit. Saya tidak mau sistem melakukannya untuk saya. Itulah sebabnya saya mematikan (disable) fitur yang terkait dengan lokasi.

Memberi tahu lokasi juga dapat menjadi masalah. Kalau kita beritahukan lokasi kita sedang berada di luar, orang jahat bisa tahu bahwa kita sedang tidak berada di rumah. Nah lho. Maklum, kita kan tidak tahu orang di luar sana.

Bagaimana menurut Anda?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

17 responses to “Beritahu Lokasi Atau Tidak?

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.841 pengikut lainnya.

