Makin Banyak Blog Indonesia Yang Bagus

Sekarang sedang musim adanya top 10 atau top 100 blogger Indonesia. Yang menarik bagi saya adalah blog-blog saya tidak ada yang masuk nominasi. Horeee!!!

Lho kok sorak bukannya bersedih? Harus sorak gembira karena ini tandanya bahwa blog sudah mulai diterima di Indonesia dan sudah banyak blog yang bagus-bagus. Ini penting! Dahulu blog saya masuk ke dalam top-something karena belum banyak blog sehingga blog yang ala kadarnya ini masuk ke dalam nominasi. Sekarang untuk masuk ke dalam nominasi harus memiliki sesuatu yang bagus, tidak sekedar menulis saja. Bahkan sekarang desain dari blognya pun mulai bagus-bagus. Saya malas mendesain blog saya. he he he. Soalnya nanti kalau keenakan utak-atik desain, malah isinya nggak diperbaiki.

Kembali ke poin bahwa semakin banyak penulis blog dari Indonesia, saya berharap bahwa ini bisa membuat perubahan kultur di Indonesia; dari verbal ke tulisan (teks?). Eh, saya tidak tahu apakah ini baik atau buruk. Atau, mungkin bukan baik atau buruk tapi beda saja? (Welah kok jadi ngaco gini. Maklum sudah malam dan masih capek sisa jalan dari Singapura – Batam – Jakarta – Bandung. Anyway …)

Di sisi lain saya mulai senang dengan blog ini karena jumlah pengunjungnya sudah cukup banyak (bervariasi dari 200 sampai di atas 1000/hari). Artinya, blog ini dikunjungi orang secara berkala (kala ingat, kala tidak? hi hi hi). Artinya, tidak percuma saya menulis. (Meskipun saya tidak tahu apa yang menjadi minat orang terhadap blog saya ini.) Saya akan lebih giat menulis dengan lebih banyak lagi. Mudah-mudahan mutunya meningkat, tapi ini bukan janji (gombal) tahun 2007 lho.

Ke topik blog Indonesia terbaik. Mana blog yang terbaik menurut Anda? Dan, apa kriteria Anda (mengapa blog tersebut yang terbaik)? Nah, ini jadi polling blog terbaik menurut pengunjung blognya BR 😀 ha ha ha

88 pemikiran pada “Makin Banyak Blog Indonesia Yang Bagus

  1. Pak Budi saya sependapat dengan bapak bahwa blog sudah mulai diterima di Indonesia dan sudah banyak blog yang bagus-bagus. Bagi saya, suatu blog dianggap bagus jika setidaknya memiliki beberapa hal seperti:
    1. selalu diupdate setiap hari, walau tidak harus memuat tulisan yang serius, cukup yang ringan-ringan tapi menarik.
    2. tulisan bersifat inspiratif dan informatif dengan info yang relatif baru.

    Dengan dua hal itu saja bagi saya sebuah blog sudah baik. Saya sendiri sangat iri karena tidak bisa melakukan hal seperti itu. Dengan alasan sibuk, lalu enggak bisa mengupdate blog setiap hari. Padahal Pak Budi dan blogger lainnya banyak yang jauh lebih sibuk tapi tetap bisa update blog tiap hari dengan berbagai ide-idenya. Salam Pak Budi, selamat tahun baru 2007, sukses selalu untuk kita semua.

  2. Posting ini bagus pak. Santai dan menyenangkan, sepertinya habis dapet bonus tahun baru ya :-).

    Soal Top Ten atau Top 100 blog di Indonesia, jika perlu kita bikin sendiri aza pak. Kan bisa menghibur kalau gak masuk ditempat lain, hehehe…

    Menurut saya, blog bapak bisa disebut terbaik, atau paling tidak terbanyak (sampai susyah hapal-in URL-nya)

  3. menurut saya sih, blognya om kuncoro tuh.. bagus. Sama NdoroKakung dan masih banyak lagi..
    kalau terbaik sih.. mungkin masalah selera ya,pak?
    yang pasti sih blog yang baik itu blog yang informatif dan mudah dicerna. mau isinya tutorial, puisi, cerita sehari-hari asalkan informatif dan mudah dicerna pastinya baik tuh.
    nulis terus pak!
    saya langganan feednya lhoo.. 😀

  4. blog BR yang terbaik…
    ilmu yang disampaikan diselingi dengan kehidupan berita sehari-hari yang bersahaja, tidak dibuat buat!

  5. saya mah ngeblog cuma pengen nulis aja, bukan berusaha menjadi blog yang baik. apa yang saya pengen tulis, ya itu yang saya tulis di blog

  6. Blog yang baik pasti sering di update sehingga isinya up to date dan banyak diminati karena “kualitas” posting yang baik. Sedangkan yang penting dari desain adalah kemudahan membaca dan menelusuri blog. Saya juga belum merasa bisa membuat blog yang baik dilihat dari jumlah pengunjungnya.. 😐

  7. Saya adalah pengunjung setia blog Bapak. Isinya enak dibaca. Ringan dan santai. Yang terpenting adalah NETRAL. Soalnya banyak blog yang TIDAK-NETRAL. Walau pun artikelnya bagus, tapi nyesek bacanya. Banyak juga yg provokatif (termasuk blog saya. Hehehe…)

    Salam.

  8. kalo udah seperti itu (200 s/d 1000 pengunjung/hari) artinya pak budi udah jadi Seleb Blog.

    makan2 + minta tanda tangan kalo gitu hehehehe

    salam

  9. saya masih belum percaya dengan artikel ini.
    saya harus nanya dulu sama ‘pakar multimedia telematika blablabla’, hi roy 🙂

  10. Weh ladhalah… gak usah ada pak yg top-top-an itu… ndak berebut nanti. Biar saja semuanya berjalan apa adanya, agar tidak minder yang baru-baru ngeblog seperti saya ini. Lah wong blajar nulis saja maksa diri je.

  11. kalau menurut bapak sendiri, blog yang bagus itu seperti apa ? kalau bagi saya, yang penting waktu dibaca nggak bikin sakit mata, itu sudah termasuk bagus 🙂

  12. piye yo…blog buat saya bukan masalah bagus/nggak menurut orang lain. blog menurut saya adalah buat menyuarakan isi hati saya yang (agak) radikal, yg nggak bisa saya teriakkan di alam nyata…hehehe

  13. bagus itu relatip tergantung selera, kriteria menurut saya dewe bukan kalian loh: cepet loading nya [paker benwit neh] design keren [keren juga relatip] didats.net tuh design yg edan, isinya tidak copy paste-an terus, lebih fakta [yah gak terlalu bohong lah], dan tulisannya gak panjang2 amat [kalau terlalu panjang malah males bacanya, biling jalan terus man], apalagi lagi yah.
    yg saya heran samapai saat ini saya belum mampu untuk kriteria yang saya maksud :))

  14. Pak Budi sendiri tidak tahu mengapa orang tertarik untuk berkunjung ke blog Pak Budi. Saya kasih info dikit, karena Pak Budi sudah terkenal sebagai pakar internet (katakanlah begitu) dan bukan pakar telemedia yang mengatakan blog itu tidak bertanggung jawab. Karena Pak Budi pakar internet yang punya blog, maka sesama penulis blog rame-ramelah berkunjung ke sini. Hehehe… tentunya itu ngawur.

    Sohib saya Romi IlmuKomputer.com blognya juga rame banget tuh! Tentunya, dibanding dia yang memiliki kepakaran tertentu, saya tidak ada apa-apanya.

    Kesamaan Pak Budi dan Romi adalah sama-sama pakar di bidang TIK tetapi punya blog. Bukan pakar telematika tapi anti blog.

    Hidup blog!!!!

  15. Siapapun pemilik blog. Bagi saya, menambah wawasan dan semakin menyadari bahwa semua orang berbeda. Hanya saja tidak cukup waktu untuk mengunjungi semua blog. Dan perbedaan itu indah. Budaya menulis melahirkan budaya membaca. Membaca memperluas pengetahuan. Semoga teknologi yang ada mendatangkan manfaat bagi kita semua. Bukan malah mudarat. Tetap semangat.

  16. Thanks om Kombor. Saya sendiri masih belajar nulis. Masih kalah sama mas BR, lha waktu beliau ini nulis buku Unix waktu di Kanada saya baru lulus SMA hehehehe. Aku pesen buku mas BR lho, jauh-jauh dari Saitama Univ, Jepang …kekeke

  17. Kalo saya sih sudah pernah buat blog di berbagai website penyedia layanan blog, tapi gak pernah ada yang baca (T.T). Akhirnya saya membuat blog di friendster, soalnya preview dari tulisan2 kita langsung ditampilkan di halaman profile teman2 friendster kita. So, jika kita punya 100 friend, maka blog kita berpotensi untuk dibaca oleh ke-100 orang tersebut, it’s so fun. Tapi blog friendster yg versi free dipenuhi sama ads, tampilannya jadi jelek… 😦

  18. Blog yang bagus, adalah yang penuh…. (jadi inget pak Tino Sidin).
    Saya sih punya blog biar bisa nulis yang ngganjel di hati, ngga kesalur ke mana-mana. Ketimbang di diary, ntar malu kalo ketahuan sama istri (halah! di blog malah banyakan yg nemu…)
    Juga ga diupdate tiap hari… kalo sempat aja, kalo ada sisa waktu…

  19. Ya saya setuju kalo blog Indonesia sekarang bagus-bagus. Aku jadi bisa belajar banyak dari bloger-bloger hebat itu. Tapi kalo pertama mbaca blog-blog keren itu aku pasti bertanya kediriku sendiri: “kok bisa ya mbikin blog yang keren abis gini?”. Tapi aku lihat biasanya blog-blog keren ditulis orang yang lebih tua dari saya, yang punya pengalaman, dan punya pengetahuan sehingga tulisannya bermutu tinggi. I hope I can do that too in the future.

  20. alhamdulilah klo blog indonesia dah mulai di lirik. Sering2 deh gw isi komentar. penting loh.itung2 exchange link .heheheeh.
    yup bos bejuang bersama biar blognya masuk 1000 besar

  21. Tapi belum banyak yang mengenal blok di Indonesia,buktinya ditempat saya bekerja. yang sudah tau blok ya saya sendiri 100 orang yg lain belum tuh. Tapi ntar aku akan kasih tau deh.

    Saya sangat tertarik dengan tulisan Pak Budi Raharjo,

  22. banyak blog yang bagus pertanda banyak orang suka beramal, karena tidak banyak orang yang mau berbagi ilmunya di dalam blog yang gratisan. sukses buat para bloger. salam

  23. 4 kategori yang saya liat dari blog yang ramai dan bisa di nominasikan menjadi top 10
    1. blog yang shoutboxnya penuh, mereka ngeblog untuk saling bersilaturahmi, jadinya banyak yang ngunjungi
    2. blog yang komentarnya banyak *salah satunya priyadi.net yah mungkin tulisannya menarik atau juga akibat terprovokasi tautan blog lain
    3. blog yang contentnya menarik dan bersahaja seperti punya om BR
    4. blog yang mampu menjadi mediator bagi blog lain untuk dikenal misalnya blognya enda yang selalu menuliskan hal-hal menarik dari blog lain

    silahkan pilih mana yang ada anut dan kira-kira blog mana yang kategorinya pas

  24. alhamdulillah, saya diberi fasilitas internet yg memungkinkan saya mengupdate blog tiap hari. emang sih ada tujuan untuk masuk di top ten atau apa, namun yang paling utama adalah untuk menyalurkan ide or apa yang saya rasakan. selain itu juga untuk ngilangin kejenuhan.

    *salam kenal dari junior

  25. yang penting content….
    tapi tampilan jg bisa jadi pertimbangan tuh….
    itu kategori blog yang baik….
    tapi kalo saya nulis cuma buat ungkapan isi hati aja. daripada nulis di diary (bener kata mas hanin).

  26. hahaha.. kok setuju banget sama si ndoro kakungini ya :))

    sama blog yang ada hot-hotnya gitu, ya kaya punyaku ini ;))

    *halah, malah jadi promosi terselubung igni :p *

  27. heh egh! sekarang rangkingnya melorot…
    Jadi bigung mau nulis apaan?… yang konyol udah banyak yang serius juga banyak, apa nulis yang se nulis2nya ajah ya..tapi ga ada yang perhatiin 😀

  28. Blog seperti yang Bpk buat termasuk Blog yang menarik menurut saya. karena penyajian isinya santai, ringan dan terkadang lucu. tetapi memiliki pesan moral yang dalam, memperluas wawasan yang sempit, dapat mengobarkan semangat yang hampir padam, menimbulkan kepedulian yang hampir hilang sehingga memicu seseorang utk berbuat sesuatu yang positip.

  29. Gpp belum masuk top ten atau top hundred’s. Yang penting posting terus dengan posting yang berguna….

  30. Pak Budi,
    saya ada usulan,
    bagaimana kalau di Blog ini kita buat semacam topik yang target akhirnya memberikan solusi kepada bangsa.

    Bisa saja kita batasi waktunya hanya 3 bulan… untuk satu topik, kita rame ngebahasnya, trus kita jadikan milestone solusi2 yang telah kita hasilkan.

    Mungkin saja dapat berlanjut menjadi sebuah proyek gotong royong.

    hanya ide saja.. misalkan kita definisikan sebuah Topik, ” Bagaimana caranya agar siswa didik / pelajar yang ada di seluruh indonesia mendapatkan akses buku2 standard secara murah dan mudah”

    Goal dari ide diatas adalah sebuah solusi yang bisa saja berbuah menjadi Proyek sederhana.. dan dikerjakan secara gotong royong.. sehingga setelah beberapa bulan kita sudah mempunyai bermacam2 solusi yang didalamnya terdapat pendapat2 pakar…

    Mudah2an bermanfaat.

    Terima kasih,

    Wassalam

  31. yg jelas kayaknya blog-ku gak akan masuk top 100
    isinya entahapaapa pun
    gak ada kategori yg jelas, campur aduk aja
    tergantung apa yg lagi terlintas di pikiran, spontan aja
    pokoknya kalo gak ingin waktu terbuang, jangan baca blog-ku
    hehe

  32. menurut pakar telematika indonesia (yang bisanya cuma pake photoshop dan adobe audition) hihihi… tukang blog itu pada GO BLOG. gak bertanggung jawab.

    SETUBLOG?

  33. wah seneng ya kalo ikutan ngobrol dengan para pakar blog Indonesia.. he he
    salam kenal mas, saya baru aja kesasar disini.
    hi hi hi…

  34. Dahulu blog saya masuk ke dalam top-something karena belum banyak blog sehingga blog yang ala kadarnya ini masuk ke dalam nominasi

    Saya ingat blog pak Budi jadi peringkat 1 di BOTD WordPress 1 tahun full… Hehehe 😆

    Bahkan sekarang desain dari blognya pun mulai bagus-bagus. Saya malas mendesain blog saya. he he he. Soalnya nanti kalau keenakan utak-atik desain, malah isinya nggak diperbaiki.

    Lho, bukannya sudah jadi seniman musik, Pak? :mrgreen:

    Di sisi lain saya mulai senang dengan blog ini karena jumlah pengunjungnya sudah cukup banyak (bervariasi dari 200 sampai di atas 1000/hari).

    Berarti sudah banyak fans tuch, Pak… 😉

    Tapi terus terang ngeblog itu asik ya, Pak?
    * Tuing… Tuing… *

  35. ituDomino.com | Agen Judi Domino Online Indonesia,
    Kami Agen Judi Domino Online Indonesia – ituDomino.com mengadakan Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 15 Maret 2014 sampai dengan 31 Mei 2014 , dengan Total Hadiah Rp 30.000.000,-
    Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes SEO ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mencoba kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 30.000.000,- Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ituDomino.com ini akan menggunakan kata kunci (Keyword) “ituDomino.com JUDI DOMINO, AGEN DOMINO, AGEN JUDI DOMINO ONLINE INDONESIA TERPERCAYA”.
    Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, daftarkan web
    terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama
    Rp 10.000.000.

  36. dengan daftar pengunjung mencapai 4 juta, sudah jelas secara manusiawi menunjukkan adanya sbeuah kualitas tersendiri dari blog ini.

    Bukan anda yang menilai tapi pembacalah yang menilai.

    Angka tersebut menunjukkan penilaian tersebut

Tinggalkan Balasan

