Saya ingin tanya. Apakah penggunaan lampu untuk motor – baik siang maupun malam –  itu merupakan undang-undang atau peraturan (daerah?)? Jika ya, dimana bisa saya peroleh informasinya? Jika ini peraturan daerah, daerah mana saja yang menerapkan hal ini?

Soalnya saya tanya ke pengendara motor, mereka melakukannya karena katanya peraturan. Mereka sendiri hanya melihat itu dari orang lain dan kemudian melakukannya juga, tapi mereka sendiri belum pernah melihat peraturannya. Bagaimana kalau mereka diberhentikan oleh Polantas dan dikatakan melanggar peraturan? Bagaimana juga bila sang pengedara motor adalah orang dari daerah lain (atau dari luar negeri)? Bagaimana cara mereka mengetahui peraturannya?

Satu lagi yang ingin saya tanya. Apakah kalau di persimpangan jalan (yang ada lampu lalu-lintasnya), belok kiri itu boleh langsung? (Tentu saja kecuali ada larangan atau diatur oleh lampu.) Yang ini saya tidak tahu persisnya. Sepengetahuan saya memang demikian, tapi kan saya belum pernah membaca sendiri peraturannya. Kalau di Kanada, misalnya, saya tahu bahwa belok kanan langsung itu boleh (di Kanada nyetir di kanan jalan). Aturan itu ada di buku panduan untuk mengambil SIM.