Jangan Tergesa-gesa (Membuat PT)

Dahulu sekali saya ingin punya perusahaan (PT / Perseroan Terbatas). Rasanya keren sekali kalau punya PT, namanya ada di PT, atau bahkan menjadi direkturnya. Ini sebelum tahu apa yang terjadi di belakang layar, yaitu kerja keras. Nah, sekarang saya tahu bahwa sebaiknya kita jangan tergesa-gesa membuat perusahaan. Begini.

Ketika kita membuat perusahaan, maka ada kewajiban-kewajiban yang harus kita lakukan. Salah satu kewajiban yang merepotkan adalah urusan pajak. Setiap bulan kita harus melaporkan pajak (meskipun nihil), demikian pula akhir tahun. Repot banget. Kalau perusahaan kita jalan dan lancar hal ini tidak masalah, tetapi kalau perusahaan gagal bagaimana?

Tadinya saya pikir kalau perusahaan gagal, tinggal kita tutup saja. Ternyata tinggal itu tidak hanya tinggal. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Nah, ternyata untuk menutup perusahaan dibutuhkan biaya yang cukup besar juga. Padahal kita menutup perusahaan karena gagal (dan mungkin tidak punya duit atau malah ribut antara sesama pemilik saham). Akhirnya jauh lebih mudah membiarkan perusahaan hidup tetapi tidak ada kegiatan. Ini tidak melepaskan kewajiban untuk urusan pajak dan surat-surat lainnya. Pokoknya repot saja.

Analogi terbaik yang pernah saya dengar adalah membuat perusahaan itu seperti punya anak. Tidak bisa kita berkata, “gak jadi” :)

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

58 responses to “Jangan Tergesa-gesa (Membuat PT)

  • Wita

    Hmm… Baru tau..
    Thanks for sharing pak… Sama nih, pengen segera bikin PT, repot juga ternyata… :D

  • Toekang Potret Keliling

    kadang kebutuhannya cukup dgn PD (perusahaan dagang) atau CV, tapi pengen keren sampai bikin PT segala :mrgreen:

  • hamka

    pak, adakah referensi yg bagus tentang teknis gimana bikin perusahaan?,
    tentang kewajiban pajaknya apa saja, detail biayanya, sewa notaris dll

    sebenarnya banyak teman pengen bikin perusahaan, tapi kurang tahu teknisnya bagaimana

  • Si Kompie

    Sebenarnya apa sie urgensinya klo membuat usaha berbentuk PT pak, apakah tidak cukup dengan UD, CV atau PD? Mohon pencerahannya pak…

  • Abed Saragih (disave.blogspot.com)

    wahh,,memang kalau ingin punya PT sendiri membutuhkan waktu yang relatif cukup lama,gak bisa sekedar cuma hanya hayalan semata.

    http://www.disave.blogspot.com

  • setia negara

    waduh kalo bangkrut terus mau tutup PT gimana itu Pak?
    baru tau kalo nutup juga mahal -_-

  • Internet Gratis PC

    klo bleh mmbrikan sran,,, ,dmlai dlu dr UD, CV, Fa, kmdian bru PT

  • Blogrollink

    ternyata repot juga ya …
    mendingan pinjam bendera ke teman dan berbagi keuntungan saja

  • Sandi Andrian (@andriansandi)

    Wow tema yang menarik. Dulu dan sampai saat ini saya mempunyai ambisi untuk membuat perusahaan sendiri dengan PT tentunya, namun saya sempat dinasehati oleh orang tua saya karena masalah pajaknya. Melihat tulisan om budi memang benar, cuman terkadang beberapa proyek apalagi yang pitching itu mengharuskan kita berbadan hukum. CV atau PT? jelas jika melihat dari dua badan hukum tersebut PT adalah yang terkuat, mengapa? karena untuk mendirikan PT saja membutuhkan modal awal sekitar 500jtan dengan hal tersebut ada keyakinan bahwa PT lebih bonafit.

    CMIIW

  • mumu

    saya suka analoginya pak.. ternyata se”ribet” itu punya anak, eh perusahaan…

  • ded

    Ternyata kalau perusahaan gagalpun kita tidak bisa menutup perusahaan dengan begitu saja. Apalagi dibutuhkan biaya yang cukup besar juga ? Ribet juga ya Pak ?

  • Budi Rahardjo

    Sebetulnya saya tidak ingin memberikan kesan bahwa kita tidak perlu punya PT lho. Yang ingin saya tekankan adalah … apakah Anda *benar-benar* (baca lagi … BENAR-BENAR) ingin membuat PT? Jika ya maka silahkan maju terus dengan memahami konsekuensinya.

  • Farizcraft

    emang masih ribet pak kalo buat PT apalagi di negara kita tercinta pak..:-)

  • mathematicse

    Kalau bikin padepokan ada pajaknya, ga, Pak? Padepokan BR.. :d

  • di jual

    ijin nyimak postingan milik juragan, ya?

    salam kenal
    yudistira rachman
    http://www.dijual.in 13:39

  • Lingerie

    Dulu pernah urus CV, tapi ternyata harus dipailitkan karena lupa & tidak tahu cara mengurus pajaknya.
    Sebaiknya pelajari dulu legalitas & perpajakan sebuat industri yang akan dibangun agar tidak salah nantinya.
    Sebab membuat & menutup perusahaan itu biaya semua..

  • RAS Express

    Iya kadang mau gak mau harus buat PT untuk melebar sayap dan memperbanyak relasi….memang yg paling ribet pada urusan pajak dan perijinannya….cukup membuat pusing kepala…tapi bener juga bila belum siap dr segi pengetahuan pajak dan lainnya lebih baik jangan….thanks atas sharingnya

  • anto

    iya kadang kalau mau buat pt harus jelas visi dan misi membuat perusahaan, untuk lebih jelas bisa mengikuti seminar training kita
    cara membangun bisnis
    formulabisnisindonesia.com

  • afan

    Sebenarnya bisa dijadikan motivasi untuk selalu goyangin roda perusahaan.
    *ngeles

  • nayla

    welah, ternyata masalahnya seribet itu ya?
    kalo dah terlanjur membuat PT, brarti HARUS MAJU TERUS pantang mundur, teteap semangat dan berdoa tentunya, :-D SIP

  • Agung

    Memang repot, tapi kalo baru pertama kali bikin pusing kepala……sy punya PT sejak 1997 dan 5 thn terakhir udah ga ada kegiatan ga beroperasi, tapi badan hukumnya(PT) tetep hidup……MAU DITUTUP MAHAL ….beruntung tdk memiliki utang piutang……laporan pajak tiap bln harus dilaksanakan walaupun nihil. Karena nihil laporan pajaknya di buat untuk setahun berjalan plus laporan akhir tahunnya (kan nihil jadi lebih mudah) kepajak tiap bulan sekalian ke warung( kantor pajak 200 meter dari rumah..hehe) …..emang serba ribet, klo mau usaha PASTI BISA !

  • natasha skin care

    klinik Natasha Skin Care yang cabangnya ada puluhan saja, baru membuat PT 2 tahun terakhir ini setelah mereka membangun kantor pusat / GRHA Natasha yang mewah di jl. Kaliurang Yogyakarta.

    PAdahal klinik ini eksis sejak awal tahun 2000an.

  • Jual Sepatu

    Pasti bisa. biar cepet tapi selamat

  • iwan tidung

    Bagaiman dengan kasus sebuah perusahaan yang bangkrut ?

  • fariki

    ngapain pusing 2 mendingan pinjem perusahaan saya siap membantu barangkali dapet proyek buth bendera hubungi saya 081218454310 tinggal bikin perjanjian fee nya

  • lulus

    Berapa ya harga PT yang sudah tidak aktif atau mau di jual?
    @ Fariki : PT bapak dalam bidang apa?apa punya ijin import

  • anto

    membuat PT merupakan bagian cara membuat bisnis yang terbaik

  • ITOey

    baru cari2 tentang membuat PT eh nyasar ke artikel ini … manfaat juga share nya. thxs.

  • Irwan

    Ternyata tidak mudah

  • Kendeka

    Kapan juga bakalan punya ?

  • hendra prayoga

    ya kalo ga mau ribet jng b.harap bisa maju.

  • Tobings

    pantesan.. ternyata begini ya alasannya..

  • Compyutech Indonesia

    ngeri2 sedap juga buat PT y pak

  • Pulau Tidung

    Jadi, jangan asal membuat sebuah Perusahahan ya.

  • ali

    waw rame juga nie..

    oh yea comment dikkit boleh dong..he

    mengenai pembuatan / pendaftaran PT..saya rasa bukan lagi cara berfikir yang biasa namun sudah harus bisa melihat neraca beberapa tahun kedepan..
    1. sesuai dengan kebutuhan
    3.riwayat usaha anda

    Penjelasan..
    ( 1 ) Sesuai Dengan Kebutuhan dalam artian evaluasi dengan keharusan kita menggunakan PkP ( Perusahaan kena pajak ) yang artinya apabila produk yg dihasilkan pemasaranya harus melalui Perusahaan lain dengan barang jadi atau setengah jadi atau bisa disebut ( Sapcon )
    sudah pasti kita akan bekerja sama dengan beberapa perusahan baik PM ( Pajak Masukan ) atau PK ( Pajak Keluaran ) pers-24 Dikeluarkan oleh DJP sudah sangan jelas …kita susah dan tidak akan bisa mengeluarkan faktur pajak bilamana didalam badan usaha kita blm PKP..
    dan ini yang mendorong beberapa golongan untuk membentuk suatu badan usaha yang kuat landasan hukumnya yaitu PT.

    ( 2 ) Riwayat usaha anda : dengan PEmikiran seorang pembisnis saya yakin anda bisa melihat lebih jauh dengan apa yang akan anda lakuakan atau jalankan sekarang..saran saya selalu Upgread prodak anda berdasarkan kebutuhan pasar..sistem yg jelas..runcingkan marketing untuk mencapai penjulan yang bagus…manajemen dan srtukture berfungsi…dan anda akan terus berjalan..
    jika kurang dalam hal ini maka kembali lagi ( Riwayat usaha anda )…
    mau 1 thn 2 thn kah..?? atau selamanya…..

    salam sukses

    Terus berkarir…
    berfikir beda seperti orang yang biasanya
    akan membawa anda pada suatu tempat yang berbeda pula…..

  • manusiaz

    yup, yang paling repot itu urusan pajak.-. mending buat bisnis sendiri gituu yang gak usah pake pajak :p tapii.. yaa harus siap keluar tenaga banyak wkwkw

  • lambok

    saya bekerja di bagian consultan, saya siap membantu para bapak ibu saudara skalian jika ingin mendirikan atau perpanjang izin PT, CV, atau PD hubungi saya di 0812 1332 1407, kami siap membantu.

  • Big Data Expert

    Haha ngapain pake urus-urus PT segala merepotkan diri sendiri aja, Paling juga pajak ditilep sama pejabat negara… saya sih bisnis selama ini gak pernah pakai PT. Ribet prosesnya, udah gitu dipalakin ini itu.

    Nanti aja kalau omsetnya sudah diatas 10 milyar

  • Joko Saputro

    Ada yg punya barang..? Saya bantu jual boleh..?.. Saya biasa jualan nih.. Tp skrg lg cari barang dagangan.. 085640267374

  • Pembuatan Perusahaan

    Nice infonya Pak, sebenarnya mendirikan perusahaan juga tidak ribet apalagi menutupnya, kalau kurang jelas boleh kunjungi situs kamu http://www.izindomisili.com segala sesuatu tentang perusahaan dikupas habis, free konslutasi hukum perdata termasuk pajak apabila anda joint menjadi member

    Tks Boss

  • agung

    Kalau kata Steve Jobs “Think Different”. Kalau kata Pak Ci (Ciputra) “Apabila mendirikan badan usaha (perusahaan) apapun bidangnya, jangan menunggu bertahun2 melihat hasilnya, langsung expansi saja”

    Dari kutipan 2 orang super hebat itu, asumsinya berpikirlah berbeda (out of the box) yang tidak orang pikirkan secara konvensional, karena 1 hal yg tidak bisa dirubah di Negara kita adalah “MINDSET”.

    Korelasinya dari kutipan Pak Ci itu secara tidak langsung menyuruh kita sukses sebagai entrepreneurship, artinya apabila kita sudah paham betul dan siap menjadi entrepreneur, langsung expansikan perusahaan kita. Contohnya, awal membuka 1 (kurun wkt 6 bln) perusahaan, lalu membuka cabang menjadi 5. Logikanya, dgn total 6 perusahaan yg sudah kita miliki, apabila bankrut 3 masih ada 3 lagi sisanya.

    Silahkan ditelaah baik2 sedikit tulisan dari saya tadi. Semua ada Syarat & Ketentuan yang berlaku, Pastinya jg ada Konsekuensi dibaliknya.

    Salam Sukses Calon Entrepreneur Indonesia !

  • dewiq

    Aku lg urus mau biki n pt dan sk udah turun tggl buntutnya yg lebih mahal lg.. kira2 smua 30jt dgn modal 1M. Tp mslhnya kenapa lbh mhl ya urs siup tdp dll nya dan ribed..pdhl aku dibidang jasa.. kira 2 mau ditutup aja apa ya ..bingung

  • Jasa kiriman barang dan kurir di Medan.

    Terimakasih untuk penjelasannya. Untuk membuat PT memang butuh kerja keras dan konsistensii kewajiban.

  • website murah

    Selain itu kalo PT pajaknya mahal gan hehehehe..
    Kalo untuk UKM ud atau cv rasanya juga sudah cukup gan..

  • sarip hidayat

    buat PT tak semudah membuat anak……..hehe

  • Bang Jay

    “Adalah baik untuk merayakan kesuksesan, namun adalah lebih penting untuk memperhatikan pelajaran atas kegagalan”. (Bill Gates)
    “Kegagalan hanyalah peluang untuk memulai lagi dengan lebih cerdas”. (Henry Ford)
    “Tanpa penderitaan Anda tidak punya kekuatan, tanpa kekuatan Anda tidak dapat memiliki apa-apa” (Donald Trump)

    Maju terus entrepreneur Indonesia…..

  • juragan valas

    waduh… padahal udah rencana mau buat PT.
    kalau begini mendingan g jadi…

  • codinxz

    waah… bener juga,… sangat membantu… nih…. makasih

  • komet

    Walah pak… saya punya PT dan usaha jalan ga lapor pajak sudah 4 tahun nyante ajah… terus kalau usaha bangkrut dan kita tidak lapor pajak, apa masalahnya?

  • Budi Rahardjo

    waduh … bisa dikejar2 orang pajak tuh. dan itu bisa berlaku mundur. takutnya pas kita nanti sukses, eh pajak yg sebelum2nya ditagihkan ke kita. nah. jadi, rajin2lah mengisi form pajak meskipun nihil.

  • Ricky Ardian

    Salam kenal.

    Saya sedang membangun usaha kerajinan tembaga.
    Langkah apa saja yang Harus saya kebut untuk sebuah “order”
    alamat web saya http://www.pusatkerajinantembaga.com/
    semoga bapak berkenan menengok

    terimakasih

  • John Doe

    hehe, pajak itu ibarat malaikat pencabut nyawa, mana ada yang lepas, hanya bisa mengulur.

  • Dogol

    Thanks pak atas artikelnya, terlebih komen2 dari rekan2 lain. Makin bersemangat untuk memajukan indonesia dengab menjadi enterpreneur

  • jasa pembuatan website

    After I originally commented I seem to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and now whenever a comment is added I get 4 emails with the exact same comment. There has to be a means you are able to remove me from that service? Cheers! http://www.mentarimedia.com

  • iscab.saptocondro

    Tiba-tiba aku berpikir, kalau pengisian formulir pajak bisa dilakukan online, entah lewat web atau ada software dari dirjen pajak, apakah membuat PT lebih mudah.

  • sofwatul anam

    Wahhh.. Tapi kalo di Jepara banyak PT yang ngak bayar pajak, ya perkaranya mungkin ngak baca postingan bapak budi deh,, hehe
    Tapi kalo saya pribadi memang sadar pak, kalo PT ya jelas punya tangungan, selain pajak besar, gaji karyawan juga ikut naik menyesuaikan UMR Kabupaten kan?

    Salam sukses
    my Web: http://www.tokoindofurniture.com/

  • ilham

    Itu tlong jlasin dasar hukumnya PT, tentang kegagalan PT jga mempunyai prosedur penutupan, selama sya blajar hkum prusahaan tdak dijelaskan tentang hal itu…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.897 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: