Kurang Isi Berbahasa Indonesia

Banyak orang ingin membuat portal berita, forum, milis (mailing list), blog, dan seterusnya. Setelah mereka buat ternyata sepi pengunjung. Mereka lupa bahwa yang membuat sebuah tempat hidup adalah adanya interaksi atau isi (content). Bahwa menyediakan tempat saja itu tidak cukup.

Bayangkan kalau kita membuat sebuah toko, katakanlah toko buku, yang isinya itu-itu saja. Tidak berubah selama berbulan-bulan. Pasti toko ini hanya ramai di awalnya saja. Setelah itu orang tidak mau berkunjung kembali. Untuk apa? Toh akan tetap seperti itu-itu saja. Tidak ada yang baru.

Hal serupa juga terjadi di dunia digital. Orang akan malas datang ke blog | portal | situs kita jika tidak ada yang baru. Apa artinya ini? Artinya adalah kita harus rajin mengisi dengan cara menulis.

Saya mengikuti beberapa milis. Kebanyakan mati. Milis yang hidup adalah milis yang memiliki orang yang rajin untuk menulis. Jika tidak ada yang berdiskusi, maka dia mengisi.

Sekarang kita bicara soal tulisan yang original atau tidak. Kebanyakan orang sekarang lebih senang melakukan repost | retwit | copy-paste tulisan. Ini sangat tidak menarik. Pasalnya orang sudah mendapatkan isi tersebut dari tempat lain. Akan muak dia kalau melihat tulisan yang sama di tempat kita juga. Maka dari itu, tulisan orisinal (biarpun lebih buruk dari segi kualitas) lebih menarik daripada repost.

Percayalah.

Lihat saja tulisan ini. Dari segi isi dan tulisan rasanya tidak ada hebat-hebatnya, tetapi yang menarik adalah … orisinal (dan tidak main stream). Orang tidak bosan. Meskipun bisa jadi tidak menarik juga. he he he.

Sebenarnya saya ingin membuat masterpiece. Tidak sekedar hanya membuat tulisan saja. Untuk membuat masterpiece nampaknya harus dimulai dari membuat yang biasa-biasa saja dahulu.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

16 responses to “Kurang Isi Berbahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.769 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: