Hasil dari Konvensi SKKNI Jarkom, Adminsis, Duknis

Sesuai dengan pemberitahuan sebelumnya, tadi pagi (Rabu, 1 Februari 2006) dilangsungkan Konvensi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk bidang “Jaringan Komputer & Sistem Administrasi” dan “Computer Technical Support.”

Konvensi menerima rancangan standar tersebut dengan beberapa masukan. Pada akhir konvensi, SKKNI tersebut diserahkan kepada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Beberapa masukan yang sempat saya ingat (karena catatan saya entah ada dimana dan copy buku SKKNI saya ada yang mengambil), antara lain:

  • Ada terlalu banyak unit kompetensi. Apakah semuanya harus diuji satu persatu atau menjadi bagian dari sebuah “paket”?
  • Perlu memperhatikan masalah biaya agar sertifikasi ini akhirnya tidak menjadi lebih mahal daripada sertifikasi (perusahaan/vendor) yang internasional.
  • Judul dan istilah sebaiknya menggunakan Bahasa Indonesia. Sebagai contoh, istilah “sistem administrasi” berasal dari terjemahan “system administration“. Terjemahan yang benar seharusnya adalah “administrasi sistem komputer.” Demikian pula “computer technical support” harus dicarikan kata-kata yang pas. Sementara ini usulan yang menurut saya paling pas (setelah mendapat beberapa masukan dari peserta) adalah “Dukungan Teknis Sistem Komputer.”
  • Ada beberapa kesalahan penulisan (typographical errors).

Peserta juga mengusulkan adanya forum diskusi (milis, web) untuk membahas masalah ini lebih lanjut sehingga tidak hanya sekedar formalitas saja. Saya akan buatkan milis di yahoogroups atau googlegroups. Ada usulan nama?

Jika ada hal-hal lain yang terlewatkan, mohon saya diberitahu. Saya ketikkan apa adanya sebelum saya lupa. Demikian pula jika ada yang punya foto, saya minta. Saya ingin buatkan halaman untuk hal ini.

Informasi mengenai hal-hal yang terkait akan saya tambahkan (lekatkan) di tempat dokumen saya di http://budi.insan.co.id/docs.html. Demikian laporan singkat dari saya.

Iklan

5 pemikiran pada “Hasil dari Konvensi SKKNI Jarkom, Adminsis, Duknis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s