Kesulitan Menjalankan Startup

Kemarin saya memberikan presentasi di @America, Pacific Place, sebagai bagian dari pembukaan acara the Founder Institute (FI). (Paginya ngajar dulu. Selesai ngajar langsung menuju Jakarta ke acara ini.) Saya memberikan presentasi mengenai “Where Do Ideas Come From.” (Inti / kerangka dari materi presentasi akan saya postingkan. Ini masih kejar tayang kerjaan-kerjaan lain dahulu.)

BR at FI

[Foto diambil oleh Kuncoro]

Setelah saya memberikan presentasi, ada talk show dengan menampilkan beberapa lulusan FI dan juga ada dua orang founders dari startup yang bukan lulusan FI. Di akhir talk show ada tanya jawab. Salah satu pertanyaan yang diajukan kepada para founders ini adalah apa yang paling sulit dalam menjalankan atau membangun startup mereka. Jawabannya hampir sama, yaitu berkisar kepada “finding the right team – with the same vision and values”, sumber daya manusia. Pengalaman saya juga demikian.

Masalah SDM ini merupakan masalah umum yang dihadapi startup. Masalahnya adalah startup masih perusahaan yang baru berdiri (bahkan kadang belum ada badan hukumnya). Mereka tidak punya uang untuk menggaji karyawan yang bagus-bagus. Karyawan yang bagus-bagus ini tentunya mendapat tawaran di tempat-tempat yang lebih menjanjikan secara finansial. Stock option juga tidak dikenal di Indonesia. Yang dapat dilakukan oleh para startup ini adalah menjual visi (mimpi?) bersama.

Sementara itu, bagi yang belum memulai usaha, yang sering dipermasalahkan adalah mencari funding. Memang benar dalam mencari funding itu tidak mudah, tetapi dia bukan masalah yang utama. Selain masalah SDM, masalah cash flow juga merupakan salah satu pembunuh startup. Ini cerita di lain kesempatan.

Sebenarnya masih banyak oleh-oleh lain dari acara kemarin, tetapi cukup sekian dulu. Supaya tidak bosan juga :)

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

3 responses to “Kesulitan Menjalankan Startup

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.828 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: