Kerja Keras

Suatu ketika ada mahasiswa yang ingin mendiskusikan ide proposal sebuah lomba dengan saya. Setelah mendengarkan presentasinya saya melihat masih ada beberapa kelemahan yang dapat diperbaiki. Saya minta dia untuk melakukan survey apakah sudah ada inisiatif serupa dan siapa saja pemain yang menggeluti bidang itu. Nampaknya sang mahasiswa ini belum mengerti. Saya jelaskan kembali. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pencarian di internet. Seharusnya ini lebih mudah dibandingkan jaman dahulu sebelum ada internet.

Sang mahasiswa akhirnya paham dengan yang saya maksud dan mulai berpikir keras karena dia mulai sadar ada banyak hal yang harus dia kerjakan. Dia mulai mempertimbangkan teman-temannya yang tidak ikutan lomba dan dapat berleha-leha dalam liburan ini, sementara dia harus bekerja untuk mencari data yang dimaksudkan. Ya, saya katakan dia harus bekerja keras.

Cara yang paling sederhana dari implementasi kerja keras adalah kerja dengan waktu yang lebih lama. Sering saya tanya kepada mahasiswa, berapa lama Anda tidur seharinya? Kalau Anda tidur lebih lama dari saya maka Anda kurang kerja keras. Ini hanya salah satu ukuran. Bisa juga kita gunakan ukuran kerja keras yang lain, misalnya terkait dengan usaha yang membutuhkan otot yang lebih kekar.

Jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang lain tentu saja usaha kita harus lebih banyak. Atau dengan kata lain, harus bekerja lebih keras. Masalahnya adalah mau atau tidak. Kebanyakan orang jawabannya adalah tidak. Mau hasilnya tapi tidak mau usahanya. Lah bagaimana bisa?

Ada yang kemudian mengusulkan kerja lebih cerdas. Lah kerja lebih keras saja sudah susah dilakukan (dalam artian malas dilakukan), apalagi kerja cerdas. Yang terakhir ini membutuhkan pemikiran. Berpikir itu lebih sukar dari sekedar menggerakan otot atau melakukan sesuatu dalam kurun waktu yang lebih lama – kerja keras. Kalau bisa kerja cerdas memang bagus, tapi saya mengusulkan kerja keras dulu lah yang lebih mudah. Siap?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

14 responses to “Kerja Keras

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.740 pengikut lainnya.

