Saat ini saya dan beberapa orang (dalam satu tim) sedang mencoba merumuskan mengenai penelitian dan open source. Ada beberapa hal yang kami mohon masukan dari para pembaca sekalian (baik pengguna open source ataupun bukan). Perlu saya tekankan kembali, fokusnya adalah pada penelitian.

  • Apakah penelitian di dunia open source perlu dikelola, distrukturkan, diarahkan, (atau apa pun namanya)? Masalahnya begini. Banyak arahan open source yang sendiri-sendiri sehingga terjadi banyak duplikasi. (Tapi, namanya juga open source ya?)
  • Apakah yang dimaksud dengan “penelitian open source”? Apakah maksudnya hanya pada level pengembangan (code)? Ataukah yang namanya penelitian itu masuk ke konfigurasi (packaging), seperti misalnya mengembangkan distro?
  • Apakah ada contoh negara lain yang memiliki sebuah panduah tentang arahan riset yang terkait dengan open source?
  • Jika ada tema atau topik yang sebaiknya dikejar oleh pengembangan open source, apakah itu? (Misalnya, pengembangan aplikasi e-gov, pendidikan, kesehatan, atau bidang lain.)

Untuk sementara pertanyaannya segitu dulu. Pada prinsipnya kami ingin membuat sebuah panduan (mungkin seperti roadmap) sehingga kalau ada yang ingin ikutan kontribusi pada penelitian open source tinggal melihat panduan itu dan memilih yang mana dia mau ikutan. Begitu.