Koleksi kaset saya cukup banyak (lebih dari 500 kaset) dan sudah mulai berjamur. Maklum, koleksi kaset ini saya mulai sejak masih SMP. Lagu-lagu di kaset tersebut sudah tidak dapat lagi diperoleh di toko. Padahal lagu-lagunya sangat bagus! Jadi terpaksa saya konversikan ke MP3.

Konversi dari kaset ke MP3 saya lakukan dengan menggunakan sebuah tape (cassette player) dimana line out dari tape player tersebut dihubungkan dengan line in dari sound card. (Nampaknya harus saya gambarkan.)

Kemudian saya menggunakan program audacity (great program!) untuk merekam dan mengkonversikannya ke MP3. Ini program gratis yang dapat digunakan di Windows, Linux, dan Mac. Dia dapat merekam masukan dari line-in sound card ke hardisk. Format berkasnya bisa bermacam-macam, termasuk MP3 (meskipun harus nambah berkas lame encoder yang harus didownload tersendiri.) Kemudian nanti bisa dilakukan post processing, seperti menaikkan volume, menghilangkan noise (tapi kurang sip), dan prosesing lainnya lagi.

Sayangnya saya harus sering-sering membersihkan head dari tape player saya karena kotoran yang ada di tape dari kaset yang saya miliki tersebut. Maklum sudah jamuran.

Nah, kemarin ketika membaca majalan IEEE Spectrum saya menemukan iklan PlusDeck2, yaitu sebuah alat untuk mengubah audio kaset ke MP3. Alat ini ukurannya sebesar CD-ROM di komputer anda dan dimasukkan ke dalam bay untuk CD-ROM tersebut. Menarik. Informasi mengenai PlusDeck tersebut (termasuk gambarnya) bisa dilihat di sini:

http://plusdeck.com/englishsite/product_01.html