(Tidak Sanggup) Mengkhayal

Bagaimana jika Anda diminta untuk membuat sebuah cerita tentang sebuah kota, yang mana Anda belum pernah ke kota tersebut. Sanggupkah Anda melakukannya? Maukah Anda melakukannya? Apa yang menghalangi Anda?

Beberapa kali saya membaca cerita fiksi yang ceritanya berlangsung di sebuah tempat tertentu. Saya tahu cerita ini fiksi karena memang yang sedang saya baca ini sebuah novel. Bukan hanya itu, keakuratan dari tempat yang diceritakan berbeda dengan kenyataan yang ada. Saya tahu karena saya tinggal di tempat itu. Namun ini tidak menjadi halangan bagi sang penulis untuk bercerita. Ceritanya tetap menarik untuk disimak.

Salah satu kehebatan dari para penulis yang jagoan adalah kemampuan mereka dalam mengkhayal. Herannya kita merasa susah untuk mengkhayal. Padahal apa halangan kita untuk mengkhayal? Kita tidak perlu membayar mahal untuk melakukannya. Gratis. Kita tidak perlu memiliki atau menggunakan alat tertentu. Tanpa harus memiliki skill tertentu. Biarpun demikian, kita merasa tidak sanggup mengkhayal. Aneh bukan?

Jika mengkhayal saja sudah susah, apalagi melakukan pekerjaan yang membutuhkan skill khusus. Atau, memang kita ini pemalas. Bahkan untuk sekedar mengkhayalpun kita merasa tidak sanggup.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

6 responses to “(Tidak Sanggup) Mengkhayal

  • Sinung Nugroho

    Mohon maaf Pak Budi, klo dalam pemahaman saya, penulis yang bagus biasanya memang banyak riset dan pengalaman. Mungkin dia belum pernah mengunjungi kota tersebut, tapi klo memang tulisannya bagus, pasti sudah banyak membaca (riset). Karena saya juga pernah menemukan penulis yang menulis tentang kota di luar negeri, namun tidak akurat karena memang dia belum pernah ke sana (dan kurang riset mungkin).

  • hotelpadi.com

    Pagi mas Budi,

    Bukannya males mengkhayal haha .. Tp setiap org punya bakat masing2x, contoh kl programmer disuruh menulis karangan 300-400 kata, mereka bakalan kewalahan, tapi writer / editor disuruh buat pseudo code, mereka jg bakalan pusing 7 keliling..

    Initinya, mmg kita akan susah untuk melakukan pekerjaan yang bukan pada bidang kita.. Hehe..

    Salam,

    Hotelpadi.com (full of hotel deals)

  • tika

    kalo kota beneran trus tapi ko nulisnya kyk ga seperti kota itu saya sih suka jadi kesel.. tapi menghayal memang susah apalagi kalo dihantui takut salah..

  • Dhidhit

    Nulis kota yang belum pernah dikunjungi? cari saja informasi tentang kota tersebut di internet

  • nure

    Menghayal lebih mengasyikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: