Rontok …

Saya baru sadar implikasi atas bubarnya sebuah kelompok usaha yang tadinya banyak memberikan layanan blog gratisan di Indonesia. Tulisan banyak yang hilang tanpa jejak karena tidak sempat di-backup dahulu. (Jadi berpikir. Apakah sebaiknya punya beberapa – setidaknya lebih dari satu – blog untuk tulisan yang sama? Sekedar jaga-jaga kalau rontok juga.)

Sebelumnya  layanan multiply.com menutup bagian dari jurnalnya (blognya). Padahal tadinya saya kira ini yang menjadi daya tarik mereka. Rupanya bukan itu. Selain itu saya juga masih mempunya blog di beberapa tempat, yang mana sekarang sudah tinggal namanya saja. Sedih juga.

Tadi saya membaca ulang tulisan saya tentang perbandingan beberapa penyedia jasa blog. Sebagian besar layanan yang saya ulas tersebut sudah mati (atau menjadi zombie). Baru nyadar betapa cepatnya perubahan di internet.

Lantas saya jadi khawatir, sampai berapa lama wordpress.com dapat memberikan layanan ini? Hadoh.

Tentang Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua tulisan milik Budi Rahardjo

15 responses to “Rontok …

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.596 pengikut lainnya.

