Computer User Interface

Kuliah Introduction to IT saya tadi siang membahas tentang perkembangan user interface (UI). Saya mulai dengan cerita tentang “command line“.

Pada awalnya, cara kita berkomunikasi dengan komputer pribadi dimulai dengan perintah-perintah yang kita ketikkan di atas keyboard. Di layar hanya ada urutan teks. UI ini sering disebut command line. Kelemahan command line adalah kita harus mengingat-ingat perintah yang digunakan. Misalnya, “DIR” untuk melihat isi direktori, dan seterusnya.

Kemudian muncullah “menu”. Berbagai perintah yang tadinya diketikkan oleh pengguna dapat dipilih melalui menu. Tampilan menu masih berupa teks biasa. Pada jaman itu tampilan grafis masih belum ada, atau lebih tepatnya terlalu mahal sehingga tidak umum. Belum lagi kecepatan komputasi dari komputer masih sangat terbatas. (Special graphic cards juga belum ada yang jualan.) Adanya “menu driven user interface” ini cukup membantu karena kita tidak perlu mengingat-ingat perintah.

Apple Macintosh muncul sebagai pendorong “graphical user interface” (GUI). Sebetulnya Apple bukanlah penemu awalnya, temuan ini sudah terjadi di Xerox Palo Alto Research Center, tetapi Apple-lah yang mempopulerkannya. Microsoft kemudian juga mengembangan Windows sebagai interface terhadap sistem operasinya.

Setelah GUI apa lagi? Berikutnya kemungkinan adalah UI yang menggunakan suara (speech). UI jenis ini cocok untuk perangkat yang sangat kecil sehingga sulit untuk menggunakan jari untuk memberikan perintahnya. Kita tinggal bicara dan komputer akan melakukan perintah yang kita berikan. Sekarang UI jenis ini mulai muncul. Siri anybody?

Setelah itu masih ada UI-UI lain yang baru lagi, seperti UI yang berinteraksi dengan bagian tubuh kita lainnya (mata, gesture, dan seterusnya). Bahkan ada yang mengusulkan dibuatnya alat yang langsung men-tap keinginan kita langsung dari otak, brain waves. Kita baru mikir, komputer sudah langsung mengeksekusi. Wah wah wah.

Demikianlah isi kuliah saya tadi siang.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

13 responses to “Computer User Interface

  • hotelpadi

    yang paling menraik di sini brain wave.. saya percaya para ilmuwan pasti lagi melakukan penelitian ttg brain wave, jika ilmu brain wave berhasil dikuasai, berarti kita bisa men-delete gelombang ingatan kita, misalnya para muda mudi yang putus cinta, mereka akan delete ingatan mantan pacar mereka dari ingatan mereka hahaha…

    salam,

    Hotelpadi.com (hotel last minute deals)

  • tkjcorner

    wah tulisan yang menarik pak, kira-kira kapan ya yang terakhir itu bisa diimplementasikan..:-)

  • Mohammad Yusuf Syafroni Karim

    hahaha, nge dump materi kuliah ke blog …

  • Dhidhit

    Materi Kuliah, menambah pengetahuan

  • snydez

    jadi inget google pernah meluncurkan google motion.
    yaitu ngoperasikan gmail dengan gerakan tubuh

    :D:D

  • verbenashop

    Ya dengan GUI jualan jadi lebih mudah, contoh GUI yang bagus di Verbenashop, silahkan dikunjungi…..

  • Andre Jaelani

    pa di ITB nya di fakultas apa yah? koq blum pernah liat?

  • wardhani

    Hmmm,,,,hmmm
    Perkembangan teknologi sungguh sangat cepat, contohnya dulu jaman komputer pertama kali kluar gede nya serumah, sekarang komputer malah tipis2 khusunya leptop. yang terbaru ultrabook, tahun depan apa yah yg baru?

    wardhany-agroindustri.blogspot.com

  • iscab.saptocondro

    Terakhir kali pakai S Voice, saya minta cari nomor teman saya “Risang”, dia malah mencari restoran.
    Lalu nama “Condro”, jadi “Honda”.

    Kaga tahu apakah Siri lebih baik daripada S Voice.

  • iscab.saptocondro

    Penelitian Brain Computer Interface di ITB dilakukan di Teknik Fisika dan STEI. Saya kurang tahu apakah keduanya bekerja-sama atau tidak. Juga kaga tahu apakah Pak Ary Setijadi masih meneliti ini atau tidak.

    Helm EEG bisa dipakai untuk menggantikan joystick. Tapi penelitian di sini masih jauh. Ada istilah “EEG literacy”. Tidak semua orang mudah dibaca EEG-nya.

    Untuk mempermudah baca sinyal EEG dari otak, kepala bisa dikelupas atau dibor dulu. Tapi biasanya orang kaga mau kepalanya dibor atau dikelupas hanya demi main game atau memakai komputer.

  • abu4faqih

    Interface input juga diimbangi output kan, Pak. Dulu cuma monitor text, visual grafis, motion pictures disertai suara, gerak bila disertai devices, nah sekarang apa lagi?

    Kapan PC bisa mengeluarkan bau seperti yang terlihat di monitor? :D

  • redbuffers

    Pak, kalau user interface seperti di wordstar atau lotus123, apa sudah termasuk graphical user interface? Lalu, apakah curses / ncurses termasuk user interface? Terima kasih.

  • Togap Tartius

    pernah nonton Iron Man? interface yg dipakai Tony Stark (Iron Man) dimana dia menyentuh menu2 komputer canggihnya yg ada di udara itu namanya apa ya?
    mungkinkah hal tsb diwujudkan? :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.727 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: