Handphone Baru, Masalah Lama

Saya sedang dalam proses ganti handphone baru. Handphone lama, yang notabene adalah Nokia murah meriah (dan tidak bisa 3G – itu alasan gantinya) akan saya ganti dengan LG yang berbasis Android. Masalah lama kambuh lagi, phonebook!

Bagaimana cara terbaik memindahkan phonebook dari handphone lama ke handphone baru?

Ada orang yang menggunakan Google untuk sinkronisasi address book dengan handphone yang berbasis Android. Saya tidak mau melakukan demikian karena data di akun Google saya ribuan (belasan ribuan?). Bakalan jebol kalau saya sync hape saya dengan Google.

Kenapa tidak ada yang buat program sederhana, transfer semua phonebook via bluetooth, misalnya?

Jadi untuk sementara ini saya memulai dengan phonebook yang kosong. Kalau kirim SMS, sebutkan identitasnya ya.

Tentang Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua tulisan milik Budi Rahardjo

12 responses to “Handphone Baru, Masalah Lama

  • kharisma muchammad

    HP sonyerricson saya yang K530i bisa kok transfer phonebook via bluetooth ke hp SonyErricson W8. kalo mau ganti telepon kalo bisa yang mereknya sama biar protokol sinkronisasinta sama.

  • dora

    Cara 1: Transfer lewat bluetooth bisa pakai vcard atau vcf, kalau kedua handphone support. Kalau android tidak support vcard/vcf, bisa diimport di phonebook gmail dulu (bikin gmail kalau perlu), baru synchronize ke android.

    Cara 2: Simpan phonebook di simcard (kalau cukup memorynya)

  • Antyo R.

    Iya, transfer kontak ke ponsel baru via bluetooth. Kl sim card cukup akan lbh praktis. Untuk sinkronisasi dengan layanan Google saya bikin akun Gmail baru khusus bua google apps dan lainnya, trmsk nomor telepon. Gak buat komunikasi. :-)

    Dulu pada zaman Symbian, semua nomor telepon saya masukkan ke Contacts-nya Microsoft, bukan Contacts-nya Office, lalu saya sinkronkan ke Plaxo.com. Ketika saya ganti handset, tinggal impor dan sinkronisasi.

  • Heri Purnomo

    Saya juga pernah mengalami kegagalan transfer phonebook dari Android. waduhh.. banyak temen2 lama hilang jejak, karena saya pikir bisa export ke file address phonebook, ternyata gak semua keeksport.
    smg ada yg bisa buat aplikasi utk transfer data ini, yg jelas sy gak bisa dan nunggu saja para programmer genius :)

  • zainalarif

    Ada cara mudah kok pak. Simpan saja semua kontak di nokia ke microsd (kalo saya defaultnya disimpan di microsd). Nah microsd nya sekarang colokkan ke hp android. Di menu contact-nya ada pilihan import contact from sd card. Nanti microsd nya akan discan seluruhnya (kita tidak perlu tahu dimana path tempat nokia menyimpannya). Scan ini mencari data kontak yang tersimpan dalam format vcard yang memang sudah lazim digunakan.

    Gampang kan.. (*^^)v

  • dudi

    intinya dari phonebook lama harus di export jadi vcf dulu, Transfer ke androidnya ada banyak cara.

  • jarwadi MJ (@jarwadi)

    buat akun google yang sekali pakai buat sync contact, ah ini sama repot ding, hehe

  • juragan.sipil

    akhirnya.. nemu alasan untuk ga ganti hape… :D

  • sigitp

    kalo saya sync ke iCloud & Google

    cukup yakin kalo itu secure, jadi gak masalah, bisa gonta ganti handset tanpa pusing hilang kontak

    saya heran masih aja ada teman yang status/tweetnya: hp lama rusak, hilang kontak, sms ya nomer nya… or ganti hp, hilang kontak sms ya kontak nya :D

    Google cukup aman ah Pak Bud, icloud juga….

  • mumox

    sy blum pake Android, ternyata repot yah sinkronisasi kontak.. Kalau dari nokia ke nokia sih bisa pak.. Apa kabar Nokia N8?

  • lilis christanti

    padahal saya kepengen banget sama hp android ternyata susah juga,,, gak jadi beli hehhhee

  • wongblenger

    Saya punya 1 nokia, ini cuma buat telp2 sms doang,phonebooknya ya banyaak .. lalu ada 1 android,phonebooknya cuma org2 terdekat aja,ini buat kerja,email,twitteran,fisbukan,yg ptg gak bakal keganggu ama telpon2an atau sms2an,eh tapi malah keseringan wechat,line,whatsup hehehe …
    Pernah kepikir mau mindahin phonebook nokia ke android, tapi stelah berpikir panjaang, gak jadi, krn ya itu tadi, nokia memang hp buat sejuta umat, android ya buat yg bisa dibikin enjoy aja ..
    *imho* …

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.596 pengikut lainnya.

