Mahasiswa Wajib Punya Blog

Di kuliah Konsep Teknologi yang saya ajarkan, saya mewajibkan mahasiswa untuk menulis. Semester lalu saya mewajibkan mahasiswa untuk membuat buku diary, tapi ternyata penggunaannya tidak efektif. Hanya beberapa halaman dari buku saja yang terisi dengan tulisan. Sayang sekali. Boros buku. Nah, kali ini saya mewajibkan mahasiswa saya memiliki blog.

Daftar blog mahasiswa saya ada di sini:

http://budi.insan.co.id/courses/kontek/blog-mhs.html

Tujuan saya mengharuskan mereka menulis adalah agar mereka terbiasa dalam menulis, atau lebih umum lagi agar mereka belajar berkomunikasi. Salah satu tugas dari seorang engineer adalah berkomunikasi. Kalau tidak dipelajari maka di kemudian hari mereka akan menyesal. Lebih baik sekarang mencoba bereksperimen daripada nanti kalau sudah lulus. Ya nggak?

Iklan

81 pemikiran pada “Mahasiswa Wajib Punya Blog

  1. Hidup emang susah yah pak, kewajiban makin banyak. Sampai ngeblog juga jadi kewajiban. πŸ™‚ Menurut saya, sebaiknya dikurangi hal2 yang “wajib”. Bukan begitu, Pak?

  2. Agreed, jadi Engineer kalo tidak bisa bikin status report ataupun documentation, kerjaan tidak akan scalable. Hanya akan bisa handle type pekerjaan yg one man show, one man user πŸ˜€

  3. Saya setuju dgn pak Budi, ngeblog untuk melatih mahasiswa berkomunikasi. Btw kalau utk anggota DPR perlu dikenakan wajib ngeblog gak ya?
    ya biar para anggota DPR juga bisa berkomunikasi dgn konstituennya, sekaligus memberikan pertanggungjawaban publik.

  4. Ah.. masak nge-blog aja sampai harus dijadikan tugas sih, Pak? Sebegitu kuper kah mahasiswa ITB?

    Sepakat ama dendy.. jangan2 malah rajin nge-blog dan jadi deadliner semua dalam mengerjakan tugas (kayak saya.. lagi di lab mengerjakan tugas dengan deadline besok.. hiks 😦 )

  5. Penggunaan blog merupakan alternatif yang memudahkan bagi saya. Soalnya, tahun lalu mahasiswa menggunakan buku. Kebayang nggak saya harus bawa buku satu tumpuk setiap kali mahasiswa menyerahkan tugas. Mana tahun lalu ada 2 jenis tugas sehingga masing-masing mahasiswa numpuk 2 buku!

    Tahun ini hanya ada 1 buku tugas individu (yang sekarang numpuk di kantor saya). Kemarin mau saya bawa pulang, tapi sudah mual dulu melihatnya. He he he. Kalau pakai blog, bisa saya periksa dari rumah seperti saat ini.

    Ada satu masalah dengan blog yaitu mahasiswa tidak bisa menuliskan hal yang bukan untuk konsumsi publik. Kalau dengan buku, bisa hanya mahasiswa dan saya saja yang memiliki akses. (Secara teknis bisa saja membuat halaman yang terbatas aksesnya, tapi ini malah membebani mahasiswa untuk melakukan setupnya.)

  6. saya rasa model membuat blog ini bagus juga jadi si mahasiswa bakal dapat banyak masukkan dari org2 yg membacanya. jadi dia ga melakukan sesuatu yg satu arah tapi ada komunikasi 2 arah yg dihasilkan. gak terbatas hanya di lingkungan org2 yg ikut kontek n dosen2nya.

  7. Tahun 96-an saya mewajibkan mahasiswa punya akses di BBS :-). Jaman segitu pak Putu Deperindag masih jadi Admin BBS Deperindag. Biar mahasiswa, minimal tahu yang namanya MODEM. Catatan saya juga hanya saya berikan di BBS mereka harus download.

    Tahun segitu juga saya mewajibkan mahasiswa menulis artikel, bukan cuma tugas disain atau programming. WAJIB artinya kalau tidak mengumpulkan dapat nilai nol.

    Hasilnya memuaskan. Banyak yang merasa berterima kasih karena saat itu diwajibkan.

    Mungkin tahun depan mewajibkan mahasiswa punya proyek di Sourceforge atau sejenisnya ke ke ke ke ke

  8. Ide yang bagus sekali untuk mewajibkan mahasiswa menulis blog. Tujuannya untuk melatih mahasiswa menulis atau memperkenalkan mahasiswa dengan teknologi blog? Soalnya saya lihat kok isinya hampir semua seragam, “Kode Etik IEEE”. Emang ada beberapa yang nulis topik2 lain.

  9. Ide yang bagus, mas. Seomga sukses.

    Di sini ada beberapa dosen yang bereksperimen dengan social software dimana tiap murid me-review tulisan rekan sekelasnya. Jadinya dibuat suasana peer-review model.

    Salah satu ekperimen lainnya adalah e-portfolio, dimana murid2 mencantumkan tugas-tugas apa saja yang telah mereka kerjakan dan menulis executive summary dari hasil tugas tersebut.

  10. Wah ide yg sangat bagus, lebih bagus lagi didukung dengan koneksi internet yang murah 24 jam dari rumah masing2…hmm indahnya πŸ˜€ mudah2an target BRTI untuk memurahkan akses internet buat para user bisa tercapai…

  11. Awal yang bagus pak πŸ˜‰
    btw kalau bisa ngak hanya mahasiswanya pak, semua dosen juga wajib punya blog πŸ˜€
    Semoga dosen saya juga ada yang berbuat demikian [mewajibkan mahasiswa punya blog]. Karena hal tersebut memang penting sekali.
    Bagi saya sendiri yang juga masih mahasiswa merasakan beberapa manfaat dari nge-blog, yang antara lain :
    1. Latihan menulis.
    2. Aktualisasi diri.
    3. Tambah temen.
    4. Publikasi diri [buat kaum narsis πŸ˜‰ ]
    5. de el el

  12. yang jadi masalah itu tidak semua orang punya bakat nulis. Dari pengalaman saya , banyak orang yang gak minat sama sekali untuk nulis di blog. jadi kalau sampai mewajibkan mahasiswa anda untuk punya blog, apa gak terlalu memaksakan kehendak??

  13. terkadang untuk belajar menulis blog, harus sedikit ‘dipaksakan’. Coba dari dulu Pak Budi mengajar mata kuliah Kontek (Konsep Teknologi), mungkin dari dulu saya juga punya Blog πŸ™‚

  14. pada prinsipnya sih.. tujuan untuk membuat blog itu untuk belajar menulis…
    kalau pun belum bisa bagaimana menulis blog, minimal membiasakan untuk menulis apa saja..
    tahu tidak.. menulis itu sebenarnya susah lho…
    kalau nggak dibiasakan dari awal, tetep tulisan yang dibuat tidak akan mengena..
    contoh gampang aja… di tempatku.. mahasiswa wajib (dan emang wajib sih) membuat laporan setelah praktikum. Aku sudah kasih batasan yang mudah.. tinggal tulisa aja apa yang mahasiswa laksanakan selama praktikum.. mau mengungkapkan kebingunan lah, mau menulis tentang perasaan dapat ilmu baru lah.. nggak masalah.. aku nggak menuntut mereka untuk menulis yang teknis sesuai teori..
    tujuannya aku buat model ini, agar mahasiswa itu bisa mereview ulang ap ayang sudah dialaminya…
    eh.. ternyata walau setelah berjalan lama.. tetep aja kebanyakan mahasiswa hanya memindahkan tulisan di modul praktikum ke laporannya..
    kalau tulisan macam itu sih.. itu bukan tulisan yang aku cari… πŸ™‚

  15. saya setuju ama pak budi agar mahasiswa mulai dilatih untuk menulis dan mengutarakan pendapat. lha, di kelas aja jarang ada yang nanya. mahasiswa tidak bertanya apa karena sudah mengerti, atau karena gak berani berkomunikasi? terus setuju ama bung dedhi, engineer mesti scalable, jangan one man one show.

    mengutip dr kata temen
    PERADABAN BESAR BERAWAL DARI BUDAYA MENULIS

    sayang orang indonesia masih belum semuanya suka menulis. wong, yang belum bisa baca aja masih banyak apalagi menulis.

  16. Hebat-hebat mahasiswa bapak!
    Ada yg menulis tentang komputer, ada yg menulis tentang klakson di Thailand, ada reportase konser, ada yang menyamakan menulis blog dgn aktifitas jurnalisme (aneh! brarti ini org gak nyimak kuliah bpk πŸ˜€ ) ada yang isi blognya cuman 2 kalimat, ada juga yang kriminal tuh pak: kabur dari razia polisi hehehehhehehe….

  17. Menarik sekali… memang punya blog itu saya rasa bagus sekali, melatih kemampuan komunikasi secara tertulis, menganalisa dan juga berlatih mengajukan argumen.. Good idea tuh, mahasiswa harus punya blog !!

    Sukses selalu

  18. Untuk Anggara, kenapa ngeblog mesti disuruh? Karena kalau nggak disuruh, nggak ngeblog!

    Sebetulnya blog hanya media saja. Yang lebih penting bagi saya adalah mereka MENULIS.

  19. menulis blog memang baik, tapi saya kurang setuju dengan blog yang hanya di isi layaknya buku harian atau diary pribadi, dengan isi yang hanya dimengerti maksudnya oleh penulisnya saja. saya banyak menjumpai blog yang demikian…..

  20. seo,ppc, i sell qualitative seo the traffic, to buy the search traffic, to buy the traffic, traffic, i sell the traffic, i sell the search
    traffic, the search traffic, where to buy the search traffic, i shall buy the search traffic, sale seo the traffic. traffic

  21. Ya kalau enggak dipaksa Mahasiswa kita di kost cuman main gitar Pak.
    OK banget idenya Pak….Biar mereka tahu bahwa dunia sekarang ini udah berubah harus melek Teknologi Informasi….Siiplah

  22. Betul pak, mahasiswa harus punya blog. Namun blog akan mangkrak dan tidak terawat ketika pemiliknya tidak rajin menulis. Nah, bagaimana bisa menulis kalau tidak pernah membaca. gitu kan. padahal membaca dan menulis bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan.

  23. Sependapat dengan ide pak Budi, bahkan menurut saya akan lebih baik jika tak hanya mahasiswa yg wajib punya blog tapi juga masyarakat umum yg melek internet. Simpel aja alasannya, untuk menjaga otak kita agar tidak ‘polos’ seperti Bart Simpson πŸ˜‰

  24. Apapun komentar pembaca terserah, saya hanya berpendapat bahwa KAMMI mesti tetap menjaga posisi sebagai pemimpin gerakan mahasiswa, baik di level lokal maupun nasional.
    Selanjutnya, Indonesia mesti menjadi salah satu fokus yang mesti dibicarakan. Indonesia perlu ditata kembali. Indonesia mesti jalan dengan kakinya sendiri: kaki rakyat, kaki mahasiswa dan pejuang jalanan and……

    Bagaimana caranya, baca saja buku yang segera terbit berikut ini:

    Dakwah KAMMI di Bumi Gora (Selayang Pandang Gerakan Pemuda),
    Penulis: Mawardi Khairi (Ketua KAMMI Daerah NTB),
    Kata Pengantar: TGH. Zainul Majdi (Gubernur NTB,Gubernur Termuda di Seluruh Indonesia)
    Penerbit: Tinta Sejarah Publishing Bandung
    Cp. 085 320 230 299
    Email: tintasejarah@gmail.com

    Cp. 085 320 230 299

  25. waaah ini baru bener,,
    saya aja punya 4 blog,
    blog sekarang udah jadi hal yang penting banged buat saya, rasanya berat sehari gak nulis walau pun copas, dalam sehari..

  26. Sepakat sama, bapak πŸ™‚
    Saya merasa blogging itu seperti latian buat menulis karya tulis apapun seperti cerpen, essay, jurnal dsb. Jadi kalau suatu saat mau bikin jurnal ngga bingung wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s