Kemampuan Bertanya

Kemarin ngobrol dengan anak dan topiknya beralih kepada persepsi. Terus anak saya bilang bahwa yang membedakan manusia dengan monyet adalah manusia bertanya, sementara monyet tidak. he he he. Wah ini pernyataan yang bagus.

Kalau kita perhatikan memang kemampuan bertanya kita ini agak rendah. Adalah yang mengaitkan ini dengan kultur orang Timur (Asia) yang malu bertanya dibandingkan dengan kawannya yang berasal dari Barat. Ada juga yang mengatakan bahwa kita ini takut salah (tetapi anehnya tidak mau bertanya). Boleh jadi ini benar, tetapi menurut saya memang kemampuan bertanya kita agar rendah.

Kemampuan bertanya juga tidak muncul secara tiba-tiba. Dia harus diajarkan dan diasah. Sama dengan kemampuan menulis yang tidak muncul secara tiba-tiba juga. Kita mulai dari yang sederhana dahulu kemudian meningkat ke yang lebih sulit. Kalau tidak diajarkan, kemampuan ini akan hilang.

glasbergen-tech-support

Perhatikan kalau orang Indonesia bertanya. Terlalu banyak pengantarnya; “… seperti kita ketahui … ” (dan 10 menit kemudian, pertanyaannya belum muncul juga – he he he). Apakah Anda juga demikian?

Hal terkait adalah ada banyak pimpinan yang mengambil keputusan tanpa bertanya dahulu. Mungkin mereka merasa sudah tahu semua? Atau mereka malu bertanya? Atau, memang mereka tidak tahu cara bertanya?

Hari ini saya mau mengajarkan bertanya ah di kelas. See you in class.

About these ads

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

19 responses to “Kemampuan Bertanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.742 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: