.ID vs .COM

Kemarin ada diskusi (lagi) mengenai domain “.ID” dan “.COM”. Mengapa lebih banyak orang Indonesia menggunakan domain .COM. Menurut saya, fenomena ini bukan khas Indonesia tetapi juga terjadi di tempat lain. Masalahnya, domain itu terkait dengan brand image. Dalam bayangan orang yang pertama muncul adalah “.COM”. Nah, apakah ini hanya masalah persepsi yang dapat diubah? Atau ini sebuah hal yang sulit untuk dilawan. Menurut saya sih yang terakhir, susah dilawan.

Katakanlah Anda (atau saya) memiliki kemampuan programming PHP. Kemudian saya (seorang diri) ingin membuat sebuah web untuk layanan belajar pemrograman bahasa PHP. Saya belum tahu apakah layanan ini akan gratis atau berbayar, dan mungkin ini juga tidak relevan. Apakah:

  1. Anda akan menggunakan domain .ID untuk web site tersebut?
  2. Domain apa yang Anda gunakan?

Kalau saya, yang mula-mula terbayang adalah domain .com. Saya langsung ambil domain “kursusPHP.com”, misalnya. Cari registrar yang pas, langsung daftar dan selesai.

Sebagai orang yang dulu ngurusi domain .ID tentu saja saya lebih suka orang menggunakan domain .ID, tetapi kenyataannya tidak demikian. Saya pikir kita tidak usah mengadu domain .ID dan .COM (atau gTLD yang lainnya). Yang penting adalah mengelola dan menata .ID yang rapi, nyaman, dan terpercaya. Tidak usah adu banyak-banyakan. Memangnya kalau banyak kenapa ya?

 

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

14 responses to “.ID vs .COM

  • mizan

    Yang jelas kalau semakin banyak beban root servernya jadi lebih berat juga.

  • Ahmad

    Pertahankan kualitas dan keunggulan .ID, lebih baik itu yang dikedepankan;)

  • Nugroho

    Saya akan pilih domain belajarPHP.net untuk kasus di atas.

  • Suhendri

    Beberapa tahun lalu punya pengalaman ngurus domain .co.id
    Ribet dengan berkas-berkas akte notaris dll.
    Nama domain juga tidak bisa pilih, ditentukan oleh pengelola..:(

    Dan harga domain .id “agak” lebih mahal dibandingkan dengan .com

  • AMYunus

    Menurut saya perpektif masyarakat yang susah diubah.

    Menurut saya restriksi yang dilakukan saat pendaftaran domain .id sangat diperlukan agar pendaftar benar-benar memenuhi syarat, seperti WNI, atau benar-benar memiliki perusahaan dengan nama tersebut, atau benar-benar mengelola institusi pendidikan yang sesuai dengan nama tersebut, dsb.

    Lebih mahal dari .com? Relatif. But it’s still worth it to pay that amount of money to get branding in .id.

    Saya ingin berbagi pengalaman. Suatu saat saya mendaftarkan domain sebuah perusahaan dengan menggunakan domain .id. Nama perusahaan tersebut PT ABCDE. Nah mereka ingin mendapatkan domain FGHIJ.co.id, akan tetapi hal tersebut tidak bisa karena nama FGHIJ tidak ada di dalam surat resmi mereka yang tertera PT ABCDE. Pada akhirnya saya tetap daftarkan mereka dengan nama ABCDE.co.id.

    Tahun depannya lagi, mereka tidak ingin lagi perpanjang domain ABCDE.co.id dan ingin berganti ke FGHIJ.com saja. Saya sempat tanya kenapa. Kata mereka terlalu panjang. Ya jika dibandingkan dengan .com, .co.id memang berbeda satu subdomain. Taoi mereka mengeluh seperti itu.

    Alasan itu menurut saya bisa diubah dengan memperkenalkan generasi muda terhadap domain-domain .id. Atau mungkin TLD .id dibuka untuk umum, tapi pembeli benar-benar harus WNI dan mendaftarkan nama domain sesuai dengan namanya di KTP atau surat resmi perusahaan yang dimilikinya.

    Yap, kalau menurut saya sih demikian sebagai orang awam yang baru nyemplung di dunia internet. Saya yakin masih banyak hal yang tidak diketahui umum mengenai alasan tidak dibukanya TLD .id untuk umum.

  • hotelpadi.com

    Hi Pak,

    Personally saya lebih prefer .net, namun kenyataannya, saya tetap mengunakan .com karena mungkin faktur seo n kebiasaan tangan ketik .com di belakang domain n bahkan di keyboard android tersedia tombol.com

    Itulah salah satu faktur at least untuk saya mengapa .com lbh dipilih

    Terima kasih

    Salam,

    Hotelpadi.com (best hotel search engine)

  • mpig

    Kalau saya sih nggak peduli mo .id atau .com. Yang penting murah!

    Rada nyesek juga pas pengurusan domain .id diserahin ke pihak lain yg membuat harga domain .id naik. Biasanya Rp25rb. Sekarang naik lebih dari Rp50rb. 100% kenaikannya. *tepok jidat*

  • juragan.sipil

    saya pake .web.id karena paling murah. :)
    Tanpa .com pun kita bisa membentuk sebuah “brand image”. Saya ngga ngerti SEO… tapi sering muncul di page-one… :D
    Malah cita-citanya sih pengen pake .co.id … (amin)

  • Just Adhie Anfield

    kbanyakan pke domain (.COM) mungkin karena udah terlanjur familiar dan mudah diingat,,,mayoritas web untuk brand terkenal/bisnis kebanyakan kan pke domain itu,,mulai dr jejaring sosial,produk/brand terkemuka pke itu juga kan,,,udah terlanjur kebiasaan

    bener banget apapun domainnya yg penting kan isi/konten dr web/blog itu sendiri untuk apa dan tujuannya..what ever domain sm aja lah menurut saya..klo masalah SEO tergantung optimasinya sendiri

  • www.sepatupakalolo.com

    klo saya milih .com karena lebih simpel bikinnya, klo .co.id ribet karena harus pake SIUP

  • Iyan Kushardiansah

    Di browser ketik “NamaDomain” Tekan Ctrl+Enter, dgn ajaib jadi http://www.NamaDomain.com

    Jadi saya tetap pilih .com

    Ditanya, “websitenya apa?” Jawab: NamaDomain.CO.ID *eh dia bilang “Apa?” Jawab lagi: NamaDomain.CO.ID

    Ditanya “websitenya apa?” Jawab NamaDomain.COM *kemudian dia manggut-manggut

    Jadi saya tetap pilih .com

    Btw domain saya: iyank4.com

  • Zaim Kamil (@zaim_zaza)

    Saya pake .COM. Betul persepsi orang indo web = http://www.joglosepatu.com, karena saya web untuk jualan maka akan sangat memudahkan di temukan dan di ingat.

  • Rina

    Secara global domain .com memiliki kekuatan yang sangat besar bila dibanding dengan domain ccTLD seperti .id. saya rasa domain .id tidak akan pernah bisa mengalahkan .com namun saya berharap suatu saat nanti semua orang Indonesia bangga memiliki domain .id dan setiap mereka memiliki blog dengan domain berbayar mereka tidak lupa untuk memiliki sebuah blog .id khusus sebagai simbol identitas mereka.

    Mungkin agar domain .id lebih terangkat, domain .id tersebut harus membuat brand tersendiri dan diluar brandnya sebagai domain Indonesia, sebagai ajang promosi kenapa kita harus memiliki domain tersebut. suatu contoh domain .me (Montenegro) diekspektasikan sebagai domain personal. domain .co (Colombia) diekspektasikan sebagai domain untuk perusahaan dan saat pertama melaunching secara global mereka menggaet perusahaan besar dunia untuk menggunakan domain .co, salah satunya adalah twitter dengan short urlnya >> t.co

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.897 pengikut lainnya.

