Berikut ini saya akan tampilkan beberapa foto dari acara Asia Open Source Software Symposium ke 8 yang diadakan di Bali. Kali ini ada beberapa sumber foto. Biasanya saya tidak memiliki foto karena orang yang mengambil foto saya tidak memberikan berkasnya ke saya, sedangkan saya sendiri kalau mengambil foto tidak ada gambar sayanya. (Memangnya harus menampilkan foto yang ada gambar sayanya? Mestinya tidak harus kan? Dasar narsis!)

me and mac at AOSS8 Bali

Foto saya mojok di belakang ruang seminar. Duduk di belakang sana karena harus mencari sumber listrik. Memang hal ini sering terlupakan oleh event organizer. Jarang ada acara seminar dimana di meja peserta ada sumber listrik. Selain itu saya mojok ke belakang karena agak malu di acara open source menggunakan sistem operasi yang proprietary. (Mac OS X adalah proprietary software.) Banyak orang lain yang menggunakan Microsoft Windows di acara ini. Ha ha ha. Lucu juga. Foto ini diambil oleh Nana Suryana.

Me and Niibe Yutaka

Foto berikutnya adalah foto saya dengan Niibe Yutaka (sebelah kiri). Dia adalah salah satu developer Debian dari Jepang. Karena saya juga penggemar GNU/Linux Debian maka kami cocok. Niibe memberikan public key-nya ke saya, tetapi saya lupa melakukan hal yang sama. (Saya juga sudah lama tidak menggunakan digital signature saya untuk berkomunikasi. Nampaknya harus saya mulai lagi.)

Yang juga menarik adalah Niibe menganut aliran editor “emacs” (bahkan dia berkontribusi untuk membuat versi Jepangnya), sementara saya penganut aliran “vi”. Wah, kalau diskusi soal ini bisa panjang lebar.