Memetakan Komunitas Security di Indonesia

Salah satu hal yang sedang saya coba inisisasi adalah melakukan pemetaan kemampuan sumber daya manusia (SDM) IT Security di Indonesia. Ini terkait dengan kebutuhan dari industri dan persiapan pendidikan di perguruan tinggi. (Sebagai catatan, ITB akan membuka S2 khusus untuk IT Security tahun 2013.)

Sebagai awal, saya akan memulai membuat taksonomi secara umum. Kemudian nantinya akan saya revisi. Mohon masukan dan koreksi.

  1. Perguruan Tinggi (pendidikan & penelitian).
    ITB (Pendidikan S2, S3. Penelitian: hardware, software, kriptografi)
    IT Telkom (Pendidikan S2. Penelitian: kriptografi)
  2. Pemerintahan. Kominfo (Kaminfo / Gov-CSIRT, ID-SIRTII), Lembaga Sandi Negara, Badan Inteljen Negara, POLRI, …
  3. Organisasi: ID-CERT, …
  4. Komunitas: Jasakom, Echo, RNDC, … (mohon informasi yang masih aktif)

Saya akan membuat sebuah survey mengenai kemampuan ini. Sebagai contoh, saya ingin mengetahui komunitas-komunitas yang masih aktif; jumlah anggotanya, visi/binding values, skill set, obyektif, aktivitas, dan seterusnya. Untuk untuk pemerintahaan: tupoksi, jumlah SDM, dll. Pertanyaan-pertanyaan apa lagi yang perlu ditanyakan ya? Saya akan membuatkan form survey-nya.

Saya membutuhkan contact person untuk mendapatkan data yang lebih lengkap. Data ini akan saya anggap sebagai confidential dan hanya rangkuman (agregat) saja yang akan saya tampilkan.

Menanti masukan …

Form untuk memasukkan data (versi 0.1): Survey Organisasi IT Security

Tentang Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua tulisan milik Budi Rahardjo

13 responses to “Memetakan Komunitas Security di Indonesia

  • Agamfat

    yang menarik jika bisa mendaftar komunitas hacker di Indonesia mas. Dani Firmansyah yg dulu deface website KPU ada dimana mas? kayaknya hanya dia yang sempat ditangkap aparat ya?

  • Razmal Djamal

    Pak Budi, pertama2 saya senang sekali kalau konsep S2 IT Security jadi di buka , dan bermminat sekali.
    Terus saya punya usul, karena ini merupakan industrial needs, kenapa juga tidak dipotret sekarang di area industri dan korporasi. Kalau diukur dari impact dan tingkat urgensi, maka besar sekali kebutuhan orang IT dengan Security Awareness tinggu di area tersebut. Bayangkan saja pak, Manager IT sekarang (semoga tidak semua) hanya perwujudan orang marketing dan budgeter murni yang punya ijazah S1-S2 informtika.
    Mereka tidak tau apa impact IT Policy yang mereka keluarkan di perusahaan kecuali belanja dan belanja..
    Mesti ada kepedulian peningkatan ITSM di korporasi kita di Indonesia.

  • abu4faqih

    Masukan untuk nomor 1, Pak; STSN (Pendidikan D4/S1. Penelitian: kriptografi/kriptologi).

  • c1p1

    Reblogged this on c1p1 and commented:
    Pemetaan Komunitas … di Indonesia

  • Aburizal Bakrie

    di Univ. Langlangbuana juga sudah ada S2 Keamanan Informasi pak.. malah sudah sejak berjalan sejak tahun 2006 an

  • the CHAKIMAN

    Kabar baik datang dari kampus ITB semoga kedepannya sistem keamanan di Indonesia bisa diperkuat dengan adanya program S2 IT Security

  • aries

    Tentang dunia IT saya sangat tertarik, namun sayang itu hanya untuk orang yang berduit. (Menurut Saya).

  • Putu Shinoda

    klo ga salah di maranatha juga ada pak, lupa apa tepatnya bidang security yg diajarkan.

  • iscab.saptocondro

    Kalau digital forensic juga masuk kuliah IT security di ITB, kaga?

  • delimalima

    Kalau sampai ITB jadi buka jurusan itu, saya senang sekali mendaftar – dengan catatan ada program eksekutif untuk yg masih bekerja; bagus lagi kalau kuliah akhir minggu krn saya tinggal di Bekasi. Tidak apa padat seharian di hari sabtu. Terima-kasih atas informasinya. Saya akan pantangin terus situs ITB.

  • delimalima

    @Putu Shinoda: Marantha punya Master of Security Science (kerja sama dengan EC-Council), tapi situsnya tidak bisa diakses. Kalau tidak salah, mereka menggunakan metode kuliah online (sesuatu yg kurang saya sukai; meski sangat membantu dalam hal transportasi dan waktu, tapi dari sisi interaksi akan ada masalah (internet lelet)).

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.595 pengikut lainnya.

