Komputer Baru

Saat ini saya menggunakan komputer pinjaman sebagai desktop komputer saya. Waktunya untuk membeli komputer desktop komputer sendiri. Akhirnya kami kemarin membeli.

Sudah lama saya tidak mengikuti dunia perkomputeran. Saya tidak tahu spesifikasi komputer yang seharusnya saya beli. Saya ingin komputer desktop yang dapat saya gunakan untuk bekerja, utamanya untuk membaca berbagai dokumen, membuat dokumen, membaca email, dan seterusnya. Untuk spesifikasi ini sepertinya komputer apa saja dapat digunakan ya?

Saya sendiri sih inginnya punya Mac yang besar sebagai desktop, tetapi saya tidak terlalu suka dengan cara Apple mengunci sistem operasinya. Kalau sudah tidak didukung, tewaslah. Saya punya Mac mini, yang sudah tidak didukung lagi. Akhirnya Mac mini saya pasangi Debian saja. Itu pun sudah susah sekali. Maksudnya aplikasi yang saya butuhkan juga sudah ketinggalan jaman. Misalnya, Firefox yang saya gunakan sudah kadaluwarsa sehingga setiap mengakses situs web selalu dimarah-marahi karena menggunakan browser yang kadaluwarsa. Apple sangat menarik, tetapi dia hanya bagus untuk satu waktu tertentu dan kemudian harus upgrade.

Pilihan sistem operasi Windows tidak terlalu menarik. Saya tidak terlalu suka dengan desain dari Windows, tapi sebagai container untuk aplikasi saja kan semestinya tidak apa-apa. Ya okelah nanti saya akan minta dipasangkan Windows oleh kampus.

Saya akan pasang Linux saja. Sip.

Hardware? nah itu yang saya masih bertanya-tanya. Akhir saya beli sistem rakitan berbasis AMD A8. Kemarin komputernya diantar ke rumah. Eh, ternyata memorinya salah. Saya minta 8GB tetapi hanya terpasang 2GB. Saya coba pasang Debian dan Linux Mint tetapi nampaknya ethernet card-nya tidak dikenal. Saya lihat di BIOS jenis ethernetnya adalah Atheros. Hanya saya tidak tahu bagaimana menguji jalan atau tidaknya. (Kan komputer ini datang kosong tanpa OS. Saya hanya bisa menguji via BIOS-nya saja.) Nampaknya hari ini saya harus ke tokonya lagi. Wah bolak balik begini.

Singkatnya … saya masih belum punya komputer baru.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

3 responses to “Komputer Baru

  • Titik Asa

    Repot juga kalau berbagai opsi memiliki komputer seperti ini. Saya pribadi pilih yang simple saja. Ke toko kmputer, beli laptop yang murah saja. Yg dual core juga sudah cukup. Minta diinstal windows 7, tanpa biaya tambahan, mungkin windowsnya bajakan pula. Beres. Simple. Begitu saja saya mah Pa.
    Salam,

  • mpig

    Aneh juga kartu jaringan tidak terdeteksi di Linux. Jangan-jangan memang sudah rusak.

    Memang beli komputernya lewat internet, pak?

  • muslim

    pakai livecd distro GNU/Linux terbaru pak,trus dicek

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.770 pengikut lainnya.

