Berhenti Belajar

Banyak orang yang tidak mau belajar. Mereka merasa sudah tahu semua dan merasa dirinya yang paling benar. Padahal, belajar itu semestinya adalah sebuah perjalanan yang tiada akhir. Sampai ke liang kubur.

Apa yang dapat dipelajari? Ah tentu saja banyak.. Namun yang paling sulit adalah belajar tentang diri sendiri. Melihat kekurangan diri dan kemudian belajar untuk memperbaikinya. Misalnya, apa yang membuat orang tidak suka dengan kita, bagaimana cara kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang, dan seterusnya.

Saya banyak belajar dari orang lain; melalui buku dan cerita tentang perjuangan orang-orang untuk mencapai keberhasilannya (itu untuk orang yang sudah sukses) dan melalui interaksi dengan orang-orang yang ada di sekitar (mengenai tantangan yang harus mereka lalui). Dari situ saya melihat bahwa tidak ada yang mudah. Nothing comes easy. Sayangnya banyak orang yang merasa dirinyalah yang paling susah. hi hi hi. Padahal ada banyak – jutaan – orang lain yang tingkat tantangan yang dihadapinya jauh lebih sulit. Dan mereka tegar dalam menghadapinya.

Kalau yang berhenti belajar adalah orang yang sudah sukses (dengan definisi yang berbeda-beda) mungkin dapat dimengerti, tetapi justru yang banyak berhenti belajar adalah orang yang belum sukses. Mungkin lebih tepatnya mereka menyerah. Padahal belajar itu adalah hal yang semestinya paling mudah ya? Dibandingkan mengajari, coba?

Itulah sebabnya tagline saya adalah …

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

9 responses to “Berhenti Belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.743 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: