Beberapa bacaan saya menunjukkan bahwa tren penjualan musik digital semakin meningkat. Pak KK (Kusmayanto Kadiman) memberikan saya sebuah artikel dari harian “The Point” (12 Mei 2007, halaman 5). Judulnya “After singles were killed off, digital tracks now dominated“. Isinya adalah sebagai berikut.

Pada awalnya industri musik mengeluarkan produk 45s (itu lho, piringan hitam yang kecil untuk singles – ada 1 lagu di masing-masing sisi) dan cassette singles (kaset yang isinya satu lagu di satu sisi, dan satu lagu di sisi satunya lagi). Saya pernah memiliki kedua hal di atas (menunjukkan tuanya saya? ha ha ha). Sayang sekali saya tidak punya lagi artifak musik tersebut. Kemudian industri bergerak ke arah album. Bahkan produk singles tersebut dihapuskan sehingga memaksa pembeli untuk membeli album.

Nah, sekarang dunia musik telah memasuki dunia digital secara besar-besaran. Lagu dalam format MP3, OGG, WAV dapat diambil secara individual. Pada prinsipnya ini adalah pendekatan singles lagi. Industri musik (dan sebagian artis) masih memaksa penggemar musik untuk membeli album. Mereka beranggapan bahwa penjualan musik ya harus album. Padahal dahulu pun sudah ada yang namanya singles.

Jika dahulu produser dari musik bisa memaksakan kehendaknya (siapa yang bisa buat piringan hitam sendiri?), maka sekarang tidak bisa lagi. Tools untuk produksi dan distribusi sudah mengalami reformasi … (untuk lebih demokratis? baca “long tail”). Penggemar musik memiliki bargaining power yang besar. Mereka tidak mau didikte oleh produser lagi. Mudah-mudahan industri musik (baca: label) dan artis musik paham tentang hal ini. Digital singles are in town!

Tanda-tanda lain masih ada. Menurut artikel yang sama disebutkan bahwa album yang berada di peringkat atas penjualan adalah “Now That’s What I Call Music!“. Isinya? Kompilasi lagu-lagu yang nomor satu. Artinya? Singles!

Jika kita lihat sejarahnya, maka mungkin di kemudian hari digital album akan lebih populer dari digital singles. Untuk sementara ini kita kembali ke … singles!

Nampaknya apa yang kami lakukan di Digital Beat Store sudah benar.

Bahan bacaan lain: