Waktu Yang Pas (Untuk Ngeblog)

Satu hal yang menarik untuk diperhatikan dalam menuliskan blog adalah waktu untuk mempublikasikannya, menampilkannya. Ternyata weekend bukan waktu yang terbaik. Sebagian besar pembaca blog mengakses blog dari kantor atau sekolah (kampus). Artinya pada weekend akan sedikit yang membaca.

Meskipun tulisan di blog tidak hilang, hari berikutnya orang akan lebih tertarik untuk membaca apa yang muncul hari ini. Blog yang kemarin muncul akan dibaca nanti. Itu kalau tidak terlupa atau terdesak oleh kegiatan lain yang lebih prioritas. Akibatnya, banyak orang yang lupa membaca tulisan kita. Orang yang benar-benar mengikuti kita saja yang akan menyempatkan diri untuk membaca tulisan yang kita tampilkan kemarin atau dua hari lalu.

Yang paling menarik mungkin menampilkan tulisan hari Senin menjelang siang. Pas orang-orang sedang istirahat di kantor, tiba-tiba muncul tulisan kita (yang sudah kita persiapkan sebelumnya). Langsung dibaca oleh mereka. Jadi timing itu penting.

Saya sendiri tidak menggunakan strategi ini – posting pada waktu tertentu – karena saya biasanya langsung memposkan tulisan yang selesai. Begitu selesai, tekan tombol “publish“. hi hi hi. Biarlah ada yang baca atau tidak, saya tidak terlalu peduli. Kalau memang tulisannya bagus dan bermanfaat, mestinya ada yang kembali untuk membaca. Mestinya kan?

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

15 responses to “Waktu Yang Pas (Untuk Ngeblog)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.837 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: