Belajar Memotret

Belajar memotret sekarang sangat mudah dan murah. Kamera digital harganya sudah sangat terjangkau; hanya ratusan ribu rupiah. Bahkan hampir semua handphone sekarang dilengkapi dengan kamera meskipun kualitasnya tidak begitu bagus.

Jaman dahulu, kalau mau belajar memotret sangat mahal biayanya. Kita harus beli kamera yang tidak murah dan – yang paling penting – biaya operasionalnya yang mahal. Kita harus membeli film dan mencetaknya. Sudah begitu harus menunggu sampai foto dicetak untuk mengetahui bahwa foto kita jelek hasilnya.

Sekarang? Tinggal jepret, jepret, jepret. Tidak suka? Jelek? Tinggal hapus (delete). Selesai. Atau untuk satu obyek bisa kita potret berkali-kali sampai sesuai dengan yang kita inginkan. Proses belajar juga dapat diulang-ulang sebanyak mungkin. Sampai bisa. Jadi semestinya tidak ada alasan lagi bagi yang ingin belajar memotret. Sekarang tinggal tertarik atau tidaknya.

Namun kemampuan asal jepret ini juga membuat proses belajar menjadi agak kacau. Kalau dahulu, kita harus berpikir panjang sebelum memutuskan untuk mengambil foto tersebut. Foto yang diambil mungkin lebih baik karena dipikirkan secara masak-masak. Shoot to kill. Kita hanya diberi kesempatan terbatas untuk memotret ini. Salah? Ya mahal harganya. Jadinya orang yang belajar memotret memang lebih serius.

Itu sebabnya saya tidak belajar memotret dulu-dulu. Mahal. Ha ha ha. Nah sekarang tidak ada alasan lagi ya? Kalau begitu saya mau njepret-njepret dulu ah.

[gloomy tree]

[red]

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

8 responses to “Belajar Memotret

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.741 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: